Suzuki SX4 S Cross

Suzuki SX4 S Cross

  • OVERVIEW
  • Harga
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
Suzuki SX4 S Cross
1/14
Rp 321,00 Jt - 337,90 Jt
Harga Suzuki SX4 S Cross baru 2022 di Indonesia
6 Ulasan Total
Spesifikasi Suzuki SX4 S Cross
Jenis MobilHATCHBACK
Jenis TransmisiOtomatis/ Manual
Bahan BakarBensin
Mesin1491cc
  • Kelebihan Suzuki SX4 S Cross
  • Durabilitas mesin telah lama terbukti
  • Fitur lengkap
  • Jaringan dealer dan bengkel tersebar luas
  • Kekurangan Suzuki SX4 S Cross
  • Mesin kurang bertenaga
  • Perlu tambahan fitur-fitur baru
  • Tidak ada outlet listrik untuk penumpang belakang

Harga Suzuki SX4 S Cross terbaru

  • Tersedia
  • Variant
  • Transmission
  • Fuel
  • Mesin
  • Tempat Duduk
  • 2016 | 1491cc |
    • Suzuki SX4 S Cross MT
      Harga:Rp 321,00 Jt
      Harga menyusul: 6,19 Jt/Bln
      Manual
      Bensin
      1491cc
      5 seat
      Suzuki SX4 S Cross MT
    • Suzuki SX4 S Cross AT
      Harga:Rp 337,90 Jt
      Harga menyusul: 6,52 Jt/Bln
      Otomatis
      Bensin
      1491cc
      5 seat
      Suzuki SX4 S Cross AT

Review Suzuki SX4 S Cross

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan
Overview

Sempat menjadi perintis crossover di Indonesia dengan Suzuki SX4 X-Over dan mulai tersisihkan sejak kehadiran Honda HR-V. PT Suzuki Indomobil Sales berusaha kembali mengulang sukses di masa lalu dengan Suzuki SX4 S-Cross.

Desainnya yang cenderung elegan disulap menjadi lebih maskulin hanya berselang setahun dari pertama kali diluncurkan demi memikat konsumen crossover tanah air yang lebih gandrung dengan desain berotot.

Tipe

Harga

Suzuki SX4 S-Cross MT

Rp302.000.000,00

Suzuki SX4 S-Cross AT

Rp317.000,00

 

Spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross

Mesin

 

 


Tipe

M15A, 4 silinder segaris 1.5L, 16 katup DOHC VVT

 

Isi Silinder

1.491 cc

 

Tenaga Maksimum

107 hp @ 6.000 rpm

 

Torsi Maksimum

138 Nm @ 4.400 rpm

 

Transmisi

 Manual 5 percepatan/Otomatis 6 percepatan

 Sistem Penggerak

 Penggerak Depan

Konsumsi BBM

 12 km/liter (manual)/14 km/liter (otomatis)

 

Kapasitas Tangki BBM

 48 liter

Dimensi

P x L x T

 4.300 x 1.785 x 1.595 mm

Jarak Poros Roda

 2.600 mm

Jarak Terendah

 185 mm

Radius Putar

 5,5 m

Berat Kosong

 1.150 kg (manual)/1.170 kg (otomatis)

Kaki-Kaki dan Suspensi

Rem Depan/Belakang

 Cakram berventilasi/cakram

Suspensi Depan

 MacPherson Strut dengan Per Keong

Suspensi Belakang

 Batang Torsi dengan Per Keong

Velg/Ban

 Alloy 16 inci / 215/60 R16

 Sejarah Suzuki SX4 S-Cross

Suzuki SX4 S-Cross memulai debutnya secara global di Geneva Motor Show 2013. Crossover perpaduan hatchback dan SUV ini adalah versi produksi dari model S-Cross Concept yang dipamerkan di Paris Motor Show setahun sebelumnya.

PT Suzuki Indomobil Sales kemudian meluncurkan Suzuki SX4 S-Cross di Indonesia pada 11 Agustus 2016 sebagai penerus Suzuki SX4 X-Over. Crossover yang diimpor langsung dari India ini sepintas masih mengusung siluet yang mirip dengan pendahulunya namun dengan kabin dan bagasi yang lebih lega. Dapur pacu yang digunakan masih mesin bensin M15A namun telah diseting ulang untuk meningkatkan efisiensi BBM-nya daripada performa di atas aspal.

Suzuki SX4 S-Cross bermain di kelas yang sama dengan Honda HR-V dan patut juga mewaspadi pendatang baru MG ZS. Sebelumnya Nissan Juke dan Chevrolet Trax sempat bersaing di arena yang sama.

Dengan harga sudah tembus Rp300 juta, Suzuki SX4 S-Cross sudah tidak bisa dikategorikan sebagi crossover ramah kantung jika dibandingkan dengan pendahulunya yang dijual dengan harga Rp155 jutaan saat diluncurkan dahulu. Apakah performa dan fitur yang diberikan sepadan dengan harganya?

Eksterior

Dimensinya tergolong bongsor untuk sebuah kendaraan yang dikategorikan sebagai compat crossover. Dengan panjang 4.300 mm, lebar 1.785, dan tinggi 1.595 mm, S-Cross sedikit lebih besar dari Honda HR-V. Sementara jarak terendah keduanya sama-sama 185 mm.

Suzuki SX4 S-Cross telah mendapatkan penyegaran pada tahun 2017 atau setahun setelah memulai debutnya di Indonesia.  Perbedaan mencolok pada model facelift ini ada pada desain grille baru dengan kisi-kisi vertikal beraksen krom. Desain mika lampunya juga sama sekali berbeda.

Jika kami amati desain lampu dan grille-nya lebih lama, pisahkan grille-nya menjadi dua bagian. Hmm…Suzuki rupanya terinspirasi dari BMW X3 dan X5.

Grille baru ini cukup efektif mengubah karakter kalem model sebelumnya yang menggunakan kisi-kisi melintang menjadi terlihat lebih agresif. Serasi dengan desain kap mesinnya yang terkesan berotot.

Lampu depan HID digantikan lampu LED dengan proyektor serta telah dilengkapi fitur auto levelling lampu Daytime Running Light. Hanya lampu kabut dan lampu sein masih menggunakan bolam halogen.

Tidak ketinggalan ada fitur auto levelling untuk menjaga arah sorotan lampu tetap ke permukaan jalan saat kendaraan menanjak/menurun dan auto headlight yang dapat diaktifkan sehingga lampu akan menyala otomatis ketika kondisi gelap.

Bagian sampingnya relatif sama dengan versi sebelum facelift. Sementara di bagian belakang telah menggunakan kombinasi lampu LED untuk lampu malam dan rem serta halogen untuk lampu sein dan mundur. Di bumper belakang telah dilengkapi dengan empat sensor mundur tapi sayang belum dilengkapi dengan kamera mundur.

Keempat rodanya menggunakan velg berdesain sporty berukuran 16 inci dengan warna Gun Grey Metallic. Ban besar berukuran 215/60 R16 dengan ground clearance agak tinggi memberikan tampilan yang proporsional.

Interior

Tidak ada perubahan desain di dalam kabin S-Cross facelift. Seluruh joknya yang sebelumnya dibungkus bahan fabrik digantikan lapisan kulit berwarna hitam.

Kabinnya cukup lega baik ruang kaki maupun kepala. Bangku di baris kedua posisinya sedikit lebih tinggi dibandingkan bangku depan. Konfigurasi ini membuat pandangan penumpang belakang tidak sepenuhnya terhalang oleh sandaran kepala di depannya tetapi sedikit mengurangi ruang kepala.

Jok tengah bagian belakangnya lebih pas untuk anak-anak karena tidak terlalu lebar, ruang kaki terganggu gundukan lantai, sandaran punggung yang merangkap sandaran lengan terasa keras, dan tidak ada sandaran kepala untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Kemudinya juga dapat diatur empat arah (maju, mundur, naik, turun). Posisi duduk untuk pengemudi tergolong tinggi untuk memberikan visibilitas ke depan yang lebih luas. Namun Anda masih bisa menenurunkannya jika lebih menyukai posisi mengemudi yang lebih rendah. Untuk pengaturan joknya sepenuhnya masih mekanis.

Satu hal yang sedikit mengganggu adalah posisi tuas rem tangan yang lebih dekat di sisi kanan penumpang depan. Posisi seperti ini biasanya lebih sering ditemui pada mobil dengan basis setir kiri.

Sistem cartainment-nya masih tetap menggunakan layar sentuh berukuran tujuh inci dengan fungsi radio, MP3, CD/DVD, dan koneksi USB. Head unit ini sekarang sudah mulai terasa ketinggalan zaman karena tidak dilengkapi dengan koneksi Android Auto maupun Apple CarPlay. Ditambah lagi dengan koneksi USB-nya tidak menyatu melainkan terpisah berada di dalam laci di sisi kiri depan. Outlet lighter tersedia di bagian depan dan bagasi. Sementara untuk penumpang belakang sama sekali tidak mendapatkan outlet listrik apapun.

Bagasinya tergolong besar dengan kapasitas 480 liter. Jok belakangnya dapat dilipat dengan satu tarikan tuas untuk memperluas ruang kargo. Jok belakang ini berkonfigurasi 60:40 namun sayangnya belum bisa terlipat rata.

Fitur

Fitur-fitur yang ditanamkan ke dalam crossover ini lumayan banyak. Mulai dari keyless entry, tombol start/stop mesin, cruise control, lampu otomatis, hingga wiper otomatis.

Sementara fitur keselamatannya didukung dengan sepasang kantung udara depan, sistem rem ABS (Antilock Braking System) + EBD (Electronic Brake Distribution). Sayangnya belum ditemui sistem kontrol traksi, kontrol stabilitas, maupun Hill Start Assist yang saat ini mulai lazim ditemui pada mobil dengan harga Rp300 jutaan.

Mesin & Performa

Mesin M15A yang diusungnya tergolong sudah uzur karena sudah digunakan di SX4 X-Over, Swift generasi pertama, bahkan Aerio yang memulai debutnya di Indonesia tahun 2001.

Mesin bensin 4 silinder 1,5 liter ini menghasilkan tenaga maksimal 107 hp dan torsi mencapai 138 Nm. Keluaran mesin ini hanya naik 7 hp dan 5 Nm dibandingkan pada SX4 X-Over.

Dapur pacu ini diseting ulang lebih terfokus pada menurunkan konsumsi BBM dan emisi gas buang. Rasio kompresi mesinnya meningkat menjadi 10,3:1 sementara pada M15A lama 9,5:1.

Dengan rasio kompresi mesin yang lebih tinggi, bahan bakar yang dapat terbakar sempurna lebih besar sehingga mesin bekerja lebih efisien. Rekomendasi bahan bakar yang digunakan minimal sekelas Pertamax beroktan 92. Sementara mesin SX4 lawas dengan rasio kompresi 9,5:1 masih cukup dengan bensin beroktan 90 seperti Pertalite.

Namun untuk transmisi otomatisnya menggunakan transmisi baru 6 percepatan. Dengan gear lebih banyak dan rasio lebih rapat, perpindahan transmisinya saat berakselerasi lebih halus dan putaran mesin relatif lebih rendah pada saat meluncur di tol dengan kecepatan tiga digit. Tidak seperti transmisi otomatis 4 percepatan yang terasa lebih menghentak setiap gear berpindah ketika berakselerasi.

Karakter mesinnya lebih cocok untuk penggunaan perkotaan yang lebih banyak “stop & go”. Tarikan awalnya terasa enteng hingga kecepatan sekitar 60 km/jam. Begitu bermain di putaran lebih tinggi terasa mulai kosong dan lebih banyak tertolong momentum kendaraan.

Akselerasi 0 – 100 km/jam rata-rata dicapai dalam 12 detik. Angka yang tidak istimewa ini tidak hanya dipengaruhi oleh keluaran mesinnya tetapi juga penggunaan ban berukuran besar. Setidaknya pengeremannya dapat diandalkan dengan dukungan rem cakram di seluruh roda dengan dukungan ABS+EBD tapi tidak ada BA (Brake Assist).

Setingan suspensinya cenderung keras untuk menjaga stabilitasnya pada kecepatan tinggi. Jika menggunakan suspensi yang lebih empuk, S-Cross akan terasa lebih limbung karena titik beratnya yang tinggi. Setingan ini juga pas ketika melintasi jalanan offroad ringan di mana ayunan bodi kendaraan menjadi lebih terkontrol.

Patut diingat meski crossover ini masih bisa untuk bermain-main di lintasan tanah yang tidak terlalu berat jangan samakan kekuatan suspensinya dengan SUV berpenggerak empat roda. Kaki-kaki Suzuki SX4 S-Cross tidak berbeda jauh dengan suspensi sedan yang tidak diperuntukkan untuk medan berat. 

Konsumsi BBM

Untuk pemakaian dalam kota, konsumsi bensin rata-rata di kisaran 12 km/liter. Sementara ketika melaju konstan di tol bisa mencapai 14 km/liter atau lebih.

Angka-angka tersebut dapat lebih rendah maupun lebih tinggi tergantung dari cara mengemudi, kondisi lalu lintas, hingga kondisi ban.

Kesimpulan

Suzuki SX4 S-Cross masih cukup menyenangkan dan praktis diajak bermain di perkotaan. Kolongnya yang tinggi memberikan rasa percaya diri ketika jalanan kurang bersahabat namun juga jangan terlalu berlebihan karena ini bukanlah SUV 4WD.

Jangan menuntut akselerasi yang lebih galak seperti Honda HR-V. Ikuti saja ritme mesinnya dan mesin bandel ini masih tidak mengecewakan.

Harganya yang semakin mahal terbayar dengan kualitas dan fitur-fitur yang diberikan. Namun fitur-fitur seperti kontrol traksi, kontrol stabilitas, Hill Start Assist, kantung udara ekstra, head unit dengan Android Auto dan Apple CarPlay sudah mendesak untuk disuntikkan jika tidak ingin disebut crossover klasik.

Warna Suzuki SX4 S Cross

1/3
Prime Arctic White
Premium Silver
Granite Grey
Prime Arctic White

Gambar Suzuki SX4 S Cross

  • Eksterior
  • Interior
  • Semua
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross
Suzuki SX4 S Cross

Berita Suzuki SX4 S Cross

FAQ Suzuki SX4 S Cross

  • 1. Berapa pajak tahunan Suzuki SX4 S-Cross ?
    Untuk Suzuki SX4 S-Cross 2021 AT sekitar Rp3,6 juta.
  • 2. Termasuk tipe bodi apakah Suzuki SX4 S-Cross ?
    Meski bisa dikategorikan SUV, Suzuki SX4 S-Cross pada STNK masuk kategori minibus
  • 3. Apakah Suzuki SX4 S-Cross dapat dipasangi bagasi tambahan di atap ?
    Bisa, Suzuki SX4 S-Cross sudah dilengkapi dengan roof rail sehingga dapat langsung dipasangi roof rack.

Review Pengguna Suzuki SX4 S Cross

Suzuki SX4 S Cross
4.8
6Ulasan Total
  • 5
    83%
  • 4
    17%
  • 3
    0%
  • 2
    0%
  • 1
    0%
  • Dadang H
    Dadang H
    Sangat Puas
    Desain eksterior terbaru tampak sporty. Fitur mobil cukup lengkap. Hanya ada 1 varian di Indonesia.
    • (21)
    • (5)
    Sep 9, 2021
  • Okta putra
    Okta putra
    Sangat Puas
    Suzuki SX4 Cross punya fitur lengkap, interior nyaman dan luas. Dengan mesin 1500 cc tenaga yang dihasilkan cukup besar. Dengan mesin sebesar itu konsumsi bbm terbilang irit jika dibandingkan pesaingnya. Yang lebih takjub lagi biaya maintenances terjangkau ramah di kantong.
    • (15)
    • (2)
    Des 10, 2021
  • lucky gunawan
    lucky gunawan
    Puas
    Sebenernya udah lama saya mengincar mobil ini. Alhamdulilah tahun 2020 akhirnya saya bisa membelinya. Ada beberapa alasan kenapa saya memilih Suzuki SX4  cross ini yang utama karena fiturnya melimpah, bodi elegan dan kabin yang lega. Pokoknya nyaman banget. value for money ?
    • (6)
    • (0)
    Des 10, 2021
  • Dwi Anisa
    Dwi Anisa
    Sangat Puas
    saya beli Suzuki SX4 ctoss untuk memenuhi aktivitas sat. kebetulan saya baru nemiliki satu anak, sehingga gak butuh mobil yg 7 sester. Kabinnya cukup luas dan senyap. Performa sangan oke. pokoknya manteb..?
    • (3)
    • (0)
    Des 10, 2021
  • haddy
    haddy
    Sangat Puas
    Memutuskan membeli Suxuki SX4 cross merupakan pilihan yang tepat. Dengan harga segitu udah bisa dapet crossover dengan kenyaman baik, kabin cukup senyap dan suspensi nyaman. Di bawa lari di kecepatan 130 km/jam tidak terasa limbung. Fitur-fitir yang ditawarkan juga cukup lengkap.
    • (2)
    • (5)
    Sep 29, 2021
Posting Ulasan Anda:
Skor:

Video Suzuki SX4 S Cross

Hot Brand

Rating Suzuki SX4 S Cross

Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraKapasitasHarga & PerawatanKonsumsi BBMPerforma Mengemudi757070757075

Rekomendasi Terkait

Berita Terpopuler

OTOLOKA Toolkit

Simulasi KreditSimulasi Asuransi
*Tipe mobil
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan(Tahun)
Silahkan pilih masa cicilan
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Hitung
Reset

Orang Lain Juga Melihat

Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!