• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Cara Modifikasi Yamaha R15 Biar Makin Sporty

Dilihat 566
Arief Yuno
3 Des 2020, 11:55
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

modifikasi yamaha r15

Otoloka.id - Modifikasi Yamaha R15 semakin banyak ditemui saat ini. Kita juga bisa melihat berbagai gaya modif yang diterapkan untuk motor ber-genre sport fairing tersebut. Walau demikian, konsep bergaya racing atau sporty rasanya adalah yang paling sesuai. 

Hal ini bisa dimaklumi jika melihat konsep original R15 itu sendiri. Pabrikan menghadirkannya sebagai bagian dari keluarga Yamaha R Series yang terkenal sebagai motor sport dengan performa menjanjikan.

Motor yang sebenarnya punya nama YZF-R15 ini pertama kali mengaspal di Tanah Air pada 2014. Untuk pasar global sebenarnya model ini termasuk generasi kedua.

Yamaha R15 bisa diibaratkan sebagai versi full fairing dari Yamaha Vixion dikarenakan keduanya menggunakan rangka dan mesin yang sama

Kemudian pada tahun 2017 lahir generasi ketiga Yamaha R15. Bukan hanya body yang dibuat lebih gagah menyerupai R6, tapi mesin juga mendapat pembaruan dan penambahan teknologi-teknologi terkini.

Sampai sekarang Yamaha R15 masih menjadi andalan pabrikan berlambang garpu tala untuk segmen motor sport fairing 150 cc di Indonesia dan sejumlah negara lain. Konsumennya mayoritas datang dari kalangan generasi muda yang dinamis dan ingin tampil beda.

Modifikasi Yamaha R15 Konsep Racing Paling Pas

setang modifikasi yamaha r15

Untuk membuat tampilan kendaraan menjadi lebih istimewa cara yang bisa diambil antara lain dengan melakukan modifikasi.

Seperti sudah disinggung di awal, khusus motor sport fairing seperti Yamaha R15 ada baiknya pemilik tetap mempertahankan konsep sporty dalam melakukan ubahan, agar tidak terlalu menabrak style asli dari motor.

Jika budget bukan masalah, modifikasi seperti penggunaan komponen limbah dari motor gede bisa dilakukan. Dengan begitu dijamin tampilan standarnya akan terdongkrak menjadi lebih gagah.

Namun di luar itu masih ada banyak cara modifikasi tampilan Yamaha R15 menjadi tambah sporty. Paling gampang misalnya mengganti sektor kaki-kaki menggunakan ban yang punya profil lebih tebal sampai bermain dengan aksesori-aksesori di body.

1. Ganti Ban Lebih Besar

ban modifikasi yamaha r15

Penggunaan ban dengan profil lebih tebal bisa dibilang senjata utama untuk bikin tampang motor jadi lebih sporty. Di samping itu, performa motor terutama untuk cornering juga akan meningkat.

Satu hal yang perlu diingat adalah menentukan ukuran ban yang tepat. Jangan sampai terlalu besar karena justru akan membawa efek negatif.

Ukuran ban standar yang digunakan Yamaha R15 adalah 90/80 untuk depan dan 130/70 untuk belakang. Velgnya menggunakan diameter 17 inci dengan lebar 2,15 inci di depan dan 3,5 inci di belakang.

Dengan kombinasi tersebut sebenarnya kaki-kaki motor ini sudah terlihat cukup berisi. Tapi kalau mau dipasang ban lebih besar sebaiknya cukup naik 1 step. Misalnya ban dengan lebar 100 untuk depan 140 untuk belakang.

Lebih dari itu dikhawatirkan ada komponen yang tak mendukung, contohnya swing arm jadi terlalu dekat dengan ban.

2. Pasang Knalpot Racing

knalpot modifikasi yamaha r15

Modifikasi Yamaha R15 dengan bergaya sporty rasanya tak lengkap tanpa penggantian saluran pembuangan. Bukan hanya untuk mendapatkan raungan suara mesin yang lebih menggugah. Tapi knalpot racing sedikit banyak bisa memberi keuntungan pada performa motor.

Di pasaran ada begitu banyak pilihan knalpot racing untuk Yamaha R15. Sejumlah produk yang cukup populer di kalangan bikers antara lain R9 Mugello, R9 Austin, Leovince Corsa, atau Leovince GP Corsa.

Knalpot racing yang sesungguhnya biasanya punya bobot lebih ringan. Konstruksi bagian dalam knalpot yang minim saringan juga membuat pembuangan menjadi lebih lepas. 

Tapi perlu diingat, idealnya penggantian knalpot pada motor injeksi seperti halnya Yamaha R15 memerlukan pengaturan ulang pada sistem pasokan bahan bakar. Selain itu, perhatikan juga kadar CO (karbon monoksida) dan HC (hidrokarbon) yang tak lain adalah senyawa kimia beracun pada gas buang.

3. Ganti Suspensi Belakang

suspensi modifikasi yamaha r15

Pada generasi terbaru Yamaha R15 yang dipasarkan di Indonesia sudah menggunakan suspensi upside down di bagian depan. Fitur ini menjadi keunggulan tersendiri dibanding motor lain sekelasnya.

Komponen tersebut dapat dipertahankan. Kita tinggal mengganti suspensi belakang dengan produk aftermarket jika ingin tampilan motor sekaligus performanya ikut meningkat. 

Untuk urusan suspensi, rasanya produk dari Ohlins masih jadi primadona. Ada dua tipe yang dapat dipilih, yaitu suspensi model standar atau yang dilengkapi dengan tabung preload.

Model yang dilengkapi tabung jelas lebih mahal dengan harga sampai Rp7 jutaan. Sedangkan tipe standar ada di kisaran Rp3 jutaan.

4. Tambah Aksesori Body

bodi modifikasi yamaha r15

Selanjutnya untuk modifikasi Yamaha R15 bergaya racing kita juga bisa menggunakan beberapa aksesori body yang banyak ditemui di pasaran. Mulai dari cover single seat, tail tidy, hingga frame slider. 

Aksesori-aksesori tersebut memiliki harga yang relatif terjangkau dibanding modifikasi-modifikasi yang sudah disebutkan sebelumnya. Jadi sebenarnya cocok sebagai langkah awal modifikasi.

5. Pasang Quick Shifter

racing modifikasi yamaha r15

Komponen ini semakin banyak ditemui pada motor-motor di Indonesia. Bukan hanya motor dengan kapasitas mesin besar. Motor kelas 250 cc juga sudah mulai mengadopsinya. 

Sesuai namanya, quick shifter berguna membuat proses shifting atau perpindahan gigi menjadi lebih cepat. Di pasaran kita bisa melihat produk universal yang siap dipasang pada motor apapun asalkan sudah injeksi.

Untuk memperkuat konsep sporty pada modifikasi Yamaha R15, tentu kita juga bisa mengadopsinya. Beberapa brand yang beredar di pasaran antara aRacer atau Translogic. 

Kesimpulan

modifikasi yamaha r15 otoloka

Modifikasi memang erat kaitannya dengan selera. Tapi sebenarnya kita bisa melihat konsep ubahan yang cocok dari DNA awal motor. Untuk hal ini Yamaha R15 ibarat motor yang dilahirkan untuk tampil sporty.

Dalam modifikasi Yamaha R15 yang dimiliki sebaiknya kita bukan hanya mengejar tampilan. Tapi juga ditujukan agar performa motor menjadi lebih baik sekaligus masih bisa enak digunakan sebagai kendaraan harian.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Yamaha R15
    Yamaha R15
    Yamaha R15
    Angsuran mulai dari:Rp 0,98 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya