• Gambaran
  • MobilSejenis
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
  • HotBrand

Kia K2700

Kia K2700
1/26
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
  • Kia K2700
Angsuran mulai dari:3,50 Jt/Bln
Rp 193,20 Jt
Get Offer
VAN
Manual
Diesel
2665cc
3 seat
  • Kelebihan
  • Mesin diesel indirect injection lebih tahan dengan kualitas bahan bakar yang kurang baik
  • Dilengkapi banyak cup holder
  • Chassis kokoh
  • Dilengkapi dengan ban belakang dobel
  • Perawatan mesin lebih simpel tanpa turbo dan sistem injeksi common rail
  • Kekurangan
  • Jaringan dealer 3S-nya masih perlu diperbanyak
  • Belum dilengkapi AC
  • Masih belum dilengkapi dengan sistem rem ABS
  • Keluaran mesin
  • Getaran mesin dieselnya masih kuat
Otoloka Car Rating
Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraHarga & PerawatanKapasitasKonsumsi BBMPerforma Mengemudi757060756055

Ranking Mobil Sejenis(Kia K2700 Peringkat3)

  • Tata Xenon
    71.7
    Performa Mengemudi 1
    Tata XenonAngsuran Mulai Dari: Rp 39,90 Jt
  • Mitsubishi L300
    65.8
    Fungsi & Interior 1
    Mitsubishi L300Angsuran Mulai Dari: Rp 47,38 Jt
  • Kia K2700
    65.8
    Kia K2700Angsuran Mulai Dari: Rp 48,30 Jt
Review
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Kendaraan asal Korea Selatan, KIA yang sempat berhibernasi sejenak resmi hadir kembali meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Saat ini jaringan layanan penjualan dan purna jual kendaraan merek KIA di Indonesia dikelola oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) yang merupakan bagian dari Indomobil Group.

Tak sekadar memasarkan beragam jenis kendaraan penumpang, KIA pun merambah pasar kendaraan niaga, khususnya segmen light commercial vehicle (LCV) atau kendaraan niaga ringan.

Segmen kendaraan niaga ringan merupakan salah satu pasar otomotif dengan prospek yang cukup menjanjikan. Pasalnya, kebutuhan akan kendaraan angkutan jenis ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

Selama perdagangan dan transportasi logistik masih terus menggeliat, maka permintaan dan kebutuhan terhadap kendaraan niaga akan terus bertambah.

Salah satu model kendaraan niaga yang diunggulkan oleh KIA di Indonesia adalah pick up K2700 Big-Up. Terdapat 3 varian model yang dipasarkan, yakni versi chassis only, pick up 3-way dan box.

Seperti apa sosok K2700 generasi teranyar dari KIA? Kami akan menghadirkan ulasannya untuk Anda.

Harga KIA K2700

Tipe

Harga

2.7 Chassis MT Non Ac (Non Keur - Off The Road)

Rp164.000.000,00

2.7 Pick-Up Std Non AC (Non Keur) 290x174x40

Rp196.000.000,00

2.7 Pick-Up Std AC (Non Keur) 290x174x40  

Rp203.700.000,00

2.7 Pick-Up Standard Non AC - NA 310x184x40

Rp200.700.000,00

2.7 Pick-Up Box Besi (Non Keur) 300x174x160

Rp235.500.000,00

2.7 Pick-Up Box Besi - NA 310x184x13

Rp215.000.000,00

2.7 Pick-Up Box Besi - NA 310x184x200

Rp219.500.000,00

2.7 Pick-Up Box Alumunium - NA 310x184x131

Rp217.000.000,00

2.7 Pick-Up Box Alumunium - NA 310x184x200

Rp222.500.000,00

2.7 Pick-Up Box Freezer - Non Keur 310x184x131

Rp292.100.000,00


Spesifikasi KIA K2700

Mesin



Tipe

J2 Diesel Engine 4 silinder 2,7L SOHC

Isi Silinder

 2.665 cc

Bore X Stroke

94,5 X 95,0 mm

Sistem pasokan BBM 

Indirect Fuel Injection

Tenaga Maksimum

78,5 hp @ 4.000 rpm

Torsi Maksimum

165 Nm @ 2.400 rpm

Kapasitas Tangki BBM

60 liter

Transmisi

Manual 5 Percepatan

Sistem Kemudi

Hydraulic Power Steering

Sistem Penggerak

RWD

Dimensi

P x L x T

4.820 x 1.790 x 2.070 mm

Jarak Poros Roda

2.420 mm

Jarak Terendah

145 mm

Overhang Depan

1.200 mm

Overhang Belakang

1.205 mm

Lebar Sumbu Roda Depan

1.490 mm

Lebar Sumbu Roda Belakang

1.460 mm

Ruang Kaki 

985 mm

Ruang Kepala

1.026 mm

Ruang Bahu 

1.473 mm

Chassis 

 Ladder Frame, Commercial Segment

Dek Belakang, P x L x T

2.810 x 1.630 x 355 mm

Rem Depan/Belakang

Cakram / tromol dengan Load Sensing Proportional Valve (LSPV)

Suspensi Depan

 Torsion Bar + Stabilizer

Suspensi Belakang

 Multi Leaf Spring

Velg/Ban

Baja, 14 Inci/195R14

Dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya, K2700 dengan panjang 4.820 mm dan lebar 1.790 mm terbilang cukup besar dimensinya.

KIA K2700 mampu mengangkut muatan jauh lebih banyak dengan ukuran bak kargonya yang lebih besar jika dibandingka rival-rival yang sekelas.

Tampilan memang bukan menjadi prioritas bagi konsumen dalam memilih kendaraan niaga tapi jujur saja desain eksterior KIA K2700 yang terlihat lebih stylish dengan lekukan yang tidak kaku memberikan efek psikologis pikap ini terlihat lebih nyaman dikendarai dibandingkan kendaraan sekelasnya yang rata-rata masih mempertahankan desain yang kaku.

Rantai pada bak kargonya telah dilengkapi pembungkus untuk mencegah korosi. Handel bak juga didesain lebih mudah dalam membuka tutup pintu bak. Tepi bak telah dilengkapi dengan round-edged brim cover untuk melindungi dari goresan ketika bongkar muat barang. Mekanisme penguncian bak sudah cukup aman, bak belakang tampak lebih kokoh.

Lampu kabut telah menjadi perlengkapan standar untuk membantu visibilitas pengemudi saat berkendara dalam kondisi berkabut ataupun hujan deras.

Kia tidak pelit dengan menambahkan fitur yang dapat meningkatkan keselamatan. Pada bagian buritan pikapl ini telah dilengkapi dengan sensor parkir. Fitur ini sangat penting untuk mengurangi risiko benturan ketika parkir mundur mengingat visibilitas ke belakang sangat minim teruama saat mengangkut muatan dengan dimensi yang besar.

Pada bagian samping, tidak terlihat perbedaan jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Di sisi kanannya terdapat tangki BBM dan sebuah aki dengan kapasita 100 Ampere. Kotak sekering terpasang di sisi sebelah kiri tepat di bawah bak angkut.

KiA K2700 menggunakan kaca spion dengan dua cermin dalam satu bingkai. Cermin bagian atas berfungsi untuk memantau kondisi di belakang kendaraan. Sedangkan cermin bagian bawah yang lebih cembung untuk mengurangi blind spot saat parkir atau ada kendaraan di samping yang kurang terlihat dari cermin bagian atas.

Salah satu keunggulan dari K2700 dibanding rivalnya adalah lampu belakang multi reflektor yang dilengkapi mika transparan. Pancaran cahaya menjadi lebih terang sehingga dapat terlihat dengan jelas oleh pengendara di belakangnya dari jarak yang cukup jauh.

Semua lampunya masih menggunakan bolam konvensional. Meski terkesan kuno, bolam halogen lebih mudah, tersedia di daerah pelosok sekalipun dengan harga lebih murah jika dibandingan lampu LED yang harus mengganti satu set jika ada lampu yang mati


Seperti kendaraan angkutan barang pada umumnya, kelengkapan interior kabin KIA 2700 Big-Up tergolong sederhana namun fungsional.

Setidaknya KIA telah melengkapinya dengan sistem audio untuk mengusir jenuh dalam perjalanan. Head unitnya selain dilengkapi radio juga dapat memutar musik dalam format CD, MP3, AM/FM, USB, AUX dan masih ada bonus Audio Remote Control yang tidak ada di pikap standar sekelasnya.

Tak hanya itu, KIA K2700 mengusung head unit dengan layar sentuh model after market. Kualita suara yang dihasilkan juga lumayan untuk mengimbangi suara mesin diesel indirect injection-nya.

Dengan adanya perangkat in-car entertainment tersebut menjadikan K2700 menjadi satu-satunya di kelasnya yang telah dibekali dengan head unit layar sentuh.

Pada dashboard, panel instrument dikemas dengan kombinasi antara digital dan analog.  Perangkat tachometer, speedometer dan indikator suhu menggunakan jarum analaog. Sedangkan odometer serta trip meter A dan B telah menggunakan model tampilan digital. 

Menariknya lagi untuk speedometer dan tachometer diterangi lampu berwarna putih yang membuatnya terlihat lebih mahal dibandingkan lawan-lawannya

Kabin mobil ini tidak dilengkapi sistem pendingin kabin (AC) tetapi telah disediakan tombol putar pengatur kecepatan kipas angin dan lubang ventilasi jika ingin ditambahkan AC.


Untuk pemasangan perangkat pendingin udara tambahan, evaporator dan kompresor serta instalasi selang dapat dipasang dengan mudah. Lubang saluran blower AC pada kabin KIA 2700 telah dilengkapi dengan 4 tingkat kecepatan kipas dan pengatur arah semburan.

Posisi duduk baik pengemudi maupun penumpang terbilang cukup nyaman. Tak hanya bentuk kursi yang cukup ergonomis, posisi headrest pun dapat diatur ketinggiannya. Posisi kaki pun cukup nyaman karena kabin K2700 terbilang besar dan lapang.

Kaca depan yang berukuran cukup besar memberikan visibilitas yang cukup baik. Lingkar kemudinya terlihat sederhana namun terasa cukup empuk dan nyaman digenggam, bahkan dapat  dilengkapi dengan tombol pengatur audio.

Pada konsol tengah terdapat dua cup holder. Masih kurang ? Sandaran jok penumpang tengah dapat dilipat ke depan dan dibaliknya terdapat sepasang cup holder berukuran besar dan meja kecil yang serba guna

Sebagai kendaraan yang sering dipakai untuk mengangkut banyak barang, performa mesin menjadi salah satu penunjang daya angkut terhadap beban bawaan.

Sebagai sumber penggerak, mobil ini dibekali dengan mesin diesel 2.665 cc 4 silinder SOHC dengan output tenaga maksimun 78,9 hp yang diraih pada putaran 4.000 rpm dengan torsi maksimum 165 Nm yang dicapai pada putaran mesin 2.400 rpm. Dapur pacu ini serupa dengan yang digunakan minibus Kia Travello.


Bila dibandingkan dengan kompetitor lainnya, mesin diesel SOHC yang disandang mobil ini terbilang konvensional dan tidak dilengkapi turbo. Sehingga, kendati kapasitas kubikasi mesinnya besar namun outputnya kecil.

Untuk melipatgandakan torsi mesin yang mengalir ke roda, KIA 2700 dibekali dengan transmisi manual 5 percepatan maju dengan rasio gear kasar dan final gear rendah dengan rasio 4,444.


KIA K2700 dilengkapi dengan perangkat choke untuk meningkatkan debit pasokan BBM saat menghidupkan mesin. Perangkat ini sangat berguna agar lebih mudah saat menstater untuk menghidupkan mesin ketika sedang dalam kondisi suhu udara yang cukup dingin seperti di pegunungan maupun saat hujan.

Untuk mencegak kendaraan ini agar tidak melompat ketika pengemudi menyalakan mesin sementara persneling masih belum netral, mesinnya tidak dapat dihidupkan tanpa menginjak kopling terlebih dulu.

Konstruksi KIA K2700 Big Up dirancang untuk kuat menggendong beban berat. Chassisnya menggunakan konstruksi ladder frame double kanal berbentuk huruf ‘C’. Pelat besi kanal C ini memiliki ketebalan 3,25 mm dan ketebalannya menjadi 6,505 mm setelah kedua pelat besi ini disambungkan dengan dilas.

Kaki depannya menggunakan suspensi jenis McPherson Strut yang lebih nyaman untuk penumpang. Sementara suspensi belakang didukukung per daun yang rigid namun kokok untuk mengangkut muatan berat.

Tidak seperti rival-rivalnya yang kebanyakan menggunakan sepasang ban belakang. KIA K2700 sudah dilengkapi dua pasang ban belakang dalam satu sumbu. Konfigurasi ini biasanya digunakan pada truk dengan daya angkut lebih besar. Selain agar lebih kuat memboyong beban berat, penggunaan ban dobel ini juga untuk memberikan traksi yang lebih baik di beragam kondisi jalan.


KIA K2700 menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak ditemui di rival-rivalnya dengan kabin yang lebih nyaman, dilengkapi fitur hiburan, dan kemampuan mengangkut beban berat yang lebih baik dengan chassis kokoh dan penggunaan ban belakang dobel.

Artikel Terkait
FAQ
  • Berapa daya angkut maksimum KIA K2700 ?
    Daya angkut maksimumnya yang direkomendasikan adalah 1.500 kg.
  • Apa kelebihan gardan full floating yang digunakan KIA K2700 ?
    Lebih kuat menopang beban berat dan tidak perlu membongkar total gardan jika perlu mengganti as roda.
  • Berapa lama garansi yang diberikan ?
    KIA K2700 mendapatkan garansi dua tahun tanpa batas kilometer.

Komentar Pengguna

Posting Ulasan Anda:
Skor:
0/300
Kirimkan
Video Terkait
Hot Brand
Toyota
Toyota
Honda
Honda
Nissan
Nissan
Daihatsu
Daihatsu
Mitsubishi
Mitsubishi
Suzuki
Suzuki

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor
Berita Terpopuler
kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya