

Toyota Sienta
- OVERVIEW
- Harga
- Review
- Artikel
- FAQ
- Evaluasi
- Video
Jenis Mobil | MPV |
Jenis Transmisi | Otomatis/ Manual |
Bahan Bakar | Bensin |
Mesin | 1496 - 1497cc |
- Kelebihan Toyota Sienta
- Tidak ada pilihan bangku captain seatSuspensi nyaman
- Fitur keselamatan yang lengkap
- Konsumsi bahan bakar yang irit
- Akses masuk-keluar kabin yang mudah dan proses melipat tempat duduknya mudah
- Kekurangan Toyota Sienta
- Desainnya tidak menyenangkan semua orang
- Kurang cocok untuk pengemudi yang menuntut performa lebih responsif
- Ruang penumpang baris ketiga cukup sempit
- Tidak ada pilihan bangku captain seat
Harga Toyota Sienta terbaru
- Tersedia
- Tidak Tersedia
- Variant
- Transmission
- Fuel
- Mesin
- Tempat Duduk
- 2020 | 1497cc |
- Toyota Sienta Welcab CVTHarga:Rp 378,10 JtHarga menyusul: 7,29 Jt/BlnOtomatisBensin1497cc7 seatToyota Sienta Welcab CVT
- 2016 | 1497cc |
- Toyota Sienta V MTHarga:Rp 274,90 JtHarga menyusul: 5,30 Jt/BlnManualBensin1497cc7 seatToyota Sienta V MT
- Toyota Sienta V CVTHarga:Rp 292,50 JtHarga menyusul: 5,64 Jt/BlnOtomatisBensin1497cc7 seatToyota Sienta V CVT
- Toyota Sienta Q CVTHarga:Rp 313,00 JtHarga menyusul: 6,04 Jt/BlnOtomatisBensin1497cc7 seatToyota Sienta Q CVT
Review Toyota Sienta
- Overview
- Eksterior
- Interior
- Fitur
- Mesin & Performa
- Konsumsi BBM
- Kesimpulan
Jika
Anda mencari MPV keluarga berpintu geser yang nyaman dengan harga di bawah
Rp300 juta, hanya ada satu pilihan yang (masih) tersedia di pasaran yaitu Toyota
Sienta.
Awalnya
Sienta
diturunkan Toyota Astra Motor untuk menghadang Honda Freed yang melenggang
sendirian tanpa rival sekelas. Namun sekarang hanya Sienta yang masih bertahan
di segmen ini dan mungkin dalam beberapa tahun ke depan akan dihentikan
penjualannya karena angka penjualan yang terus merosot.
Jangan
buru-buru menilai MPV tujuh penumpang ini dari “sampul”-nya saja. Apakah
kualitasnya juga berbanding lurus dengan rapor penjualannya ? Mari kita cermati
lebih dalam kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta.
Harga
Tipe |
Harga |
Toyota Sienta 1.5 V M/T |
Rp258.100.000,00 |
Toyota Sienta 1.5 V CVT |
Rp274.700.000,00 |
Toyota Sienta 1.5 Q CVT |
Rp294.400.000,00 |
Toyota Sienta 1.5 Welcab
CVT |
Rp380.400.000,00 |
Spesifikasi
Toyota Sienta
Mesin |
|
||
|
2NR-FE, 4 silinder segarir
1.5L, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i |
||
Isi Silinder |
1.497 cc |
||
Tenaga Maksimum |
107 hp @ 6.000 rpm |
||
Torsi Maksimum |
140 Nm @ 4.000 rpm |
||
Transmisi |
Manual 6 percepatan/Otomatis CVT dengan Sport Sequential Shiftmatic 7-percepatan |
||
Sistem Penggerak |
Penggerak Depan |
|
|
Konsumsi BBM |
14,5
km/liter (kota)/17,5 km/liter (tol) |
|
|
Kapasitas Tangki BBM |
42
liter |
|
|
Dimensi |
|
||
P x L x T |
4.235 x
1.695x 1.695 mm |
||
Jarak Poros Roda |
2.750
mm |
||
Jarak Terendah |
170 mm |
||
Radius Putar |
5,3 m |
||
Berat Kosong |
1.320 kg |
||
Kaki-Kaki dan Suspensi |
|||
Rem Depan/Belakang |
Cakram berventilasi/cakram |
||
Suspensi Depan |
MacPherson Strut dengan Per Keong
dan Stabilizer |
||
Suspensi Belakang |
Batang Torsi dengan Per Keong dan
Stabilizer |
||
Velg/Ban |
Alloy 16 inci / 195/90 R16 (Tipe V), Alloy 16 inci / 195/95 R16 (Tipe Q) |
||
Sejarah Toyota Sienta
Mobil Toyota Sienta generasi pertama
diluncurkan di Jepang pada September 2003 dengan platform yang sama dengan
Toyota Vitz/Yaris. MPV dengan desain membulat ini mayoritas dipasarkan untuk
pasar domestik Jepang dan masuk ke Indonesia dalam jumlah yang tidak terlalu
banyak melalui jalur Importir Umum.
Generasi
pertama berkode XP80 ini akhirnya dihentikan produksinya pada tahun 2010.
Toyota baru meluncurkan Sienta generasi kedua berkode XP170 pada 9 Juli 2015
berbasis Toyota B Platform yang juga digunakan Toyota Yaris (XP90) dan Vios (XP150).
Tepat
pada 7 April 2016, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Sienta
generasi kedua di Indonesia International Motor Show. MPV ini diposisikan untuk
bersaing dengan Honda Freed, MPV kompak berpintu geser yang saat itu melenggang
sendirian tanpa pesaing sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia tahun 2009.
Toyota
Sienta dalam portofolio TAM diposisikan di antara Toyota Veloz dan Toyota
Kijang Innova yang ditawarkan dalam empat varian (E, G, V, dan Q). Sienta sempat
digadang-gadang menjadi salah satu model “volume maker” dan mulai diproduksi
massal di pabrik Toyota Karawang Plant 2 sejak Juni 2016.
Ada
beberapa perbedaan mendasar yang membedakan Toyota Sienta versi JDM (Japan
Domestic Market) dengan versi Indonesia. Mesin 4 silinder yang digunakan
sama-sama berkapasitas 1,5 liter tetapi dari seri yang berbeda.
Sienta
JDM digerakkan mesin 2NR-FKE dan 1NZ-FXE untuk model hibrid sementara varian
yang diproduksi di Indonesia menggunakan mesin 2NR-FE. Dapur pacu yang juga
telah diproduksi di Karawang ini sama dengan yang menenagai hatchback Toyota
Yaris, Vios, dan Veloz.
Perbedaan
lainnya adalah penempatan tuas transmisi di lantai sementara versi JDM posisi
tuas terintegrasi dengan dashboard. Kolongnya juga dibuat lebih tinggi 25 mm
untuk menyesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia yang lebih banyak dihiasi
polisi tidur dan jalanan rusak dibandingkan di Jepang.
Sayangnya
meski Sienta secara kualitas cukup bagus, angka penjualannya terus merosot dari
tahun ke tahun. Banyak faktor yang bisa dijadikan alasan namun menurut pendapat
kami hal ini lebih dipengaruhi pergeseran selera konsumen MPV di tanah air.
Konsumen
MPV di Indonesia kini lebih menggandrungi genre crossover yang menawarkan
desain lebih agresif dan ground clearance lebih tinggi seperti SUV.
Saat pertama kali diluncurkan, Toyota Sienta ditawarkan dalam empat varian yaitu tipe E, G, V, dan Q. Tipe E masih menggunakan pintu geser manual, tipe G menggunakan pintu geser elektrik di sisi kiri saja, sementara V dan Q telah menggunakan pintu geser elektrik di kedua sisi.
Hanya tipe Q yang dilengkapi headlamp LED dengan proyektor sementara tiga tipe lainnya masih menggunakan bolam halogen. Untuk velg, tipe E masih menggunakan velg besi 16 inci sementara G dengan velg alloy dengan diameter yang sama.
Kedua tipe teratas sama-sama menggunakan velg alloy dual tone berukuran 16 inci hanya untuk ban tipe Q menggunakan ukuran 195/95 sementara tipe V menggunakan ukuran 195/90.
Toyota Sienta baru mendapatkan penyegaran ringan di tahun 2019 sekaligus dihentikan penjualan tipe E. Saat itu tipe G masih ditawarkan namun sekarang jika merujuk pada laman resmi Toyota Astra Motor hanya tersisa varian V dengan transmisi manual atau CVT dan varian Q bertransmisi CVT.
Penyegaran pada sektor eksterior terlihat dari bagian depan dengan desain garnish grille dan bumper depan yang lebih agresih mengikuti selera pasar. Desain headlamp masih sama, tipe V masih menggunakan lampu konvensional. Sementara lampu LED pada tipe Q tidak hanya pada lampu depan tetapi juga pada lampu belakang yang juga dihiasi LED line guide.
Kabin
Sienta juga tidak banyak mendapatkan penyegaran di tahun 2019. Dashboard dan
trim pintunya masih didominasi plastik keras dengan ilusi jahitan palsu, hanya
pada setir yang menggunakan jahitan asli.
Untungnya
desain dashboardnya yang futuristik membuat Sienta belum terlihat kuno meski
telah memasuki usia setengah dasawarsa. Kabin Sienta terkini tidak lagi
ditawarkan kombinasi warna gelap di bagian atas dan terang di bagian bawah.
Jok
fabrik dengan warna oranye yang khas digantikan warna burgundy yang lebih
mendekati warna abu-abu tua. Penggantian warna yang lebih gelap ini agar kabin
tidak mudah terlihat kotor dibandingkan menggunakan warna terang.
Headunit
dilengkapi layar sentuh baru berukuran 6,8 inci. Meski belum dilengkapi dengan Android
Auto dan Apple Carplay, peranti ini dilengkapi fitur T-Link USB mirroring
dengan ponsel pintar. Layar monitor baru ini juga dihiasi dengan ambient light
di sisi kiri dan kanan di mana warna cahayanya dapat diganti-ganti sesuai
selera.
Ubahan
yang paling signifikan meningkatkan kenyamanan berkendara adalah hadirnya
sandaran lengan untuk pengemudi dan di sisi terluar jok baris kedua. Akan lebih
lengkap jika Toyota Sienta tipe Q juga ditawarkan dengan sepasang tempat duduk
captain seat di baris kedua.
Ruang
kaki jok baris ketiga masih sempit dan tidak direkomendasikan untuk penumpang
dewasa kecuali untuk perjalanan tidak terlalu jauh. Tempat duduk baris ketiga
ini lebih baik dilipat untuk memberikan ruang bagasi yang luas.
Proses
melipat jok baris keduanya cukup mudah dengan sekali tarikan tuas. Lebih
menarik lagi jok belakangnya yang dapat dilipat dan tersimpan di bawah jok
baris kedua sehingga ruang bagasi menjadi lebih luas dengan lantai relatif
rata.
Sistem
keyless entry dan tombol start/stop menjadi fitur standar di varian V dan Q.
Pada model facelift kaca spion sudah dapat terlipat secara otomatis begitu
mesin dimatikan dan kembali membuka saat pengunci pintu dibuka. Pelipat spion
otomatis ini dapat dinonaktifkan melalui layar sentuh.
Fitur
keselamatan standar yang diberikan tergolong lengkap. Tipe E dahulu sudah
dilengkapi dengan dua kantung udara depan dan satu kantung udara lutut untuk
melindungi pengemudi. Sistem pengereman ABS.
Sistem
pengeremannya juga telah dilengkapi dengan ABS (Antilock Braking System), EBD
(Electric Brake Force Distribution), dan BA (Brake Assist) untuk memastikan
pengereman optimal dan kendaraan tetap dapat dikendalikan ketika harus
melakukan pengereman darurat.
Durabilitas dan efisiensi
mesin 2NR-FE tidak perlu diragukan lagi. Populasinya yang banyak karena juga
digunakan di beberapa mobil Toyota di Indonesia juga membuat ketersediaan suku
cadangnya berlimpah.
Mesin 4 silinder 1,5 liter
DOHC Dual VVT-i ini memiliki tenaga maksimal 107 hp di putaran 6.000 rpm dan
torsi 140 Nm di 4.000 rpm. Tidak terlalu istimewa memang jika dibandingkan
dengan mesin L15A7 milik Honda Freed generasi pertama yang memiliki tenaga 118
hp dan torsi 145 Nm namun sudah lebih dari cukup untuk sebuah mobil keluarga.
Performa dan Handling Toyota
Sienta
Sebagai
MPV keluarga, Toyota Sienta lebih mengutamakan kenyamanan. Karakter
pengendaraannya halus dan kurang sesuai untuk pengemudi agresif. Transmisi
CVT-nya juga jangan bandingkan dengan transmisi sejenis milik Honda.
Kinerja
CVT-nya lebih untuk mengejar efisiensi bahan bakar dengan respon awal yang
tidak menghentak. Untungnya transmisi tanpa gear ini masih dibekali dengan mode
manual (seolah-olah) 7 percepatan jika Anda ingin sedikit bermain-main dan
merasakan tarikan yang sedikit lebih berisi.
Transmisi
manual 6 percepatan hanya ditawarkan pada tipe V, G, dan E. Kelebihan transmisi
ini tentu saja performa mesin akan terasa lebih murni dan langsung jika
dibandingkan dengan model manual. Tapi jika disuruh memilih, kami lebih memilih
mengistirahatkan kaki kiri walaupun respon transmisi CVT-nya tidak
semenyenangkan model manual.
Jangan
menuntut feedback setir yang komunikatif seperti pada hatchback atau sedan,
setirnya sudah lebih dari cukup memberikan putaran yang ringan dan bisa
membelokkan roda dengan baik. Setingan suspensinya yang empuk cukup nyaman
membuai penumpangnya.
Putaran
mesin Sienta bertransmisi CVT pada kecepatan 100 km/jam di kisaran 2.000 rpm
sementara model bertransmisi manual pada kecepatan yang sama di gear keenam menyentuh
3.000 rpm. Transmisi CVT membatasi putaran mesin di putaran tidak terlalu
tinggi agar konsumsi BBM lebih hemat meski pedal gas diinjak lebih dalam.
Secara
kualitas, Toyota Sienta adalah MPV keluarga yang cukup nyaman, praktis, hemat
bahan bakar. Stabilitas dan tarikan mesinnya sedikit dikorbankan demi
memberikan kenyamanan terbaik untuk perjalanan bersama keluarga.
Sangat
disayangkan jika angka penjualannya tidak menggembirakan bukan karena
kualitasnya yang buruk tetapi karena ‘sampul’-nya yang kurang sesuai selera
konsumen MPV di tanah air yang kini lebih terpesona dengan MPV ala
crossover berkolong tinggi.
Warna Toyota Sienta
Gambar Toyota Sienta
- Eksterior
- Interior
- Semua
Berita Toyota Sienta
- Toyota Sienta Welcab, Solusi Bagi Konsumen Berkebutuhan Khusus
Toyota Sienta Welcab, Solusi Bagi Konsumen Berkebutuhan Khusus
Feb 20, 2021 - Toyota Sienta Dimodifikasi Karena Tampang Aslinya yang Culun
Toyota Sienta Dimodifikasi Karena Tampang Aslinya yang Culun
Feb 16, 2021 - Komparasi Honda BR-V vs Toyota Sienta, Mobil Keluarga Modern
Komparasi Honda BR-V vs Toyota Sienta, Mobil Keluarga Modern
Feb 10, 2021 - Toyota Sienta vs Honda BR-V, MPV Praktis atau SUV Bertenaga?
Toyota Sienta vs Honda BR-V, MPV Praktis atau SUV Bertenaga?
Feb 5, 2021 - Perbandingan Toyota Sienta dengan Honda Mobilio, Pilihan MPV Modern
Perbandingan Toyota Sienta dengan Honda Mobilio, Pilihan MPV Modern
Feb 4, 2021 - Toyota Sienta vs Honda Freed, Pilih ‘Kumis Lele’ atau Bokong Kotak?
Toyota Sienta vs Honda Freed, Pilih ‘Kumis Lele’ atau Bokong Kotak?
Feb 2, 2021
FAQ Toyota Sienta
- 1. Berapa harga mobil Toyota Sienta?Toyota Sienta dijual di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 260.100.000 sampai termahal Rp 356.300.000 untuk tipe Wellcab dan tersedia dengan pilihan transmisi M/T dan CVT.
- 2. Berapa cc kapasitas mobil Toyota Sienta?Kapasitas mesin Toyota Sienta di Indonesia adalah 1.497 cc dengan mesin 2NR-FE, In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I yang tenaganya mencapai 107 PS dan torsi 140 Nm.
- 3. Apa saja varian/tipe Toyota Sienta?Toyota Sienta tersedia dalam empat tipe yaitu 1.5 V M/T, 1.5 V CVT, 1.5 Q CVT, dan 11.5 V CVT Wellcab.
Review Pengguna Toyota Sienta

- 533%
- 433%
- 333%
- 20%
- 10%
- Evan HardyMemiliki banyak tipe sesuai kebutuhan. Peforma handal namun tetap irit bahan bakar. Desain bukan selera semua orang.
- (28)
- (1)
- Panji SyahputraSoal kenyamannya Sienta dapat acungan jempol, dan kemudahan akses keluar masuk juga oke banget. Hanya saja kalau lagi buru-buru mobil ini nggak bisa dibawa kencang
- (5)
- (4)
- Feny ManupasaSienta ini jadi pengganti mobil saya dari merek tetangga yang mirip, overall Sienta lebih oke dan lebih mantap. Cuma ground clearancenya agak kerendahann ya
- (11)
- (1)
- Wahyu SuprabaMesinnya agak lemot, mungkin supaya irit bensin ya...tapi soal kenyamanan oke lah
- (46)
- (5)
- Rahmat SyarifDesain keren dan unik, suspensinya nyaman, sliding door memudahkan keluar masuk terutma untuk orang tua.
- (24)
- (2)
Video Toyota Sienta
- Nyaman, Tapi Jarang Diminati | Review Toyota Sienta Type Q 2017 | OmBrenkhi x Om...
Nyaman, Tapi Jarang Diminati | Review Toyota Sienta Type Q 2017 | OmBrenkhi x Om...
Hot Brand
- ToyotaToyota
- HondaHonda
- NissanNissan
- BMWBMW
- Mercedes-BenzMercedes-Benz
- MazdaMazda
- DaihatsuDaihatsu
- MitsubishiMitsubishi
- SuzukiSuzuki
- LebihLebih
Rating Toyota Sienta
Rekomendasi Terkait
Berita Terpopuler
- Ducati Streetfighter V2 Biar Makin Sporty Bisa Pakai Aksesori IniDucati Streetfighter V2 Biar Makin Sporty Bisa Pakai Aksesori IniMay 20, 2022
- Yamaha Scorpio Z 2011, Motor Sport 225cc Nyaman Buat TouringYamaha Scorpio Z 2011, Motor Sport 225cc Nyaman Buat TouringMay 24, 2022
- GT Radial ikut Ramaikan Track Day Mandalika 2022GT Radial ikut Ramaikan Track Day Mandalika 2022May 20, 2022
- Ayo Manfaatkan Promo Spesial Sweet Seventeen Suzuki FinanceAyo Manfaatkan Promo Spesial Sweet Seventeen Suzuki FinanceMay 24, 2022
- Honda Civic RS Terbaru Jadi Safety Car di Mandalika Track Day 2022Honda Civic RS Terbaru Jadi Safety Car di Mandalika Track Day 2022May 23, 2022
- Kawasaki W175 Model 2023, Menggoda Berkat Warna BaruKawasaki W175 Model 2023, Menggoda Berkat Warna BaruMay 22, 2022
- Bentley Bentayga EWB Azure First Edition, Lebih MewahBentley Bentayga EWB Azure First Edition, Lebih MewahMay 20, 2022
- Nissan Ariya akan Jelajahi Kutub Utara hingga ke Kutub SelatanNissan Ariya akan Jelajahi Kutub Utara hingga ke Kutub SelatanMay 24, 2022
- Penyaluran Kredit Motor Honda di FIFGroup TumbuhPenyaluran Kredit Motor Honda di FIFGroup TumbuhBaru saja
OTOLOKA Toolkit
- 1 Tahun
- 2 Tahun
- 3 Tahun
- 4 Tahun
- 5 Tahun
- 6 Tahun
Orang Lain Juga Melihat
- Toyota Sienta
- Toyota 86
- Gambar Toyota 86
- Harga Toyota 86
- Toyota Agya
- Gambar Toyota Agya
- Harga Toyota Agya
- Toyota Alphard
- Gambar Toyota Alphard
- Harga Toyota Alphard
- Toyota Avanza
- Gambar Toyota Avanza
- Harga Toyota Avanza
- Toyota Avanza Veloz
- Gambar Toyota Avanza Veloz
- Harga Toyota Avanza Veloz
- Toyota CHR
- Gambar Toyota CHR
- Harga Toyota CHR
- Toyota CHR Hybrid
- Gambar Toyota CHR Hybrid
- Harga Toyota CHR Hybrid
- Toyota Calya
- Gambar Toyota Calya
- Harga Toyota Calya
- Toyota Camry
- Peugeot 3008
- Gambar Peugeot 3008
- Harga Peugeot 3008
- Peugeot 5008
- Gambar Peugeot 5008
- Harga Peugeot 5008
- Peugeot All New 2008
- Gambar Peugeot All New 2008
- Harga Peugeot All New 2008
- Tesla Model 3
- Gambar Tesla Model 3
- Harga Tesla Model 3
- Tesla Model S
- Gambar Tesla Model S
- Harga Tesla Model S
- Tesla Model X
- Gambar Tesla Model X
- Harga Tesla Model X
- Isuzu D Max
- Gambar Isuzu D Max
- Harga Isuzu D Max
- Isuzu MuX
- Gambar Isuzu MuX
- Harga Isuzu MuX
Perbandingan kendaraan
Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.