• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

5 Modifikasi Yamaha F1ZR Terbaru 2020

Dilihat 2331
Guntur Hanggara
24 Sep 2020, 15:45
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 5

Otoloka.id - Dimulai karirnya sejak tahun 1992 Yamaha F1ZR diresmikan oleh Pabrik Yamaha Motor Indonesia hingga diproduksi terus selama bertahun-tahun sampai pada tahun 2004 motor ini sudah berhenti diproduksi. 

Motor Yamaha F1ZR merupakan regenerasi dari motor Yamaha Force 1 yang mana Yamaha Force 1 merupakan perpanjangan dari Yamaha Alfa, masih ingat kan kalian dengan motor mungil yang bisa disebut sebagai motor sejuta umat, karena meskipun kecil mungil Yamaha Alfa yang dibekali mesin 105 cc ini biasanya dinaiki oleh satu keluarga penuh ada ayah, ibu dan tiga anak sekaligus.

Jadi keingat masa kecil kalian kan yang lahir tahun 80-90an. Masih melegenda sampai sekarang motor dengan mesin 2 tak ini biasanya digunakan untuk geber para anak muda yang mau berangkat sekolah pada zamannya sudah sangat keren dan tangguh. Meskipun sistem remnya masih memakai jenis rem tromol. 

Dan motor Yamaha FIZR ini adalah jenis motor bebek pertama yang ditenagai jenis mesin YPCS atau Yamaha Performance Cooling System, suatu teknologi pendingin mesin dari kipas. Dimana fungsi dari kipas ini sendiri adalah sebagai penyedot udara yang ada diluar kemudian disalurkan untuk mendinginkan bagian mesin motor. 

Menjadikan performa mesin motor Yamaha FIZ R ini tetap stabil, dan tenaga yang dihasilkan dari mesin semakin maksimal. Di tahun 1994 Yamaha menghadirkan varian facelift dari Yamaha ini yang dikenal dengan nama Yamaha Force 1 Z, dengan desain yang sedikit berubah dari generasi pertamanya.

Dari sektor desain motor ini sudah mengusung penampilan yang sporty terutama untuk keluaran motor Yamaha F1ZR tahun 2000an karena telah dibekali dengan velg racing yang macho. Diperindah dengan lampu utama yg didesain kotak yang terpasang pada bagian stang motor dan pada bagian sisinya terpasang lampu sein. Body ramping adalah desain utamanya, sedangkan untuk lampu belakangnya dirancang dengan desain kotak masiih sederhana.

Untuk lebih lengkapnya mari simak spesifikasi dari Yamaha F1ZR ini. Setelah itu kita akan membahas tentang modifikasi yang bisa diterapkan ke motor jagoan ini.

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.870 x 670 x 1.040 mm
Jarak Sumbu 1.190 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 135 mm
Berat Isi 95 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4.5 liter
Mesin
Tipe Mesin 2-stroke, silinder tunggal
Volume Silinder 110.4 cc
Daya Maksimal 11.8 dk / 7500 rpm
Torsi Maksimal 1,10 KGF.M / 6500 rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar VM 20 X 1 MIKUNI
Gigi Transmisi Kopling manual, 4 speed
Rangka
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Rem Depan cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 2.50-17-4 PR
Ban Belakang 2.75-17-4 PR
Kelistrikan
Baterai GM5Z-3B/YB5L-B/12V5AH
Busi BP 7 HS-10/W 22 FP-10
Sistem Pengapian CDI

Dirancang dengan bentuk tubuh yang ramping dan stylish menjadikan motor Yamaha F1ZR ini termasuk dalam jajaran motor koleksi para modifikator. Dengan memiliki motor yang sudah tidak mahal ini para modifikator akan menyulap motor yang satu ini menjadi motor bebek yang penuh dengan aura kekinian dan penampilan yang segar dan modern tak kalah dengan motor bebek zaman now.

Dengan perawakan body yang ramping serta futuristik menjadikan motor ini sangat mudah untuk dimodifikasi oleh tangan-tangan kreatif tanah air. Berbagai konsep modifikasi bisa diterapkan pada Yamaha FIZR ini yang akan mengusung penampilan yang segar dan gaul. Dari Modifikasi Yamaha FizR Road Race yang mempertajam sisi tampilan seperti motor balap, hingga konsep yang simple yang mempertajam kesan stylish dan kalem saja.

Lanjut ke pembahasan awal mengenai modifikasi Yamaha F1ZR ini, ternyata banyak yang perlu digarap saat ingin melakukan pembongkaran dan perombakan pada motor yang satu ini. Karena melakukan modifikasi pada motor ini tidak hanya terletak pada desain penampilannya saja, tetapi juga pada sektor lain seperti dapur pacu (mesin). Supaya kuda besi yang satu ini benar-benar menjadi kuda besi yang tangguh dan dengan penampilan yang modern.

Modifikasi Yamaha FIZR konsep Road Race

Apabila kalian hobi balapan tentunya balapan yang resmi di sirkuit motor bebek, bukan balapan liar ya kawan-kawan, maka kalian bisa mengusung konsep modifikasi road race ini. Dari tampilan gambar di atas rasanya kalian bisa memodifikasi motor Yamaha FIZR kalian menjadi berkesan motor balap yang tangguh dan cepat untuk diajak bermanuver. 

Konsep road race mengadopsi dari desain motor balap dikelas road race dengan karakteristik khusus menggunakan ban yang lebih besar dengan penambahan warna yang racing.

Modifikasi Yamaha FIZR Konsep Trail atau Cross

Para penjelajah jalanan off road sejati pasti suka menggunakan motor yang bernuansa cross dan trail, konsep modifikasi ini cocok sekali untuk yang mempunyai hobi petualangan ke medan-medan jalan yang sulit. 

Jika hendak menerapkan konsep modifikasi ini, rangka pada motor ini harus dirombak ulang supaya penampilannya terlihat lebih kekar layaknya motor cross. Untuk menopang handling yang sempurna, suspensi depan dan belakang perlu juga dirombak dengan suspensi ala motor cross. Sementara untuk sektor ban dapat dipasangkan dengan ban cross atau ban tahu juga bisa.

Modifikasi Yamaha FIZR Konsep Airbrush

Pada konsep ketiga ini beda dengan konsep sebelumnya yaitu modifikasi cross dan road race, Konsep Modifikasi Yamaha FizR yang satu ini juga terkenal di Indonesia yaitu Airbrush. Hasil penampakannya yang glamor & mewah menjadi modifikasi yang paling banyak kita temukan di tanah air ini. 

Nah untuk kalian yang punya cita-cita mempunyai motor dengan penampilan yang glamor, rasa-rasanya konsep Modifikasi Yamaha FizR Airbrush ini sangat cocok untuk dijadikan referensi. Dibandingkan kedua aliran modifikasi sebelumnya, airbrush ini lebih mudah dikerjakan dan budget yang dikeluarkan pun masih terjangkau. Adapun Biaya Modifikasi Yamaha FizR setidaknya hanya mencapai 1 juta rupiah.

Modifikasi Yamaha FIZR Konsep Standar

Untuk konsep yang keempat ini modifikasi yang sangat simpel dan tidak butuh budget yang terlalu banyak, kalian hanya memoles sedikit saja penampilannya hingga menjadikan motor kesayangan lebih terlihat segar dan gaul. 

Misalnya menambah stiker-stiker keren dan mengecat bagian pelek motor dengan warna yang ciamik dan mencolok. Prinsip dari modifikasi motor fiz r standard ini yaitu supaya motor tampil lebih segar dan menjauhkan rasa bosan, seperti mimin katakan di atas bahwa perombakan hanya terletak pada body cat saja.

Modifikasi Yamaha FIZR Konsep Drag Race

Dan untuk konsep modifikasi kelima adalah konsep drag race. Ini merupakan konsep terakhir yang bisa mimin ulas di sini. Modifikasi drag race sudah sangat familiar terdengar di telinga kita, seperti yang tampak pada foto di atas dimana motor didesain habis menggunakan konsep motor balap racing yang hanya nyaman digunakan untuk balapan saja. 

Jika kalian menghendaki motor Yamaha FIZR digunakan untuk keperluan sehari-hari alangkah baiknya tidak memodifikasi atau merombak motor kalian menjadi konsep ini. Semoga bermanfaat salam otomotif semuanya!

  • Suka 5
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya