OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • MobilSejenis
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
  • HotBrand

Toyota 86

Toyota 86
1/34
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
  • Toyota 86
Angsuran mulai dari:3,05 Jt/Bln
Rp 168,00 Jt - 830,00 Jt
Get Offer
SEDAN
Otomatis/ Manual
Bensin
1597 - 1998cc
4 seat/ 5 seat
  • Kelebihan
  • Harganya yang lebih murah dibandingkan mobil sport lainnya
  • Ruang kemudi yang lebih lega
  • Kecepatan yang tidak kalah jauh dengan mobil sport lainnya
  • Mampu menampung hingga 4 orang
  • Kekurangan
  • Kursi baris kedua terasa sempit sehingga kag beralih fungsinya menjadi fungsi bagasi
  • Tidak memiliki fitur pembuka atap
  • Harga Relatif Mahal
Otoloka Car Rating
Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraHarga & PerawatanKapasitasKonsumsi BBMPerforma Mengemudi757575757580

Ranking Mobil Sejenis(Toyota 86 Peringkat1)

    Review
    • Overview
    • Eksterior
    • Interior
    • Fitur
    • Mesin & Performa
    • Konsumsi BBM
    • Kesimpulan


    Tidak hanya Toyota Supra saja, Toyota 86 menjadi pilihan mobil sport dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan model lainnya di Indonesia. Meski begitu, performanya tidak kalah jauh dibandingkan model legendaris Toyota. 

    Harga mobil Toyota 86 ini jauh lebih murah dibanding Supra GR. Mulai dari Rp775 juta untuk Toyota FT 86 M/T dan selanjutnya Rp816 juta untuk Toyota GT 86 A / T TRD yang lebih sporti.

    Toyota 86 merupakan model coupe fastback dengan tampilan menawan khas Toyota. Dikembangkan oleh Toyota dan Subaru dan dipasarkan dengan nama Subaru BRZ di beberapa pasar, Toyota 86 merupakan sportscar segmen S saat diboyong ke Indonesia pada 1 Juni 2012. Dari tiga pilihan versi yang dibawa ke Indonesia, Toyota 86 hanya punya satu. mesin, yaitu 4U-GSE 2.0 4 silinder.

    Toyota 86 yang merupakan Coupe sport kompak ini merupakan hasil perpaduan antara Toyota dan Subaru. Untuk pasar Eropa, mobil ini dikenal dengan Toyota GT-86. Lalu di Amerika dikenal sebagai Scion FR-S, dan Subaru memasarkannya dengan nama Subaru BRZ. Pada penjualan perdananya di Indonesia, 40 unit mobil ini didatangkan dari Jepang dan langsung ludes.

    Spesifikasi Toyota 86


    Sejarah Toyota 86

    Selain di Indonesia, Toyota memasarkan mobil sport produksi Subaru di Eropa dengan nama Toyota GT 86, Toyota FT 86 di Jamaika dan Nikaragua, serta Scion FR-S di Amerika dan Kanada. Hingga saat ini, 86 menjadi salah satu pilihan mobil sport Toyota yang paling terjangkau dibandingkan dengan Toyota Supra GR.


    Toyota 86 diperkenalkan dengan Elemen desain awal bernama Future Toyota (FT). Yang pertama adalah Toyota FT-HS yang dipamerkan di North American International Auto Show pada tahun 2007. Memiliki penggerak roda depan dan belakang, 2 + 2 tempat duduk dan mesin V6 dengan bantuan motor listrik.

    Dipimpin oleh Tetsuya Tada, Toyota mengundang Subaru untuk bersama-sama mengembangkan mesin boxer D-4S yang baru. Kolaborasi ini menghasilkan Konsep FT-86 yang memulai debutnya di Tokyo Motor Show 2009. Ukurannya lebih kecil dari FT-HS, lalu elemen desainnya masih ada kesamaan dengan mesin bertenaga hybrid ED2 yang berubah jadi mesin boxer D-4S baru.

    Perkembangan itu hampir selesai ketika Toyota dan Subaru meluncurkan Konsep FT-86 II pada tahun 2011 di Geneva Motor Show. Dengan fasia depan dan belakang baru, model konsep ini bahkan lebih mirip dengan 86 yang dipasarkan saat ini.

    Memulai debutnya Toyota 86 di Toyota Motor Show pada Desember 2011 lalu masuk ke Indonesia tahun 2012. Awalnya sudah ada 7.000 pesanan di bulan pertama produksi. Sehingga populasi Toyota FT 86 bekas tidak terlalu banyak.

    Karena harganya yang cukup terjangkau, banyak yang merubah tampilan mobil ini. Beberapa mod Toyota 86 dapat ditemukan mengemudi di jalanan di seluruh dunia. Dan masih dipasarkan hingga saat ini, intip ulasan Toyota 86 2020 selengkapnya di bawah ini.


    Tak kalah dengan Toyota Supra, eksterior Toyota 86 menawarkan desain yang sporty namun landai yang menjadi ciri khas coupe dua pintu. Tampak depan tampak garang dengan lampu depan berteknologi proyektor HID yang membentang ke belakang.

    Sebuah gril besar untuk memberikan asupan udara yang dibutuhkan untuk berkendara terpampang di fasia depan. Bemper bawahnya dilengkapi dengan lampu kabut yang akan menemani Anda saat berkendara di jalan berkabut maupun saat hujan.

    Dengan mesin yang terletak di depan, kap mesin dibuat memanjang sehingga mempertegas tampilan mobil sport 86-an. Soal spoiler dan bagasi belakang, siluetnya terkesan sensual dengan mengandalkan tampilan aerodinamis Toyota.


    Pada bagian samping, dengan desain coupe yang sangat landai terlihat jelas pada bagian atap belakang. Cukup mempengaruhi ruang kepala di jok belakang. 86 hanya dibekali dua pintu yang dilengkapi velg berukuran 17 inci.

    Beralih ke bagian belakang, tubuh atletis terlihat dari sapuan halus di atas bagasi dengan lampu belakang berteknologi LED. Terdapat aksen side air scoop dengan emblem 86, termasuk knalpot ganda dan sayap belakang yang terdapat pada versi TRD.


    Dasbor khas mobil balap menghiasi tampilan dalam bersama dengan head unit pengaturan HVAC. Kualitas material yang ditawarkan juga mempertegas kesan premium pada mobil tersebut. Interiornya didominasi warna hitam dengan sedikit aksen merah pada jahitan kulit Alcantara.

    Setir yang sporty akan menemani Anda sepanjang perjalanan. Roda kemudi palang tiga berlapis kulit dengan bagian tengah membulat terasa seperti setir mobil balap. Apalagi ditambah dengan paddle shift yang memberikan nuansa berkendara lebih sporty.

    Toyota 86 memang menjadi prioritas bagi penyuka mobil balap, tidak begitu praktis untuk penggunaan sehari-hari. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Hal itu terlihat dari pemilihan kursi 2 + 2 dengan space yang lebih sedikit di bagian belakang.


    Atapnya yang landai membuat jok belakang memiliki ruang kepala yang rendah. Bahkan ruang kaki sangat tidak nyaman untuk anak-anak. Kursi baris depan bisa dibuat lebih jauh ke belakang, menghilangkan ruang kaki untuk kursi belakang.

    Namun Toyota tetap memberikan ruang penyimpanan di bagasi belakang. Meski tidak terlalu besar, namun bisa digunakan untuk menyimpan tas kecil. Jika perlu, jok belakang bisa direbahkan untuk menambah kapasitas penyimpanan di dalam mobil.


    Seperti mobil performa lainnya, Toyota memberikan beberapa fitur keselamatan tingkat tinggi pada mobil ini. Hanya saja model lama tanpa update perlu mendapat upgrade di bagian sistem bantuan mengemudi.

    Namun pada harga yang ditawarkan, 86 sudah mendapatkan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) yang sangat membantu pengereman optimal saat berkendara.

    Fitur keselamatan aktif lainnya termasuk teknologi Traction Control (TRC) dan Vehicle Stability Control (VSC). Melengkapi 86 sistem keselamatan terdapat kantung udara di bagian depan dan samping pengemudi dan penumpang di dalam kabin.


    Mesin Toyota 86

    Memiliki tenaga dan kapasitas mesin yang sama dengan Subaru BRZ, mesin yang digunakan pada Toyota 86 ini dikenal dengan kode 4U-GSE. Mesin boxer 1.998 cc 4 silinder tersebut dipadukan dengan sistem injeksi D-4S dari Toyota yang menggunakan sistem injeksi langsung.

    Dengan mesin depan dan penggerak roda belakang, mesin tersebut memiliki rasio kompresi 12,5: 1. Tenaga yang dihasilkan tidak main-main. Mesin Toyota 86 ini mampu menghasilkan tenaga 200 PS 7.000 rpm dengan torsi maksimal 205 Nm 6.400 rpm.

    Toyota 86 ini tersedia dalam dua pilihan transmisi. Pertama,  girboks manual Toyota TL70 6-percepatan dan kedua, transmisi otomatis 6-percepatan Aisin-Warner A96E yang dimodifikasi dari Lexus IS 250. Diferensial slip terbatas berbiaya torsen menjadi fitur standar pada mobil ini.

    Performa Toyota 86

    Suaranya yang garang langsung menggelegar dengan mesin Boxer 86-an. Tenaga yang besar memudahkan akselerasi. Gearbox 6-percepatan terasa pas untuk memberikan tenaga optimal yang ditawarkan ke mesin.

    Salah satu perbedaannya adalah transmisi otomatis yang menggunakan tiga mode berkendara: Sport, Snow, dan Normal. Tentu saja tidak ada mode mengemudi ECO. Mengingat mobil ini adalah mobil sport, rasa berkendara dan akselerasinya harus diperhatikan.

    Model sport akan mendeteksi batas kecepatan mesin dan pengaturan waktu, terutama pada transmisi otomatis. Sehingga tarikannya tetap garang. Belum lagi penambahan paddle shift pada lingkar kemudi memberikan nuansa berkendara yang sporty.

    Selain itu Toyota pun juga mengklaim 86 memiliki bodi yang aerodinamis sehingga menjadikan rasa berkendara dan performa yang lebih baik. Apalagi saat dibawa bermanuver dengan kecepatan tinggi. 86s mendapatkan pusat gravitasi yang rendah, sehingga penanganan lebih presisi dan menyenangkan saat bermanuver.

    Tak perlu berharap banyak pada efisiensi bahan bakar yang ditawarkan. Mengingat mobil sport dilihat dari performanya tidak irit atau tidak irit dalam konsumsi bahan bakar. Memanfaatkan gaya gravitasi rendah aerodinamika bodi mobil Toyota 86 ini, cukup berguna untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

    Sejak generasi pertama, Toyota 86 masih menggunakan mesin 4 silinder tanpa tenaga turbo. Sehingga konsumsi bahan bakarnya tidak lebih boros dari mesin V6 yang dikembangkan pada versi mobil konsep.

    Saat perdana dijual di pasar otomotif Indonesia, PT Toyota Astra Motor selaku pemegang merek mengungkapkan konsumsi bahan bakar Toyota 86 dimulai dari 9,3 km / L untuk berkendara dalam kota. Konsumsi lebih hemat bila dibawa ke luar kota dengan kecepatan 12,75 km / L.

    Segmen mobil sport hanya diminati oleh sebagian orang. Namun Toyota 86 menawarkan nuansa fun-to-drive dari desain mobil balap Toyota dengan harga yang terjangkau. Disamping itu Toyota 86 bekas dengan harga lebih murah menjadi mobil yang menarik di pasaran mobil bekas.

    Layaknya mobil sport lainnya, kepraktisan bukanlah kekuatan utama mobil ini. Penataan jok 2 + 2 plus bagasi kecil membuat mobil ini sangat tidak praktis saat dibawa untuk berkendara sehari-hari.

    Toyota 86 menawarkan nuansa berkendara yang sporty dan handling yang menyenangkan. Meski tidak bisa mengalahkan raja mobil sport, Toyota Supra, namun harganya yang terjangkau dibanding saudaranya menawarkan mobil sport yang lebih merakyat dari Toyota.

    Artikel Terkait
    FAQ
    • Berapa panjang Toyota 86?
      Dimensi panjang Toyota 86 adalah 4240 mm, lebarnya 1775 mm
    • Berapa ukuran ban Toyota 86?
      Ukuran ban Toyota 86 adalah 215/45 R17
    • Berapa ukuran pelek alloy Toyota 86?
      Ukuran pelek alloy Toyota 86 17 Inch

    Komentar Pengguna

    Toyota 86
    4.7
    3 Ulasan Total
    5
    67%
    4
    33%
    3
    0%
    2
    0%
    1
    0%
    Martinus Wangge
    Martinus Wangge
    Sangat Puas29 Sep 2021, 10:36
    Kebetulan mendapatkan rezeki untuk bisa membeli Toyota 86, yang memang menjadi mobil kedua yang saya miliki. Mobil ini lebih sebagai kendaraan untuk menyalurkan hobi saya, dalam kondisi normal biasanya saya sering membesut 86 di sirkuit bersama komunitas. Sedikit modifikasi mesin, tenaganya bisa jadi maksimal yang membuat saya benar-benar puas memacu mobil ini.
    (1)
    (7)
    Henrico
    Henrico
    Puas29 Sep 2021, 10:36
    Bermimpi punya mobil sport sejak kecil, hingga akhirnya bisa membeli Toyota 86. Mobil ini jadi mobil kebanggaan saya, karena menabung sekitar 3 tahun lamanya sampai akhirnya bisa membeli. Karena ini jadi mobil impian, saya pun rela untuk menunggu 3 bulan (inden), dan ketika sampai rasanya benar-benar puas. Mobil ini menawarkan performa yang benar-benar bisa memacu adrenalin saya yang memang menyukai performa.
    (4)
    (10)
    Alexis
    Alexis
    Sangat Puas29 Sep 2021, 10:36
    Alih-alih cari mobil sportcar dengan harga yang nggak terlalu mahal, akhirnya saya diperbolehkan istri untuk membeli Toyota 86. Hampir 3 tahun saya pakai, biasanya untuk penggunaan weekend saja, so far mobil ini ngga rewel sampai saat ini. Terpenting buat saya, 86 itu benar-benar memenuhi kebutuhan saya yang mendambakan sebuah kendaraan berperforma. Meski memang nggak bisa buat nampung banyak penumpang, jadi paling saya pakai untuk rolling thunder aja di hari minggu bersama komunitas.
    (8)
    (2)
    Posting Ulasan Anda:
    Skor:
    0/300
    Kirimkan
    Video Terkait
    Hot Brand
    Toyota
    Toyota
    Honda
    Honda
    Nissan
    Nissan
    Daihatsu
    Daihatsu
    Mitsubishi
    Mitsubishi
    Suzuki
    Suzuki

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya