• Home>
  • Modifikasi>
  • Ini Dia Satu-Satunya Audi RS4.5 di Dunia, dan Ada di Indonesia
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Ini Dia Satu-Satunya Audi RS4.5 di Dunia, dan Ada di Indonesia

Dilihat 4254
Tri Gusti
30 Jan 2021, 20:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id -  Mungkin nama Audi RS4.5 kurang familiar di Indonesia, mengingat populasinya memang sangatlah langka. Sebagian orang bahkan menganggap Audi RS4.5 tak mungkin ada!

Well.. jika ada yang berkata seperti, bisa dipastikan salah! Meet the one and only Audi RS4.5 in the world, and it's in Jakarta, Indonesia! Bahkan Otoloka harus menunggu 5 tahun untuk bisa benar-benar meliput mobil 'keramat' ini.

Menariknya, sang empunya yakni Leonard Caesar, harus membeli 1 unit Audi A4 lagi untuk memindahkan seluruh hasil modifikasi awal yang Ia sudah lakukan ke unit yang ke 2. "Jadi kalau pengen bawa yang lebih santai modifikasinya, tinggal bawa yang kedua itu," ujarnya.

Barulah Ia fokus ke modifikasi yang baru tersebut. Alhasil memang rasanya terbayar penantian Leon menunggu selama 4 tahun itu. "Ini dia Audi RS4.5 hasil pemikiran dan modifikasi orang Indonesia, sudah diakui modifikasinya oleh tuner luar, bahkan orang nomor 1 Audi di Indonesia," beber Leon. 

Konsep Audi RS4.5 yang Fenomenal

Dari semua sektor yang di modifikasi, mesin adalah yang paling fenomenal. Menurut sang pemilik, belum pernah ada yang melakukan engine swap Audi A4 dengan mesin RS5 sampai ke sistem quattro-nya.

Berbekal info tuner yang mengerjakan Audi A4 di Polandia itu yang bernama NOSB Performance, Ia pun mengontak mereka. Bahkan Leon sudah sampai ke Polandia untuk bertemu dengan Daniel dan Ola, punggawa NOSB Performance.

Selama 2 minggu Leon habiskan waktu berdiskusi dengan mereka, "Daniel dan Ola mendukung saya untuk melakukan proyek 'gila' ini dari A to Z," bilangnya.

Baca juga: Honda Civic Estilo Bergaya OEM Versi UK, Partnya Langka Semua!

Bahkan waktu di sana, Leon membeli 1 unit Audi RS5 seharga 53 ribu Euro yang didapat di Slovakia untuk kemudian di towing ke Polandia. "Dari RS5 ini diambil yang mau kita pakai dan dikirim ke Indonesia, sisanya dijual disana," tukas pemukim di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara tersebut.

Ada sekitar 11 modul yang dibawa ke Indonesia, modul mesin, transmisi, AC, lampu, power window plus central lock, center monitor, dan lainnya. Termasuk aslinya Audi RS5 yang setir kiri, lantas dipindah dan dirakit ulang jadi setir kanan.

Daniel dan Ola pun diajak ke Jakarta untuk merakit mobil Leon. "Dari pagi sampai malam mereka ngerjain mobil ini, hari ketiga baru mesin hidup dan masih tanpa exhaust dan lainnya, suaranya kaya mobil Nascar," imbuhnya. 

Istimewanya lagi, mesin V8 4.2L ini nggak dibiarin standar. Banyak juga modifikasi yang dilakukan supaya performa mesinnya makin luar biasa dan beringas di jalan.

Paling kelihatan adalah RS5 Eventuri Carbon Air filter in full “Hollyshit Package”, dengan kombinasi Black Carbon and Red Maroon Carbon. 

Selanjutnya exhaust set Kline pun dipesan khusus untuk mobil ini mulai dari header sampai muffler tip. "Kalau dilihat di tabungnya, ada plat ditulis 'Special Made for B 80 RED' (plat nomor mobil ini) dan ada nama gue juga disitu," ucapnya. Luar biasa!

Hasilnya sangat setimpal, mesin ini mampu meghasilkan power sampai 540 HP dan torsi maksimum 545 Nm. Padahal tenaga standar RS5 hanya 450 dk, lalu mesin standar A4 B8 cuma 160 dk. Tiga kali lipat naiknya!

Untuk eksterior, semua berawal ketika Ia melihat di sebuah forum adanya Audi A4 2.0 diesel turbo di Polandia yang di engine swap ke Audi S5, "Dari situ gue mulai ke pikir kenapa enggak bikin sekalian jadi RS5 ya," tukas pria berkaca mata itu.

Ia pun memulai dengan facelift di eksterior menggunakan bodypart Audi S4 B8.5 dan Audi RS4 B8.5. Seperti fender depan dan bagasi OEM S4 yang di carbon dan Seibon carbon hood S4 hingga stoplamp LED S4 juga sudah terpasang. 

Baca juga: Konsep Modifikasi Toyota 86, Selalu Ingin Jadi yang Pertama!

Kemudian untuk bodypart OEM RS4 terlihat di head lamp berikut braket dan modulnya, bumper depan dan gril yang di finishing dengan lapisan carbon. Uniknya ada di bagasi, "Gue pasang adaptive ducktail RS5 yang bisa di flip, jadi bagasi S4 gue custom lagi supaya bisa pasang ducktail ini," katanya.

Pelek ADV1 5.0 Track Function Competition 20x12 inci dibelinya langsung dari @wojtsen, Audi freak di Polandia. Pelek ini sudah full custom, bahkan ujung batang spokenya dirubah jadi lebih pendek.

Lalu spoke di repaint xyrallic black, lipsnya repaint lack chrome, inner barrel repaint red candy bersamaan dengan custom replatting rivets. Setelah itu, urusan suspensi diborong dari 034motorsport di Fremont, California, Amerika yang merupakan tuner Audi dan VW.

"Jadi suspensi tetap punya RS5, tapi pakai performance partnya dari 034motorsport ini. Semua yang mereka punya untuk RS5 saya borong," jelas Leon sambil tertawa. 

Lalu airsus pakai lansiran Accuair 4 channel yang dibelinya sendiri agar mudah menaik-turunkan suspensi ketika diperlukan. Menyoal safety yaitu rem juga sudah diganti dengan ceramic brake Audi 390mm yang merupakan opsional untuk RS5. Konon harga 1 setnya menembus Rp 340 juta.

Kemudian Leon meminta Vino Platinum untuk memodifikasi eksteriornya juga. Begitu semua body part OEM tadi terpasang rapi, barulah Vino membuatkan over fender di semua fendernya karena Leon akan memasang pelek ekstra lebar.

"Desain over fendernya dari Liberty Walk yang belakang, yang depan ngikutin aja" tutur Leon.

Selain itu, tersedia juga sunroof Hollandia Webasto 730. Berlanjut Vino melaburkan cat custom dengan mencampur Xyrallic dan Candy dengan 2 colours effect in Black and Red ke seluruh body luar-dalam. Dilihat dari sudut tertentu, warnanya dapat berubah-ubah.

Belum cukup, Leon masih menambahkan banyak panel carbon di beberapa bagian eksterior. "Ada yang custom carbon, ada juga yang carbon orisinal dari Osir seperti di spion dan roof spoiler, tak lupa atapnya pun dilapis carbon.

Masuk ke kabin, nuansa interior Audi A4 standar rasanya telah luntur. Sepasang jok Recaro Sportster CS special Edition 2012 dengan carbon Optic back shell juga side airbags dan heaters sudah terpasang rapi.

Seatbelt OMP 4-titik dengan quick release juga sudah terpasang menggantikan seatbelt standar. Makin menarik saja bukan?

Lalu instrumen cluster RS5 berikut display monitor dan panel dasbor dengan finishing carbon turut melengkapi. "Yang paling sulit adalah pasang setir Audi R8 GT sampai berfungsi semua fiturnya, kalibrasinya aja makan waktu 6 jam supaya bisa 'nyambung' dengan RS5," beber Leon. 

Kepalang tanggung, jok belakang dicabut dan diganti dengan rollbar yang lagi-lagi di finishing carbon. "Rollbar carbon pertama nih," gelaknya. 

Terakhir yang tak kalah mewah terletak pada perangkat audi yang tentunya sembarangan. Tweeternya saja cuma dibuat 50 unit di seluruh dunia, dan punya Leon unit ke 18. First class all the way up,brother!

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Audi A4
    Audi A4
    Audi A4
    Angsuran mulai dari:Rp 33,07 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya