OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Mobil Sejenis
  • Video

Toyota Alphard

Toyota Alphard
1/24
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
  • Toyota Alphard
Mulai Dari:27,39 Jt/Bln
Rp 1,06 M - 1,98 M
  • 10Mobil Keluarga Terlaris
Otomatis
Bensin
2494 - 3456cc
7 seat
  • Kelebihan
  • Desain Mewah dan Modern
  • Kabin Lapang dan Elegan
  • Tersedia dalam Varian Hybrid
  • Fitur Berlimpah
  • Kekurangan
  • Sandaran Kaki Tidak Tersedia di versi Facelift
  • Biaya servis cenderung mahal
  • Harga cukup tinggi dikelasnya

Semua Model

  • 2.5 X A/T
    Angsuran: Rp 27,39 Jt/Bln
    Harga: Rp 1,06 M
    Otomatis
    Bensin
    2494cc
    7 seat
  • 2.5 G A/T
    Angsuran: Rp 31,52 Jt/Bln
    Harga: Rp 1,22 M
    Otomatis
    Bensin
    2494cc
    7 seat
  • 3.5 Q A/T
    Angsuran: Rp 51,15 Jt/Bln
    Harga: Rp 1,98 M
    Otomatis
    Bensin
    3456cc
    7 seat

Review

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Toyota Alphard jadi salah satu pilihan MPV premium yang jadi pilihan banyak konsumen di Indonesia. Mobil ini menyajikan desain mewah yang dipadukan dengan beragam fitur modern.

Mengisi segmen MPV mewah, Toyota Alphard kini dibanderol mulai dari Rp 1 miliar untuk varian entry level yakni 2.5 X A/T. Dengan varian tertinggi 3.5 W yang ditawarkan dengan harga Rp 1,9 miliar.

Alphard pertama kali masuk jalur produksi pada tahun 2002 lalu di Negeri Sakura. Setelah itu, Toyota Alphard terus bertransformasi hingga kini.

Mobil keluarga mewah itu diproduksi di pabrik Toyota di Inabe, Jepang. Alphard dibangun dari basis New MC sebagai minivan yang mengisi segmen M.

Toyota Alphard dibekali mesin berkode 2AR-FE 2.5L 4-silinder dan 2GR-FKS V6 yang menawarkan performa lebih baik. Namun sayang, kini Alphard bermesin diesel sudah tak lagi dipasarkan.

Sejak kemunculannya di tahun 2002, hingga kini Toyota Alphard jadi salah satu MPV premium dengan penjualan terlaris secara global. Awal kemunculannya di Tanah Air, Alphard masuk via Importir Umum (IU).

Baru generasi kedua Toyota Alphard masuk melalui jalur PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia pada tahun 2008 lalu. Sejak saat itu, berbekal desain mewah, tawarkan kenyamanan ekstra, dan durabilitas khas Toyota.

MPV ini langsung memikat banyak hati konsumen di Tanah air dan jadi salah satu mobil keluarga premium dengan penjualan terbaik di Indonesia. Guna memperkuat pasar, Toyota sempat melakukan penyegaran pada Alphard di tahun 2018 lalu.

Sejumlah penyegaran dilakukan pabrikan, mulai dari sisi eksterior, interior, dan juga kini memiliki pilihan mesin hybrid. Buat kalian yang tertarik dengan Toyota Alphard, simak ulasan ini sampai habis:

Spesifikasi Toyota Alphard


Sejarah Toyota Alphard

Seperti dijelaskan sebelumnya, Toyota Alphard pertama kali rilis pada bulan Mei 2002. Mobil ini hadir untuk menjadi rival Nissan Elegrand di pasar Jepang. Sejak kemunculannya, Alphard hingga kini jadi salah satu MPV terlaris di Jepang.

Generasi pertama tersebut sempat mendapatkan penyegaran di tahun 2005 lalu. Ubahannya terletak sisi eksterior, dengan ubahan lampu belakang baru, pelek yang lebih besar, serta tersedia dalam varian hibrida.

Tiga tahun berselang, pada tahun 2008 generasi kedua Toyota Alphard rilis dengan mengusung sejumlah ubahan khususnya pada sisi eksterior dan kabin yang kini tampil lebih mewah. Momen ini dimanfaatkan Toyota Indonesia untuk menawarkan dua model Toyota Alphard dan Vellfire untuk pasar nasional.

Kedua produk itu menawarkan keunggulan, Alphard di desain mengutamakan kemewahan. Sementara Vellfire menyuguhkan desain lebih dinamis dan juga sportif.

Memasuki tahun 2011, Alphard dan Vellfire kembali berstatus facelift. Ubahanannya berfokus pada sisi eksterior, interior, dan kini ditawarkan dalam varian hybrid.

Tahun 2015, generasi ketiga Toyota Alphard rilis di Negeri Sakura, berlanjut mobil ini rilis di Indonesia pada tahun yang sama. Hingga kini Alphard cukup eksis di pasar nasional, melalui tiga varian yang ditawarkan yakni 2.5 X FWD, 2.5 G FWD dan 3.5 Q AWD.


Bicara mengenai eksterior Toyota Alphard, mobil ini kini punya desain yang jauh lebih modern dibandingkan model sebelumnya. Alphard didukung dengan gril berukuran besar dengan aksen piano black dan krom yang menawarkan desain yang mewah.

Ubahan paling terasa terletak pada bagian lampu depan yang kini punya desain lebih dinamis dengan model menyipit, yang terbagi menjadi dua dengan garis krom yang membentang ke bawah bumper.

Lampu depannya sudah menggunakan teknologi LED, sedangkan di bawah dibekali dengan turn lamp dengan pattern nyala sequential yang begitu menarik. Bagian samping terlihat dibekali dengan kaca spion dengan fitur auto folding dan lampu sein.

Kaca samping terlihat punya desain yang lapang, yang menyiratkan kabin mobil ini begitu lapang. Tampilan semakin sempurna berkat penyematan pelek berukuran 18 inci yang setidaknya mampu menunjang tampilannya terasa sporty dan mewah.

Beralih ke belakang, lampu belakang Toyota Alphard punya desain jajar genjang yang melebar ke samping. Lampu belakang dipisahkan oleh rear garnish krom yang menyajikan nuansa kemewahan.

Di bumper bawah dihiasi dengan reflektor, dengan empat buah sensor parkir yang memudahkan pengemudi ketika memarkirkan kendaraan.

Beralih ke interior, Toyota Alphard menawarkan desain yang begitu modern dan juga elegan. Dasbor didominasi dengan kelir hitam, yang dipadukan dengan sentuhan kayu dan krom di konsol tengah.

Selain itu, peranti hiburannya didukung dengan head unit layar sentuh berukuran 9 inci. Sedikit turun kebawah, pengemudi akan menemukan berbagai tombol pengaturan, seperti AC digital yang didukung dengan dual zone.

Pada baris belakang, rasanya jadi salah satu spot terbaik Toyota Alphard. Mengingat mobil didukung dengan dua buah kursi model captain seat yang begitu nyaman.

Pengaturan kursi dirancang begitu fleksibel, serta menyuguhkan leg room yang melimpah. Penumpang rasanya tak akan sulit menemukan posisi duduk ideal ketika berada di dalam kabin Alphard.

Di varian 3.5 Q yang jadi varian termahal, Anda akan menemukan panel untuk mengatur posisi duduk yang sesuai keinginan. Trim ini juga dibekali dengan pengaturan AC/Heater.

Ketika digunakan untuk perjalanan jauh rasanya Toyota Alphard begitu nyaman, berkat hadirnya rear-seat entertainment berukuran 13 inci yang sudah terintegrasi dengan HDMI dan mirroring.

Nuansa kabin semakin terasa mewah, berkat hadirnya colow ceiling illumination dengan 16 warna yang bisa diatur sesuai dengan keinginan. Saat berada di baris ketiga pun masih cenderung nyaman.

Ruang kaki dan kepala masih akomodatif. Namun sayang, untuk urusan bagasi rasanya tidak terlalu besar ketika seluruh bangku digunakan menampung penumpang.

Kalau ingin ruang lebih dibagasi, mungkinmisa melipta bangku belakang ke samping. Pun begitu, rasanya tidak mampu untuk memuat barang dengan dimensi yang besar. Karena kursi yang dilipat sejatinya masih memakan ruang kabin yang cukup besar.

Meski begitu, akses bagasi dirancang begitu praktir, melalui hadirnya fitur power backdoor.

Peranti keselamatan Toyota Alphard begitu lengkap, khususnya pada varian 3.5 Q. Mobil ini dibekali dengan dual SRS airbags di depan, tersedia juga side airbag dan curtain airbag, dan juga knee airbag.

Tak hanya itu, mobil ini juga didukung dengan fitur Anti-Lock Braking System (ABS), dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Perangkat pengereman itu dipadukan dengan rem cakram di seluruh roda.

Membahas lebih dalam mengenai fitur Toyota Alphard, mobil ini dibekali dengan Traction Control (TC), Vehicle Stability Control (VSC), dan juga Hill-Start Assist (HSA). Tersedia juga delapan sensor ultrasonik yang tersebar di depan dan belakang mobil.

Toyota Safety Sense telah jadi fitur standar yang tersedia di Toyota Alphard. Fitur itu terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, dan Automatic High Beam.

Ada juga fitur Blind Spot Monitoring (BSM), Rear-Cross Traffic Alert (RCTA), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Mesin Toyota Alphard

Menyoal dapur pacu, Toyota Alphard dijual dalam dua pilihan mesin, yakni mesin V6 3.456 cc berkode 2GR-FKS untuk varian 3.5 Q, mesin tersebut punya tenaga 296 HP di 6.200 rpm, dan torsi 360 Nm di 4.700 rpm.

Sempentara itu untuk varian 2.5 G dan 2.5 X, mesin yang dipakai memiliki empat silinder 2.494 cc DOHC Dual VVT-I berkode 2AR-FE, tenaga mesin ini berkisar 178 HP di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 234 Nm di 4.100 rpm

Performa Toyota Alphard

Urusan performa, Toyota Alphard memiliki performa yang mumpuni dalam mengakomodir kebutuhan. Menurut pengalaman Otoloka menguji varian 2.5 G A/T, mobil ini punya mesin yang dirasa responsif. Meskipun dari sisi bobot mobil ini mencapai 2 ton.

Pengendaliannya pun begitu nyaman, berkat penggunaan sasis monokok yang dipadukan dengan suspensi belakang Double Wishbone. Impresi kami, handlingnya begitu mengesankan.

Rasanya mobil masih terasa stabil saat bermanuver, sekalipun dalam kecepatan tinggi.

Dari sisi konsumsi bahan bakar, Toyota Alphard masih cenderung efisien. Apalagi pengujian yang kami lakukan di dominasi jalur perkotaan Ibu Kota yang dikenal padat.

Mesin 2.5 liter Toyota Alphard mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar antara 10-12 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Sedangkan ketika dipacu di jalur bebas hambatan, konsumsi bahan bakarnya sekira 18 km/liter.

Saat dipacu dalam kecepatan tinggi, bodyroll rasanya begitu minim meski mobil diajak bermanuver.

Mau cari MPV premium, Toyota Alphard bisa jadi salah satu pilihan tepat dalam menunjang mobilitas sehari-hari. Kabin mobil ini patut diacungi jempol, dengan nuansa yang begitu mewah.

Berada dibaris kedua rasanya begitu lega dan juga elegan. Jika boleh memilih, posisi tepat terbaik berada di baris kedua, dengan kondisi disupiri oleh sopir pribadi ketika mengemudi sendiri.

Artikel Terkait

FAQ

  • Apa tersedia dalam pilihan mesin diesel?
    Hanya varian bensin dan hybrid saja
  • Berapa kapasitas tangki BBM Toyota Alphard?
    75 liter
  • Ukuran ground clearance Toyota Alphard?
    160 mm

Mobil Sejenis

Video Terkait

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor

Berita Terpopuler

kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya