• Home>
  • Modifikasi>
  • Inspirasi Modifikasi Toyota Calya Agar Terlihat Makin Berkelas
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Inspirasi Modifikasi Toyota Calya Agar Terlihat Makin Berkelas

Dilihat 1523
Guntur Hanggara
10 Sep 2020, 11:50
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Meraup sukses di pasar otomotif dengan Kijang dan Avanza, PT Toyota Astra Motor memperkenalkan produk baru mereka yang diberi emblem Toyota Calya. MPV berkapasitas tujuh tempat duduk ini menyasar segmentasi pasar menengah yang dimaksudkan untuk menjadi penerus Avanza sebagai mobil sejuta umat. 

Sekilas Tentang Toyota Calya

Toyota Calya sendiri merupakan kolaborasi teknologi antara Daihatsu dan Toyota dimana pada sisi Daihatsu mereka punya Sigra. Sebagai pengingat, Calya dan Sigra merupakan produk keempat hasil kerjasama dua raksasa otomotif Asia ini. Sebelumnya mereka sudah menelurkan Avanza-Xenia, Rush-Terios dan Agya-Ayla yang terbukti kesemua produknya laris manis di pasaran. 

Calya dan Sigra secara resmi diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2016 lalu. Menurut pihak Astra Daihatsu Motor, dua produk ini mempunyai cita rasa lokal yang kuat. Contohnya saja dari pemberian nama yang diambil dari Bahasa Sansekerta dimana Calya berarti sempurna dan Sigra berarti respon yang cepat. 

Tidak hanya dari sisi penamaan, dari bahan baku yang digunakan pun diklaim sudah 98 persen menggunakan pemasok produk dalam negeri. Pun pembuatannya yang sudah jelas berlokasi di Indonesia. Hal ini tentu menggembiarakan karena sudah pasti mampu mendongkrak ekonomi kerakyatan.

Sejak diluncurkan pada 2016 hingga sekarang, Calya sudah mengalami berbagai macam facelift desain dari pabrikan. Pembaruan produk ini jelas untuk mengikuti pasar yang terus saja bergerak. Sama halnya dengan produsen yang meluncurkan varian baru dari produknya, para pemilik Calya generasi awal pun turut melakukan modifikasi kendaraannya. Tujuannya selain untuk kepuasan pribadi tentu untuk menyesuaikan desain yang terus berubah. 

Bagi Anda pemilik Calya yang juga ingin ikut memodifikasi kendaraan, ada baiknya mencari banyak referensi. Tentu hal ini bertujuan agar hasil oplas Calya Anda tidak terlihat berlebihan dan terkesan maksa. Karena sebagaimana kita tahu, mobil LCGC memang didesain serba simpel namun fungsional. Jadi saat menambahkan atau mengganti banyak aksesoris, dikhawatirkan hasil jadinya malah terlihat aneh.

Oleh karena itu, kali ini tim Otoloka berusaha menampilkan beberapa hasil modifikasi Toyota Calya untuk Anda. Siapa tahu salah satunya bisa menjadi referensi atau ide tambahan saat Anda sudah mantap ingin melakukan make-up mobil.

Modifikasi Calya Agar Terasa Seperti Mobil Mahal

Ide modifikasi pertama berasal dari Calya milik Sapto Prayitno, Ketua Umum Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI). Sapto mengganti velg mobilnya menjadi ukuran 17 inchi. Selain itu, eksterior Toyota Calya miliknya hanya diberi tambahan bodykit pada grille depan, bumper belakang dan spoiler yang tak terlalu mencolok di bagian belakang serta list perak pada setiap sisi lampu mobil. Untuk warna merah kendaraannya tetap dipertahankan akan tetapi ditambahkan striping custom berwarna hitam pada sisi mobil.

Pada bagian interior Sapto melakukan beberapa upgrade seperti menambahkan monitor TV milik Kijang Innova, spion berkamera, odometer custom, double DIN merk Pioneer, serta mengganti kulit jok menggunakan aksesori produksi member KTCI Bekasi.

Modifikasi Calya dengan Pintu Gunting ala Lamborghini

Walau masuk dalam segmentasi mobil low cost, hal itu tak menjadikan Calya jauh dari kesan gaya. Dilansir dari akun Instagram @ linetlambodoor terlihat satu unit Calya berkelir putih yang sudah dimodifikasi seperti tampilan Lamborghini.

Lihatlah kedua pintu depan yang seperti sayap mengepak, terlihat gagah sekaligus berkelas. Anda ingin mencoba gaya modifikasi ini?

Modifikasi Calya Menjadi Panggung Audio

Ide modifikasi selanjutnya datang dari Edy, owner bengkel Audio Sound Fighter yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat. Edy melakukan perubahan ekstrim pada Calya miliknya. Memang, perubahan yang dilakukannya bertujuan untuk mengikuti kontes-kontes audio seperti IASCA, CAN atau EMMA. Selain itu Edy ingin memberi pandangan pada publik bahwa mobil murah pun bisa jadi panggung audio yang keren.

Sekali lirik, kita bisa melihat kabin Calya ini benar-benar bermetaformosa menjadi sebuah panggung dengan penataan komponen-komponen audio yang rapi mulai dari letak speaker, subwoofer, tweeter dan komponen pendukung lain.

Saat mengikuti kontes car audio, Calya merah milik Edy biasanya beradu di kategori SQL (Sound Quality Load), SQ (Sound Quality) dan SPL (sound pressure level) yang diseting khusus dengan tambahan part-part pendukung seperti monoblock, subwoofer, speaker dan prosesor.

Kerja keras Edy dan timnya berbuah manis. Gubahan Calya miliknya beberapa kali menjuarai tiga even berbeda yaitu IASCA, CAN atau EMMA.

Memodifikasi Kabin Calya Agar Terasa Innova

http://otoloka-test-static.oss-cn-hangzhou.aliyuncs.com/article_image/2020/9/10/a33bacfe58d14b6686c711b5dbd086bf.jpg

Siapa sangka modifikasi sederhana pada Calya bisa mengubah mobil ini hingga terkesan mewah dan classy. Seperti saat mengintip akun Youtube Garasi607 dimana akun ini mengunggah hasil modifikasi Calya yang sudah diubah beberapa part standartnya di bagian interior.

Pada video tersebut terlihat kabin Calya kini diimbuhkan beberapa panel kayu seperti di bagian jendela, dashboard, sekitar tuas transmisi dan kemudi. Setir Calya juga ikut diganti menggunakan setir Toyota Innova Reborn dimana pada setir ini sudah dilengkapi berbagai tombol pengaturan yang terhubung dengan head unit. Tentu saja hal ini mengubah banyak hal dan memudahkan pengemudi saat berkendara.

Konsep Dua Warna Toyota Calya

Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun 2019 lalu, PT Astra Motor memamerkan satu unit Toyota Calya bergaya sporty dalam gradasi dua warna menarik. Mobil ini terlihat kontras dengan body bagian atas ditutup stiker hitam mulai dari kap mesin, atap, dan spoiler belakang. Sementara warna silver asli pabrikan di bagian bawah body mobil tetap dipertahankan. Selain itu tidak ada perubahan atau penambahan bodykit custom pada eksterior kendaraan ini.

Satu-satunya ubahan yang terlihat dari luar hanyalah kaki-kaki penopangnya yang sudah berganti wajah. Toyota Calya ini memakai velg Lenso Project D warna hitam yang diduetkan dengan ban GT Radial Champiro ukuran 195/50 R16.

Melirik bagian interior, kita akan melihat kabin Calya yang sudah dimake-up menyesuaikan tampilan luar menjadi lebih sporty. Semua jok di baris pertama hingga ketiga dibungkus kulit sintetis warna hitam dan kontras dengan jahitan warna putih.

Modifikasi Minimalis Calya Lama Agar Bergaya Racing

Ide modifikasi kali ini datang dari Akbar Pratama, yang mencoba mengoplas Calya lama miliknya agar bergaya racing.

Akbar mengganti kaki-kaki penopang Calya miliknya dengan velg RPF1 by HSR ring 15x7 ET 35 yang dipadukan dengan ban Accelera 185/55 R15. Hal yang unik dari modifikasi ini justru ketika Akbar menghilangkan logo LCGC Calya dan menggantinya dengan emblem Toyota. Semua itu dilengkapi dengan pemasangan skotlet kuning pada foglamp dan sisipan cutting sticker di bodi samping bagian bawah yang bergaya minimalis.
Menurut Akbar, modifikasi mobil miliknya ini masih jauh dari kata selesai. Akbar masih ingin merombak dan mengimbuhkan beberapa aksesoris lagi agar tampilan racingnya makin terlihat.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya