
Mazda CX3
- OVERVIEW
- Harga
- Review
- Artikel
- FAQ
- Evaluasi
Jenis Mobil | SUV |
Jenis Transmisi | Otomatis |
Bahan Bakar | Bensin |
Mesin | 1496 - 1998cc |
- Kelebihan Mazda CX3
- Fitur lumayan lengkap
- Salah satu compact crossover yang memiliki handling terbaik di kelasnya
- Hadir dengan warna baru
- Kekurangan Mazda CX3
- Akselerasi varian 1.500 cc tidak segalak varian 2.000 cc
- Tidak memiliki sunroof
- Kabin belakang cukup sempit dari para rivalnya
Harga Mazda CX3 terbaru
- Tersedia
- Variant
- Transmission
- Fuel
- Mesin
- Tempat Duduk
- 2021 | 1998cc |
- 2021 | 1499cc |
- Mazda CX3 SportHarga:Rp 365,00 JtHarga menyusul: 7,04 Jt/BlnOtomatisBensin1499cc5 seatMazda CX3 Sport
- 2021 | 1496cc |
- Mazda CX3 1.5L SportHarga:Rp 339,90 JtHarga menyusul: 6,56 Jt/BlnOtomatisBensin1496cc5 seatMazda CX3 1.5L Sport
Review Mazda CX3
- Overview
- Eksterior
- Interior
- Fitur
- Mesin & Performa
- Konsumsi BBM
- Kesimpulan
Overview Mazda CX-3
Mazda CX-3 mencatat penjualan yang cukup baik serta menjadi salah satu volume maker untuk Mazda di Indonesia, lalu seperti apa menariknya Mazda CX-3 ini?
Harga Mazda CX-3
Tipe |
Harga |
Mazda CX-3 1.5L Sport |
Rp 365.500.000 |
Mazda CX-3 2.0L Pro |
Rp 445.500.000 |
Spesifikasi Mazda CX-3
Mesin |
|
Tipe |
SKYACTIV-G 1.5L In-line 4 cylinder DOHC 16 valve SKYACTIV-G 2.0, In-line, 4-cylinder DOHC 16 valve |
Isi Silinder |
1.496 cc 1.998 cc |
Tenaga Maksimum |
110 ps / 6.000 rpm 149 ps / 6.000 rpm |
Torsi Maksimum |
144 Nm / 4.000 rpm 195 Nm / 2.800 rpm |
Transmisi |
Automatic transmission SKYACTIV®-Drive 6-Speed |
Sistem Penggerak |
Front-Wheel-Drive (FWD |
Dimensi |
|
P x L x T |
4.275 mm x 1.765 mm x 1.535 mm |
Jarak Poros Roda |
2.570 mm |
Kaki-Kaki dan Suspensi |
|
Rem Depan/Belakang |
Ventilated Disc Brake Front & Solid Disc Rear |
Suspensi Depan |
MacPherson Strut |
Suspensi Belakang |
Torsion Beam Axle |
Velg |
18” Alloy Wheels 215/50 |
Sejarah Mazda CX-3
Kemunculannya Mazda CX-3 di Indonesia untuk pertama kalinya di tahun 2017 dapat dikatakan cukup fenomenal, bukan saja ketika itu mobil ini memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan rival terdekatnya seperti Honda HR-V atau Suzuki SX-4. Namun, Jagoan Mazda di segmen Crossover kompak ini dapat membuktikan diri menjadi yang terbaik di kelasnya.
Satu-satunya penghalang mengapa banderol mobil ini menjadi tinggi jika dibandingkan dengan para rivalnya yaitu karena mesin yang dipakai. Sementara kompetitor lainnya di segmen ini memiliki mesin berkapasitas sebesar 1.500 cc sampai dengan 2.000 cc, SUV yang dibuat dari platform Mazda2 ini bahkan dibekali mesin dengan kubikasi sebesar 2.000 cc yang memiliki perhitungan pajak jauh lebih tinggi. Sekarang, Mazda datang dengan varian mesin 1.500 cc.
Review Eksterior Mazda CX-3
Eksterior Depan
Mulai dari bagian depan Mazda CX-3 ini. Cita rasa seni yang begitu tinggi nampak di mobil ini. Bentuk yang lebih pipih tetapi garang menjadi khas CX-3. Semua desainer Mazda mempertahankan arti desain Kodo-Soul of Motion yang selalu dipuja Mazda untuk semua portofolio mobil baru Mazda sekarang ini. Tidak terkecuali untuk Mazda CX-3 termurah ini. Mobil ini merupakan salah satu mobil yang sangat cantik desainnya di antara para kompetitonya.
Adaptive LED (Light Emitting Diode) Headlights disertai daytime running light masih tersedia di Mazda ini, tidak luput LED foglamp pada area bumper bawah. Lampu utama ini juga telah diperhitungkan dari sektor keamanan, khususnya untuk pengemudi kendaraan lain. Karena CX-3 telah dilengkapi dengan Adaptive Front Lighting System, yang membuat Anda memiliki pencahayaan lebih baik ketika mobil menikung.
Eksterior Samping
Nafas dari tampilan KODO khas Mazda semakin terpancar. Walau datang sebagai varian sekaligus trim terjangkau tetapi designnya tetap atletis serta maskulin melalui garis lekuk bodi desain yang terbentuk mulai dari garis headlight sampai dengan taillight. Area pilar A pun didesign lebih landai pada belakang posisi as roda depan berfungsi untuk memperbaiki sektor aerodinamika dan juga memberikan efek sporty, kap mesin pun didesign seolah nampak memanjang dan memperkuat kesan yang lebih kokoh.
Eksterior Belakang
Karakter sensual dan juga kokoh pun masih dipertahankan desainer Mazda CX-3 terjangkau ini ketika mendesign area buritan mobil ini. Berbicara tentang pencahayaan, stoplamp Mazda CX-3 ini memakai bohlam jenis LED, serta terdapat high mount stop lamp di bagian spoilernya. Penggunaan double muffler pada bawah bumper ini tidak hanya sebagai hiasan semata, Tetapi juga berkesan dengan sopan dan memperlihatkan performa mobil ini cukup galak di kelasnya.
Review Interior Mazda CX-3
Kursi
Satu hal yang tidak dapat Anda temui di para pesaingnya Mazda CX-3 ini, yaitu posisi duduk berkendaranya yang sangat egronomis. Walaupun di trim terendah tidak dapat diatur secara elektris tetapi posisi duduknya telah disempurnakan Mazda dan membuat Anda ketagihan untuk berkendara. Anda dapat merasa lebih rileks, dan bereaksi dengan cepat serta cekatan, dan tidak mudah merasa letih jika dibandingkan dengan rival lainnya. Serta di tipe paling rendah ini pun bukan sebagai pengecualian.
Walaupun lima penumpang dan sudah termasuk pengemudi di Mazda CX-3 ini bisa duduk terasa nyaman serta aman karena penerapan seatbelt 3-titik pada semua kursi dengan headrest yang lebih pantas sebab dapat diatur naik-turun. Sayangnya jika dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya, legroom, serta headroom mobil ini merupakan yang paling tidak lapang di kelasnya. Ini menjadikan penumpang yang duduk pada kursi belakang terasa kurang nyaman ketika perjalanan jauh.
Dashboard dan Kemudi
Masuk ke dalam interior Mazda CX-3 ini tidak terasa dikurangi rasa kemewahannya. SUV kompak yang dihadirkan secara CBU dari Jepang ini telah memiliki warna interior baru serta menggunakan material kulit Nappa dan terdapat berbagai material soft touch dan bermacam aksen brushed chrome. Selebihnya misal layar sentuh berukuran 7-inci berdesign floating telah disematkan teknologi Mazda Connect tetap sama dengan varian di atasnya.
Lingkar kemudi pada Mazda CX-3 ini terasa mantap digenggam, tidak lain sebab diameternya terasa pas begitu juga dengan ketebalan setirnya. Posisi berkendara semakin ergonomis melalui setir yang bisa diatur secara tilt steering serta telescopic. Tombol pengatur fitur semisal audio steering switch serta cruise control pun masing-masing hadir di spoke kiri dan juga kanan. Tidak ketinggalan paddle shift pun diberikan untuk dapat mengatur perpindahan gigi melalui transmisi SKYACTIV-nya.
Bagasi
Tak dapat dipungkiri, dimensinya yang sangat kompak nyatanya mempengaruhi besaran kapasitas bagasinya. Seperti yang dapat disimak, ruang penyimpanan pada sektor belakang ini tidak begitu lapang. Belum lagi bila kursi belakang diatur lumayan rebah untuk menambah kenyamanan penumpang di saat perjalanan jauh. Beruntung, ruang bagasi bagian belakang ini dapat ditambah melalui cara merebahkan kursi baris kedua yang dapat dilakukan dengan konfigurasi pelipatan 60:40.
Fitur Mazda CX-3
Cruise Control
CX-3 ini pun telah dilengkapi dengan fitur cruise control, walaupun belum adaptive selayaknya model Mazda varian 2.0 L. Meski fitur ini lumayan membantu ketika mengharuskan melalui jalan bebas hambatan. Dengan cara mengaktifkan fitur cruise control, lalu ECU (Electronic Control Unit) mulai memerintahkan TPS (Throttle Position Sensor) untuk dapat membuka pada derajat tertentu untuk dapat menahan laju kendaraan pada kecepatan yang telah ditentukan.
Panel Instrumen
Panel instrumen yang diperlihatkan di Mazda CX-3 paling termurah ini pun masih menarik untuk dilihat dan juga mudah untuk dipantau walau berada pada terik sinar matahari. Kesan sporty terlihat pada gauge besar di tengah yang diperuntukan menjadi indikator putaran mesin. Lalu untuk speedometernya menggunakan format digital pada bawah sebelah kanannya. Untuk Multi Information Display berada pada panel digital sebelah kanan. Untuk posisi gear serta odometer berada pada panel sebelah kiri.
In-Car Entertaiment System
CX-3 kini sudah mempunyai sistem infotainment bernama MZD Connect. Sistem ini pun dapat digunakan untuk menampilkan semua informasi yang pengemudi butuhkan. Informasi yang tersaji dapat dilihat dengan menggeser kenop controller yang berada di belakang tuas transmisi. Sistem MZD Connect pun memiliki fitur navigasi, FM/AM Radio, DVD, pengaturan setting mobil, service reminder serta apps, dan juga dapat terhubung dengan smartphone melalui nirkabel.
Ringkasan Fitur Keselamatan
Fitur keselamatan aktif di Mazda CX-3 ini tentunya tidak beragam seperti yang ada di trim termahal yang mempunyai tujuh buah fitur utama yang dapat menjaga Anda dari celaka selama dijalan dengan mengendarai mobil ini. Tapi jangan risau, fitur-fitur esensial masih ada di mobil ini. Semisal rem yang telah dibekali ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), serta BA (Brake Assist). Fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA) serta i-STOP yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar pun ada di sini.
Electronic Parking Brake + Auto Hold
Ketika parkir, Anda dapat mengaktifkan fitur Electronic Parking Brake melalui tarikan tuas kecil saja. Begitu pun di saat berkendara pada kemacetan dengan Mazda CX-3 ini dapat semakin menyenangkan melalui fitur Auto Hold. Ketika tombol brake hold digunakan, maka ketika pedal rem diinjak untuk beberapa waktu, rem otomatis aktif erta dapat menahan laju mobil.
Mesin dan Performa Mazda CX-3
Mazda CX-3 telah dibekali jantung mekanis berkode SKYACTIV-G 4-silinder dengan kapasitas bersih 1.496 cc. Meski kode mesin yang digunakan sama persis kepunyaan Mazda2, tapi perbedaan ouputnya. Mesin ini memiliki output tenaga sebesar 111 PS atau sekitar 109,5 tenaga kuda di putaran mesin 6.000 rpm dan juga torsi 144 NM pada putaran mesin 4.000 rpm. Tenaga serta torsi tersebut disalurkan melalui kedua roda depan dengan transmisi SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan otomatis.
Mesin yang lebih kompak ini berakibat pada bobot total kendaraan dapat berkurang sampai dengan 21 kilogram. Bila Mazda CX-3 menggunakan mesin 2.000 cc total bobot kotornya sebesar 1.730 kilogram. Hal ini berefek pada Power to Weight Ratio (PWR) yang dimiliki Mazda CX-3 masih cukup baik, yaitu berada di angka 0,064 PS per Kg atau 64 PS per Kg.
Meskipun tidak semantap varian 2.000 cc yang memiliki angka PWR 0,086 PS per Kg atau 86 PS per Kg. Pada perhitungan PWR, semakin tinggi angkanya tentu akan semakin baik. Walau performa sebuah mobil tidak harus mengenai kemampuan berakselerasi 0-100 km/jam ya kan? Konsumsi bahan bakar pun merupakan faktor yang berpengaruh dengan performa sebuah mobil. Serta dengan mesin yang lebih kompak serta bobot total menjadi lebih ringan, mobil ini memiliki potensi untuk meraih efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih irit.
Konsumsi BBM Mazda CX-3
Menjadi salah satu pesaing baru di kelas SUV kompak 1.500 cc, Mazda CX-3 varian 1.5L ternyata memiliki keunggulan di dalam efisiensi konsumsi bahan bakar. Di atas data, CX-3 Sport 1.5L membawa mesin SKYACTIV-G dengan kapasitas 1.500 cc yang memiliki rasio kompresi 13:1. Artinya, mobil ini wajib menggunakan bahan bakar oktan tinggi. Tetapi, Mazda cuma menyarankan menggunakan bahan bakar minimal RON 90 atau seperti Pertalite, yang bisa dikatakan mempunyai harga cukup terjangkau.
Di saat digunakan melaju di jalan perkotaan serta jalan tol sejauh 129 km, konsumsi bahan bakar untuk rute kombinasi yang tercatat pada MID di dashboard mampu menembus 14,1 km/liter.
Kesimpulan
Mazda CX-3 ini di rasa pas sebagai your first Mazda SUV. Memiliki harga yang lebih terjangkau, tetapi memiliki tampilan dan juga fitur premium yang menjadikannya tetap terasa berkelas dan memiliki kesan mobil ini cocok untuk dapat dipertimbangkan. Dan jangan lupa. Kesenangan dalam mengemudi mobil ini terasa lebih di atas para pesaingnya di sekelasnya. Walau harus diingat, untuk jaringan servis memang tidak sebanyak kompetitornya dan juga kapasitas bagasi tidak lebih besar dari para rivalnya.
Warna Mazda CX3
Gambar Mazda CX3
- Eksterior
- Interior
- Semua
Berita Mazda CX3
- Mazda CX-50, Crossover baru Khusus Pasar Amerika
Mazda CX-50, Crossover baru Khusus Pasar Amerika
Nov 17, 2021 - Setop Produksi di Amerika, Mazda CX-3 dan Mazda6 Tetap Tersedia di Indonesia
Setop Produksi di Amerika, Mazda CX-3 dan Mazda6 Tetap Tersedia di Indonesia
May 27, 2021 - Awalnya Hanya Iseng, Mazda CX-3 Ini Malah Jadi Juara di Kontes Audio
Awalnya Hanya Iseng, Mazda CX-3 Ini Malah Jadi Juara di Kontes Audio
May 26, 2021 - Dua Sekawan Memodifikasi Mazda CX-3, Fokus di Performa dan Tampilan
Dua Sekawan Memodifikasi Mazda CX-3, Fokus di Performa dan Tampilan
May 26, 2021 - Mazda CX-3 Hanya Perlu Sedikit Modifikasi Saja Untuk Tampil Keren
Mazda CX-3 Hanya Perlu Sedikit Modifikasi Saja Untuk Tampil Keren
May 26, 2021 - Komparasi Honda HR-V vs Mazda CX-3 1.5, Mana Paling Menarik?
Komparasi Honda HR-V vs Mazda CX-3 1.5, Mana Paling Menarik?
May 17, 2021
FAQ Mazda CX3
- 1. Berapa harga mobil Mazda CX-3?Mazda CX-3 dijual di Indonesia dengan harga mulai Rp 353.300.000,- sampai Rp 454.400.000,- yang hanya tersedia transmisi A/T, Anda bisa mendapatkan mobil Mazda CX-3 ini dengan cicilan mulai dari Rp 6,82 juta per bulan.
- 2. Berapa cc kapasitas mobil Mazda CX-3?Kapasitas mesin Mazda CX-3 ada dua, yang pertama mesin 1.496 cc empat silinder segaris, tenaganya mencapai 108 Hp dan torsi 144 Nm. Dan mesin 1.998 cc empat silinder segaris, tenaganya mencapai 148-149 Hp dan torsi 195 nm.
- 3. Apa saja varian/tipe Mazda CX-3?Mazda CX-3 tersedia dalam tiga tipe saja yaitu tipe 1.5L Sport, 2.0L Sport, dan 2.0L Pro
Review Pengguna Mazda CX3

- 5100%
- 40%
- 30%
- 20%
- 10%
- Arjuna FusenaVarian murah tapi tetap mewah. Kompak dan menyenangkan. Kabin tak terlalu lapang. Biaya perawatan tinggi.
- (20)
- (5)
Hot Brand
- ToyotaToyota
- HondaHonda
- NissanNissan
- BMWBMW
- Mercedes-BenzMercedes-Benz
- MazdaMazda
- DaihatsuDaihatsu
- MitsubishiMitsubishi
- SuzukiSuzuki
- LebihLebih
Rating Mazda CX3
Rekomendasi Terkait
Berita Terpopuler
- Honda Beat Pop CBS ISS, Skutik Entry Level Paling Irit BBMHonda Beat Pop CBS ISS, Skutik Entry Level Paling Irit BBM1 hari yang lalu
- Toyota Gazoo Racing Indonesia Raih Kemenangan Sempurna di Kejurnas Slalom PurwokertoToyota Gazoo Racing Indonesia Raih Kemenangan Sempurna di Kejurnas Slalom Purwokerto6 hari yang lalu
- Polestar 5, Calon Mobil Listrik Swedia TerkuatPolestar 5, Calon Mobil Listrik Swedia Terkuat5 hari yang lalu
- Peugeot 408, Fastback Pertama Pabrikan Berlogo SingaPeugeot 408, Fastback Pertama Pabrikan Berlogo Singa6 hari yang lalu
- Wuling New Cortez, Pilihan Keluarga ModernWuling New Cortez, Pilihan Keluarga Modern1 hari yang lalu
- Honda Wiltop Jambi, Perkuat Layanan Service dan Spare Parts di Kabupaten BungoHonda Wiltop Jambi, Perkuat Layanan Service dan Spare Parts di Kabupaten Bungo1 hari yang lalu
- BMW Luminary Used Car, Dealer Mobil Bekas Premium di Jakarta SelatanBMW Luminary Used Car, Dealer Mobil Bekas Premium di Jakarta Selatan5 hari yang lalu
- Yamaha Mio M3 2014, Rekomen Skutik Bekas di Bawah Rp 5 JutaYamaha Mio M3 2014, Rekomen Skutik Bekas di Bawah Rp 5 Juta3 hari yang lalu
- Hyundai Stargazer Punya Interior Lapang dan Praktis, Ini Bocorannya!Hyundai Stargazer Punya Interior Lapang dan Praktis, Ini Bocorannya!4 hari yang lalu
OTOLOKA Toolkit
- 1 Tahun
- 2 Tahun
- 3 Tahun
- 4 Tahun
- 5 Tahun
- 6 Tahun
Orang Lain Juga Melihat
- Mazda CX3
- Mazda 2
- Gambar Mazda 2
- Harga Mazda 2
- Mazda 3 Hatchback
- Gambar Mazda 3 Hatchback
- Harga Mazda 3 Hatchback
- Mazda 3 Sedan
- Gambar Mazda 3 Sedan
- Harga Mazda 3 Sedan
- Mazda 6
- Gambar Mazda 6
- Harga Mazda 6
- Mazda CX 5
- Gambar Mazda CX 5
- Harga Mazda CX 5
- Mazda CX 9
- Gambar Mazda CX 9
- Harga Mazda CX 9
- Mazda CX-30
- Gambar Mazda CX-30
- Harga Mazda CX-30
- Mazda CX-8
- Gambar Mazda CX-8
- Harga Mazda CX-8
- Mazda MX 5 RF
- Peugeot 3008
- Gambar Peugeot 3008
- Harga Peugeot 3008
- Peugeot 5008
- Gambar Peugeot 5008
- Harga Peugeot 5008
- Tesla Model 3
- Gambar Tesla Model 3
- Harga Tesla Model 3
- Tesla Model S
- Gambar Tesla Model S
- Harga Tesla Model S
- Tesla Model X
- Gambar Tesla Model X
- Harga Tesla Model X
- Isuzu D Max
- Gambar Isuzu D Max
- Harga Isuzu D Max
- Isuzu MuX
- Gambar Isuzu MuX
- Harga Isuzu MuX
- Isuzu Panther
- Gambar Isuzu Panther
- Harga Isuzu Panther
Perbandingan kendaraan
- Mazda CX3 vs. Honda All New BR-V
- Mazda CX3 vs. Mitsubishi Outlander Sport
- Mazda CX3 vs. Wuling Almaz
- Mazda CX3 vs. Honda WRV
- Mazda CX3 vs. Chevrolet Trax
- Mazda CX3 vs. Nissan Terra
- Mazda CX3 vs. DFSK Glory 580
- Mazda CX3 vs. DFSK Glory i-Auto
- Mazda CX3 vs. Mitsubishi Xpander Cross
- Mazda CX3 vs. Honda HRV
- Mazda CX3 vs. Isuzu MuX
- Mazda CX3 vs. Toyota Rush
Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.