• Gambaran
  • MobilSejenis
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
  • HotBrand

Lexus LM

Lexus LM
1/16
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
  • Lexus LM
Angsuran mulai dari:62,52 Jt/Bln
Rp 2,42 M - 3,06 M
Get Offer
MPV
Otomatis
Segera menyusul
3456cc
4 seat/ 7 seat
Otoloka Car Rating
Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraHarga & PerawatanKapasitasKonsumsi BBMPerforma Mengemudi808080908075

Ranking Mobil Sejenis(Lexus LM Peringkat1)

  • Lexus LM
    80.8
    Kapasitas 1
    Lexus LMAngsuran Mulai Dari: Rp 605,00 Jt
  • Toyota Vellfire
    80
    Performa Mengemudi 1
    Toyota VellfireAngsuran Mulai Dari: Rp 312,50 Jt
  • Toyota Alphard
    79.2
    Toyota AlphardAngsuran Mulai Dari: Rp 267,50 Jt
  • Mercedes-Benz V-Class
    477.5
    Mercedes-Benz V-ClassAngsuran Mulai Dari: Rp 390,00 Jt
Review
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Lexus LM 350 pertama kali memulai debutnya secara global di Auto Shanghai 2019 dan secara resmi dipasarkan di Indonesia pada bulan Juni 2020. LM sendiri adalah singkatan dari Luxury Mover.

Uniknya, Lexus LM ini secara resmi hanya dipasarkan untuk pasar Asia di negara-negara tertentu saja. Bahkan juga belum dipasarkan di Jepang.

Bahkan kemungkinannya juga kecil MPV premium berbasis Toyota Alphard ini dipasarkan di Amerika Serikat yang notabene menjadi tempat kelahiran sekaligus pasar terbesar Lexus. Pasar domestik Jepang pun hingga saat ulasan ini ditulis juga 

Meski platform bodi, mesin, dan transmisinya relatif sama dengan Toyota Alphard, Lexus menjamin pengalaman dan kenyamanan berkendara yang disuguhkan sama sekali berbeda. Lexus LM lebih tepat disebut sebagai penyempurnaan paripurna dari Alphard. 

Saat ini ada dua varian Lexus LM yang dipasarkan secara resmi di Indonesia yaitu LM 350 7 Seat dan LM 350 4 Seat. Meski harganya mencapai lebih dari Rp3 miliar, penjualan LM cukup tinggi. Jumlah pemesanannya sudah lebih dari 200 unit saat baru diluncurkan. 

Harga

Tipe

Harga

Lexus LM 350 7 Seat

Rp2,395 miliar 

Lexus LM 350 4 Seat

Rp3,035 miliar


Spesifikasi Lexus LM 350

Mesin



Tipe

2GR-FKS V6 3.5L DOHC VVT-I

Isi Silinder

3.456 cc

Tenaga Maksimum

297 hp @ 6.200 rpm

Torsi Maksimum

361 Nm @ 4.700 rpm

Transmisi

Direct Shift 8-AT

Sistem Penggerak

FWD

P x L x T

5.040 x 1.850 x 1.895 mm

Jarak Poros Roda

3.000 mm

Berat Kosong

1.960 kg

Kapasitas Tangki BBM

84 liter

Rem Depan/Belakang

Cakram Berventilasi

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Double Wishbone

Velg; Ban

Aluminium ring 18; 235/50R18

Akselerasi 0 – 100 km/jam

8,3 detik

Kecepatan Maksimal

180 km/jam

Konsumsi BBM Kota/Tol

7,5 / 11,5 km/liter (estimasi) 

Standar Emisi

Euro 4

Emisi CO2

150 g/km


Tampilan eksteriornya memang masih cukup jelas memerlihatkan sosok Toyota Alphard. Identitas Lexus yang sangat mencolok terletak pada grille model kumparan benang yang berukuran cukup besar dengan aksen krom. 

Inilah spindle grille terbesar Lexus sejak pertama kali diperkenalkan tahun 2011 pada model konsep Lexus LF-Gh. 

Lampu depan dengan desain meruncing khas Lexus dilengkapi dengan masing-masing tiga LED dengan proyektor serta Daytime Running Light. Lampu belakangnya mengusung konsep limitless yang memanjang tanpa terputus. 

Untuk ukuran lebar, tinggi, dan jarak sumbu rodanya sama persis dengan Alphard. Hanya panjangnya yang ekstra 125 mm untuk memberikan kabin yang lebih panjang.

Di bagian atapnya dilengkapi dua moon roof yaitu di atas baris pertama dan baris kedua. Cahaya alami yang masuk dari atas ini turut memberikan sensasi kabin yang luas.

Warna yang ditawarkan hanya ada dua yaitu hitam Black dan putih Silver White Pearl Crystal Shine. Terlalu sedikit ? Tidak masalah. Seberapa banyak pilihan warna yang ditawarkan, warna hitam masih menjadi warna favorit di segmen mobil papan atas di Indonesia.


Hidangan utama yang ditawarkan Lexus LM sudah tentu terhampar di kabin penumpangnya. Varian paling menarik tentu saja model dengan kapasitas hanya empat penumpang. 

Kabin penumpang di belakang hanya diisi sepasang captain seat berukuran jumbo. Untuk mengatur seluruh fungsi pada singgasana ini cukup melalui layar sentuh. Tidak hanya untuk mengatur posisi, tetapi juga mengatur pemanas/pendingin dan mengaktifkan fungsi memijat.

Bagian yang paling menarik adalah terdapat partisi antara kabin penumpang dengan pengemudi di depan. Partisi ini dilengkapi kaca yang dapat dinaik-turunkan. 

Saat kaca dinaikkan, suara dari kabin penumpang tidak tembus ke baris depan, begitu sebaliknya. Seluruh kacanya menggunakan teknologi double layer anti noise glass.

Kaca partisi ini juga dapat diubah dari bening menjadi buram. Namun vipengemudi masih dapat memantau kondisi di belakang kendaraan melalui layar spion digital yang terhubung ke kamera belakang.

Kehadiran partisi ini memang sedikit mengorbankan kenyamanan pengemudi. Posisi sandaran jok pengemudi menjadi agak tegak karena ruang yang terbatas. 

Meski lebih memprioritaskan kenyamanan penumpang belakang bukan berarti kabin depannya terihat miskin. Masih terlihat jelas dashboard, konsol tengah, panel instrumen Toyota Alphard

Setidaknya pintu bagasi ini masih dilengkapi dengan power tailgate yang dapat diakses dengan menekan tombol di bagian bawah pintu maupun dari remote kunci. Bagusnya lagi pintu ini masih aman jika ditutup secara manual tanpa merusak mekanisme elektriknya.

Kembali ke kabin penumpang. Di bagian partisinya juga terintegrasi dengan layar monitor berukuran 26 inci sebagai perangkat hiburan. Di bagian bawah partisi ini juga terdapat kulkas mini berkapasitas 14 liter.

Seperti model-model Lexus lainnya, sistem audio LM 350 juga dipercayakan pada Mark Levinson dengan dukungan 19 pengeras suara untuk varian empat penumpang dan 17 pengeras suara untuk model tujuh penumpang. 

Kualitas suara yang jernih disertai peredaman kabin yang sangat bagus membuat kabin MPV ini bak home theatre berjalan.

Sayangnya masih ada aksesoris yang tidak ditawarkan yaitu meja lipat. Fitur ini tentu sangat dibutuhkan untuk meletakkan laptop atau sebagai meja makan.

Visibilitas penumpang belakang jika ingin melihat situasi di depan kendaraan juga terbatas dengan kehadiran sekat pemisah. Mungkin akan lebih baik jika ditambahkan kamera pemantau di depan yang terhubung ke layar monitor di kabin penumpang.


Fitur keselamatan yang disematkan ke dalam Lexus LM sama persis dengan yang ditemui pada Toyota Alphard. 

Terdapat tujuh kantung udara sebagai fitur keselamatan pasif untuk meminimalkan risiko cedera berat jika sampai terjadi tabrakan dari depan maupun samping.

Untuk fitur keselamatan aktif, Lexus LM dilengkapi pre-collision system yang memberikan peringatan audio visual jika sensor laser dan kamera di depan mendeteksi potensi tabrakan dengan kendaraan di depan.

Pengereman darurat otomatis akan dilakukan jika pengemudi tidak berusaha menghindari benturan. 

Fitur berikutnya adalah Lane Departure Alert yang menggunakan kamera untuk memantau marka jalan. Ketika kendaraan terdeteksi melanggar marka secara tiba-tiba sebagai indikasi pengemudi kurang berkonsentrasi, sistem akan memberikanan peringatan audio visual.

Namun jika pengemudi mengabaikan peringatan tersebut, sistem akan secara otomatis mengoreksi arah setir.

Lane Departure Alert ini akan bekerja efektif jika marka jalan memiliki kualitas yang baik. Jika kamera mendeteksi marka, pada layar MFD akan memberikan informasi visual dengan marka jalan di sisi kiri/kanan gambar mobil. 

Fitur Adaptive High Beam System memungkinkan distribusi sorota cahaya lampu depan secara presisi. Saat terdeteksi kendaraan di depan, area tersebut akan beralih ke lampu dekat agar tidak menyilaukan pengendara lain. Sementara area lainnya tetap mendapatkan sorotan lampu jauh untuk memberikan visibilitas terbaik.

Pengemudi juga dapat menggunakan Dynamic Radar Cruise Control untuk mengurangi rasa lelah saat melaju di jalan bebas hambatan. 

Kelebihan dari fitur ini dibandingkan dengan cruise controk konvensional adalah sistemnya mampu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan secara otomatis sehingga pengemudi tidak perlu berulang kali menginjak pedal rem.


Lexus menanamkan mesin 2GKR-FKS produksi Toyota untuk menggerakkan roda depannya. Mesin V6 3,5 liter ini serupa dengan yang digunakan Toyota Alphard 3.5 Q. Tenaga yang dihasilkan mencapai 297 hp dengan torsi maksimal 361 Nm. 

Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis Direct Shift 8 percepatan. Dengan jumlah gear yang lebih banyak, kendaraan dapat mencapai kecepatan tinggi dengan putaran mesin terjaga di putaran rendah sehingga konsumsi BBM menjadi lebih efisien.

Sebagai kendaraan yang lebih mengutamakan kenyamanan penumpang di belakang pengemudi, karakter akselerasinya halus tapi bukan tidak bertenaga. 

Akselerasi 0 – 100 km/jam diklaim dalam 8,3 detik. Tergolong cepat untuk ukuran MPV bongsor dengan bobot kosong nyaris dua ton ini.

Sementara kecepatan maksimalnya ditahan di 180 km/jam oleh speed limiter demi alasan keselamatan. 



Konsumsi BBm rata-rata saat digunakan di kota sekitar 7,5 km/liter sementara saat melaju konstan di jalan tol sekitar 11,5 km/liter. Masih cukup wajar mengingat besarnya kapasitas mesin dan bodinya yang berat.

Perbedaan mendasar yang membedakannya dengan Toyota Alphard adalah pada teknologi suspensinya. Keduanya memang sama-sama menggunakan suspensi MacPherson strut di depan dan double wishbone di belakang tapi LM dibekali teknologi Swing Valve Shock Absorbers dengan ultra low velocity valve.

Teknologi yang pertama kali digunakan di sedan Lexus ES dilengkapi dengan dua katup hidrolis untuk mengatur daya peredaman dengan mendeteksi setiap guncangan halus sekalipun.

Singkatnya, penumpang VVIP dapat menikmati perjalanan super nyaman tanpa perlu memusingkan suspensinya yang kompleks berjibaku mengenyahkan setiap getaran yang diterima roda agar tidak menembus kabin.

Lexus LM bukan sekedar Toyota Alphard yang dimodifikasi menjadi lebih mewah. Para insinyur Lexus merancang ulang suspensi dan kabinnya.

Kemewahan Lexus LM sebenarnya adalah sensasi berkendara yang super tenang terbebas dari suara bising dari luar kabin maupun goncangan yang mengganggu.

Desainnya yang glamor dan mencolok lebih sesuai untuk individu kelas atas yang suka menjadi pusat perhatian.


Artikel Terkait
FAQ
  • Apakah ada pilihan mesin lainnya ?
    Sebetulnya ada varian hibrid Lexus LM 300h dengan mesin 4 silinder 2,5 liter yang dikombinasikan dengan motor listrik. Sayangnya model ini belum dipasarkan di Indonesia.
  • Apakah Lexus LM mendapatkan insentif pajak 0 persen ?
    Tidak, karena tidak memiliki komponen lokal 70 persen dan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sebagai syarat untuk mendapatkan insentif pajak.
  • Apakah Lexus LM dapat diservis di bengkel resmi Toyota ?
    Bisa namun harus dikonsultasikan lebih dulu dengan Lexus pusat di Jakarta.

Komentar Pengguna

Posting Ulasan Anda:
Skor:
0/300
Kirimkan
Video Terkait
Hot Brand
Toyota
Toyota
Honda
Honda
Nissan
Nissan
Daihatsu
Daihatsu
Mitsubishi
Mitsubishi
Suzuki
Suzuki

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor
Berita Terpopuler
kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya