• Home>
  • Modifikasi>
  • Jangan Modifikasi CBR 150 Sebelum Lihat Deretan Konsep Ini
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Jangan Modifikasi CBR 150 Sebelum Lihat Deretan Konsep Ini

Dilihat 2670
Arief Yuno
14 Des 2020, 13:29
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

honda cbr 150 otoloka

Otoloka.id - Modifikasi CBR 150 memang bukan lagi barang baru. Sejak awal motor ini diperkenalkan langsung banyak pemiliknya yang melakukan ubahan guna membuat tunggangannya jadi lebih memuaskan, baik dari segi penampilan ataupun performa.

Namun demikian, menarik untuk disimak perkembangan tren modifikasi salah satu motor sport fairing paling populer di Indonesia ini.

Mayoritas owner Honda CBR 150 kemungkinan besar datang dari kalangan penyuka kecepatan. Sehingga wajar jika konsep modifikasi yang banyak ditemui tak jauh-jauh dari tema racing atau sporty. Namun, pengaplikasiannya tentu berbeda-beda antara satu owner dengan owner yang lain.

Selain itu, nampaknya ada pula pemilik CBR 150 yang “keracunan” custom culture. Dengan kata lain ubahan yang dilakukan bukan lagi sebatas penggantian komponen. Tapi sudah merambah hingga mengubah konstruksi motor sehingga style-nya juga bergeser drastis.

Kali ini kita akan melihat beberapa contoh modifikasi CBR 150, tapi sebelumnya simak dulu kilasan sejarah perjalanan motor ini dari setiap generasinya.

Honda CBR 150 dari Setiap Generasi

generasi 1 honda cbr 150 otoloka

Honda CBR 150 generasi pertama terbilang langka bahkan ketika masih dipasarkan. Hal ini dikarenakan PT Astra Honda Motor (AHM) sendiri tak memasarkannya secara resmi di Tanah Air. Konsumen yang ingin memiliki motor ini mau tak mau mesti mendapatkannya dari importir umum.

Didatangkan dari Thailand, harganya mencapai Rp30 jutaan. Desain body yang ramping dan headlamp terbagi dua menjadi ciri khas CBR 150 generasi ini.

AHM baru mulai menjual CBR 150 pada 2011. Lebih tepatnya untuk generasi kedua yang memiliki wujud lebih gemuk dibanding pendahulunya. Banyak yang menyayangkan perubahan pada model ini karena dinilai tidak sekeren generasi pertama. Headlamp kembar yang banyak disukai konsumen pun berubah menjadi model tunggal.

Headlamp kembar tersebut akhirnya balik lagi di generasi ketiga CBR 150 yang mengaspal di Indonesia tahun 2014. Tapi untuk body-nya tetap mempertahankan wujud yang berisi.

Konstruksi rangka ikut berubah di generasi ini dengan digunakannya sasis teralis, menggantikan rangka deltabox yang digunakan sejak generasi awal.

Pada 2016 Honda CBR 150 kembali hadir dengan wajah baru. Generasi keempat ini masih dipasarkan sampai sekarang. Dari segi penampilan model ini terlihat lebih premium. Mesin 149,16 cc DOHC yang digunakannya pun berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. 

Tips Modifikasi CBR 150

modifikasi honda cbr 150 otoloka

Honda CBR 150 hadir sebagai motor sport fairing yang tampilannya cukup agresif. Buat kamu pemilik motor ini yang ingin melakukan modifikasi, ada baiknya tetap mempertahankan tema sport.

Hal ini dikarenakan modifikasi akan lebih mudah dilakukan untuk setiap prosesnya. Acuannya bisa dari penampilan ala moge alias motor gede. Atau yang paling dekat adalah versi 250 cc dari motor ini.

Meski demikian, aliran modifikasi dengan konsep lain juga sah-sah saja diaplikasikan. Misalnya konsep touring atau bahkan scrambler. Seperti apa contohnya?

Modifikasi CBR 150 Ala Moge dengan Ban Gambot

Memiliki moge adalah mimpi bagian sebagian pecinta kendaraan roda dua. Sambil menunggu cita-cita itu terwujud, banyak owner yang memodifikasi motor hariannya dengan gaya menyerupai motor-motor bermesin besar.

Salah satu contoh pengalikasiannya bisa kita lihat pada modifikasi CBR 150 dengan livery Repsol Honda ini. Eksekusi yang dilakukan cukup total dan terlihat rapi. Fokusnya terdapat pada sektor kaki-kaki yang nampak sudah mendapat banyak perubahan.

Secara kasat mata saja bisa dipastikan velg dan ban sudah lebih besar dari ukuran standarnya. Baik untuk di depan dan belakang menggunakan ban Pirelli Diablo Supercorsa yang memang jamak ditemui menempel pada moge.

Selebihnya kita juga bisa melihat penggunaan suspensi upside down di bagian depan dan sistem pengereman yang dikawal dua buah cakram. Gagah banget!

Honda CBR 150 Berwajah CBR 250

Konsep modifikasi ini juga mengacu pada penampilan motor dengan mesin lebih besar. Namun tidak jauh-jauh, melainkan model yang juga masih sedarah, yaitu Honda CBR 250 RR. Untuk mengaplikasikan konsep ini proses utamanya adalah pemasangan body baru.

Tak perlu bingung, proses tersebut bisa dilakukan dengan mudah karena saat ini banyak yang menjual body kit motor dua silinder tersebut. Menariknya lagi proses pemasangan bisa dilakukan secara plug and play jadi tak perlu repot membuat bracket baru.

Body kit CBR 250 RR bisa didapat dengan harga sekitar Rp1,5 jutaan. Di dalam paketnya sudah termasuk kedok depan beserta windshield, undercowl, kondom tangki, v-grill, body belakang, bahkan kadang sudah termasuk winglet. 

Namun tentunya modifikasi tak cukup hanya sampai di situ. Agar semakin mendekati wujud Honda CBR 250 RR, diperlukan juga penggantian suspensi depan dengan model up side down. Sekaligus swing arm hingga velg dan ban dengan ukuran lebih besar.

Honda CBR 150 Scrambler

modifikasi honda cbr 150 otoloka scrambler

Di luar dua modifikasi bertemakan racing atau sport seperti di atas, kita juga bisa melihat modifikasi Honda CBR 150 dengan gaya scrambler. Dalam konsep ini pengaruh custom culture begitu kuat. Ubahannya bukan sebatas penggantian komponen lagi.

Melainkan sampai mengubah konstruksi rangka. Khusus untuk Honda CBR 150 K45 keluaran tahun 2002 ini, sasis bagian belakang sudah berubah dengan digunakannya subframe baru. Tak lagi menggunakan fairing, tampilan motor bergeser total dari yang sporty menjadi gagah. Hal ini tak lepas dari jenis ban semi offroad-nya hingga body custom yang digunakan.

Berani melakukan modifikasi seperti ini?

Kesimpulan

modifikasi honda cbr 150 otoloka 2

Tak ada yang salah dalam dunia modifikasi. Hal terpenting adalah melakukan ubahan dengan arah yang jelas dan konsisten pada konsep yang telah ditentukan. Tak ketinggalan adalah tetap memperhatikan faktor safety kendaraan.

Khusus modifikasi CBR 150 trennya terus berkembang mengingat Honda pun rutin menggelar kontesnya setiap tahun. Kamu bisa mengikuti style yang muncul di sana sebagai referensi modif CBR kesayangan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya