• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

5 Modifikasi Yamaha Scorpio Paling Diminati 2020

Dilihat 1221
Guntur Hanggara
8 Sep 2020, 16:27
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Sang legenda motor sport pada zamannya yang telah mempunyai nama di hati para rider tanah air adalah Yamaha Scorpio dimana para modifikator klasik sangat menggandrungi motor ini untuk media modifikasinya karena motor ini diberikan rangka yang sangat purposional dan sangat bagus jika dimodifikasi dengan cara yang baik.

Di samping memiliki postur rangka yang bagus untuk dirombak menjadi motor klasik dan sejenisnya, ternyata Yamaha Scorpio juga menyembunyikan sebuah performa mesin yang tangguh. Dengan ditenagai mesin single silinder tegak dengan kapasitas 223 cm dan perbandingan kompresi : 9.5 : 1 yang mampu mengolah tenaga maksimum 13.4 kW pada putaran mesin 8000 rpm, selain itu untuk kekuatan torsinya sangat bagus yaitu sebesar 13,4 Nm pada 6500 rpm.

Performa mesin yang prima dan tangguh itu menjadi cikal bakal dari pemodif untuk memilih motor ini sebagai media modifikasinya baik pada konsep Japstyle, Cafe Racer, Bobber, Bratstyle, Chooper, enduro dan sebagainya, di sisi lain harga Yamaha Scorpio bekas untuk modifikasi juga bisa dikatakan lumayan tidak mahal di bawah kisaran 15 Jutaan rupiah untuk motor yang dirilis tahun terkhir yakni 2002 ini juga menjadi pertimbangan yang matang mengapa para modifikator lebih memilih motor Yamaha Scorpio sebagai kuda besi yang akan mereka modifikasi.

Walapun harga beli motor Yamaha Scorpio bekas ini murah namun untuk budget yang dikeluarkan sebagai sarana modifikasi tergolong banyak, bahkan bisa melebihi harga beli motor bekas Yamaha Scorpio itu sendiri. 

Untuk itu jika niat kalian untuk menjadikan motor Yamaha Scorpio sebagai pilihan utama dalam memodifikasi motor atau belajar menjadi modifikator hendaklah membeli motor Yamaha scorpio yang benar-benar sehat dan masih bagus, sebab beberapa kelemahan tentunya akan kalian temukan pada motor-motor bekas tak terkecuali Yamaha Scorpio ini. Berikut ini beberapa konsep modifikasi yang sudah Otoloka susun secara lengkap, langsung go on!

1. Modifikasi Yamaha Scorpio “Cafe Racer”

Pertama adalah modifikasi orang kaya yang berkonsep “Cafe Racer” mengapa demikian karena hampir seluruh body dirombak hampir 60% untuk mendapatkan penampilan yang seperti ini. Penampilan 100 % berubah dan biaya yang dibutuhkan cukup mahal bisa jadi harga beli motor ini justru lebih murah dibanding dengan biaya modifikasinya, hehe.

Perubahan yang biasa dikerjakan adalah pada sektor suspensi, stang, velg, bagian tangki motor, jok, bagian belakang, headlamp, stoplamp dan tak lupa juga pada sektor kelistrikan. Banyaknya perubahan inilah sebagai alasan mengapa modifikasi jenis ini membutuhkan banyak budget, dan pada umumnya modifikasi ini dikerjakan oleh jajaran teknisi yang telah mempunyai ketenaran dan nama besar.

2. Modifikasi Yamaha Scorpio “Scrambler”


Hampir mirip dengan Modifikasi Yamaha Scorpio konsep cafe racer modifikasi ini juga mengharuskan motor diubah penampilannya secara menyeluruh, desainnya akan diubah sedemikian rupa hingga menyerupai dengan motor retro ala-ala scrambler aslinya, untuk memodifikasi model begini tidak perlu bingung lagi karena sekarang kita bisa temukan di berbagai toko online yang sudah menjual berbagai aksesoris modifikasi konsep scrambler, modifikasi jenis ini juga tak kalah mahalnya biaya pengerjaannya karana pasti menelan dana besar daripada modifikasi biasa.

Perubahan yang tampak pada konsep modifikasi scrambler ini mamang sangat kentara sekali yang membuatnya tampil lebih gagah dengan desainnya yang new design, bagi modifikator konsep yang satu ini pastinya harus siap menggesek atm dengan jumlah penarikan dana yang besar untuk biaya perombakan motornya, Yamaha Scorpio dan juga Honda Tiger adalah dua pilihan yang tepat untuk pemodifikasian konsep ini untuk dapat memperoleh motor berkonsep scrambler yang terlihat paling cocok dan sesuai.

3. Modifikasi Yamaha Scorpio “Bobber”

Modifikasi berkonsep bobber mewajibkan penggunanya merombak motor dengan menggunakan ban besar seperti punya Motor Gede, perombakan konsep ini juga biasanya dikerjakan dengan merombak sektor suspensi, ban, stang, jok, spion dan beberapa aksesoris lainnya, konsep modifikasi jenis ini mewajibkan penggunanya untuk mengkondisikan ulang posisi berkendara hingga tampil dengan gaya motor-motor bober khas negara Paman Sam, Amerika Serikat.

Letak stang yang tinggi dan jok yang lebih rendah dan juga ban yang agak besar dari motor standar Yamaha Scorpio adalah menjadi karakteristik lain motor berkonsep bobber ini, motor-motor berkonsep bobber ini semakin diminati anak-anak muda di tanah air karena mempunyai desain yang unik ditambah lagi cara berkendara motor jenis ini yang sangat enak dan nyaman untuk perjalanan jarak jauh, maka sering kita temui di jalanan motor ini diajak touring oleh para pemiliknya.

4. Modifikasi Yamaha Scorpio “Adventure”

Para petualang sejati sudah pasti tidak asing lagi dengan konsep motor adventure dimana motor yang berkonsep adventure ini sangat digandrungi pada petualang sejati untuk membabat hutan atau jalanan terjal sekalipun. Biasanya motor dengan konsep ini mempunyai body yang tangguh, besar dan juga sangat kuat. 

Maka tidak heran jika biaya melakukan modifikasi sangatlah tidak terjangkau bagi yang hanya mempunyai rekening pas-pasan, harus yang punya rekening gendut nih untuk memodifikasi motor berkonsep adventure ini. 

Yamaha Scorpio termasuk dalam katagori motor yang sangat cocok jika dimodifikasi jenis ini di mana rangka kendaraan, perfoma mesin, dan juga beberapa sektor bagian lain termasuk sangat mendukung motor ini untuk dimodifikasi ke konsep Adventure, motor adventure sendiri mempunyai karakteristik tersendiri pada dimensinya yang cukup tinggi dengan roda bergerigi, sementara itu untuk meyempurnakan desainnya motor ini akan dibekali spakboard bagian depan yang cukup besar.

5. Modifikasi Yamaha Scorpio “JapStyle”

Untuk konsep yang terakhir yaitu modifikasi berkonsep Japstyle dimana konsep ini sama seperti konsep-konsep sebelumnya yakni sangat digandrungi oleh para pecinta modifikasi klasik dimana gaya yang akan dibawa motor ini cukup membawakan aura klasik yang nyentrik. 

Mirip dengan modifikasi konsep cafe racer hanya saja modifikasi ini tidak memanfaatkan stang jepit dan menggantinya denga stang yang agak tinggi, sementara itu jok motor ini didesain lebih panjang berbeda dengan konsep sebelumnya yang biasanya menggunakan jok jenis single seater yang cukup untuk sendiri bukan berboncengan.

Jika pada modifikasi care race dibutuhkan perombakan hingga 60 % nah pada konsep Japstyle ini diharuskan merombak hingga 80%, wow lebih besar kan komponen yang perlu diubah sehingga tidak menutup kemungkinan jika biaya yang akan ditelan untuk perombakan motor dengan konsep ini akan jauh lebih mahal ketimbang konsep-konsep lainnya. Modifikasi Yamaha Scorpio cukup elegan jika dirombak menjadi konsep japstyle.

Nah, akhir kata dari mimin kuda besi adalah kuda yang tidak memakan rumput namun harus diberikan bahan bakar, selain itu dana yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan pujaan hati kalian alias modifikasi terpilih dari konsep-konsep yang sudah admin beberkan harus menjadi perhatian kalian, semoga uang tabungan kalian cukup ya riders. Salam otomotif buat kalian semuanya!

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya