• Home>
  • Modifikasi>
  • 5 Konsep Unik Modifikasi VW Kombi, Mana yang Kamu Suka?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

5 Konsep Unik Modifikasi VW Kombi, Mana yang Kamu Suka?

Dilihat 758
Arief Yuno
1 Des 2020, 11:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

modifikasi vw kombi

Otoloka.id - Tak sedikit pemilik VW Kombi yang melakukan modifikasi untuk membuat penampilan mobilnya jadi tambah unik. Hal ini bukan hanya berlaku di luar negeri, modifikasi VW Kombi dengan berbagai gaya juga bisa ditemui di Indonesia.

Nama VW Kombi itu sendiri tentunya sudah cukup akrab di telinga. Mobil ini dipasarkan sejak era 1950-an dengan nama VW Type 2 Kombinationskraftwagen. Seiring perjalanan waktu mobil ini terus mendapat pembaruan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Dalam sejarah, VW Kombi merupakan cikal bakal dari VW Transporter dan Multivan. Desain original VW Kombi dilengkapi eksterior yang sangat sederhana dan ruang kabin luas. Menjadikannya kendaraan yang sempurna untuk membawa penumpang atau barang.

Aliran Modifikasi VW Kombi

VW Kombi ibarat kanvas kosong bagi para modifikator ataupun penggemarnya. Begitu banyak hasil karya modifikasi VW Kombi yang bisa kita lihat saat ini. Tak tanggung-tanggung, modifikasi yang dilakukan bukan lagi sebatas permak tampilan.

Seringkali kita melihat VW Kombi dengan modifikasi swap engine atau setidaknya konversi body. Di era kendaraan listrik seperti sekarang pun banyak modifikator yang bereksperimen menanamkan mesin listrik ke mobil ini.

Di samping itu, tentu kita juga akan banyak melihat jenis modifikasi yang lebih umum. Misalnya modifikasi bergaya hellaflush dengan dilengkapi air suspension atau menjadikan mobil yang punya body boxy ini sebagai rumah berjalan alias camper van.

Modifikasi VW Kombi Pakai Mesin Listrik

modifikasi vw kombi listrik

Modifikasi VW Kombi yang terbilang unik bisa dilihat pada mobil keluaran tahun 1972 ini. Dari luar mungkin penampilannya tak jauh berbeda dengan VW Kombi T2 (1967–1979) kebanyakan. Meski demikian mesinnya sudah menggunakan teknologi modern yang canggih dan ramah lingkungan.

Alih-alih menggunakan mesin bensin bawaannya, VW Kombi ini menggendong mesin listrik yang diambil dari VW e-Golf. Mesin baru tersebut ditempatkan di ruang mesin asli VW Kombi yang berada di bagian belakang mobil.

Dengan dukungan baterai berkapasitas 35,8 kwh, di atas kertas mobil bisa menjelajah hingga 200 km. Faktanya, modifikasi ini merupakan proyek brand VW sendiri dengan menggandeng perusahaan pengembang mobil listrik bernama EV West.

Modifikasi VW Kombi Limosin

limosin modifikasi vw kombi

Untuk urusan modifikasi VW, Indonesia cukup punya nama. Salah satu karya builder Tanah Air yang sempat mendapat sorotan global adalah VW Kombi bergaya limosin garapan seorang mekanik bernama Wahyu Pamungkas.

Sejumlah media asing bahkan berspekulasi bisa jadi mobil dengan dimensi panjang 7,6 meter ini adalah VW Kombi terpanjang di dunia.

Dalam proses pembuatannya, Wahyu menyatukan dua unit VW Kombi. Karena bobot mobil bertambah maka mesin juga disesuaikan. Mesin asli yang memiliki kapasitas 1.500 cc diganti unit 2.000 cc.

Menurut sejumlah sumber, VW Kombi limosin ini bisa mengangkut hingga 20 penumpang sekaligus.

VW Kombi Pakai Air Suspension

suspensi modifikasi vw kombi

Melihat sekilas wujud VW Kombi yang satu ini mungkin kita akan meremehkannya. Bagaimana tidak? Seluruh bodynya dipenuhi karat yang membuatnya seperti mobil rongsokan.

Tapi dari velg-nya yang mengkilap kita bisa menebak ada sesuatu lebih istimewa. Hal itu ada benarnya karena modifikasi VW Kombi yang satu ini menonjolkan keunikan pada sektor kaki-kaki.

Demon Motorsports, rumah modifikasi asal Florida berhasil membuat VW Kombi karatan ini tampil unik dengan air suspension garapannya. Alhasil, body mobil bisa dibuat benar-benar menempel ke aspal selayaknya mobil-mobil modif dengan aliran hellaflush atau sejenisnya.

VW Kombi Pintu Gullwing Ala DeLorean

pintu gunting modifikasi vw kombi

Usia gullwing door sama tuanya dengan VW Kombi. Pintu yang modelnya terbuka ke atas ini tercatat pertama kali digunakan pada Mercy 300 SL 1952.

Walau lahir dari era yang sama, perpaduan antara gullwing door dan VW Kombi akan menghasilkan sesuatu yang sangat unik. Anda bisa melihatnya sendiri lewat modifikasi VW Kombi karya Velocity Motorcars.

Punya usut, penggunaan gullwing door mengacu pada konsep yang diusung. Mengambil tema film “Back to The Future”, Velocity Motorsports ingin membuat DeLorean versi VW Kombi.

Karena itu, tak aneh jika kelir body yang digunakan juga berwarna silver. Untuk detail-detailnya, mobil ini juga dilengkapi “flux capacitor” guna menunjang kerja mesin waktu.

Modifikasi VW Kombi Camper Van

camper modifikasi vw kombi

Aliran modifikasi selanjutnya yang cocok untuk VW Kombi adalah camper van. Menyulap mobil klasik menjadi “rumah berjalan” yang siap diajak berpetualang ke mana saja. Anda bisa melihat contohnya pada VW Kombi buatan tahun 1978 ini. 

Memodifikasi camper van agak berbeda dengan mendandani mobil biasa. Tantangan yang dihadapi lebih dari sebatas membuat mobil enak dipandang. Sebagai contoh, bagaimana caranya mengubah ruang kabin sehingga memiliki dapur, wastafel, sampai area istirahat.

Itu berarti dalam prosesnya Anda juga mesti pintar-pintar mengatur sistem kelistrikan sampai pipa air. Walaupun, camper van tak harus memiliki kamar mandi karena keterbatasan ruang.

VW Kombi Dijadikan Food Truck

food truck modifikasi vw kombi

Dalam sejarahnya VW Kombi dirancang sebagai kendaraan yang mampu membawa banyak penumpang ataupun barang. Dan kini fungsinya bertambah dengan maraknya modifikasi VW Kombi sebagai food truck.

Sebagai nilai tambah dari fungsinya, VW Kombi yang merupakan mobil klasik memiliki karakter kuat untuk membuat presentasi sebuah bisnis makanan atau minuman jadi lebih menarik.

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak ditemui modifikasi VW Kombi menjadi food truck. Mereka yang melakukannya mulai dari perusahaan multi nasional seperti McDonald sampai penjual kopi individu.

Kesimpulan

Bagi awam yang kepincut memiliki VW Kombi lalu melakukan modifikasi sebaiknya jangan buru-buru. Ambil waktu untuk mengenal mobil ini beserta seluk beluknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah bergabung ke dalam komunitas.

Banyak hal bermanfaat yang bisa didapat. Misalnya saja referensi bengkel-bengkel rekomendasi yang siap membantu Anda mewujudkan ide modifikasi.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya