• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

5 Modifikasi Honda GL 100 Menjadi Motor Masa Kini

Dilihat 3853
Dian
8 Sep 2020, 21:29
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Motor adalah salah satu alat transportasi yang sangat simple dan paling diminati oleh semua orang di dunia ini terutama di tanah air Indonesia. Namun motor yang sudah dimiliki terkadang belum memberikan kepuasan tersendiri baik dari desain atau performa, oleh karena itu biasanya orang-orang akan melakukan modifikasi untuk menyulap motor mereka seperti yang mereka impi-impikan. Bisa dikatakan modifikasi motor adalah suatu tren yang ada pada dunia otomotif. Para modifikator kreatif akan melakukan redesain motor mereka menjadi lebih cool dan keren. Seperti motor tua besutan Pabrik Honda ini yang menjadi incaran para kolektor, ya benar Honda GL 100 yang bisa dimodifikasi menjadi motor kekinian.

Sebenarnya untuk spesifikasi motor Honda GL100 ini sudah mengusung mesin bersilinder tunggal dengan kapasitas sebesar 105 cc, tentunya motor ini paling kencang di zamannya. Motor yang standar ini mampu menorehkan tenaga maksimum 12 Hp pada putaran mesinnya 10000 rpm. Sementara untuk torsinya menghasilkan tenaga  cukup besar yakni sekitar 0,85 kgm pada putaran mesin sebesar 8500 rpm. Namun seperti kita ketahui motor Honda GL 100 ini belum mengusung fitur Fuel Injection yang kita jumpai pada motor-motor kekinian, ia masih menggunakan sistem pembakaran karburator, meski demikian bahan bakar yang dikonsumsi tergolong hemat dan mesin yang disematkan juga cukup tangguh.

Motor besutan Honda yang termasuk dalam jajaran motor legendaris ini memiliki desain klasik dan sangat khas dengan ukuran panjang mencapai 1900 mm dan lebar 735 mm serta tinggi mencapai 1017 mm, namun bobot motor hanya sekitar 98,5 kg. Hal ini sudah pasti membuat motor ini cukup mudah untuk diajak jalan-jalan dan semakin ringan untuk dikendalikan. Tak cuma itu saja pada bagian kaki-kaki motor ini juga sudah diperkokoh dengan ban yang berukuran 2.50-18 untuk depan dan 2.75-18 untuk roda belakang.

Dan seiring dengan perkembangan zaman ke arah modern motor Honda GL100 ini pun sudah diungguli oleh motor-motor jaman now layaknya motor Honda CB100 dan Honda CB150R yang mempunyai penampilan yang lebih baik dan mempunyai performa yang lebih gahar. Namun hal ini tak menciutkan hasrat para tangan-tangan kreatif untuk tetap semangat dalam mengoleksi motor-motor antik. Ditangan para modifikator ini motor Honda GL100 akan dirubah menjadi motor modern dengan tampilan yang lebih gaul dan kekinian. Langsung saja yuk kita simak ulasan dari modifikasinya!

1. Modifikasi Honda GL100 “Cafe Racer”

Setiap modifikasi tentu ada beberapa bagian-bagian yang unik yang dikreasikan oleh para modifikator terhadap motor modifikasinya ini. Di antaranya pada motor yang bergaya cafe racer yang satu ini, mendesain konsep cafe racer para modifikator akan menyulap bagian kaki-kaki motor ini dengan ban yang berukuran lebih besar yang memaksimalkan penampilan motor ini sehingga tampak kokoh dan gahar. Selain itu para modifikator juga akan menambahkan sentuhan apik terhadap jok ataupun tempat duduk pengendara yang akan menyulap posisi riding para pengendara lebih gaul.

Selain itu juga posisi stang motor juga didesain lebih rendah sehingga pengendara akan sedikit membungkuk tatkala mengendarai motor GL100 berkonsep cafe racer ini. Modifikasi selanjutnya pada bagian knalpot dengan perubahan yang lebih dinamis dan bersuara lebih kencang.

2. Modifikasi Honda GL100 “JapStyle”

Untuk modifikasi kedua Honda GL100  ialah mengusung konsep Japstyle, konsep ini bisa dikatakan lebih mirip dengan konsep cafe racer dimana pada konsep motor ini juga mendandani motor dengan dua buah ban dengan ukuran yang lebih besar. Namun perbedaannya di posisi stang motor agak tinggi sehingga posisi riding pengendara tidak membungkuk seperti pada motor cafe racer. Untuk menambah kenyamanan pengendara, pada konsep motor japstyle ini para modifikator juga memakai suspensi yang lebih ngejreng sehingga dapat memberikan kenyamanan yang lebih maksimal dan berkualitas.

Untuk modifikasi motor dengan konsep japstyle para modifikator juga sering merubah rem bagian belakang motor bertipe rem cakram, dengan mengganti rem cakram tentunya keamanan dan pengendalian motor jauh lebih sempurna, dan penampilan jadi lebih bagus seperti motor zaman now yang fresh.

3. Modifikasi Honda GL100 “Scramble”

Pada konsep scramble ini motor Honda GL 100 didesain bersama dengan tampilan motor yang lebih macho. Tak cuma itu saja terhadap konsep ini para modifikator juga sering menggunakan fitur-fitur eksterior yang lebih klasik sehingga memberikan warna tersendiri bagi motor Honda GL 100 model Scramble ini. Saat kalian melihat motor ini kemungkinan banyak sekali ditemukan pergantian mulai dan kaki-kaki sampai dengan desain jok motor yang dibuat lebih tipis dan terkadang cuma bisa digunakan untuk satu orang saja. Jadi untuk kencan bersama pacar atau istri sulit sekali ya, hehe.

Saat ini desain motor rancangan scramble sedang heboh-hebohnya sehingga banyak modifikator motor yang menggunakan rancangan motor ini sebagai model modifikasinya. Dengan membawa desain ban yang berukuran besar untuk roda depan dan belakang menjadikan penampilan motor ini tampak sangat keren dan gaul. Terlebih bersama dengan type motor yang lebih kokoh menjadikan para pengguna motor ini semakin memancarkan aura macho. Selain itu untuk menambah kenyamanan bagi para pengendaranya dalam memodif motor ini modifikator terhitung sering mengganti suspensi motor ini bersama dengan suspensi yang lebih berkualitas dan nyaman untuk dipakai.

4. Modifikasi Honda GL100 “Chopper”

Yang satu ini tentu saja kalian sudah biasa jumpai di film-film Eropa, yah motor bersama rancangan chopper ini memang tidak lepas dari perhatian para modifikator Indonesia. Honda GL 100 yang punya desain yang klasik kini diubah jadi motor bergaya chopper bersama letak stang motor yang lebih tinggi & lebih panjang. Selain itu untuk fitur suspensi depan motor ini juga dirancang lebih dinamis bersama sudut kemiringan yang sangat ideal sehingga dapat memberikan kesan agresif. Selain itu posisi suspensi belakang juga lebih direndahkan sehingga posisi riding pengendara lebih nyaman. 

Saat merombak motor GL 100 ini menjadi tipe motor chopper para pemodif termasuk suka memanfaatkan ban depan yang lebih kecil dan memberikan performa ban belakang yang lebih besar bersama diameter velg yang lebih kecil. Di samping itu tangki motor termasuk mendapat perubahan yakni lebih terkesan klasik dan lebih kecil supaya mengimbangi bentuk body motor ini. Tak selesai hingga disitu saja, jok motor tak lepas dari perubahan tangan modifikator didesain lebih stylish sehingga menampilkan penampilan motor yang cukup keren dan dinamis. Untuk spesifikasi mesin termasuk terbilang cukup tangguh sesuai permintaan. 

5. Modifikasi Honda GL100 “Klasik”

Sederhana namun bisa mencuri perhatian mata tiap-tiap orang yang menyaksikannya, itulah yang dipamerkan oleh modifikasi Honda GL 100 bersama dengan rancangan motor klasik. Pada rancangan ini sesungguhnya Honda GL 100 tidak mendapat banyak pergantian yang signifikan, sehingga identitas asli motor Honda GL 100 ini tetap tampak meski sudah diubah. Pada rancangan ini para pemodif hanya memberikan sedikit pergantian terhadap sebagian segi motor Honda GL 100 ini. Seperti halnya terhadap posisi stang motor yang dibikin lebih tinggi dan jok motor yang dibikin lebih tebal sehingga pengendara lebih nyaman di dalam mengendarai motor Honda GL 100 nantinya.

Selain itu pada rancangan ini para modifikator juga sering menggunakan fitur eksterior motor yang lebih keren dan lebih modern sehingga menjadikan kesan motor Honda GL 100 ini lebih mewah.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya