Lil Sucker, Motor Land Speeder Modal Nekat

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
EKO
3 Jan 2022, 14:54
  • Suka 0

Otoloka.id- Motor batangan yang menggunakan rangka model spine atau backbone, jarang banget dimodifikasi. Tim Klostermann membangun Honda lawas untuk dijadikan motor ‘land speed racer’ untuk meraih rekor kecepatan tertinggi di Bonneville Speedway.

Semua ini bermula ketika Tim mengunjungi Boneville Speedway pada 2013 silam, ia melihat berbagai jenis sepeda motor yang dimodifikasi untuk bisa meraih kecepatan tertingginya di trek lurus yang dulunya danau garam tersebut.

Ajang balapan di trek lurus yang sudah ada sejak akhir abad 18 tersebut memang menarik, pasalnya yang dihitung adalah kecepatan tertingginya di trek lurus sepanjang 16 kilometer. Banyak builder dan perusahaan otomotif menjadikan ajang tersebut untuk memecahkan rekor kecepatan.

Ketika Tim Klostermann mengunjungi pit, ia melihat honda C110 yang dijadikan motor speedway racer, dan itu menginspirasinya untuk membuat motor balap dengan kubikasi mesin kecil. Di kampung halamannya di California, ia membangun Honda S65.

“Saya tidak merasa perlu untuk melaju 200 mph, dan S65 terlihat cukup sederhana,” katanya. “Saya merasa itu sempurna untuk bangunan pertama saya,” ungkap Tim, seperti dilansir dari bikeexif.com.

Baca juga: Sakit Jiwa! Machine 1867 bikin Bobber Pakai Mesin Ducati Monster

Bermodal nekat ia akhirnya coba membangun motor balap, walaupun saat itu kemampuannya hanya seputar pengelasan saja. Modifikasi yang beberapa di antaranya menggunakan mesin bubut dan bor, ia pelajari melalui kanal Youtube.

Untuk membangun S65, Tim memangkas bagian-bagian yang tidak diperlukan, dan yang tersisa hanya rangka spine dengan mesin di bawahnya. Karena ngebut di trek lurus tak membutuhkan ukuran tangki yang besar, ia membuatnya secara custom dari potongan pipa knalpot, lalu dipasangkan di sisi kiri rangka.

Mesin S65 yang jadul, memang tak mumpuni untuk dibawa melaju. Oleh karena itu, ia menggunakan mesin Daytona Anima dengan kubikasi 150 cc untuk dijadikan sumber tenaga motor modifikasinya.

“Ini memiliki empat katup, di mana mesin Honda standar memiliki dua, dan perakitan koplingnya berjalan secara independen dari poros engkol, timing dan rev limiter mudah diatur melalui modul CDI, dan yang paling penting, Daytona diklaim memiliki 21 tenaga kuda dibandingkan dengan Honda 6,2 tenaga kuda,” beber Tim.

Baca juga: Honda CB750 Cafe Racer Pilihan Sang Produser Musik

Sembari membangun sepeda motornya, Tim juga membaca peraturan American Motorcyclist Association (AMA). Honda S65 yang ia namakan ‘Lil Sucker’ memang dibvuat untuk tujuan memecahkan rekor, dan di peraturan tersebut ia menemukan bahwa “altered frame with blown engine” belum ada yang memecahkan rekor.

“Fakta bahwa tidak ada rekor yang dibuat untuk kelas itu. Saya menganggapnya sebagai tantangan untuk membuat dan memasang turbocharger di motor dan membuat rekor sebelum pindah ke proyek lain,” katanya.

Turbo yang dipakai untuk Lil Sucker, diambil dari traktor diesel. Lalu ia memasangkannya dengan beberapa penyesuaian dengan mesin Anima. Seperti membuat jalur pembuangan, adaptor, dan pengaturan takaran asupan ahan bakar.

Setelah Lil Sucker siap, lalu ia membawanya ke Bonneville dan mencoba untuk mengklaim rekor yang belum pernah dibuat orang. Ia menunggangi sendiri motor modifikasinya, dan didapatkan bahwa kecepatan tertingginya mencapai 100 km/jam dengan motor yang dimodifikasi bagian rangka dengan turbo.

“Saya sedikit ragu untuk membuat rekor terbuka pada awalnya, mungkin dalam beberapa hal, rasanya seperti curang. Tetapi melalui proses rumit untuk mencari tahu bagaimana membuat turbo bekerja, saya merasa bahwa saya mendapatkannya pada akhirnya. Dan selain itu, sekarang ada rekor mapan bagi orang lain untuk pergi ke sana dan mengalahkannya,” tutup Tim.

Dari Tim kita belajar, untuk meraih suatu pencapaian dengan segala keterbatasan, modal nekat dan mencari sesuatu yang belum orang lain pecahkan adalah ide yang oke. Selain itu, motor besutan Tim juga oke sebagai inspirasi modifikasi alternatif selain café racer, tracker, atau scrambler yang sangat menjamur di Indonesia.

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Motor

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Motor

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan