• Home>
  • Modifikasi>
  • Kawasaki ‘Widowmaker’ diubah jadi Flat Tracker oleh Krautmotors

Kawasaki ‘Widowmaker’ diubah jadi Flat Tracker oleh Krautmotors

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
EKO
10 Jan 2022, 22:57
  • Suka 0

Otoloka.id- Pada era 1960-an, Kawasaki pernah menjual sepeda motor dua tak bermesin 500 cc tiga silinder. Motor tersebut dinamakan Kawasaki Mach III H1, dan pada masa itu memiliki performa yang buas sehingga motor tersebut juga punya julukan ‘Widowmaker’.

Di era sekarang, mungkin jika mendapat motor tersebut akan direstorasi atau dicustom bergaya café racer. Tapi, hal tersebut tak dilakukan oleh Rolf Reick yang menggawangi Krautmotors, rumah modifikasi dan pakaian asal Jerman. Malah ia menjadikan ‘widowmaker’ lansiran 1969 sebagai motor bergaya flat tracker.

“Saya mulai membangun kembali Kawasaki di tahun 90-an, dan membeli banyak suku cadang ketika harganya lagi murah,” ungkap Rolf seperti dikutip dari ironandair.com

Mesin Kawasaki H1 miliknya punya setingan mesin untuk balapan sprint, oleh karena itu ia meminta bantuan Ralf Gille yang gape soal mesin dua tak untuk membenahi kopling, pengapian, dan kabel-kabelnya.

Selain bertindak untuk membenahi mesin dua tak, Ralf juga menjadi supplier suku cadang Kawasaki lawas bermesin dua tak. Pada motor garapannya yg sekarang, ia memasang filter K&N dan knalpot yang bisa dibilang sudah usang.

Bagian rangka Kawasaki H1 tersebut juga dilakukan pembentukan ulang, Rolf menggunakan swingarm monoshock bawaan Yamaha. Di atasnya terpasang suspensi yang langsung terhubung dengan rangka utama.

Sementara bagian rodanya, Rolf masih menggunakan roda bawaan H1 yang dihilangkan sistem pengereman depannya. Kedua kaki-kaki tersebut menggunakan velg berukuran 19 inci, dengan ban depan Bates Baja dan belakang Dunlop K180.

Bagian pengerjaan bodinya, Rolf melakukan sistem ‘ambil dan gabung’ yang ternyata proper. Contohnya seperti tangki yang dicomot dari Kawasaki Enduro yang ia modifikasi supaya muat dengan dudukan rangka. Lalu dicat berwarna hijau pastel dan putih khas warna motor jadul.

Rolf lalu melakukan pengerjaan di bagian buntut berbahan aluminium yang ia beli di eBAy, merancang subframe sebagi dudukannya, lalu membuat alas duduk yang berbahan suede.

Semenjak menjadi motor flat track, bagian kokpitnya jadi lebih simple yang terdiri dari kabel gas, hand grip gaya lawas, dan stang besutan LSL. Terdapat juga aksesoris pendukung berupa papan nama di depan dan samping yang bertuliskan angka ‘2 ½’.

Angka tersebut ternyata memiliki arti, jika mesin Kawasaki H1 yang berjumlah tiga silinder segaris tersebut kondisinya baru, papan namanya akan berubah menjadi ‘3’. 2 ½ karena Rolf memang merasa bahwa motor tersebut kurang.

Di balik papan angka, ada hal yang aneh yaitu tabung oli samping yang menggunakan kantong kateter, yang biasanya menjadi penampung urin.

Rolf mengatakan “saya tak tau dimana menaruh oli (samping), di poyek motor saya sebelumnya, menggunakan botol itu terlalu besar. Sayangnya, ayah angkat saya menggunakan benda tersebut, lalu itu menjadi ide saya,”

Karena Rolf memang sering ikut dalam ajang balap seperti Sultan of Sprints dan StarrWars spring races di Glemseck 101 festival, maka flat tracker triple tersebut akan diterjunkan pada gelaran balap flat tracker apabila pandemi Covid-19 di Eropa mereda.

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan