• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Intip Ragam Konsep Modifikasi Ford Everest

Dilihat 1030
Arief Yuno
19 Nov 2020, 12:10
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

modifikasi ford everest otoloka

Otoloka.id - Dirancang sebagai SUV tangguh, Ford Everest sering kali ditemui sebagai kendaraan operasional pertambangan. Tapi di luar kodratnya sebagai mobil pekerja, SUV Amerika ini juga bisa tampil keren lewat sentuhan modifikasi. Opsi gaya modifikasi Ford Everest pun terbilang luas.

Di Indonesia sendiri populasi mobil ini memang tak sebanyak rivalnya, seperti Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero. Wajar saja karena Ford memutuskan mengakhiri bisnisnya di Indonesia pada 2016 silam. Padahal hanya setahun sebelumnya mereka memamerkan Ford Everest generasi kedua lewat pameran GIIAS 2015.

Tapi karena jumlahnya di jalan raya tak begitu banyak, mobil ini cocok untuk Anda yang ingin tampil beda. Apalagi ditambah dengan sentuhan modifikasi yang spesial. Lalu, aliran modifikasi seperti apa yang cocok?

Modifikasi Ford Everest Bergaya Alto

modifikasi ford everest otoloka 1

Modifikasi gaya Alto atau singkatan All Terrain Off Road memang bukan hal baru dalam dunia otomotif. Tapi kami rasa aliran ini sangat cocok untuk diterapkan pada Ford Everest atau mobil-mobil SUV pada umumnya.

Terlebih, Ford Everest sudah memiliki modal penting sebagai mobil segala medan dengan sistem penggerak 4x4 yang tersedia di beberapa tipenya.

Secara umum aliran modifikasi Alto fokus pada sektor kaki dengan tujuan menambah ground clearance atau jarak bagian bawah mobil ke permukaan tanah. Untuk itu, metode yang kerap ditemui adalah penggunaan lift kit suspension.

Kebetulan juga Ford Everest merupakan SUV sasis ladder frame yang artinya body mobil terpisah dari rangka di bawahnya. Dengan begitu Anda juga bisa menggunakan metode body lift, yaitu mengganjal body mobil dengan karet khusus.

Untuk diingat, setelah mobil dibuat lebih tinggi tentunya Anda akan merasakan perbedaan karakter kendaraan. Hal ini dikarenakan centre of gravity mobil sudah berubah. Mobil akan terasa kurang stabil jika diajak lari kencang sehingga Anda mesti lebih hati-hati.

Konsep Off Road Adventure

modifikasi ford everest otoloka 2

Mirip dengan modifikasi gaya Alto, konsep off road adventure juga bertujuan menambah kapabilitas mobil melahap medan jalan sulit. Tapi ubahan untuk konsep off road adventure lebih luas lagi.

Bagian kaki-kaki sudah pasti dibuat lebih tinggi. Selain itu, mobil dengan konsep off road adventure juga idealnya dilengkapi winch, bull bar, hingga roll bar yang dipasang di bagian dalam atau luar mobil. Tak kalah penting adalah pemilihan pelek dan ban MT (Mud Terrain). 

Konsep modifikasi ini mengacu pada cabang olahraga off road itu sendiri. Di dalamnya masih ada lagi beberapa pengelompokkan aliran, contohnya adventure, off road ringan, atau kompetisi.

Bagi mereka yang benar-benar ingin membawa Ford Everest-nya untuk terjun ke medan off road, ada beberapa tips lain dalam hal modifikasi. Terkadang juga diperlukan beberapa ubahan pada sektor lumbung pacu dengan tujuan meningkatkan torsi kendaraan.

Karena ketika berada di medan off road mobil tidak akan melaju dengan kecepatan tinggi. Namun justru seringkali membutuhkan torsi yang besar untuk bisa keluar dari rintangan.

Tampil Mewah dengan Konsep Dub Style

modifikasi ford everest otoloka 3

Kepopuleran konsep modifikasi Dub Style memang sudah agak menurun di Indonesia, namun Anda tetap bisa mempertimbangkannya untuk diterapkan pada Ford Everest yang dimiliki. Jika dilakukan dengan tepat hasilnya akan terlihat keren.

Konsep modifikasi Dub Style lahir di tengah-tengah kultur hip hop Amerika Serikat. Pada tahun 2010-an banyak musisinya yang melakukan ubahan pada kendaraannya dengan menggunakan pelek lebar dengan diameter sampai 24 inci bahkan lebih.

Prinsipnya, semakin besar pelek yang digunakan maka lebih bagus. Warna pelek yang biasanya dipilih biasanya adalah krom mengkilap. Tak aneh jika konsep ini juga disebut sebagai aliran ‘bling bling’.

Dengan aliran modifikasi ini dijamin penampilan eksterior Ford Everest Anda akan terlihat lebih mewah. 

Modifikasi Ford Everest Aliran Camper

modifikasi ford everest otoloka 4

Referensi lain untuk modifikasi Ford Everest ialah aliran camper. Sesuai namanya, aliran modifikasi ini diperuntukkan bagi mereka yang doyan berkemah sambil melakukan road trip. Modifikasi camper sendiri adalah pilihan yang lebih terjangkau dibanding membuat sebuah motorhome yang sudah pasti memakan lebih banyak biaya.

Umumnya modifikasi camper car memerlukan ubahan cukup besar di bagian kabin untuk menjadikannya sebagai ruang istirahat atau bahkan dapur. Namun jika hal itu dirasa terlalu ekstrem, solusinya bisa dengan memasang roof tent.

Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan bagian atap mobil untuk beristirahat. Untuk modifikasi aliran ini tentunya Anda akan membutuhkan roof tent itu sendiri ditambah awning-nya. Untuk produk-produk dari brand lokal kedua perlengkapan ini bisa didapat mulai harga empat jutaan.

Namun selain itu, Anda juga membutuhkan roof bar atau roof rack yang sudah terpasang pada atap mobil.

Modifikasi gaya camper ini mungkin bukan yang paling estetis dari segi visualnya. Namun akan membuat Ford Everest milik Anda menjadi seperti sebuah rumah berjalan.

Modifikasi SUV City Slicker

Saat ini mobil SUV seperti Ford Everest tak hanya dipakai untuk menjelajahi medan off road. Melainkan juga banyak pemilik yang hanya menggunakannya di dalam kota. Kalau Anda termasuk salah satunya maka konsep city slicker juga bisa dipilih. 

Dalam konsep modifikasi city slicker, ubahan yang menonjolkan sisi ketangguhan dari mobil boleh-boleh saja dilakukan. Namun tidak sejauh modifikasi off road adventure atau Alto. Aliran modifikasi ini lebih menonjolkan fitment pelek yang pas dan penampilan mobil yang klimis mengkilap. 

Untuk mobil SUV, ban yang digunakan bisa dari jenis Highway Terrain (HT) karena punya performa lebih baik di atas permukaan aspal dan lebih nyaman. Tingkat kebisingannya akan jauh lebih rendah jika dibanding ban Mud Terrain (MT) atau AT (All Terrain).

Dari sederet rekomendasi aliran modifikasi Ford Everest yang sudah dijabarkan Anda bisa memilih yang sesuai dengan selera. Apapun pilihan Anda selalu utamakan aspek keselamatan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya