• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

2 Modifikasi Toyota Fortuner Recomended 2020

Dilihat 1658
Eza Fadil
13 Sep 2020, 10:29
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Pada dasarnya Toyota Fortuner sudah memiliki desain modern dan mewah, meskipun demikian para tangan kreatif modifikator masih bisa menambah kemewahan dan aura modern lebih baik lagi. Tidak harus ekstrem hingga merombak bentuk bodi, bagian kaki-kaki dapat dimodif, sehingga mewujudkan konsep lebih modern. Seperti karya seseorang dari Negara India, Chachu.

1. Off-Road Concept Modification

Konsep yang diusung olehnya menggunakan konsep mobil off-road dimana bisa digunakan di lintasan yang terjal dan bukan jalanan halus. Perubahan mobil ini telah dimulai sejak membeli unit. Kelir mentereng Sicilian Yellow ditambahkan ke seluruh bodi. Chachu memberikan pernyataan bahwa warna itu dipesan secara pribadi. Ya, Ia memesan dari Toyota Kerala. Bahkan dijuluki sebagai Sicilian Yellow Fortuner pertama yang muncul di Negeri Bollywood. Tampak menyilaukan, tapi tetap membawa kesan elegan menutupi tubuh SUV besar itu. Biaya yang dibutuhkan untuk mentransformasi mobilnya tidak murah. Untuk melapisi bodi dibutuhkan biaya sekitar Rp 38 jutaan, sementara aksesoris menelan dana Rp 19 jutaan.

“Saya selalu mencari sesuatu yang unik. Cat ini bagi saya unik sekali, dan satu-satunya di India. Ini warna terbatas untuk Range Rover Evoque,” jelasnya lewat SMS.

Warna cerah dikawinkan secara sempurna dengan pilar dan atap hitam. Begitu pun garis tepi fender yang ikut disamarkan. Perombakan di sekitar sektor penerangan yang mencakup LED. Penampilan sektor depan semakin gagah karena ketajaman warnanya. Bergeser ke atas, atap dihiasi 4 lampu tembak custom. Garnish hitam juga dapat kita jumpai pada sisi bodi, bertuliskan Fortuner. Sementara di bawah hidung, protector TRD terpasang secara jelas.

Namun yang paling mencolok adalah di bagian kaki-kaki mobil Toyota Fortuner ini yaitu diubah menjadi lebih tinggi khas mobil off-road yang selama ini kita ketahui. Mobil ditinggikan ground clearance-nya, lalu sistem peredaman menggunakan Profender Premium Coil Spring di sektor depan dan Ironman Offroad Coil Spring di sektor belakang. Keduanya menopang jarak terendah mobil sampai 4 inci. Masih disempurnakan dengan kombinasi Sun 4x4 Upper Control Arm.

Makin beringas dengan penambahan pelek hitam 18 inci dengan lebar 9 inci. Motifnya agresif dan kompleks, sempurna untuk memancarkan aura offroad. Untuk karet bundar, diambilkan yang dindingnya tebal. Ban Yokohama All-Terrain (AT) 285/60 dipilih untuk membalut bingkai roda. Perangkat itu pun tetap menyisakan ruang yang lega, sehingga tidak mepet ke fender tatkala menjelajahi jalan ekstrim. Walau tampak berat, mesin 2,8 liter 1GD-FTV diesel yang menghasilkan tenaga 176,9 PS dan torsi 450 Nm itu pasti sangat mudah mengendalikan mobil tetap melaju kencang. Chachu sengaja menggunakan spek ini, pasalnya mobil dipakai untuk semua kegiatan baik harian maupun penjelajahan.

“Kaki-kaki paling susah memang pengerjaannya. Terutama untuk menyeimbangkan antara depan dan belakang,” tuturnya.

Untuk pengereman masuk dalam ranah modifikasi pria yang memiliki bengkel Chachu 666 Garage ini. Kaliper Brembo Performance dipakai untuk mengapit brake pad EBC. Memang tak terpampang jelas dari luar, sebab tertutupi oleh pelek dengan palang rapat.

Interior mobil ini juga ikut digarap untuk menyesuaikan penampilan luar. Pelapis jok dan door trim menggunakan bahan kulit yang kuat. Motif jahitan berlian ditempelkan pada sandaran dan dudukan bangku semi-bucket. Tak ketinggalan pada dinding pintu. Kemudian fitur audio juga dirombak dengan Kicker Audio System, agar keluaran suara yang sangar.

Pantas saja Chachu menghabiskan dana sekitar 50 jutaan jika dirupiahkan, karena dengan penampilan yang baru dan performa yang mumpuni mobil SUV ini bakal nyaman diajak menjelajahi medan yang terjal sekalipun tanpa ada kendala yang berarti.

2. Bumper Custom Modification

Selanjutnya modifikasi yang kedua, yaitu dengan memberikan penambahan Bumper Custom saja sih sehingga motor ini tampil lebih kokoh dan gagah. Meskipun sudut-sudut asli dari mobil SUV sudah elegan dan dinamis, namun pemilik mobil yang menginginkan mobilnya tambah kece badai sudah tentu akan menambah eksterior atau interior yang menunjang mobil ini semakin mewah. Fortuner VRZ ini justru disulap lebih sangar dengan perombakan di bagian bumper dengan Guard Forest Gladiator. Ini sudah dipastikan menjadikan mobil ini lebih tahan kekar dan kokoh.

Di samping itu mobil SUV ini akan mampu menahan terjangan sungai yang deras arusnya karena telah dibekali snorkel lansiran TJM Air tech. Penambahan pada sektor penerangan pun tidak luput dari tangan kreatif ini yaitu dengan menambahkan lampu sorot 12 LED yang bisa digunakan untuk malam hari jika lampu jalan sedang mati total sekalipun. Lebih menarik lagi, jika mengalami problem di perjalanan seperti terjebak di lumpur, bisa memanfaatkan fitur winch lansiran Ironman yang dapat menarik beban sampai 9.500 lbs (4.750 kg), wow sangat kuat sekali ya sobat. 

Baca Juga: Serba Serbi Modifikasi Toyota Avanza Untuk Pemula

Untuk masalah perjalanan jauh dan harus membawa banyak barang maka jangan khawatir mobil ini sudah dilengkapi dengan Sport Toyota Fortuner Thailand dan Roof Rack Custom di sektor atap, jadi kalian bisa sesuka hati membawa apa saja yang ingin kalian gunakan untuk camping misalnya, atau perjalanan mudik lebaran, eh pulang kampung lebaran, hehe.

Soal kaki-kaki pun terlihat ganas dan lebih tinggi. Dengan penggunaan sokbreker Ironman jenis Foam Cell Pro yang dipadukan peer Ironman. Adapun pelek sudah dibekali dengan diameter 17 inci pun tampil mewah karena sudah dilapisi ban berprofil kasar dari Maxxis Bighorn ukuran 285/70 R17. 

Data modifikasi

Eksterior
- Bumper Forest Gladiator
- Winch Ironman 9.500 lbs
- Snorkel TJM Air tech
- Lampu sorot 12 LED Ironman
- Sport rack Toyota Fortuner Thailand
- Roof rack custom
Kaki-kaki
- Sokbreker Ironman tipe Foam Cell Pro
- Peer Ironman
- Pelek Toyota 17 inch
- Ban Maxxis Bighorn ukuran 285/70 R17

Nah bagaimana sahabat otomotif, apakah kalian telah menemukan ide kreatif untuk mendesain ulang mobil SUV kalian, terutama yang memiliki mobil Toyota Fortuner bisa nih mencoba desain dari India atau yang dari dalam negeri saja.

Itu semua tergantung pada kreativitas sahabat semuanya, mau dimodifikasi apapun itu yang penting tetap mengutamakan sektor keamanan, kenyamanan dan keindahan. Kalian bisa mengambil beberapa stiker yang bisa kalian gunakan untuk merubah penampilan luar mobil ini dengan karakter yang kalian sukai. Atau dengan menambah aksesoris seperti damper mobil, pelek mobil atau merubah kaki-kaki, ban, lampu dan lain-lain.

Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Toyota Calya Agar Terlihat Makin Berkelas

Lagi-lagi dalam masalah memodifikasi atau merombak sebuah mobil SUV tentunya dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, jadi harus dipertimbangkan dengan matang agar nantinya bisa memberikan kepuasan tersendiri di hati kalian semuanya. 

Penggunaan mobil di lintasan medan jalan juga mempengaruhi mau dibawa kemana perombakan dan pentranformasian mobil itu dilakukan, kalau medan jalanan tidak rata dan melintasi sebuah sungai serta jalanan yang terjal maka modifikasi yang pertama atau off-road menjadi solusi dan pilihan yang tepat. Semangat berkreasi.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya