Suzuki Karimun Wagon R GS

Suzuki Karimun Wagon R GS

  • OVERVIEW
  • Harga
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
Suzuki Karimun Wagon R GS
1/63
Rp 144,50 Jt - 155,20 Jt
Harga Suzuki Karimun Wagon R GS baru 2022 di Indonesia
6 Ulasan Total
Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R GS
Jenis MobilCITY CAR
Jenis TransmisiOtomatis/ Manual/ Segera menyusul
Bahan BakarSegera menyusul/ Bensin
Mesin0 - 998cc
  • Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R GS
  • Durabilitas Suzuki terkenal tangguh
  • Mesin efisien dan responsif
  • Kabin lapang
  • Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R GS
  • Spion manual
  • Belum ada ABS
  • Airbag tunggal

Harga Suzuki Karimun Wagon R GS terbaru

  • Tersedia
  • Tidak Tersedia
  • Variant
  • Transmission
  • Fuel
  • Mesin
  • Tempat Duduk

Review Suzuki Karimun Wagon R GS

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan
Overview

Review Suzuki Karimun Wagon R GS

Sejatinya Suzuki Karimun Wagon R lahir sebagai jawaban Suzuki Indonesia atas kebijakan Low Cost Green Car (LCGC) yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia pada Mei 2013.

Secara umum, peraturan LCGC terfokus pada penetapan pajak mewah 0% untuk mobil dengan mesin bensin berkapasitas 1,2 liter dan memiliki konsumsi bensin minimal 20 km/liter. Berbekal regulasi tersebut, Suzuki Indonesia merilis Suzuki Karimun Wagon R pada September 2013 dalam gelaran Indonesia International Motor Show 2013.

Secara umum, Suzuki Wagon R GS hadir dengan tema SUPER (Spacious-Useful-Practical-Efficient-Reasonable) sesuai karakter dasar setiap produk Suzuki untuk segmen pasar kendaraan roda empat. Konsumen pun dapat memilih Suzuki Karimun Wagon R dalam pilihan GL dan GS. Perbedaan mendasar antara keduanya terletak pada fitur yang lebih lengkap (varian GS) karena menjadi top of the line.

Kini muncul pertanyaan, apakah Suzuki Karimun Wagon R GS masih menjadi favorit konsumen? Mengingat persaingan dalam segmen pasar LCGC semakin ketat dan kompetitif. 

Terlebih kehadiran beragam produk baru dengan selisih harga tidak terlalu jauh namun menawarkan daya pikat yang lebih banyak untuk menarik pilihan konsumen. 

Sejarah Suzuki Karimun Wagon R GS

Pada dasarnya, Suzuki Karimun Wagon R GS adalah versi sporty dari Suzuki Karimun Wagon R dan menjadi varian yang paling atas (top of the line). 

Kini, Suzuki Karimun Wagon R hanya tersedia dengan pilihan varian Karimun Wagon R Blind Van, Karimun Wagon R GL (M/T, AGS) dan Karimun Wagon R GS (M/T, AGS). Menilik basis platform-nya, Suzuki Karimun Wagon R GS mengadaptasi Maruti Suzuki Wagon R Stingray yang dipasarkan di India.

Terkait sejarahnya, Suzuki Indonesia merilis Suzuki Karimun Wagon R GS pada September 2014 dengan pilihan transmisi manual 5-speed. Selanjutnya pada Mei 2015, Suzuki Indonesia meluncurkan Suzuki Karimun Wagon R GS dengan transmisi AGS 5-speed atau automated gear shift. Dengan demikian konsumen dapat memilih varian GS yang dilengkapi transmisi manual maupun AGS sesuai kebutuhan dan selera.

Seiring perjalanan waktu, Suzuki Indonesia melakukan sejumlah penyegaran terhadap Suzuki Karimun Wagon R. Pada gelaran Indonesia International Motor Show 2017, Suzuki Karimun Wagon R tampil dengan facelift serta tersedia pilihan varian GA, GL dan GS serta varian “by-order blind van” yang memakai basis platform varian GA dan GS. 

Menyusul pada Oktober 2020 muncul varian limited edition “50th Anniversary Edition” yang memanfaatkan basis platform varian GS. Suzuki Karimun Wagon R “50th Anniversary Edition” hadir untuk memperingati 50 tahun kiprah Suzuki di Indonesia.

Eksterior

Eksterior Suzuki Karimun Wagon R GS

Tampilan eksterior depan Suzuki Karimun Wagon R GS memakai lampu model proyektor dan bohlam halogen, grille chrome, begitu pula bemper depan yang tampil elegan dan sporty berkat sentuhan warna gelap.

Selain itu ada tambahan fog lamp plus bezel baru. Secara keseluruhan menegaskan kesan dinamis, elegan dan modern.

Pada bagian samping, Suzuki Karimun Wagon R GS langsung terlihat tampil beda melalui velg alloy 14 inci bermotif jari-jari yang terkesan elegan plus ban 175/65 R14.

Jadi menghilangkan kesan sebagai mobil kota yang klimis dan minimalis serta tidak bisa bergaya. Pindah ke buritan, lampu belakang masih menerapkan bola lampu berjenis halogen biasa dan tidak ada wiper belakang. Alhasil saat hujan, pandangan pengemudi ke arah belakang kurang maksimal.

Interior

Interior Suzuki Wagon R GS

Beralih ke dalam kabin, terlihat dashboard tinggi dengan paduan warna hitam disertai sentuhan silver yang menciptakan berkelas dan tidak monoton.

Semua bagian dashboard masih menganut bahan plastik keras tanpa ada material soft touch. Kabin dapat menampung lima orang penumpang dengan headroom dan legroom yang cukup lega.

Boleh disebut Suzuki Karimun Wagon R GS punya kabin yang tergolong lapang. Sayangnya, material jok terlihat biasa saja dan busanya agak keras saat diduduki sehingga cukup melelahkan untuk perjalanan jarak jauh dalam waktu lama.

Tapi ya Suzuki Karimun Wagon R GS ini kan dirancang sebagai mobil kota untuk perjalanan dengan rute jarak dekat dan waktu tempuh yang relatif singkat. Jadi memang bukan untuk berlama-lama di jalan dan di dalam mobil.

Kemudi Suzuki Karimun Wagon R GS tidak dilengkapi pengatur tilt & telescopic alias fixed position. Dengan demikian pengemudi dituntut untuk mampu mengatur posisi duduk dan posisi mengemudi yang paling optimal. Beruntung lingkar kemudi terasa pas dan terasa mantap dalam genggaman tangan.

Fitur

Fitur Suzuki Karimun Wagon R GS

Sebagai mobil kota, Suzuki Karimun Wagon R GS dibekali panel instrumen yang modern dan praktis walau agak ketinggalan jaman dibandingkan rival sekelasnya seperti Daihatsu AylaToyota Agya, dan Honda Brio Satya.

Rupaya, panel instrumen bersifat minimalis karena hanya tersedia indikator bensin, tripmeter, odometer, dan posisi gear transmisi tanpa on board computer. Pada sisi lain, perangkat hiburan didukung sistem audio standar minimalis sehingga Anda butuh modifikasi lanjutan agar suara musik tidak tenggelam oleh suara dari luar mobil.

Salah satu nilai jual unggulan Suzuki Karimun Wagon R GS terletak pada laci di bawah jok (under seat tray). Laci kolong ini dapat menampung sepatu, sandal atau barang lain sehingga membuat kabin menjadi praktis dan ringkas. Cukup angkat dudukan jok penumpang depan lalu masukkan barang pada laci itu.

Mengingat mobil kota menjadi salah satu kendaraan favorit keluarga muda yang menjadi pemilik mobil pertama, tentunya Suzuki Indonesia menambahkan aspek keamanan berupa keyless entry, immobilizer key dan security alarm. Dengan demikian jika ada upaya pencurian maka mesin tidak bisa dihidupkan. Perangkat immobilizer juga diberikan pada kunci cadangan.


Mesin & Performa

Mesin dan Performa Suzuki Karimun Wagon R GS

PT Suzuki Indomobil Sales selaku pemasar Suzuki Karimun Wagon R GS memilih mesin K10B dengan konfigurasi 3 silinder segaris dan berkapasitas 998 cc. Dukungan sistem Multi Point Injection menghasilkan tenaga 67 hp pada 6.300 rpm dan torsi 90 NM pada 3.500 rpm. Tenaga dan torsi mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi 5-speed jenis AGS (Auto Gear Shift) atau manual.

Pada dasarnya, transmisi AGS bisa disetarakan dengan transmisi pada sepeda motor bebek. Jadi pedal gas harus ditekan sampai putaran mesin tertentu agar mobil bisa melaju. Pengemudi dapat memilih mode full Auto alias perpindahan gear secara otomatis atau manual yang membutuhkan pergantian gear oleh pengemudi. Butuh adaptasi supaya dapat merasakan sensasi AGS. O iya, karena AGS memakai basis platform transmisi manual, maka perawatannya sama seperti transmisi manual standar.

Performa dan Handling Suzuki Karimun Wagon R GS

Mengingat ini mobil kota, maka perlakukan sebagaimana mestinya mobil kota. Bukan untuk kebut-kebutan atau adu lincah dan gesit bermanuver. 

Perhatikan proporsi tinggi dan lebarnya, juga ban berukuran 14 inci dengan profil cukup tebal (65). Secara umum, Suzuki Karimun Wagon R GS tidak menawarkan stabilitas seperti Honda Brio Satya. 

Namun, mobil kota ini menjual kenyamanan berkendara yang cukup baik melalui karakter mesin yang responsif dan sesuai dengan racikan gear ratio transmisi plus final gear.   

Konsumsi BBM

Konsumsi BBM Suzuki Wagon R GS

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Balai Termodinamika Motor Propulsi (BTMP), konsumsi bensin Suzuki Karimun Wagon R GS dengan transmisi Auto Gear Shift (AGS) mencapai 21,58 km/liter. Sedangkan Suzuki Karimun Wagon R GS dengan transmisi manual memiliki konsumsi bahan bakar 21,08 km/liter. 

Kesimpulan

Kesimpulan

Kalau Anda mencari salah satu mobil kota yang menawarkan kepraktisan, keawetan dan irit konsumsi bahan bakar, salah satu pilihan adalah Suzuki Karimun Wagon R GS. 

Pada sisi lain, Anda diharapkan dapat maklum dengan kondisinya yang boleh disebut minimalis semisal kaca pintu belakang model engkol dan tidak ada spion elektrik. O iya, jangan berharap juga untuk menjadikannya sebagai mobil sport dalam kota. 

Warna Suzuki Karimun Wagon R GS

1/6
Pearl White
Cool Black
Graphite Grey
Burgundy Red
Radiant Red
Silky Silver
Pearl White

Gambar Suzuki Karimun Wagon R GS

  • Eksterior
  • Interior
  • Semua
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS
Suzuki Karimun Wagon R GS

Berita Suzuki Karimun Wagon R GS

FAQ Suzuki Karimun Wagon R GS

  • 1. Berapa harga mobil Suzuki Karimun Wagon R GS?
    Suzuki Karimun Wagon R GS dijual di Indonesia dengan harga mulai Rp 144.000.000,- untuk transmisi M/T, sampai Rp 152.500.000,- untuk transmisi AGS. Anda bisa mendapatkan mobil Suzuki Karimun Wagon R GS ini dengan cicilan mulai dari Rp 2,21 juta per bulan.
  • 2. Berapa cc kapasitas mobil Suzuki Karimun Wagon R GS?
    Kapasitas mesin Suzuki Karimun Wagon R GS adalah 1.000 cc tiga silinder segaris, tenaganya mencapai 67 Hp dan torsi 90 Nm
  • 3. Apa saja varian/tipe Suzuki Karimun Wagon R GS?
    Suzuki Karimun Wagon R GS tersedia dalam dua tipe saja yaitu GS M/T, dan GS AGS

Review Pengguna Suzuki Karimun Wagon R GS

Suzuki Karimun Wagon R GS
4.8
6Ulasan Total
  • 5
    83%
  • 4
    17%
  • 3
    0%
  • 2
    0%
  • 1
    0%
  • Deni Alfarizi
    Deni Alfarizi
    Sangat Puas
    Fitur mobil lebih lengkap di versi ini. Suspensi nyaman. Kualitas peredaman biasa saja.
    • (17)
    • (4)
    Jan 22, 2021
  • Dwi wulandari
    Dwi wulandari
    Sangat Puas
    Udah sekitar satu tahun saya menggunakan Suzuki Karimun Wagon R GS dan selama itu saya merasa sangat puas. Walaupun ukurannya kecil tapi tenaganya luar biasa sekaligus lincah. Selain itu konsumsi bahan bakarnya juga irit. Interiornya menarik dan cukup lega. Cocok banget buat nemeni aktivitas saya sehari-hari.
    • (9)
    • (5)
    Des 10, 2021
  • Andika hadi
    Andika hadi
    Sangat Puas
    Suzuki Karimun Wagon R GS merupakan city car dengan harga yang ekonomis dengan performa baik dan irit bahan bakar. Tapi sayangnya buat suspensi terasa agak keras dan limbung jika di bawa dikecepatan tinggi.
    • (1)
    • (4)
    Sep 29, 2021
  • Samsul bahri
    Samsul bahri
    Puas
    Mobil saya ini adalah Suzuki Karimun Wagon R GS. Sudah satu setengah tahun mobil ini menemani aktivitas saya sehari-hari mulai dari ke kantor, belanja hingga antar anak sekolah. Yang saya suka dari mobil ini adalah ukurannya yang kecil, irit, tenaga bagus dan juga awet. Memang benar-benar pilihan yang tepat.
    • (3)
    • (6)
    Sep 29, 2021
  • Fahmi
    Fahmi
    Sangat Puas
    Bicara soal performa dan kenyaman Suzuki Karimun Wagon R GS tak perlu di ragukan lagi. Meskin ukurannya mungil tapi saat masuk ke dalam kabin terasa luas. Ground clearance cukup tinggih jadi nyaman dibawa di medan apa aja. Konsumsi bahan bakarnya juga irit, harga relatif terjangkau buat sebuah city car.
    • (4)
    • (0)
    Des 10, 2021
Posting Ulasan Anda:
Skor:

Hot Brand

Rating Suzuki Karimun Wagon R GS

Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraKapasitasHarga & PerawatanKonsumsi BBMPerforma Mengemudi807070756070

Rekomendasi Terkait

  • Datsun Cross
    Datsun Cross
    Datsun Cross
    Harga Total:Rp 161,49 Jt - 173,99 Jt
  • Datsun GO
    Datsun GO
    Datsun GO
    Harga Total:Rp 112,09 Jt - 160,49 Jt
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
    Toyota Agya
    Harga Total:Rp 144,90 Jt - 170,39 Jt
  • Honda Brio
    Honda Brio
    Honda Brio
    Harga Total:Rp 156,00 Jt - 236,00 Jt
  • Renault KWID
    Renault KWID
    Renault KWID
    Harga Total:Rp 173,90 Jt - 183,90 Jt

Berita Terpopuler

OTOLOKA Toolkit

Simulasi KreditSimulasi Asuransi
*Tipe mobil
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan(Tahun)
Silahkan pilih masa cicilan
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Hitung
Reset

Orang Lain Juga Melihat

Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!