• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

5 Modifikasi Vespa Yang Unik Hingga Ekstrem

Dilihat 602
Guntur Hanggara
24 Ags 2020, 16:05
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Bentuk unik Vespa plus suaranya yang khas tentunya akan membuat mata menatap ke arahnya. Vespa selalu mempunyai penggemarnya tersendiri. Eits jangan salah, modifikasi Vespa ternyata memiliki basis penggemar di berbagai negara. Di Indonesia komunitas vespa terbilang cukup besar, kedua terbesar di dunia malah. Tentu saja komunitas Vespa terbesar nomor 1 ada di negara asal Vespa, Italia.

Melalui tangan dingin Rinaldo Piaggio pada tahun 1884, Vespa pertama kali tercipta, di rumah produksi miliknya. Selain Vespa, rumah produksi itu juga menciptakan kapal mewah, kereta hingga body truck. 

Kemudian pada April 1946, pertama kalinya skuter ini ditampilkan ke publik saat acara Golf Club di Roma. Vespa 98 ini berganti logo dengan logo timbul serta dilengkapi dengan tameng, menggantikan lambang Pesawat Piaggio yang digunakan sebelumnya. Siapa sangka Vespa 98 sukses besar serta masuk dalam sorotan media massa. Awalnya Vespa dijual di dealer kecil dengan harga 55.000 Lira pada model standarnya. Untuk yang Deluxe, dihargai sebesar 66.000 Lira.

Jika dilihat dari panjangnya perjalanan Vespa ini, tentu saja Vespa sudah sangat diperhitungkan dalam kancah otomotif. Dalam 74 tahun perjalanannya, Vespa telah mengeluarkan berbagai varian skuternya. Dari yang sederhana, unik, manis, hingga yang futuristik dan tak terduga. Sepertinya semangat dari Vespa ini memberi cukup banyak inspirasi pada para pengguna Vespa. Terbukti dari banyaknya muncul aneka modifikasi Vespa-Vespa di seluruh dunia. 

Anda tentu pasti pernah suatu kali melihat orang-orang yang menggendarai Vespa modifikasi yang membuatmu terpukau hingga menganga lebar. Akan kami tunjukkan beberapa modifikasi Vespa yang terpantau oleh Otoloka. Dari yang unik hingga yang nyeleneh. 

Modifikasi Vespa ala Chopper

Chopper sudah sangat identik dengan si motor gede mahal dan gagah, Harley Davidson. Bagaimana jadinya bila si unik dan manis Vespa dimodifikasi menjadi ala-ala Chopper? Tentu saja bisa. 

Fokus perubahan dilakukan pada kaki-kakinya. Kemudian tentu saja pelek dan Wheel Base juga perlu diperhatikan. 

Pelek-nya akan dipasang dengan Ring besar serta Wheel Base tentu saja lebih panjang. Tunggu, apakah sudah selesai? Belum dong! Apa yang paling penting dalam modifikasi kali ini? Tentu saja setangnya. Setang model Ape Hanger wajib banget kalian instalasikan agar nuansa Chopper makin terasa. Setelah itu kita lanjutkan pada bagian joknya. Joknya harus diatur lebih rendah sehingga menyempurnakan gaya 

Vespa Chopper-mu! Setelah itu, Vespa Choppermu siap melaju dan bergaya di jalanan sambil menikmati matahari terbenam yang indah. Nggak bakal kalah saing deh ama Chopper-Chopper yang ono noh!

Modifikasi Vespa Alpha

Tidak hanya anak komunitas pencinta Vespa aja yang demen modifikasi skuter kesayangannya lho. Buktinya Piaggio Vespa sendiri juga melakukan modifikasi untuk salah satu seri Vespanya, yaitu Vespa 180 Super Sport. Modifikasi ini dilakukan Piaggio dan English Alpha Wilis. Tak lain tak bukan, dilakukan untuk kepentingan pembuatan film Dick Smart, Agen 2007 yang diperankan oleh Richard Wyler, Margaret Lee dan Rosanna Tapados. 

Tak tanggung-tanggung Vespa 180 Super Sport dipermak habis-habisan menjadi kendaraan agen rahasia yang super canggih. Katanya sih di dalam film itu, si Vespa Alpha (nama untuk Vespa modifikasi ini), bisa melaju di jalan raya dengan kecepatan super, terbang seperti helikopter dan yang paling gila, bisa menyelam ke dasar lautan Bro! Gilak! Yang jadi pertanyaan, kira-kira nih Vespa beneran bisa terbang dan nyelam kagak ya? Kita nantikan saja siapa tahu suatu saat Piaggio benar-benar mewujudkan modifikasi ini menjadi Vespa beneran!

Modifikasi Vespa Motor Listrik

Nggak pernah kepikiran kan kalau Vespa, si skuter unik ini bisa menjadi motor listrik! Nah di tangan Feri dari Waay Custom, si Vespa Exclusive bertransformasi menjadi motor listrik. Dari tampilan luar Vespa Exclusive Orange Ngejreng ini tidak banyak berubah. Bodynya masih sama, semok, yang Vespa banget.

Tapi ternyata saat body samping alias tepongnya dilepas, beneran bikin tercengang. Berubah total Bro! 

Mesin listrik Motorhub QS Motor 4.000 watt dari China menggantikan mesin 150 cc 2 Tak dari si Vespa Exclusive. Perlu sedikit penyesuaian di bagian roda belakang. Arm harus dilebarkan sekitar 6-8 cm untuk dudukan mesin listriknya. 

Modifikasi ambisius tapi keren ini ternyata harus membuat Feri merogoh kocek hingga menembus dua puluh jutaan. Wow! Tapi ada kepuasan tersendiri ketika Vespa Exclusive Motor Listriknya ini berubah menjadi kian istimewa.

Modifikasi Vespa Kereta Kencana Batik

Siapa sangka kalau Vespa PX 1986 dapat disulap bak kereta kencana penuh ukiran batik. Vespa PX 1986 dipermak habis-habisan, sampai membuat semua mata yang memandang berdecak kagum. Tidak ada yang pernah menyangka kalau aslinya si Kereta Kencana Batik yang bak karya seni terindah itu adalah Vespa. 

Menggunakan pipa tabular juga material kuningan yang dipahat tangan, rangka dan sasis dibangun ulang. Sedangkan untuk kaki-kaki, pelek kustom 17 inci dipasangkan pada roda depan. Pada bagian belakang, digunakan yang 14 inci. Jadi, posisi vespa akan tampak seperti Harley dari sisi depan. Shock up side Yamaha MX diaplikasikan pada bagian belakang. 

Untuk penampilan ala kereta kencananya, semua dilakukan dengan kustom melalui keterampilan ukiran tangan ala batik Jawa. Tentu saja, Vespa Kereta Kencana Batik telah berhasil mencuri perhatian semua orang. Siapa yang tidak ingin mencoba mengendarai Vespa Kereta Kencana Batik hasil modifikasi super keren ini.

Modifikasi Vespa Tank Ekstrem 

Vespa Tank ini modifikasi ini bahkan sudah terkenal di luar negeri dan menjadi salah satu penghuni museum kendaraan di Spanyol. Adalah Yogi Hermawan Saifulla, pemilik bengkel di Jegles, Kelurahan Blabak Kota Kediri yang merancang dan merakit Vespa PX-nya menjadi memiliki gandengan di samping atau berbentuk sespan. Tapi Yogi tidak hanya sekedar menambahkan gerobak roda tiga pada sisi kiri Vespa. 

Dia menyulapnya sehingga serupa kendaraan tempur—Tank. Modifikasi Vespa Tank buatan Yosi tidak hanya sampai di situ saja. Dia melengkapi dengan mortir, kotak amunisi serta bahan bakar di bagian belakang. Tiga buah roda sejajar yang diaplikasikan sejajar meningkatkan kesan Tank pada Vespa PX buatan Yogi. Yang menjadikan Vespa Tank modifikasi Yogi istimewa adalah kemampuan berjalan mundur Vespa Tank ini. Dia mencoba memodifikasi transmisi Vespa PX menjadi khusus untuk berjalan mundur.

Terciptanya modifikasi Vespa Tank ini berawal dari keinginan untuk merakit Vespa Sespan berbentuk kotak guna mengangkut besi-besi dan perlengkapan bengkel las, terciptalah ide modifikasi vespa ala tank tempur ini. Tidak hanya dipasarkan di Indonesia, bahkan Vespa Tank buatan Yogi sudah terjual hingga ke luar negeri. 

Bagi para penggemar Vespa, memodifikasi Vespa menjadi salah satu kepuasan tersendiri. Apalagi jika hasil modifikasinya mendapatkan pengakuan dari semua orang. Jika kalian tertarik untuk memodifikasi Vespa, siapa tahu kelima modifikasi vespa yang kami sajikan ini dapat menjadi inspirasi Anda semua. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya