• Gambaran
  • MobilSejenis
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
  • HotBrand

BARU Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-Power
1/33
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
  • Nissan Kicks e-Power
Angsuran mulai dari:9,09 Jt/Bln
Rp 471,00 Jt
Get Offer
SUV
Segera menyusul
Bensin
1198cc
5 seat
  • Kelebihan
  • Harga paling terjangkau di kelasnya
  • Fitur One Pedal Acceleration sangat fun to drive
  • Fitur keselamatan melimpah
  • Sistem e-Power sangat unik dan solutif untuk soal pengecasan mobil listrik
  • Kekurangan
  • Tidak ada moonroof
  • Tidak ada ventilasi AC belakang
  • Ukuran head unit 8 inci, lebih kecil dibandingkan kompetitor sekelasnya
  • Ruang bagasi cenderung kecil
  • Tidak dilengkapi kick sensor pada pintu bagasi belakang
Otoloka Car Rating
Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraKonsumsi BBMHarga & PerawatanKonsumsi BBMPerforma Mengemudi------

Ranking Mobil Sejenis(Nissan Kicks e-Power Tidak ada Ranking)

  • Mazda CX-30
    73.3
    Performa Mengemudi 1
    Mazda CX-30Angsuran Mulai Dari: Rp 119,98 Jt
  • Kia Seltos
    71.7
    Konsumsi BBM 1
    Kia SeltosAngsuran Mulai Dari: Rp 75,00 Jt
Review
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-Power merupakan model mobil pertama dengan spesifikasi teknologi e-Power di Indonesia.

Kicks e-Power sendiri disebut menjadi bentuk komitmen Nissan untuk menawarkan kendaraan berteknologi canggih dan tenaga penggerak alternatif.

Meskipun merupakan mobil berbaterai, pengguna tidak perlu mengecas Nissan Kicks e-Power ketika dayanya sudah habis.

Masih berhubungan dengan pengecasan baterai, pemilik mobil ini pun tidak perlu membuat instalasi khusus di rumah.

Berkat teknologi e-Power, mobil bisa mengecas daya baterainya sendiri karena teknologi ini menggunakan fungsi mesin bensin berkapasitas kecil sebagai alat pengecasannya.

Saat mesin bensin dimanfaatkan untuk mengecas baterai, maka roda-roda mobil sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik.

Uniknya, sama seperti mobil hybrid, mobil listrik Nissan Kicks e-Power akan tetap memiliki knalpot.

Selain Kicks, teknologi e-Power lebih dulu disematkan pada Nissan Note dan menjadi mobil ramah lingkungan terbaik di negara asalnya, Jepang.

Berikut ini, yuk, kita ulas bersama mengenai spesifikasi eksterior, interior, mesin, fitur, hingga konsumsi BBM Nissan Kicks e-Power.

Mengutamakan servis purna jual, harga jual Kicks e-Power yang Rp449 juta sudah termasuk Nissan Care Package. 

Artinya, konsumen Kicks e-Power akan mendapatkan suku cadang dan servis berkala gratis hingga 4 tahun atau 50 ribu kilometer (tergantung mana yang lebih dulu tercapai)

Selain garansi kendaraan standar 3 tahun atau 100 ribu kilometer, Nissan juga memberikan garansi untuk baterai lithium-ion dan sistem kelistrikan hingga 5 tahun atau 100 ribu kilometer.

Spesifikasi Nissan Kicks e-Power

Mesin Nissan Kicks e-Power    
 Tipe MesinHR12DE 1.2L 3-silinder, CVTC, DOHC
 Isi Silinder 1.198 cc
 Daya Maksimum 127 Hp @ 5.400 rpm
 Torsi Maksimum 260 Nm @4.400 rpm
 Motor Listrik EM57, 1.57 kWh lithium-ion
 Daya Maksimum 128 Nm
 Bore x Stroke 78 mm x 83,6 mm
 Transmisi Single-speed
Dimensi Nissan Kicks e-Power   
 Panjang   4.305 mm                                      
 Lebar 1.760 mm
 Tinggi 1.615 mm
 Jarak sumbu roda 2.620 mm
 Jarak terendah 175 mm
 Radius Putar5,1 m   

Nissan Kicks e-Power Eksterior

Nissan Kicks e-Power masuk ke dalam kategori SUV kompak. Kendati mengusung jenis SUV, Kicks e-Power dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban.

Alhasil, dimensi Nissan Kicks e-Power tidak terlalu besar.

Nissan Kicks e-Power ini mungkin sekilas akan terlihat sebagai suksesor Nissan Juke yang namanya semakin tenggelam di Indonesia.

Nyatanya, keduanya dibangun dengan platform yang sama sekali berbeda, bahkan Kicks lebih panjang 18 cm.

Di tampilan mukanya, Nissan Kicks e-Power tetap mempertahankan bahasa desain khas Nissan V-Motion; gril berbentuk V besar yang menyatu dengan lampu utama LED.

Dari bagian samping, Kicks e-Power terlihat kekar berkat lekukan-lekukannya di bagian bahu.

Menguatkan kesan tangguh, hadir pula fender hitam pada bahunya tersebut.

Kombinasi kesan tangguh dan cantik pun bisa diapresiasi lantaran penyematan hitam glossy pada bagian atap tanpa banyak aksen krom.

Beralih ke buritan, sekilas bahwa Kicks e-Power ini mengadopsi desain Xtrail. Hanya saja ukurannya lebih kecil.

Hasilnya pun sukses, karena DNA SUV ala Xtrail mampu diwariskan kepada Nissan Kicks e-Power ini.

Sayangnya, meskipun secara desain tampil impresif, namun ada kekurangan sangat mencolok pada bagian buritan Kicks e-Power ini.

Mengingat banderol harga mobil ini yang hampir setengah miliar rupiah, aneh rasanya jika mobil tidak dilengkapi automatic power tailgate.

Tak seperti namanya, Kicks e-Power justru tak dilengkapi kick sensor untuk membuka pintu bagasi tanpa menyentuhnya.

Nissan Kicks e-Power Interior

Masuk ke bagian interior, Nissan terkesan tak mau tanggung-tanggung untuk Kicks e-Power yang dibanderol setengah miliar rupiah ini.

Bukan hanya ingin terlihat canggih, namun faktor kepraktisan dan kenyamanan menjadi hal utama pada SUV kompak ini.

Bahasan pertama bisa dimulai dari dasbor, alih-alih ingin mengarah pada kesan futuristik maka layout pun dibuat sederhana serta beberapa aksen oval hadir di beberapa bagian.

Kesan sederhana ini pun didapat dari warna interior yang didominasi hitam. Mungkin Nissan ingin membuat interior Kicks e-Power ini terlihat elegan, namun jatuhnya lebih ke sederhana.

Soal kualitas material tentu saja ada perpaduan bahan plastik dan soft touch untuk efisiensi biaya produksi.

Hasilnya, kualitas bahan interior patut diakui cukup baik lantaran mampu memberikan kesan mobil berkelas, futuristik, dan nyaman.

Mengulas material interior maka tak afdol kalau tidak mengulas jok di setiap barisnya.

Setiap jok Nissan Kicks e-Power terbilang sukses untuk menghadirkan kenyamanan terbaik di kelasnya.

Guncangan dari luar mampu diredam jok sehingga kenyamanan penumpang tak terganggu. Ya, layak kalau dihargai setengah miliar rupiah.

Kembali ke kabin depan di mana perhatian selanjutnya mengarah ke lingkar kemudi.

Setir Nissan Kicks e-Power telah dibalut material kulit yang enak dan pas digenggam.

Bukan hanya itu, ketinggian dan jauh-dekatnya setir juga bisa diatur.

Lingkar kemudi berbentuk flat bottom ini pun telah tersemat tombol-tombol pengaturan head unit, MID, hingga pengontrol fitur keselamatan aktif.

Setelah membahas desain eksterior hingga interior, kini saatnya kita beralih untuk mengulas fitur-fitur yang disajikan Kicks e-Power ini.

Ada hal yang patut diapresiasi dari fitur SUV kompak ini adalah kelengkapan dan kecanggihannya dinilai tak sebanding dengan harganya.

Fitur pada Nissan Kicks e-Power dinilai seharusnya ada di mobil kelasan Rp100 jutaan lebih mahal.

Beberapa fitur 'mahal' tersebut ialah Intelligent Cruise Control, Intelligent Emergency Braking, Intelligent Forward Collision Alert, Drivers Attention Alert, Hill Start Assist, Around View Monitor, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, hingga One Pedal Operation.

Semua paket fitur tersebut pun kemudian terangkum dalam Nissan Intelligent Mobility.

Namun secara detail ada hal yang mengecewakan, yaitu pada tampilan panel instrumennya.

MID Kicks e-Power memang sudah mampu menampilkan informasi penting namun tampilannya masih kurang canggih. 

Ragam informasi penting yang muncul pada MID ini ialah mode berkendara, status berkendara, status fitur keselamatan aktif, posisi transmisi, hingga indikator kecepatan analog.

Menambah kesan sebuah mobil listrik murni, tuas transmisi Nissan Kicks e-Power punya aksen biru nan futuristik. 

Pengoperasiannya cukup mudah, hanya mengarahkan tuasnya ke setiap posisi huruf D/B untuk bergerak maju, netral (N), mundur (R), dan parkir (P).

Sayangnya, dengan harga yang mencapai Rp449 jutaan, Nissan Kicks e-Power ini belum dilengkapi sensor parkir mundur.

Demi mengatur respon seberapa agresif motor listrik terhadap injakan gas, maka Nissan membekali Kicks e-Power dengan tiga mode berkendara; Eco, Normal, dan Sport.

Selain itu, ada juga mode EV yang bisa diaktifkan guna mengoptimalkan seluruh tenaga baterai agar mesin bensinnya tidak menyala hingga baterai habis.


Nissan Kicks e-Power dibekali motor listrik EM57, generator dan inverter. Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain itu juga hadir mesin konvensional berkapasitas 1,2 liter DOHC 12 katup tiga silinder.

Mesin bensin ini akan difungsikan sebagai pengisi daya baterai lithium-ion Kick e-Power. Berkat spesifikasi tersebut, Nissan Kicks e-Power mampu mengeluarkan daya total sebesar 127 hp dan torsi puncak menyentuh 260 Nm.

Jadi, impresi pertama mengendarai mobil ini sangat memuaskan terutama soal akselerasi. Torsinya yang besar lebih mencirikan sebuah mobil listrik murni dibandingkan sebuah kendaraan hybrid.

Selain itu, berkat teknologi engine mounting milik Nissan yang canggih, guncangan hebat dari jalanan bisa diredam dengan sangat baik.

Sensasi lainnya yang dapat dirasakan dari Nissan Kicks e-Power ini adalah raungan mesin bahan bakarnya yang berputar kala pedal gas diinjak.

Hanya saja, putaran mesin tersebut bukan untuk menyalurkan tenaga ke roda, melainkan menyalurkan daya ke baterai mobil. 

Mesin bensin boleh meraung, tapi yang bekerja tetap motor listrik. Ketika mobil berjalan pelan, mesin bakar internal mati.

Oleh karenanya, suasana dalam kabin cenderung hening, hanya ada suara angin di luar dan putaran ban yang berguling di atas aspal jalanan.

Nissan Kicks e-Power memiliki catatan konsumsi BBM yang impresif. Berdasarkan standar pengetesan Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP), Kicks e-Power mampu berjalan sejauh 23,8 km/ liter bensin.

Tapi yang perlu digaris bawahi ialah; konsumsi BBM ini bukan untuk menggerakkan roda melainkan untuk mengecas baterai mobil.

Secara harga, Nissan Kicks e-Power bisa dikatakan layak. Hal ini dilihat dari jenis mobil itu sendiri, spesifikasi mesin, desain, hingga fitur-fitur yang dibawanya. 

Nissan Kicks e-Power cocok untuk Anda yang ingin mencoba memiliki mobil hybrid pertama kali.

Lebih dari itu, Kicks e-Power juga mampu memberi solusi kepada Anda yang ragu kepada mobil listrik murni, di mana harus memikirkan pengecasannya juga.

Apalagi selama infrastruktur di Indonesia masih belum bersahabat terhadap ekosistem mobil listrik.

Artikel Terkait
FAQ
  • Nissan Kicks e-Power punya berapa varian?
    Kicks e-Power hanya memiliki satu varian saja, yaitu VL yang dibanderol dengan harga Rp449 juta.
  • Apakah Nissan Kicks e-Power memiliki sensor parkir mundur?
    Tidak, Kicks e-Power tidak dilengkapi sensor parkir mundur.
  • Apakah Nissan Kicks e-Power memiliki Height Light Adjustment?
    Tidak, Kicks e-Power tidak dilengkapi Height Light Adjustment.

Komentar Pengguna

Posting Ulasan Anda:
Skor:
0/300
Kirimkan
Video Terkait
Hot Brand
Toyota
Toyota
Honda
Honda
Nissan
Nissan
Daihatsu
Daihatsu
Mitsubishi
Mitsubishi
Suzuki
Suzuki

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor
Berita Terpopuler
kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya