logo
googlePlay
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
Masuk
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter

    Simak Gaya Modifikasi Vios 2005 Gen 1, Rocket Bunny Sampai Sleeper

    Dilihat 304
    Arief Yuno
    Ikuti

    modifikasi vios otoloka-id

    Otoloka.id - Usia Toyota Vios generasi pertama seperti halnya model keluaran 2005 tentu sudah tak muda lagi. Karenanya mobil ini cocok digarap sebagai bahan modifikasi. Untuk itu ada beberapa aliran modifikasi Vios 2005 yang bisa Anda pertimbangkan.

    Sebagai informasi, sedan subcompact ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 2003. Mesinnya menggunakan unit 1.500 cc berkode 1NZFE serupa dengan yang menempel pada Toyota Yaris. 

    Dalam hal penampilan sebenarnya Vios generasi awal memiliki kesan yang elegan. Seiring perjalanan waktu, sedan yang bertarung head to head dengan Honda City ini mulai mengarah ke tampilan lebih sporty.

    Tapi untuk urusan modifikasi jangan biarkan pakem-pakem tersebut membatasi kreativitas Anda.

    Aliran Modifikasi Vios 2005 atau Gen 1


    Tren modifikasi mobil di Indonesia bisa dibilang tak pernah sepi peminat. Aliran yang berkembang pun sangat beragam. Sebut saja hellaflush atau stance, elegan, rally look, racing, dan lain sebagainya.

    Namun ada satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih aliran modif dan melakukan rombakan. Sejauh mana modifikasi akan dilakukan? Apakah mobil nantinya masih akan digunakan sebagai kendaraan harian atau benar-benar hanya sebatas show car.

    Karena sebelum hal itu terjawab modifikasi tidak akan maksimal. Jika hanya mengejar penampilan maka aliran seperti hellaflush, racing, atau elegant bisa dipilih karena mobil bisa dibilang masih layak untuk digunakan daily use. Lain cerita jika arah yang diambil adalah ekstrem atau sampai body conversion.

    Vios 2005 Modif Hellaflush

    modifikasi vios hellafish

    Aliran modifikasi hellaflush tergolong populer di Indonesia walau masih banyak yang tertukar menganggapnya dengan istilah stance. Tentunya aliran ini bisa dijadikan pilihan untuk mendandani Vios miliki Anda.

    Karena aliran ini sudah jamak ditemui maka keuntungannya Anda akan memiliki banyak referensi atau bengkel yang ahli untuk mewujudkannya. Pada dasarnya aliran modifikasi hellaflush berusaha menciptakan fitment pelek sedekat mungkin dengan fender tanpa mengubah rancangan asli body mobil, misalnya menggunakan wide body atau flare.

    Kedua cara itu memang bisa bikin proses fitment lebih lebih gampang. Tapi justru tantangan jadi berkurang. Skill dalam memilih pelek dan ban menjadi kuncinya. Ukuran diameter dan lebarnya akan sangat memengaruhi hasil dari modifikasi ini.

    Modifikasi Toyota Vios 2005 Sporty

    modifikasi vios sedan

    Aliran modifikasi Vios 2005 selanjutnya adalah gaya sporty. Aliran ini terbilang cocok bagi Anda yang masih menggunakan mobil untuk kendaraan harian karena tidak mengorbankan banyak hal.

    Untuk melakukan rombakan ke dengan arah sporty syarat yang perlu Anda lakukan adalah mengganti pelek bawaan mobil. Pelek-pelek dengan gaya sporty, seperti Volk Rays TE37 menjadi opsi yang cukup populer bagi para penyuka modifikasi gaya ini.

    Lebih jauh lagi, penambahan aksesori pada eksterior seperti rear wing atau diffuser bisa menjadi langkah selanjutnya. Anda pun tentunya bisa melakukan perubahan yang mengarah ke performa kendaraan. Seperti halnya pemasangan suspensi coilover untuk menciptakan bantingan dan handling mobil yang lebih sporty pula.

    Toyota Vios 2005 Modif Konsep Elegan

    modifikasi vios otoloka

    Untuk modifikasi mobil bergaya elegan sebenarnya tak ada pakem khusus yang harus diikuti. Kuncinya adalah melakukan ubahan yang terlihat proporsional, kalem, dan enak dipandang mata.

    Untuk melakukannya Anda bisa berangkat dengan mengganti pelek standar bawaan Toyota Vios. Opsi yang bisa dipilih contohnya adalah pelek-pelek lansiran BBS atau Borbet yang terkenal memiliki desain simpel dan terlihat mewah. Ukuran chamber dan diameter pun tak jauh-jauh dari aslinya.

    Satu hal lagi yang perlu diperhatikan juga adalah warna dari pelek tersebut. Karena kalau terlalu melenceng maka hasilnya tampilan mobil justru jauh dari kata elegan. Mobil dengan warna netral seperti hitam, putih, atau silver cenderung lebih mudah untuk urusan pemilihan warna pelek yang pas.

    Toyota Vios 2005 Rocket Bunny


    Salah satu aliran modifikasi yang berkembangan belakang ini adalah Rocket Bunny. Aliran ini sejatinya masih sejalan dengan konsep wide body. Pencipta aliran Rocket Bunny bernama Ken Miura yang merupakan modifikator asal Jepang.

    Dalam aliran modifikasi ini mobil akan dipasang wide body kit yang membuat dimensi kendaraan jadi tambah melar. Ken Miura sendiri membuat body kit Rocket Bunny untuk dijual ke pasaran dengan GReddy sebagai distributor resminya.

    Body kit Rocket Bunny juga banyak ditemui menempel pada mobil-mobil yang mengusung aliran modifikasi Street Racing.

    Toyota Vios 2005 Gen 1 Sleeper Car

    modifikasi vios

    Modifikasi aliran sleeper car cocok untuk Anda yang mengutamakan performa kendaraan dibanding penampilannya. Karena pada prinsipnya modifikasi ini benar-benar hanya berkutat di sektor dapur pacu. Sementara itu eksterior atau interior mobil dibiarkan standar.

    Karena itu tak sedikit orang terkecoh dengan penampilan sebuah sleeper car. Dari luar tampilannya akan terlihat biasa saja, namun saat pedal gas diinjak mobil benar-benar ngacir.

    Lantas sejauh mana modifikasi Vios 2005 dengan konsep sleeper car bisa dilakukan? Di tangan yang tepat, pemasangan turbo kit bisa dilakukan. Jika budget bukan masalah opsi yang bisa dipilih di antaranya turbo kit GReddy untuk Toyota Scion. Mobil ini juga menggunakan mesin 1NZFE tapi layout-nya berbeda.

    Harga Toyota Vios 2005

    Bagi Anda yang ingin membeli mobil ini sebagai bahan modifikasi tentunya wajib mengetahui harga Toyota Vios tahun 2005 di pasar mobil bekas. Harga pasarannya cenderung berada di bawah rivalnya, yaitu Honda City.

    Sebelumnya perlu diketahui pada generasi pertama Toyota Vios tersedia dalam dua tipe, yaitu tipe G sebagai opsi tertinggi dan tipe E yang berada di bawahnya. Keistimewaan tipe G antara lain tersedia pilihan transmisi matic 4-kecepatan. Sedangkan tipe E hanya memiliki pilihan transmisi manual 5-kecepatan.

    Di pasar mobil bekas Anda bisa menemukan Toyota Vios tipe G matic dengan harga pasaran Rp67 jutaan sampai Rp74 jutaan. Sementara untuk tipe manualnya bisa didapat dengan harga antara Rp45 jutaan sampai Rp55 jutaan.

    Bagikan dengan :
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter
    report
    Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya.
    Akses kami lebih nyaman dan mudah!

    Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar (0)

      pertamina
      shell
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya

            Berita Terpopuler