• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Inspirasi Modifikasi Toyota Rush Dalam Banyak Gaya

Dilihat 2515
Guntur Hanggara
31 Ags 2020, 10:29
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Lahir dari kolaborasi Toyota dan Daihatsu, Toyota Rush merupakan SUV kompak yang membidik keluarga penyuka petualangan ringan. Mobil ini dirilis bersamaan dengan kembarannya Terios pada tahun 2006, tak lama setelah kesuksesan yang diraih dari duet perdana Toyota dan Daihatsu dengan produknya Avanza dan Xenia.

Toyota Rush ditujukan untuk menjawab keinginan publik akan kendaraan tangguh di segala medan namun tetap ekonomis alias ramah kantong. Awalnya mobil ini didesain hanya untuk lima tempat duduk. Akan tetapi setelah sepuluh tahun lebih mengaspal di Indonesia, sudah banyak penyegaran-penyegaran yang dilakukan pabrikannya. 

Contohnya saja mengubah konfigurasi tempat duduk menjadi 7-seater. Tidak hanya itu, banyak juga aksesoris dan fitur-fitur baru yang ditambahkan hingga menjadikan Rush yang saat ini beredar di pasar otomotif akan sangat jauh berbeda dengan Rush di awal muncul.

Sebenarnya tidak hanya pabrikan Rush yang melakukan penyegaran. Banyak dari para pemilik kendaraan ini juga menginginkan tampilan dan suasana baru dari mobil milik mereka. Oleh karena itu, modifikasi tentu menjadi langkah paling mudah yang akan diambil ketimbang membeli unit baru.

Lalu seperti apakah tampilan Toyota Rush setelah melalui dapur modifikasi? Kali ini Tim Otoloka mencoba mengumpulkan berbagai hasil dan ide modifikasi Toyota Rush dari berbagai sumber.

Tukar Wajah dari Toyota Rush Lama ke All New Rush

Sepuluh tahun eksis di pasar otomotif Indonesia, Toyota Rush memang sudah mengeluarkan banyak varian mobilnya. dari semua varian itu, jelas terlihat banyak perbedaan pada wajah dan fiturnya. Mungkin hal ini menginspirasi pemilik Toyota Rush generasi awal yang menginginkan tampilan mobilnya seperti Rush varian baru. 

Seperti dilansir dari akun Instagram @bobbytriangle yang memposting sebuah unit Toyota Rush generasi lama dengan wajah All New Toyota Rush baru.Perubahan paling kentara terlihat pada headlamp sipit dengan hiasan lis merah di atasnya yang merupakan headlamp milik All New Toyota Rush. Headlamp ini menggantikan lampu besar milik Toyota Rush yang lama.

Tidak hanya pada headlamp, Bobby juga mengganti bumper mobilnya dengan bumper Rush baru agar terlihat makin agresif. Meski begitu, Bobby lebih memilih custom grille yang dibuat model jaring dengan logo Toyota di tengahnya.

Untuk bagian kaki-kaki, Bobby tidak mengganti ukuran velg dan ban. Hanya tambahan over fender warna hitam doff yang pada akhirnya membuat sudut roda terlihat gemuk. Tampilan akhir dari hasil modifikasi ini, Toyota Rush lawas tetap terlihat kekar dan tangguh karena body lama masih dipertahankan.

Modifikasi Bergaya ALTO Look

Bagi penggila SUV tipe off road, mungkin ide modifikasi ALTO (All Light Terrain Off-road) bisa dicoba. Mengintip akun Instagram @albert.automaxx yang memberikan inspirasi modifikasi ini. Pada salah satu postingannya, Albert menampilkan satu unit Toyota Rush gambot berwarna h tam yang tampak lebih berotot.

Sebenarnya tidak banyak yang diubah Albert untuk mendapat tampilan off-road. Malah bisa dibilang, perubahannya termasuk minim dan sangat simpel. Albert hanya mengubah grille mobilnya menjadi lebih kecil dimana ada pemisah dan lengkungan di sekitar lambang Toyota. 

Selain itu, terlihat fender standar pada Toyota Rush-nya sudah ditukar over fender warna hitam doff agar serasi dengan body mobil yang hitam mengilap. Tak disangka over fender yang diimbuhkan pada sisi samping mobil memberikan efek body mobil jadi melebar dan kekar. 

Untuk urusan kaki-kaki penyangga, Albert tetap mempertahankan ukuran velg 16 inchi akan tetapi mengganti ukuran ban menjadi 980 Bravo A/T 255/70. Tidak hanya itu, suspensi juga ikut dinaikkan menggunakan lift kit. 

Hasil akhir dari gubahan Albert ini menciptakan efek segar pada wajah baru Toyota Rush-nya. Tidak hanya itu, tampilan mobilnya pun kini terlihat lebih kekar dan sangar.

Kawin Silang All New Rush 

Unggahan akun Instagram @rushteriosholic tampak menarik disimak. Pada postingannya terlihat Toyota All New Rush warna merah yang sudah dimodifikasi dengan gaya campur-campur. Dalam caption, akun tersebut mengatakan kalau ini adalah kawin silang antara All New Rush dan HRV Prestige.

Wajah All New Rush milik @rushteriosholic memang berubah setelah diimbuhkan bumper guard di bagian bawah dan aksesori hitam untuk menaungi foglamp yang terlihat ramai karena ketambahan ekstra lampu. Banyaknya lampu custom juga membuat mobil ini tampil beda. Lihat saja penggantian proyektor plus DRL di bagian depan yang memberi kesan mewah. Selain itu, masih ada foglamp dan sisipan DRL tambahan di depan bumper guard serta emblem Toyota yang menyala. Perpaduan warna merah dan LED running juga meninggalkan kesan tajam dan serasi dengan body mobil yang berkelir merah.

Detil lain yang ditambahkan @rushteriosholic adalah cover spion yang ditukar warna hitam dan model velg yang kini berpalang lima. Tampilan Toyota All New Rush ini juga makin terlihat gagah dengan kap mesin warna hitam lengkap dengan hood scoop palsu.

Modifikasi Toyota Rush dengan Kaki Jenjang

Masih dari akun Instagram @rushteriosholic dimana terdapat postingan modifikasi Rush yang sangat menarik perhatian. Satu unit Toyota Rush dengan kelir dasar putih dikombinasi hitam berdiri gagah dengan kaki jenjang. Sepertinya suspensinya sudah ditukar dengan produk aftermarket agar lebih tinggi.

Menelisik bagian depan mobil, kita akan menemukan bumper guard berukuran besar terpasang lengkap dengan dua buah lampu sorot tambahan. Wajah Rush ini juga disamarkan dengan cover headlamp dan grille berwarna putih. Sementara lampu depan dan emblem justru digelapkan.

Pada bagian atap diimbuhi roof rack yang dihiasi LED bar untuk menaruh barang dan ban cadangan yang meninggalkan kesan makin sangar. Kesan sangar makin terasa saat kita melirik dua lampu sorot di sisi spion.

Untuk kaki-kaki penopangnya, Rush ini dimodifikasi dengan velg baru berukuran lebih besar yang dikawinkan dengan ban semi off road. Sekilas tampilan mobil ini mengingatkan kita pada mobil polisi di film Hollywood, ya.

Modifikasi Toyota Rush Ceper

Mengubah ground clearance sebuah mobil menjadi ceper tentu tak semudah yang dibayangkan karena akan ada konsekuensi yang harus ditanggung pengendara. Rata-rata mobil yang sudah dimodifikasi menjadi lebih pendek, bantingan suspensinya akan lebih keras. 

Terasa tidak nyaman jika melewati jalan bergelombang, polisi tidur atau membawa banyak beban. Akan tetapi resiko tersebut tentu sudah sangat bisa dipahami para modifikator sehingga mereka tak begitu mempermasalahkannya.

Ada dua cara memperpendek ground clearance. Pertama dengan memotong beberapa ulir per dan cara berikutnya adalah dengan memakai lowering kit. Tentu kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  

Memotong ulir per jauh lebih mudah dan lebih cepat dilakukan akan tetapi dari sisi kenyamanan akan sangat jauh berkurang. Sedangkan kekurangan memakai lowering kit adalah, harganya jauh lebih mahal daripada memotong ulir.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
    Toyota Rush
    Angsuran mulai dari:Rp 5,00 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya