logo
googlePlay
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
Masuk
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter

    Modifikasi Beat Terbaik, Cari Tahu Dulu Kebutuhan, Kelebihan dan Kekurangannya!

    Dilihat 431
    Dian
    Ikuti

    Otoloka.id - Motor Honda Beat adalah salah satu jenis motor yang banyak dimodifikasi. Modifikasi Beat seakan menjadi tren dikalangan anak muda Indonesia. Modifikasi memang dapat merubah tampilan menjadi lebih berbeda dari biasanya. Oleh karena itu banyak yang tertarik untuk melakukan modifikasi. Untuk motor Beat sendiri terdapat beberapa jenis modifikasi yang dapat diterapkan dengan tambahan beberapa kreativitas dan inovasi sendiri.

    Namun, sebelum melakukan modifikasi tidak ada salahnya apabila Anda terlebih dahulu mengetahui tentang apa saja yang dibutuhkan sehingga dapat mempersiapkan budgetnya. Kelebihan dan kekurangan motor hasil modifikasi juga wajib untuk diketahui karena bagaimanapun bentuk dan tampilannya jelas akan berbeda. Simak ulasannya modifikasi Beat di bawah ini

    Modifikasi Beat Ganti Ban dan Velg

    Menjadi hal yang lumrah apabila dalam memodifikasi motor bagian ban dan velg selalu yang jadi perhatian dan fokus untuk diganti dari yang original. Apalagi untuk ukuran anak muda, mengganti ban dan velg yang sedang tren saat ini seperti sebuah kewajiban. Untuk modifikasi Beat ini biasanya model ban yang sering digunakan adalah ban cacing.

    Ukuran ban ini tidak standar seperti ban yang asli. Dalam penggunaannya, juga diharuskan hati-hati karena sesuatu yang diubah dari aslinya pasti akan membawa bahaya jika tidak digunakan dengan benar. Sedangkan untuk velg, yang sering digunakan adalah velg jari-jari ring 17 inci. Sesuai apabila dipadukan dengan ban cacing.

    Modifikasi Beat Piringan Cakram

    Memodifikasi motor memang suatu hal yang menarik dan menantang. Bagi anak muda, mengganti ban dan velg rasanya tidak cukup. Biasanya akan dipadukan dengan piringan cakram berdiameter besar dengan handle motor warna terang. Jadi modifikasi akan lebih maksimal. Modifikasi jenis ini banyak diaplikasikan pada model Thailook yang banyak digemari anak SMA.

    Modifikasi Beat Cat Airbrush

    Ingin mendapatkan tampilan modifikasi Beat yang lebih elegan? Modifikasi model babylook bisa jadi referensi yang tepat. Tidak harus mengganti ban dan velg aslinya. Untuk modifikasi jenis ini, biasanya ban dan velg yang digunakan adalah bawaan motor, tapi ditambahkan cat pada velg agar tampilannya menarik dan berbeda.

    Bagian striping juga bisa diubah. Jika ingin lebih ekstrim lagi dan lebih berkreativitas, maka mengubah warna dasar Beat dengan cat airbrush dapat pula diterapkan. Hasilnya, tampilan akan lebih unik karena permainan warna yang digunakan serta konsep yang dipilih pun terasa berbeda. Menambah beberapa aksesoris akan semakin menambah kecantikan hasil modifikasi.

    Modifikasi Beat Mengganti Knalpot

    Mengubah bagian knalpot menjadi lebih gagah dan gahar dengan mengubah bagian suspensi, tak ada salahnya dicoba. Mengganti dengan knalpot tusuk gigi dapat pula dijadikan ide yang menarik karena mirip dengan knalpot asli, tapi sudah didesain sedemikian rupa serta menggunakan header knalpot cacing

    Modifikasi Beat Ganti Mesin Untuk Road Race

    Suka berpetualang road race dengan menggunakan motor Beat? Cukup dengan menyeting mesin menjadi lebih gahar dari aslinya. Walaupun mesin telah disetting menjadi berbeda untuk kebutuhan road race, motor ini tetap dapat digunakan untuk aktivitas harian, lho.

    Modifikasi Beat Potong Body dan Ganti Stang

    Modifikasi terkadang bisa mengubah keseluruhan bagian yang ada pada sebuah motor. Misalnya untuk modifikasi gaya ceper, pemotongan body akan dilakukan agar posisi roda bisa menjadi lebih rendah jika dibandingkan dengan posisi standar. Namun, desain seperti ini perlu banyak pertimbangan karena rawan digunakan saat berkendara.

    Baca Juga: Honda Supra GTR 150 di Modifikasi Dengan Konsep Gambot Pada Kaki-kaki

    Demikian pula dengan ganti stang menjadi bagian yang tidak boleh ditinggalkan. Stang diubah menjadi lebih pendek atau panjang sesuai dengan keinginan. Ada pula jenis stang jepit yang boleh juga untuk dicoba.

    Modifikasi Beat Baby Look

    Modifikasi Beat dengan tampilan Babylook kini mulai populer di Indonesia. Ban yang digunakan pada tema Baby look merupakan ban standar ataupun ukurannya yang lebih lebar tapaknya. Modifikasi gaya ini tentunya membuat pengendara tetap aman dan nyaman. Aliran modifikasi Beat Babylook mensyaratkan penggunaan striping dari Honda Beat versi Thailand, yaitu Honda Icon. Selain itu, knalpot yang digunakan adalah knalpot Tsukigi yang memiliki desain mirip versi original, tetapi sejatinya merupakan knalpot aftermarket. Selebihnya, aksesoris yang terpasang lebih mirip tema racing look untuk harian.

    Modifikasi Beat Thai Look

    Modifikasi Beat bergaya Thailook menggunakan beragam aksesoris yang pada dasarnya tidak penting. Namun, ternyata modifikasi Thai look merupakan aliran modifikasi yang paling populer di Indonesia, dengan ciri memakai ban cacing. Tema ini biasanya hanya untuk menunjang penampilan motor agar terlihat lebih unik dan mencolok.

    Aliran modifikasi ini sering dipilih anak muda yang masih duduk di bangku sekolah. Sebenarnya, tema ini menarik bila dipakai untuk kontes. Penampilan motor terlihat lebih ramping dengan banyak aksesoris yang menempel padanya. Aksesoris untuk kontes modifikasi atau tema Thailook juga tidak murahan dan sering kali diimpor langsung dari negara asalnya, Thailand.

    Modifikasi Beat Racing Look Harian

    Sepertinya, modifikasi jenis ini menjadi favorit. Modifikasi Beat yang satu ini lebih mengedepankan fungsi pemakaian sehari-hari. Biasanya, pemilik Beat memakai tema racing, mulai dari ban, shockbreaker, velg, sampai knalpot. Ban yang dipakai adalah ban dengan karakter soft compound dari merek ternama, seperti Michelin, Pirelli, FDR, atau IRC. Ukuran ban yang digunakan pun kadang dinaikkan satu step dari standar bawaan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan grip lebih maksimal.

    Untuk memaksimalkan handling, mereka juga mengganti shock breaker belakang dengan produk aftermarket ternama. Shock breaker tersebut biasanya memiliki setelan untuk tingkat kekerasan rebound. Biaya modifikasi racing look untuk harian ini tidaklah sedikit. Bila ditotal, harga part yang terpasang bisa mencapai jutaan rupiah. 

    Kelebihan dan Kekurangan Modifikasi Beat

    Melakukan modifikasi Beat diperlukan konsep dan pemikiran yang matang, selain budget tentunya. Konsep ini yang akan menentukan apakah nantinya hasil modifikasi akan aman atau bahkan justru membahayakan.

    Modifikasi motor beat memang memiliki banyak kelebihan diantaranya membuat tampilan motor menjadi lebih menarik, unik dan berbeda yang tidak mungkin semua orang dapat melakukannya. Terlebih jika ide yang digunakan sedikit eksentrik. Harga jual menjadi tinggi juga dinilai sebagai kelebihan jika dijual pada penggemar modifikasi motor. 

    Mempunyai kelebihan, motor Beat yang dimodifikasi tak luput pula dari kekurangan. Sesuai penjelasan sebelumnya, jika proses modifikasi tidak mempunyai konsep dan perencanaan yang matang, hasil modifikasi justru dapat membahayakan nyawa sendiri dan orang lain.

    Baca Juga: Modifikasi Nmax Standar yang Membuat Tampilannya Lebih Keren

    Pastikan saat hendak memutuskan untuk mengganti ban atau velg dari standar original, harus diukur dengan keselamatan pengendara. Sebab tidak semua ban yang digunakan aman diperjalanan. Apalagi untuk speed yang lebih tinggi. Contohnya adalah ban cacing, yang mempunyai minus karena mudah bocor dan tidak baik untuk kecepatan tinggi.

    Kekurangan lainnya adalah semua atau sebagian bagian motor menjadi tidak lagi original karena pengubahan di sana-sini. Padahal ketika motor dijual bukan kepada penggemar motor modifikasi, akan memilih yang original.

    Demikian informasi tentang modifikasi Beat beserta review apa saja yang akan diperlukan dalam prosesnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!.

    Bagikan dengan :
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter
    report
    Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya.
    Akses kami lebih nyaman dan mudah!

    Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar (0)

      pertamina
      shell
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya

            Berita Terpopuler