• Gambaran
  • MobilSejenis
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • Evaluasi
  • Video
  • HotBrand

Kia Seltos

Kia Seltos
1/26
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
  • Kia Seltos
Angsuran mulai dari:5,79 Jt/Bln
Rp 300,00 Jt - 360,00 Jt
Get Offer
SUV
Otomatis
Bensin
1353cc
5 seat
  • Kelebihan
  • Performa mesin agresif namun tetap hemat bahan bakar
  • Fitur keselamatan dan hiburan berlimpah
  • Nilai yang diberikan lebih mahal dari harganya
  • Kekurangan
  • Durabilitas transmisinya belum teruji dalam pemakaian jangka panjang
  • Minim material soft touch di dalam kabinnya
  • Jaringan dealer 3S masih perlu ditambah
Otoloka Car Rating
Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraHarga & PerawatanKapasitasKonsumsi BBMPerforma Mengemudi757075707070

Ranking Mobil Sejenis(Kia Seltos Peringkat2)

  • Mazda CX-30
    73.3
    Performa Mengemudi 1
    Mazda CX-30Angsuran Mulai Dari: Rp 119,98 Jt
  • Kia Seltos
    71.7
    Konsumsi BBM 1
    Kia SeltosAngsuran Mulai Dari: Rp 75,00 Jt
Review
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Kia Seltos menjadi momen kembalinya produk-produk Kia Motors di Indonesia di bawah bendera PT Kreata Indo Artha. Crossover SUV kompak ini berani menantang rival-rival di kelasnya seperti Honda HR-V dan Mazda CX-3.

Mesin berkapasitas kecil dengan turbocharger yang lebih bertenaga namun tetap irit, fitur berlimpah, dan harga lebih murah di kelasnya menjadi senjata andalannya. Bahkan performanya boleh saja jika mau diadu dengan Mitsubishi Eclipse Cross dan Toyoya CH-R dengan harga Rp500 jutaan.

Apakah crossover SUV seharga Rp300 jutaan ini adalah kendaraan yang tepat bagi Anda ? Berikut ini kami sajikan informasi yang lebih mendetail tentang Kia Seltos.

Harga Kia Seltos

Tipe

Harga

Kia Seltos E

Rp300.000.000,00

Kia Seltos EX

Rp325.000.000,00

Kia Seltos EX+

Rp360.000.000,00

 

Spesifikasi Kia Seltos Facelift 2020

Mesin

 


Tipe

Kappa 4 silinder 1.5L Turbo 16V DOHC Dual CVVT

Isi Silinder

1.353 cc

Tenaga Maksimum

138 hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

242 Nm @ 1.500 – 3.200 rpm

Transmisi

 Otomatis DCT 7 percepatan

 Sistem Penggerak

 Penggerak Depan

 

Konsumsi BBM

 12 km/liter (kota)/18 km/liter (tol)

 

Kapasitas Tangki BBM

 55 liter

 

Dimensi

 

P x L x T

 4.315x 1.800x 1.645 mm

Jarak Poros Roda

 2.610 mm

Jarak Terendah

 190 mm

Radius Putar

 5,3 m

Berat Kosong

 1.310 kg

Kaki-Kaki dan Suspensi

Rem Depan/Belakang

 Cakram berventilasi/cakram

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Per Keong

Suspensi Belakang

 Batang Torsi dengan Per Keong

Velg/Ban

 Alloy 17 inci / 215/60 R17 (EX+/EX), alloy 16 inci / 205/65 R16

 

Sejarah Kia Seltos

Mobil Baru Kia Seltos pertama kali diluncurkan di Korea Selatan pada 18 Juli 2019 dan disusul di India pada 22 Agustus 2019. SUV yang dibangun di atas platform Hyundai-Kia K2 ini diposisikan di atas Kia Sonet dan di bawah Kia Sportage.

Seltos yang diproduksi di Korea Selatan adalah tipe SP20 dengan fitur lebih mewah untuk pasar domestik, Amerika Serikat, dan Australia. Sementara pabrik Kia di India menjadi basis produksi Seltos tipe SP20i yang menyasar negara-negara berkembang. Masih ada lagi tipe SP2c yang diproduksi dan dipasarkan di RRC.

Kia Seltos secara resmi memulai debutnya di Indonesia pada 20 Januari 2020. PT Kreta Indo Artha, anak perusahaan Indomobil Group, mengimpornya secara utuh dari India. SUV kompak ini berusaha menarik konsumen milenial yang berjiwa muda, dinamis, dan menyukai teknologi maju dengan menawarkan mesin kompak yang bertenaga dan sejumlah teknologi dan fitur yang jarang ditemui pada SUV dengan harga di bawah Rp400 juta.

Ada tiga varian yang ditawarkan untuk pasar Indonesia yaitu tipe E di posisi entry level, disusul EX, dan EX+ sebagai varian teratas. Seluruh varian Kia Seltos didukung mesin bensin 1,4 liter dengan turbocharger dan transmisi otomatis kopling ganda 7 percepatan. Perbedaannya lebih banyak pada fitur-fitur yang ditemui di dalam kabinnya.

Dengan panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.645 mm, dimensi SUV berkapasitas lima penumpang ini terasa pas. Tidak bisa dikatakan mungil namun juga masih praktis untuk bermanuver di perkotaan.

Berbeda dengan kakaknya, Kia Sportage, yang generasi terbarunya lebih mirip hatchback jangkung, Seltos terlihat gagah dengan sudut-sudut tegas. Kombinasi grille “hidung harimau” khas Kia dan lampu depan “bersayap” yang mengingatkan pada Range Rover memberikan karakter maskulin sekaligus mewah.

Sepintas tidak terlihat perbedaan mencolok dari ketiga varian Kia Seltos yang ditawarkan. Itu artinya tipe sebagai varian termurah tidak terlihat “miskin” jika dibandingkan dua varian di atasnya.

Varian EX+ lebih cepat dikenali dari grille dan handel pintu dibalut krom. Sementara tipe EX dan E sama-sama menggunakan grille bercat hitam dengan bingkai tetap dilapis krom dan handel pintu sewarna bodi. Jujur saja, grille berwarna hitamnya justru memberikan kesan lebih sporty tapi kembali lagi ini soal selera.

Ketiga varian Seltos telah menggunakan headlight LED tipe proyektor tetapi fitur lampu otomatis hanya ditawarkan pada tipe EX+ dan EX. Tidak hanya lampu depan, lampu belakang dan lampu kabut EX+ seluruhnya juga menggunakan lampu LED. Hanya tipe E yang tidak dilengkapi dengan lampu kabut di bagian depan.

Keempat roda Kia Seltos tipe EX+ dan EX sama-sama dilengkapi velg alloy dual tone berukuran 17 inci dengan ban berukuran 215/60 R17 sementara tipe E menggunakan velg alloy 16 inci single tone dengan ban 205/65 R16.   

Cara tercepat untuk mengenali varian EX+ saat Anda duduk di dalam kabinnya adalah dengan mendongakkan kepala. Seltos varian termahal telah dilengkapi sunroof elektrik yang tidak ditemui di kedua tipe di bawahnya.

Seluruh Kia Seltos telah dilengkapi dengan setir tilt dan teleskopic yang sangat membantu pengemudi mendapatkan posisi mengemudi terbaik. Sayangnya pengaturan joknya pada varian teratas juga belum dilengkapi tombol elektrik.

Lingkar kemudi dan jok EX+ telah dibalut kulit. Sementara dua tipe lainnya menggunakan jok terbungkus fabrik. Hanya setir tipe EX yang juga menggunakan material kulit. Fitur cruise control hanya ditemui pada varian teratas.

Kia mungkin ingin menghadirkan kesan unik dengan desain rumah instrumen yang menyambung dengan layar di konsol tengah dengan bingkai kotak yang berukuran terlalu besar. Perlu waktu untuk beradaptasi untuk terbiasa dengan suguhan ini.

Fitur paling menarik pada panel instrumennya adalah layar meter cluster Supervision berukuran 7 inci yang menyajikan informasi secara jelas dan adem di mata. Pada layar MFID (Multi Function Information Display) yang diapit speedometer dan tachometer juga menyajikan informasi besarnya torsi mesin, turbo boost, hingga temperatur pelumas transmisi secara langsung. Sementara pada tipe E harus puas dengan layar MFID berukuran 3,5 inci.

Tipe EX dan EX+ juga dimanjakan layar sentuh berukuran 8 inci dengan fitur Bluetooth voice recognition, koneksi USB dan Auxiliary, Apple Car Play, Android Auto dan kamera mundur dengan garis pandu dinamis mengikuti putaran setir. Sistem pendinginnya juga telah menggunakan Auto Climate Control sementara tipe E masih menggunakan AC dengan pengatur konvensional.

Meski kelengkapan fiturnya bervariasi sesuai harganya, Kia Seltos tetap menawarkan kabin yang lega untuk lima penumpang. Posisi duduk di baris belakang sedikit tinggi sehingga penumpang masih dapat melihat jalan di depan tanpa mengorbankan ruang kepala. Ruang kaki untuk penumpang di bagian tengahnya juga masih nyaman dengan lantai relatif rata.

Jok baris kedua ini dapat dilipat dengan konfigurasi 60:40, cukup membantu jika Anda ingin memuat barang lebih banyak atau berdimensi panjang meski jok ini tidak terlipat benar-benar rata.   

Jika Anda tidak keberatan mengeluarkan dana ekstra sebesar Rp45 juta, Kia Seltos EX+ adalah pilihan tepat dengan fitur terlengkap dengan teknologi tinggi. Namun jika Anda tidak keberatan dengan absennya sunroof, grille dan handel pintu krom, cruise control, dan jok kulit, fitur-fitur tipe EX sudah cukup lengkap.

Anda juga sama-sama mendapatkan velg 17 inci, smart key dan tombol star/stop, kamera mundur dengan garis pandu dinamis, AC otomatis, fitur wireless charging, lampu otomatis, layar Supervision, layar sentuh sama besarnya. Fitur keselamatannya juga sama persis dengan dukungan enam kantung udara.

Pada tipe E “hanya” dilengkapi dengan sepasang kantung udara depan tapi telah dilengkapi dengan Electronic Stability Control, Hill Assist Control, dan enam mode berkendara seperti kedua tipe di atasnya.   

Kia Seltos untuk pasar Indonesia hanya ditawarkan dengan satu pilihan mesin. Untuk menggerakkan roda depannya disematkan mesin bensin Kappa 4 silinder berkapasitas 1.353 cc. Meski kapasitasnya tergolong mungil, performanya tidak bisa diremehkan.

Dengan bantuan turbocharger, tenaga maksimalnya mencapai 138 hp pada putaran 6.000 rpm. Sementara torsinya mencapai 242 Nm yang diraih sejak putaran 1.500 rpm dan terus bertahan hingga 3.200 rpm.

Tenaga yang dihasilkan tersebut setara dengan yang dilontarkan dapur pacu naturally aspirated berkapasitas 1,8 liter bahkan 2,0 liter. Bahkan torsinya setara dengan mesin berkapasitas 2,5 liter.

Keluaran mesin ini kemudian diteruskan ke transmisi otomatis DCT (Dual Clutch Transmission) 7 percepatan racikan Kia sendiri. Transmisi DCT umumnya digunakan pada mobil-mobil premium Jerman seperti Audi dan Porsche. Sebelumnya Ford di Indonesia pernah memperkenalkan transmisi ini di SUV kompak EcoSport.

Transmisi DCT pada dasarnya adalah transmisi manual yang bekerja secara otomatis. Ada dua pelat kopling yang bekerja, di mana satu kopling terhubung ke gear ganjil dan kopling kedua memegang gear genap. Misal ketika mobil melaju dengan gear 1, kopling kedua telah menyiapkan gear 2 sehingga begitu gear berpindah dapat berlangsung lebih cepat dan tidak ada jeda seperti pada transmisi otomatis konvensional dengan torque converter.

Perpindahan gearnya terasa mulus, presisi, dan lebih natural jika dibandingkan dengan transmisi CVT yang bagi pengemudi sensitif terasa tidak sinkron antara pertambahan percepatan dengan putaran mesin.

Umumnya transmisi DCT, perpindahan pada saat kondisi “stop and go” terasa agak gugup. Mungkin cara mendiskripsikannya yang paling mudah seperti mobil transmisi manual yang melaju dengan pedal kopling diinjak setengah. Tidak terlalu mengganggu jika Anda telah beradaptasi.

Sebaliknya pada saat berakselerasi di jalan bebas hambatan, kinerjanya sangat memuaskan. Kia ingin menunjukkan transmisi DCT ciptaannya tidak gampang mengalami panas berlebih dengan menambahkan indikator temperatur yang dapat dipantau di layar MFID. 

Mode transmisi manual juga tersedia jika Anda menginginkan perpindahan transmisi sesuai selera. Berbeda dengan mode manual pada transmisi CVT yang artifisial karena memang tidak ada gear di dalamnya, posisi transmisi pada mode manualnya benar-benar terhubung ke gear yang dipilih.

Performa dan Handling Kia Seltos

Setingan suspensi Kia Seltos tergolong empuk tapi  bagusnya gejala limbung pada kecepatan tinggi tergolong minim. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh konstruksi rangkanya yang lebih rigid. Ini adalah kompromi terbaik untuk menjaga stabilitas kendaraan tanpa mengorbankan kenyamanan penumpang.

Meski berpenggerak roda depan, Kia Seltos dilengkapi sistem kontrol traksi Drive Traction Selector yang mengingatkan pada Terrain Response milik Range Rover atau Multi Terrain Select Toyota Land Cruiser.

Total ada enam mode berkendara yang dapat dipilih sesuai kondisi lintasan yang dilalui Seltos. Pada mode Drive tersedia pilihan Sport, Eco, dan Normal. Pada mode Sport setingan mesin, transmisi, dan kemudi akan terasa lebih agresif. Mode Eco untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan mode Normal memberikan keseimbangan antara performa dan efisiensi.

Sementara untuk medan non aspal tinggal tekan tombol selektor untuk mengaktifkan mode Terrain. Ada tiga pilihan yang tersedia yaitu Snow, Mud, dan Sand. Prinsip kerja sistem ini adalah dengan mengerem roda depan yang mengalami spin berlebih sehingga roda yang mendapatkan traksi lebih baik dapat berputar.

Mode ini memberikan kemampuan offroad ringan yang lebih baik dibandingkan SUV berpenggerak dua roda lainnya. Namun tentu saja jangan disamakan kemampuannya dengan kendaraan berpenggerak 4WD atau AWD.

Akselerasi Seltos tergolong agresif. Diperlukan waktu kurang dari 10 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan berhenti. Lantas bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya ?

Irit atau boros tidak bisa dilepaskan dari seberapa antusias pengemudi menginjak pedal gasnya. Saat pedal gas lebih sering diinjak penuh dengan turbo boost maksimal tentu saja akan lebih banyak bensin yang dibakar jika dibandingkan dengan gaya mengemudi normal.

Berdasarkan data pengujian yang dilakukan pabrikan, konsumsi bensin Kia Seltos dapat mencapai 16 – 17 km/liter. Kami memperkirakan untuk pemakaian dalam kota setidaknya dapat mencapai 12 km/liter.

Pemilihan bahan bakar juga berpengaruh terhadap performa dan konsumsi bahan bakar. Seltos direkomendasikan menggunakan bensin dengan RON minimal 91 untuk mendapatkan kinerja terbaik.   

Kia Seltos menjanjikan performa mengesankan, fitur Kia Seltos berlimpah, teknologi tinggi dengan harga lebih bersahabat. Namun sayangnya nama Kia masih belum menjadi pilihan favorit bagi konsumen yang mementingkan harga jual kembali.

Meski tren penjualan mobil baru termasuk di segmen SUV semakin didominasi model bertransmisi otomatis, tidak ada salahnya PT Kreta Indo Artha menawarkan Kia Seltos bertransmisi manual.

Performa transmisi DCT-nya dalam kondisi baru bekerja dengan sangat baik namun masih perlu waktu lebih lama untuk membuktikan durabilitasnya. Apalagi mengingat sejumlah kendaraan buatan produsen lain yang menggunakan transmisi sejenis mulai bermasalah dalam pemakaian jangka panjang.   

Artikel Terkait

Komentar Pengguna

Posting Ulasan Anda:
Skor:
0/300
Kirimkan
Video Terkait
Hot Brand
Toyota
Toyota
Honda
Honda
Nissan
Nissan
Daihatsu
Daihatsu
Mitsubishi
Mitsubishi
Suzuki
Suzuki

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor
Berita Terpopuler
kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya