• Home>
  • Modifikasi>
  • BMW 'Mas Boy' Dapat Sentuhan Tuner BBS, Makin Istimewa
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

BMW 'Mas Boy' Dapat Sentuhan Tuner BBS, Makin Istimewa

Dilihat 4083
Iman Firman
5 Apr 2021, 15:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - BMW 318i E30 di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan BMW 'Mas Boy', lantaran mobil ini pernah dipakai di film Catatan Si Boy pada tahun 1986 lalu. 

Salah satu pemilik BMW ini adalah pria yang akrab disapa Abi. Sang pemilik diketahui memang penggemar fanatik BMW E30 sejak dahulu.

Tak kurang, sudah dua kali Ia memiliki mobil legendaris asal Jerman itu. Menariknya mobil-mobil kesayangannya punya tampilan yang istimewa, lho!

Referensi Modifikasi BMW E30

Bagi Abi, modifikasi BMW E30 bukannya pengalaman baru baginya. Pasalnya Ia sebelumnya juga memodifikasi mobil lawasnya itu sepenuh hati dan tentu saja aksesori yang digunakan wajib orisinal dan bermerek.

Untuk urusan modifikasi BMW E30 kali ini, Abis memilih tuner BBS untuk main barunya itu.

Baca juga: Berawal Dari Pelek, Sang Pemilik Temukan Konsep Modifikasi yang Pas

Terlihat dari penggunaan bodykit, Abi berhasil mendapatkan full bodykit untuk E30 mulai dari add-on depan-belakang, side skirt, dan ducktail orisinal BBS asal Jerman. 

"Ada part number dan embos BBS-nya di masing-masing add-on," papar Abi.

Menyoal pelek, BBS RS diameter 16 inci dengan lebar 8 inci depan dan 9 inci belakang slanted lips jadi pilihan Abi. "Desain klasik BBS RS ini gue paling suka, pas banget buat E30," seru pria yang berprofesi sebagai pengacara tersebut.

Untuk suspensinya, Abi menggunakan coilover KW Classic khusus E30 yang dipesan khusus. Jujur saja, bantingannya seempuk suspensi standar BMW tapi lebih stabil.

Nah, mesin standar E30 yang hanya berkapasitas 1.800 cc, buat Abi yang juga pembalap itu nampaknya kurang puas dengan performa yang ditawarkan. Makanya Ia langusng melaukan engine swap dengan yang lebih besar kapasitasnya.

Mesin M52 B28 punya BMW seri 5 E39 berkapasitas 2.800 cc pun langsung dibenamkan di balik kap mesin, kemudian ECU di tuning ulang dan dipadu dengan girboks dari BMW E36 sebagai penyalur tenaga mesin ke roda.  

Baca juga: Mobil Listrik Pun Mau Tampil Keren Dengan Pelek Mewah

Strutbar depan Hartge dan strutbar belakang Racing Dynamics juga sudah ditambahkan, supaya makin rigid dan enak untuk bermanuver.

Performa sedan ini pun semakin mantap, berkat penyematan Limites Slip Differential (LSD) di gardan belakang, supaya lebih enak untuk drift, "Kadang gue suka iseng juga ngedrift," gelaknya. 

Masuk ke dalam kabin, sang empunya turut menyematkan jok Recaro yang telah terpasang rapi. "Gue sudah retrim sampai jok belakang juga biar senada dan rapi, setir juga ganti pakai M-Tech," ujarnya. 

Kalau diperhatikan, modifikasi BMW E30 ini memang berkelas Sob!

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya