logo
googlePlay
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
Masuk
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter

    Bikin Hardtop Modifikasi Tambah Sangar dengan Gaya Ini

    Dilihat 368
    Arief Yuno
    Ikuti

    modifikasi toyota hardtop

    Otoloka.id - Berbagai jenis Toyota Hardtop modifikasi bisa kita temui saat ini. Umur mobil yang terbilang sudah lawas memang membuatnya sedikit banyak butuh sentuhan baru. Dari sekian banyak opsi modif tersedia, kira-kira aliran apa yang cocok?

    Jawaban mudahnya tentu tetap mempertahankan gaya off road seperti halnya yang sudah dimiliki mobil ini sejak lahir. Diperkenalkan tahun 1960-an, Toyota Hardtop menjadi sebutan untuk Land Cruiser seri FJ40 utamanya model yang dilengkapi atap keras. Kehadiran mobil ini meneruskan jejak FJ20 yang sukses dipasarkan sejak tahun 1950.

    Salah satu fitur kunci dari FJ40 adalah konfigurasi jok belakang yang dibuat saling berhadapan dan bisa dilipat. Sehingga mobil makin praktis dan fleksibel untuk membawa penumpang ataupun barang. Selain itu, tentunya mobil ini juga banyak dilirik berkat ketangguhan dan kemampuan off froad-nya.

    Ragam Aliran Hardtop Modifikasi

    Toyota Land Cruiser FJ40 bisa dibilang mobil klasik dengan tampilan yang tak lekang dimakan waktu. Sampai sekarang mobil ini masih terlihat keren dan jadi buruan para penggemar off road ataupun kolektor. Desainnya memang terlihat kotak mirip pendahulunya, FJ20, tapi lebih sangar dan gagah.

    Aliran modifikasi Hardtop idealnya tetap mempertahankan kesan tangguh tersebut. Tapi ada beberapa pendekatan yang bisa dilakukan. Bagi mereka yang lebih suka mobilnya tampil orisinil maka restorasi untuk mengejar gaya OEM Style akan lebih cocok.

    Lain cerita jika sang owner punya hobi untuk membawa mobilnya main tanah. Untuk ini, aliran modifikasi off road atau adventure yang tepat. Lebih lengkap mengenai pilihan gaya Hardtop modifikasi, Anda bisa simak informasinya di bawah ini.

    Toyota Land Cruiser Modifikasi Hardtop OEM Style

    modifikasi toyota hardtop otoloka

    Salah satu cara untuk meningkatkan nilai sebuah mobil klasik adalah dengan mengembalikan kondisinya seperti sedia kala. Selain harga jual bisa tambah tinggi, kondisi mobil yang orisinil dan terjaga dengan baik juga dapat menambah kepuasan seseorang dalam memilikinya.

    Dalam dunia otomotif, proses mengembalikan kondisi mobil untuk kembali orisinil dikenal dengan nama restorasi. Tapi perlu diingat, untuk mengacu pada gaya OEM Style mobil bukan hanya dibikin lebih segar. Tapi komponen-komponen yang digunakan juga harus sama dengan yang menempel pada unit barunya dulu.

    Penggunaan komponen bekas bukan masalah jika kondisinya masih bagus dan memang sesuai. Hal ini akan menjadi tantangan sendiri mengingat mobilnya sudah cukup lama stop produksi.

    Modifikasi Hardtop Gaya Off Road

    modifikasi toyota hardtop offroad

    Tak sedikit pemilik Hardtop datang dari kalangan penggemar off road. Untuk menambah kapabilitas mobil dalam melibas segala medan jalan terkadang diperlukan modifikasi tambahan. Mulai dari penggunaan ban mud terrain, pemasangan roll bar, atau winch.

    Lebih jauh lagi, bahkan terkadang ditemui modifikasi Hardtop bergaya off road yang cukup ekstrim sampai dilakukan pemotongan body dan hanya menggunakan rangka tubular. Jenis modifikasi sampai sejauh ini biasanya diterapkan pada mobil-mobil kompetisi.

    Untuk modifikasi bergaya off road, sebenarnya mobil tak harus meninggalkan wujud aslinya. Tapi biasanya modifikasi yang wajib dilakukan adalah untuk bagian kaki-kaki. Selain menambah jarak main suspensi, fender juga kerap dibuat lebih lebar dari standar.

    Modifikasi Hardtop Gaya Adventure

    modifikasi toyota hardtop adventure

    Modifikasi mobil bergaya adventure sebenarnya memiliki beberapa kemiripan dengan off road. Tapi modifikasi yang dibutuhkan cenderung lebih sederhana karena medan jalan yang akan dilalui tidak separah off road.

    Untuk modifikasi aliran adventure maka body mobil masih bisa mempertahankan bentuk aslinya. Tinggal ditambah aksesori-aksesori untuk yang membuat mobil lebih siap untuk diajak berpetualangan. 

    Bagian mesin biasanya mempertahankan kondisi standar untuk mengejar durabilitas. Tapi sektor kaki-kaki perlu mendapat perhatian lebih karena mobil digunakan untuk membawa barang yang tak sedikit ketika diajak melakukan perjalanan jauh.

    Di lain sisi performa kaki-kaki juga harus seimbang ketika dipakai di jalanan aspal dan tanah.

    Modifikasi Toyota Land Cruiser FJ40 Modern 4x4

    Tak ada batasan dalam dunia modifikasi. Menyulap mobil lawas seperti Toyota Hardtop menjadi kendaraan yang lebih modern bisa-bisa saja dilakukan. Contohnya seperti FJ40 keluaran 1984 dengan kelir abu-abu ini.

    Rumah modifikasi spesialis FJ40 asal Amerika Serikat yang menamakan diri FC Company berhasil menyulapnya menjadi kendaraan off road modern. Walau usianya sudah 36 tahun, namun fitur yang dimilikinya tak kalah dengan SUV keluaran terbaru.

    Selain mengalami rombakan pada di bagian eksterior, mobil ini juga mendapat tambahan fitur power steering, traction control, stability control, bahkan sampai sistem navigasi. Tentunya modifikasi ini akan membutuhkan biaya dan waktu yang tak sedikit mengingat kerumitan dalam pengerjaannya.

    Modifikasi Toyota Hardtop Swap Engine

    Toyota Hardtop FJ40 sejatinya dibekali mesin bensin 6-silinder yang punya kapasitas 4.230 cc. Sudah bukan rahasia lagi mesin tersebut terkenal boros bensin. Tenaganya pun sering dianggap kurang memuaskan. Maka itu tak sedikit pemilik mobil ini yang melakukan swap engine atau mengambil mesin dari mobil lain.

    Konversi yang dilakukan umumnya memilih mesin berbahan bakar diesel sebagai pengganti. Hal itu bisa ditemui pada FJ40 berwarna hijau ini yang sudah menggendong mesin GM Chevrolet 6.0L. Perubahan semacam ini tentunya juga akan diimbangi dengan sentuhan lain di ECU, air intake, dan saluran pembuangan agar performa mobil semakin maksimal.

    Pilihan lain, swap engine FJ40 juga biasanya mengambil mesin dari generasi Land Cruiser yang lebih muda, misalnya FJ80.

    Kesimpulan

    Toyota FJ40 adalah mobil legendaris yang sangat pantas untuk dimiliki jika Anda memang suka kendaraan off road dan tak terbatas oleh dana. Di tahun 2020 harga mobil ini terbilang masih tinggi untuk kendaraan seusianya. 

    Dalam kondisi bahan saja harganya bisa tembus Rp70 juta lebih. Sementara itu, sulit menakar harga jualnya ketika mobil sudah mengalami modifikasi atau restorasi karena akan sangat tergantung dengan komponen-komponen yang menempel.

    Untuk menentukan aliran modifikasi yang cocok, Anda bisa memilih berdasarkan selera. Tapi yang lebih penting adalah tujuan dari modifikasi itu sendiri. Apakah nantinya mobil akan dipakai off road atau sebatas barang koleksi untuk dipandangi.

    Bagikan dengan :
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter
    report
    Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya.
    Akses kami lebih nyaman dan mudah!

    Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar (0)

      pertamina
      shell
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya

            Berita Terpopuler