• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Deretan Inspirasi Konsep Modifikasi Ninja RR

Dilihat 675
Arief Yuno
18 Nov 2020, 12:27
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

modifikasi ninja rr

Otoloka.id - Modifikasi Ninja RR bisa dilakukan dengan menerapkan berbagai aliran. Tapi mayoritas memiliki benang merah yang sama, yaitu balap. Wajar saja karena sejak lahir motor ini sudah memiliki aura racing yang kental.

Hal ini bukan hanya terlihat dari penampilannya yang diselimuti fairing. Namun juga dari fitur yang dimilikinya.

Pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 2002, motor yang dipasarkan dengan nama Kawasaki Ninja 150 RR ini dilengkapi Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) yang berguna memaksimalkan gas buang di RPM rendah.

Di tahun 2020 Ninja RR masih menjadi incaran para pehobi motor 2-tak atau bahkan kolektor. Kawasaki sendiri sudah tak menjual unit barunya. Sebagian orang mungkin akan mempertahankan kondisi originalnya karena kelak populasi motor ini semakin langka.

Aliran Modifikasi Ninja RR

Namun jika Anda lebih suka memodifikasinya berikut aliran yang bisa dipilih.

1. Modifikasi Kawasaki Ninja RR Street Racing

modifikasi ninja rr 2

Aliran pertama yang rasanya rasanya sangat cocok untuk diterapkan pada Ninja RR adalah gaya street racing. Segala ubahan yang mengacu pada aliran ini akan terlihat natural jika diterapkan untuk sebuah motor sport fairing.

Tapi jangan asal-asalan melakukannya. Sebaiknya penggantian komponen dilakukan dengan tujuan meningkatkan performa motor. Misalnya mengganti ban menggunakan jenis soft compound dengan profil sedikit lebih lebar. Hal ini juga bisa diikuti penggantian pelek yang memiliki bobot lebih ringan.

Upgrade pada sistem suspensi juga bisa dilakukan untuk bikin motor tambah stabil. Ubahan lain yang juga biasanya termasuk dalam konsep street racing adalah di bagian knalpot.

Modifikasi street racing sendiri tak menuntut banyak dalam hal kosmetik. Kecuali jika motor akan benar-benar ikut serta di kejuaraan road race yang mengharuskan dilepasnya beberapa komponen standar, seperti headlamp atau spion.

Namun jika motor tetap digunakan sebagai kendaraan sehari-hari makan kelengkapan tadi harus tetap menempel lengkap ditambah dengan plat nomor.

2. Ninja RR Drag Bike

modifikasi ninja rr otoloka

Modifikasi aliran drag race juga sering ditemui pada Kawasaki Ninja. Dari segi performa, mesin 2-tak motor ini sudah punya potensi untuk dipakai balapan trek lurus. Namun untuk menyulapnya menjadi motor balap drag tulen dibutuhkan beberapa perubahan lagi.

Bobot kendaraan menjadi pertimbangan penting untuk sebuah motor drag. Untuk membuatnya lebih ringan biasanya fairing yang mengelilingi body dilepas habis. Kalaupun ada yang menyisa biasanya hanya fairing bagian atas.

Ciri khas lain dari motor drag antara lain penggunaan ban super tipis. Wajar saja karena yang dikejar hanyalah grip di jalanan yang lurus. Kondisi bisa berubah menjadi bahaya jika ban seperti ini digunakan untuk berkendara sehari-hari.

Perubahan selanjutnya yang diperlukan adalah menggeser posisi stang menjadi lebih rendah. Hal ini bisa dilakukan dengan tetap menggunakan stang clip on bawaan, namun posisinya ditaruh di bawah segitiga atau yang sering disebut underyoke.

Melengkapi tampilan, jok motor dibuat sangat tipis bahkan sampai busanya tak tersisa sama sekali.

Nah, bagi Anda yang ingin lebih serius menekuni drag race, tentu diperlukan juga ubahan pada sektor mesin untuk menambah lari dari motor.

3. Kawasaki Ninja Thailook Style


Aliran modifikasi Thailook mungkin sudah tak asing bagi para pemilik kendaraan roda dua di Indonesia. Sesuai namanya, modifikasi jenis ini mengacu pada tren yang berkembang di Thailand.

Kepopulerannya di Indonesia didukung beberapa hal. Salah satunya karena cukup banyak kesamaan produk antara motor yang dijual di Indonesia dan Thailand. Bahkan saat diluncurkan pada tahun 2002, Kawasaki Ninja 150 RR merupakan produk CBU (Completely Build Up) yang diimpor dari Thailand.

Di Indonesia ciri khas yang menempel kental pada modifikasi Thailook ialah penggunaan ban tipis atau yang biasa disebut ban cacing. Bukan syarat mutlak, namun rasanya hal tersebut terlanjur melekat di benak banyak pehobi modifikasi.

Modifikasi Thailook juga bisa dilakukan dengan mengadopsi aksesori yang terdapat pada produk yang dijual di Thailand. Paling simpel biasanya adalah livery atau stripping body.

4. Kawasaki Ninja Cafe Race

modifikasi ninja rr otoloka juga

Seperti sudah disinggung di awal, mayoritas aliran modifikasi Ninja RR akan mengacu pada gaya balap. Termasuk untuk konsep cafe race. Tapi bedanya aliran yang satu ini juga memiliki nuansa retro.

Sejarahnya, gaya cafe racer lahir di Inggris pada era 1960-an saat para bikers yang kebanyakan masih anak muda sering beradu kecepatan dari satu cafe ke cafe lainnya.

Ciri khas konsep cafe racer adalah penggunaan ‘buntut tawon’ di bagian belakang motor yang sejatinya berfungsi menjaga posisi tubuh bikers. Ciri khas lain adalah penggunaan stang clip dengan posisi yang sangat rendah.

Modifikasi cafe racer dengan basis Kawasaki Ninja RR relatif butuh banyak perubahan. Bahkan prosesnya cenderung lebih mengarah ke custom dibanding modifikasi. Tapi tak ada salahnya untuk memilih konsep ini jika Anda memang menyukainya. Terlebih jika dana bukan menjadi masalah.

Harga Kawasaki Ninja 150 RR

Harga Kawasaki Ninja RR terbilang tinggi untuk sebuah motor bekas. Hal itu bisa dimaklumi lantaran saat ini unitnya sudah tak dijual dalam kondisi baru. Terlebih lagi Ninja RR termasuk motor hobi yang peminatnya datang dari kalangan yang benar-benar fanatik.

Dalam beberapa kasus harga Ninja RR lawas bisa lebih mahal dari penerusnya yang menggunakan mesin 4-tak, yaitu Ninja RR Mono. Dari pengamatan kami di sebuah situs jual beli online, ada sebuah Ninja RR tahun 2014 yang dijual 27,8 juta. Sedangkan penjual yang sama menjual Ninja RR Mono 2017 dengan harga 26,5 juta.

 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya