• Home>
  • Modifikasi>
  • Kawasaki W650 : Si Biru Klasik Ala Kereta Luncur Gurun
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kawasaki W650 : Si Biru Klasik Ala Kereta Luncur Gurun

Dilihat 2497
Adit
13 Des 2020, 08:30
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id – Model Kawasaki W650 merupakan salah satu motor besar alias moge standar retro, yang kerapkali menjadi incaran di dunia modifikasi. Memang tampilan klasiknya, bikin banyak builder gemas melihatnya. 

Bukan lantaran desain awalnya yang kurang menjual, melainkan karena di mata builder, Kawasaki W650 bak santapan empuk yang tampak enak untuk dirombak.

Baca Juga : Kawasaki Ninja ZX-10RR 2021 Resmi Diperkenalkan, Hanya Ada 500 Unit Di Dunia

Perlu diketahui, Kawasaki W650 mulai diproduksi dari tahun 1999, dan beredar di pasaran hingga tahun 2007. Sampai akhirnya masa jaya Kawasaki W650 digantikan adiknya dengan kapasitas mesin yang lebih besar, yakni Kawasaki W800

Konsep Kereta Luncur Gurun

Motor Kawasaki W650 menggunakan mesin paralel twin berpenampilan kekar, dan terlihat padat. Tetapi di tangan Rick Hannah, builder dari Dirty Dick's Motos, London, Inggris, Kawasaki W650 itu dirombak ala motor berkonsep Desert Sled, atau kereta luncur gurun.

Seperti dilansir Bike Exif, ketika dimodifikasi mengusung konsep Desert Sled yang mengesankan motor cepat, dengan handling mantap, Kawasaki W650 tampil lebih segar plus sangar. 

Bagian rangka sasis dibongkar, sehingga berubah total. Rick merombak sisi subframe, ditambah penyematan rak bagasi di buritan.

Pada keseluruhan rangka, Rick sengaja melapisi dengan perpaduan tembaga dan nikel, serta krom menohok mata buat siapapun yang berani menatapnya berlama-lama. 

Tak lupa, builder asal negeri Ratu Elizabeth ini menyegarkan kembali beberapa bagian tubuh W650 rombakan tadi.

Comot Ala Ducati Desmosedici

Yup, dengan baluran cat kelir biru, menyerupai warna biru laut yang terlihat begitu serasi berpadu padan dengan aksen krom pada motor. Skema warna pada tunggangan ini mendapat julukan ‘Galaxy Silver/Luminous Boralis Blue’.

Ciri khas Desert Sled juga tampil di sektor kemudi. Menempelkan setang lebar Western Handlebars, berukuran 25mm, dipotong 2 inci, menjadi pilihan tepat sekaligus memberi kenyamanan pengendaranya. 

Begitupula daerah kaki-kaki, yang juga turut dipermak Rick Hannah. Sehingga kian kental menyembulkan aura Desert Sled yang dominan di motor ini. 

Adapun sisi kanan motor mempertontonkan penutup gaya ala Ducati Desmosedici, untuk sistem penggerak bevel yang mengoperasikan camshaft. 

Kilas Kawasaki W650

Arti ‘W’ dalam ‘W650’ mengacu pada model W1, W2 dan W3 milik Kawasaki. Sebagai ciri khas motor yang diproduksi antara tahun 1967 dan 1975.

Pada tahun 1999, Kawasaki W650 terlahir menggantikan seri Kawasaki Zephyr. Kawasaki sebagai pabrikan Jepang, mencoba meluncurkan W650, mirip-mirip dengan motor Inggris di awal tahun 1960-an. Salah satunya terutama mendekati ciri-ciri Triumph Bonneville.

Baca Juga : Kawasaki Ninja 250 : Sang Pengumpul Serangga

Sebagai peluru untuk bersaing, berbeda dengan motor dua silinder buatan Inggris pada masa itu, yang umumnya menggunakan mesin pushrod, Kawasaki W650 dilengkapi oleh bubungan roda gigi bevel berpenggerak poros. Sistem mekanis itu menyerupai sistem yang ditemukan pada single Ducati tahun 1970-an dan V-Twin. 

Mesin Kawasaki W650

Spek mesin motor Kawasaki W650 adalah mesin 676 cc, langkah panjang 72 mm bore x 80 mm stroke. Memiliki daya 50 hp (37 kW) pada 7000 rpm. Diperkuat poros keseimbangan anti getaran, dan elektronik modern. Jarak roda 1.455 mm, kapasitas tangki bahan bakar 15 liter.

Baca Juga : Masalah Pada ECU, Kawasaki Recall Ratusan Ninja H2

Di Amerika Serikat (AS) dan Kanada, motor Kawasaki W650 yang memiliki bobot 195 Kg ini diimpor untuk model tahun 2000-2001. 

Sayangnya Kawasaki W650 harus menghadapi fakta penjualan yang lemah di AS dan Kanada. Ditambah lagi semakin gencarnya persaingan dengan Triumph. Pada akhirnya Kawasaki memusatkan penjualan W650 di negara-negara Eropa dan Jepang. 

Kemudian pada tahun 2008, karena tidak dapat memenuhi standar emisi baru, KawasakiW650 terpaksa disuntik mati. 

Digantikan oleh yang lebih muda, Kawasaki W800, yang mempunyai peningkatan kapasitas mesin dari 650 cc menjadi 773 cc. Serta memiliki sistem bahan bakar injeksi. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya