Mercedes-Benz A-Class

Mercedes-Benz A-Class

  • OVERVIEW
  • Harga
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
Mercedes-Benz A-Class
1/130
Rp 700,00 Jt - 1,22 M
Harga Mercedes-Benz A-Class baru 2022 di Indonesia
1 Ulasan Total
Spesifikasi Mercedes-Benz A-Class
Jenis MobilSEDAN
Jenis TransmisiOtomatis
Bahan BakarBensin
Mesin1332 - 1998cc
  • Kelebihan Mercedes-Benz A-Class
  • Dimensi kompak dan desain dinamis
  • Aerodinamis dan fitur menarik
  • Performa mesin
  • Kekurangan Mercedes-Benz A-Class
  • Kabin belakang relatif sempit
  • Citra penggerak roda depan
  • Hanya ada satu varian

Harga Mercedes-Benz A-Class terbaru

  • Tersedia
  • Variant
  • Transmission
  • Fuel
  • Mesin
  • Tempat Duduk

Review Mercedes-Benz A-Class

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan
Overview

Overview Mercedes-Benz A-Class  

Dalam keluarga besar sang tiga bintang, Mercedes-Benz A-Class tergolong salah satu mobil yang mengalami perubahan signifikan sepanjang perjalanan hidupnya. 

Saat pertama kali muncul tahun  1997, Mercedes-Benz A-Class menjadi entry level dalam wujud city car yang memadukan bodi belakang hatchback dengan atap tinggi. Jadi sangat kontras dengan anggota lain dalam keluarga besar  Mercedes-Benz.

Selanjutnya, Mercedes-Benz A-Class tumbuh menjadi hatchback dan kemudian mengalami transformasi sebagai sedan. Hal itu  telah berlangsung mulai  Mercedes-Benz A-Class generasi ketiga (W176) yang memakai basis platform  Mercedes Benz B-Class sehingga memungkinkan penambahan  ruang bagasi yang lebih lapang. 

Sejatinya, versi “the real sedan” dari Mercedes-Benz A-Class tampil dalam generasi keeempat. Jadi bukan lagi hatchback yang dimelarkan dan menjadi  sedan mungil  dalam jajaran produk Mercedes-Benz. Untuk pasar Indonesia, A-Class sedan hadir  dalam pilihan varian A200 dengan harga kompetitif.  

 

Harga Mercedes-Benz A-Class 

Model 

Harga 

Mercedes-Benz A-Class  

Rp 699.000.000 (off the road)   


Spesifikasi Mercedes-Benz A-Class 

Mesin


Tipe

M282, 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup, turbo, direct injection  

Kapasitas

1.332 cc 

Tenaga 

163 hp/5.500 rpm  

Torsi 

250 Nm/1.620 rpm-4.000 rpm

Transmisi 

Otomatis 7-speed DCT  

Sistem penggerak 

Penggerak roda depan (FWD)

Konsumsi bahan bakar 

17,5 km/liter – 19 km/liter (kombinasi)   

Kapasitas tangki bahan bakar 

48 liter


Dimensi


Panjang x Lebar x Tinggi 

4.549 mm x 1.992 mm x 1.446 mm

Jarak sumbu roda 

2.729 mm

Ground clearance 

160 mm

Radius putar 

5,5 m 

Berat kosong 

1.390 kg  


Sasis


Rem depan/belakang

Cakram ventilasi/cakram solid  

Suspensi depan

MacPherson strut 

Suspensi belakang 

Torsion beam  

Ban/velg 

205/55 R17 

 

Sejarah Mercedes-Benz A-Class  

Sekadar kilas balik,  Mercedes-Benz A-Class adalah  subcompact car yang diproduksi oleh  Mercedes-Benz sebagai produk entry-level. Generasi pertama A-Class (W168) diluncurkan pada tahun 1997 dalam format hatchback 5-pintu.

Generasi ke-dua (W169) menyusul pada akhir tahun 2004 dan tersedia dalam pilihan hatchback 3-pintu. Sosok generasi kedua  masih serupa dengan generasi pertama dan sosoknya  lebih ramping. dengan walau pola keseluruhan serupa. Masa edar A-Class gen-2  tergolong lumayan lama (2004-2012).

Memasuki generasi ke-tiga (W176) yang hadir tahun 2012, dimensi bodinya melar  sepanjang 68 cm dibanding generasi sebelumnya. Alhasil,  A-Class model tahun 2012 itu malah lebih panjang daripada B-Class generasi pertama. Akhirnya terjadi perubahan besar pada generasi ketiga A-Class menjadi hatchback “anak muda” yang  menantang  BMW Seri 1,  Audi A3 dan VW Golf.

Kemudian tampil generasi ke-empat (W177) yang dirilis pada tahun 2018 dan menandai pemisahan yang jelas dan tegas antara varian hatchback (W177) dan sedan (V177). Secara umum, sosok Mercedes-Benz A-Class semakin menegaskan jati dirinya sebagai mobil yang  menyasar kalangan anak muda atau yang berjiwa muda dengan segala kehidupan dinamisnya.


Eksterior

Eksterior Mercedes-Benz A-Class

Sebagai salah satu sedan paling kompak Mercedes-Benz, sosok A-Class  tampil dengan aura  mewah dan sporty. Tampilan fascia depan A-Class sedan  menegaskan aura progresif yang kuat  melalui kap mesin yang rendah dan memanjang, lampu depan dengan teknologi LED performa tinggi disertai model menyipit ramping serta  grille radiator louvre berikut  logo Mercedes-Benz  di tengah yang membuat sedan kompak ini sangat mewah. 

Sedangkan di bawah depan terpasang air dam lebar untuk mengarahkan aliran udara pada sistem pendinginan mesin dan rem serta memaksimalkan aspek aerodinamika.  

Menengok  bagian samping, guratan garis bodi yang jelas dan tegas  menguatkan  kontur khas sedan sport,  ditambah lagi dengan penempatan  kaca spion pada garis jendela pintu. Aura sporty juga ditonjolkan oleh  velg 17 inci model 5-spoke beserta  rem cakram (depan belakang). 

Terkait proporsi bodi, ruang bagasi belakang menjadi faktor pembeda utama antara varian A-Class hatchback dan A-Class sedan. Begitu pula  garis atap yang meninggi pada bagian belakang membuat A-Class memang terlihat sebagai “the real sedan”   

Pindah ke  bagian buritan, desain lampu kombinasi belakang sudah dilengkapi teknologi  LED dan menampilkan desain menyipit dengan sudut halus yang menguatkan aura  mewah A-Class sedan. 

Pada sisi lain, Selain itu, sisi atap belakang (pilar C) dibuat meninggi sehingga memberikan kenyamanan optimal (ruang kepala) bagi penumpang kursi baris kedua.  Berikutnya,  pintu bagasi dilengkapi shock penyangga sehingga lebih praktis saat dibuka.


Interior

Interior Mercedes-Benz A-Class 

Apapun kastanya, mau entry level atau flagship, setiap produk Mercedes-Benz selalu tampil dengan  kesan mewah. Interior A-Class sedan menghadirkan  tampilan modern dan inovatif serta lapang sehingga penumpang lupa kalau mobil ini sebenarnya berukuran kompak. 

Desain dashboard yang unik ditandai  layar horizontal selebar  10,25 inci merangkap head unit dengan  fitur Mercedes-Benz User Experience (MBUX). Sistem infotainment ini bisa dibuat personal (custom) sesuai  kebutuhan pengguna  serta dilengkapi  display intuitif dengan grafis 3D. O iya, kisi ventilasi AC yang mirip  dengan  turbin sporty memberikan  daya tarik tersendiri. Kabin A-Class sedan bagian depan dilengkapi pencahayaan dengan 64 warna yang memberikan  kesan  dashboard yang sedang mengapung.  

Kemudi  Mercedes-Benz A-Class  Sedan dilengkapi pengaturan tilt-telescopic dan terasa mantap dalam genggaman tangan. Kemudi dilengkapi fitur pengaturan sistem audio pada  sisi kiri dan  cruise control pada sisi kanan serta track pad untuk melakukan setting pada  layar dashboard.  Tentunya fitur  paddle shift menjadi perangkat menyenangkan yang  memudahkan pergantian gear  transmisi saat mengemudi dengan gaya  sporty.

Posisi mengemudi yang paling pas mudah dicapai berkat pengaturan kursi pengemudi secara elektrik. Balutan  kulit dan desain ergonomis menjadikan kabin A-class sedan semakin nyaman untuk para penumpang. Berlanjut dengan kursi  belakang yang  dibekali dengan tiga sandaran kepala  yang bisa diatur sesuai kebutuhan dan kenyamanan penumpang.

Namanya sedan, tentu saja menawarkan kepraktisan melalui ruang  bagasi yang terpisah dengan ruang kabin. Alhasil, pengguna  Mercedes-Benz A-Class sedan dimanjakan oleh ruang bagasi yang lapang dengan  kapasitas 405 liter. Cukup untuk memuat koper dan tas golf.  


Fitur

Fitur Mercedes-Benz A-Class

Salah satu fitur unggulan Mercedes-Benz A-Class  sedan berupa sistem perintah suara Linguatronic. Cukup dengan mengucapkan “Hey Mercedes”, perangkat tersebut membantu Anda untuk  mengakses beragam menu dan kemudahan membaca pesan teks, memeriksa cuaca, mengubah kanal stasiun radio hingga rute tercepat melalui perintah suara. 

Selain itu,  head unit juga terintegrasi dengan ponsel pintar sehingga mengirim/menerima pesan teks atau mencari daftar kontak semakin mudah. Ponsel bisa dioperasikan  tanpa jari jemari karena sudah terhubung  dengan sistem MBUX  melalui  koneksi Bluetooth. Dengan demikian,  Anda  dapat mengatur  hampir semua aplikasi dan fungsi ponsel pintar melalui tampilan multimedia menggunakan tombol kontrol sentuh pada roda kemudi.

Menyandang nama besar Mercedes-Benz, tidak perlu meragukan  fitur keselamatan A-Class  Sedan. Sebut saja Active Brake Assist, Active Parking Assist with PARKTRONIC yang juga terdapat  pada  S-Class. Secara umum, fitur keselamatan A-Class membantu  pengemudi saat sedang mengemudi dalam ruang parkir  dan ruang sempit. Fitur keselamatan lainnya mencakup   tujuh buah airbag yang  salah satunya  kneebag untuk  melindungi lutut dan kaki pengemudi. 


Mesin & Performa

Mesin Mercedes-Benz A-Class

Mercedes-Benz A-Class sedan didukung  mesin M282 hasil kerja sama Mercedes-Benz dengan Nissan Renault. Mesin 4-silinder segaris ini berkapasitas 1,3 liter dibekali turbo dan sistem injeksi langsung sehingga menghasilkan tenaga  163 hp dan torsi 250 Nm. 

Semua output mesin  diteruskan  ke roda depan melalui  transmisi otomatis 7-speed 7G-DCT. Performa akselerasi 0-100 km/jam tercatat 8,1 detik (klaim Mercedes-Benz), sedangkan top speed-nya  mencapai 230 km/jam. 

Emisi gas buang Mercedes-Benz A-Class sedan sudah memenuhi standar Euro 6 dan rasio kompresi mesin mencapai 10,5:1 sehingga tidak perlu diberi tahu lagi angka oktan (RON) bensin yang harus digunakan ya!      

Performa dan Pengendalian 

Memiliki desain dasar sebagai sedan penggerak roda depan, tentunya karakter understeer menjadi ciri khas A-Class. 

Namun demikian, perangkat keselamatan aktif yang menjadi fitur standar  mobil ini berperan penting untuk mereduksi gejala understeer dan sekaligus mengembalikan kendaraan ke posisi normal. 

O iya, bicara soal peredaman suspensi, semua per keong dan shock absorber pada Mercedes-Benz A-Class sudah di-fine tuning agar menghasilkan karakter sebagai comfort suspension demi kenyamanan penumpang sepanjang perjalanan. 


Konsumsi BBM

Konsumsi BBM  

Menurut klaim Mercedes-Benz berdasarkan pengujian internal mereka, konsumsi bahan bakar Mercedes-Benz A-Class sedan mencapai 17,5 km/liter – 19 km/liter untuk kondisi rata-rata kombinasi (dalam kota/luar kota/tol). Paduan mesin berkapasitas 1,3 liter, sistem injeksi langsung, turbo dan transmisi 7-speed DCT memungkinkan pencapaian konsumsi tersebut. 


Kesimpulan

Kesimpulan

Kalau dulu Mercedes-Benz pernah punya Baby Benz (Mercedes 190 W201 1982), maka tidak salah kalau sebagian kalangan menilai A-Class sedan terbaru ini sebagai reinkarnasinya. Maklum, A-Class  berstatus sebagai  sedan paling kompak dalam keluarga  besar Mercedes-Benz. 

Desain dinamis, dimensi kompak, performa istimewa,  fitur dan teknologi terkini menjadikan A-Class terbaru  sangat pas  untuk menjelajah  jalanan perkotaan. Harga kompetitif  menjadi  salah satu tawaran memikat  untuk mendapatkan sedan Mercedes-Benz yang sarat dengan beragam aspek  kemewahan.  


Kelebihan Mercedes-Benz A-Class

    • Dimensi kompak dan desain dinamis

    • Aerodinamis dan fitur menarik 

    • Performa mesin  


Kekurangan Mercedes-Benz A-Class 

    • Kabin belakang relatif sempit  

    • Citra penggerak roda depan

    • Hanya ada satu varian

Warna Mercedes-Benz A-Class

1/5
Cosmos Black
Jupiter Red
Iridium Silver
Polar White
Mountain Grey
Cosmos Black

Gambar Mercedes-Benz A-Class

  • Eksterior
  • Interior
  • Semua
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class
Mercedes-Benz A-Class

Berita Mercedes-Benz A-Class

FAQ Mercedes-Benz A-Class

  • 1. Berapa harga mobil Mercedes-Benz A-Class?
    Mercedes-Benz A-Class dijual di Indonesia dengan harga mulai Rp 700.000.000,- yang hanya tersedia transmisi A/T, Anda bisa mendapatkan mobil Mercedes-Benz A-Class ini dengan cicilan mulai dari Rp 14,10 juta per bulan.
  • 2. Berapa cc kapasitas mobil Mercedes-Benz A-Class?
    Kapasitas mesin Mercedes-Benz A-Class adalah 1.332 cc empat silinder segaris, tenaganya mencapai 163 hp dan torsi 250 Nm
  • 3. Apa saja varian/tipe Mercedes-Benz A-Class?
    Mercedes-Benz A-Class tersedia dalam satu tipe saja yaitu tipe A 200 Progressive Line

Review Pengguna Mercedes-Benz A-Class

Mercedes-Benz A-Class
5
1Ulasan Total
  • 5
    100%
  • 4
    0%
  • 3
    0%
  • 2
    0%
  • 1
    0%
  • Yeremia
    Yeremia
    Sangat Puas
    Ukurannya kompak, bersahabat di jalanan sempit. Desain cocok untuk anak muda. Sedan paling aerodinamis di dunia.
    • (21)
    • (1)
    Jun 4, 2020
Posting Ulasan Anda:
Skor:

Video Mercedes-Benz A-Class

Hot Brand

Rating Mercedes-Benz A-Class

Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraKapasitasHarga & PerawatanKonsumsi BBMPerforma Mengemudi808085858585

Rekomendasi Terkait

Berita Terpopuler

OTOLOKA Toolkit

Simulasi KreditSimulasi Asuransi
*Tipe mobil
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan(Tahun)
Silahkan pilih masa cicilan
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Hitung
Reset

Orang Lain Juga Melihat

Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!