• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Macam-Macam Modifikasi Supra X 125 Gaya Anak Muda

Dilihat 8368
Eza Fadil
27 Nov 2021, 13:29
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 2

Otoloka.id, Modifikasi Supra X 125 - Memodifikasi kendaraan baik mobil maupun motor, harus disertai pengetahuan yang memadai. Tak hanya sekedar ikut-ikutan atau ingin keren-kerenan di jalanan. 

Modifikasi kendaraan yang sembarangan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. 

Perlu diketahui bahwa, undang-undang lalu lintas mengatur modifikasi pada kendaraan roda dua menjadi dua garis besar, yaitu modifikasi untuk pemakaian sehari-hari dan modifikasi untuk kontes. 

Mungkin kamu pernah melihat motor-motor bebek diubah menjadi lebih ngejreng ala racing dan sedang diangkut ke atas mobil. Bisa dipastikan itu sepeda motor untuk kontes dan kendaraan tersebut tidak akan melaju di jalanan umum. 

Sedangkan sepeda motor dengan knalpot berisik yang biasanya kamu temui di jalan raya, kemungkinan besar adalah motor modifikasi yang dilakukan oleh pemilik yang tidak paham aturan.

Baca Juga: Modifikasi RX King Simple Tetapi Eye Catching

Ada banyak jenis motor yang sering diubah tampilan atau kapasitas mesinnya, seperti motor-motor bebek keluaran lama, motor 2 tak, atau motor keluaran Honda yang terkenal dengan performa mesin yang baik. 

Macam Modifikasi Supra X 125

Salah satu motor yang penjualannya sangat laris dan sering dimodifikasi ialah Honda Supra X 125. Motor yang memiliki kapasitas mesin 125cc dengan menggunakan bahan bakar injeksi ini telah diproduksi sejak tahun 1997 dan masih menjadi primadona di pasaran.

1. Modifikasi Supra X 125 - Cat Ulang

C:\Users\Perindu Surga\Downloads\2019-supra125-krisna-2.jpg

Modifikasi Supra X 125 merupakan hal yang umum dilakukan, mulai dari modifikasi sederhana dengan mengubah tampilan warna, mengecat ulang body motor, dan mengecat tangki bensin hingga modifikasi rumit seperti mengubah stang, memotong shockbreaker, mengganti ukuran atau model roda hingga mengubah kapasitas mesin. 

Namun jangan asal melakukan modifikasi bila tidak ada konsep yang jelas dan kesiapan budget. 

Jangan sampai menyesal bila modifikasi Supra X 125 tidak sesuai dengan yang diharapkan atau malah melanggar peraturan berkendara. 

2. Modifikasi Supra X 125 Thailook

5 Konsep Modifikasi Supra X-125, Mana Pilihanmu? – MOLADIN

Pilih konsep modifikasi apa yang ingin dilakukan, seperti modifikasi Supra X 125 thailook, dengan mengubah jari-jari roda dan ukuran ban menjadi ban cacing yang ukurannya lebih kecil. 

Konsep modifikasi drag, dengan melepas sebagian besar body motor hingga menyisakan kerangka nya saja. Konsep ini biasa digunakan untuk motor kontes, walaupun tak jarang digunakan juga untuk kebutuhan sehari-hari. 

Ada pula konsep modifikasi road race yang dikhususkan untuk ajang balapan, motor akan ditambahi suspensi tabung, mengubah velg asli menjadi velg palang, melepas lampu, serta menggunakan knalpot racing.

3. Modifikasi Supra X 125 Konsep Touring

5 Konsep Modifikasi Supra X-125, Mana Pilihanmu? – MOLADIN

Terakhir konsep modifikasi Supra X 125 touring dengan menambah box di bagian belakang, meninggikan suspensi, serta memasang lampu fog untuk perjalanan saat malam. 

Budget yang dikeluarkan untuk modifikasi Supra X 125 berdasarkan konsep di atas tentu berbeda-beda, mulai dari kisaran 2 jutaan hingga puluhan juta rupiah. 

Hal Yang Harus Dihindari saat Modifikasi Supra X 125

Tahukah Kamu, Motor Yang Pakai Sirine dan Strobo Bisa Kena Pidana ...

Kesalahan yang umum saat melakukan modifikasi kendaraan roda dua ialah pemasangan mika bening pada lampu atau mengganti warna lampu menjadi putih terang. 

Hal ini sangat mengganggu pengguna jalan, apalagi saat malam hari. Lampu yang dihasilkan dari bohlam berwarna putih sangat terang dan silau. Bila terlihat secara tiba-tiba dapat mengganggu fokus pandangan dan menyebabkan buta sesaat. 

Baca Juga; Modifikasi BMW M2 CS Besutan Dahler Tembus 500 HP Lebih

Begitu juga dengan menambahkan strobo pada motor yang digunakan pada saat touring. 

Fungsinya untuk membuka jalan bagi pengendara touring di jalanan yang padat dan ramai agar dapat melintas dengan leluasa. Namun suaranya yang berisik malah mengganggu konsentrasi pengendara lain. 

Bahkan secara undang-undang pun, penggunaan strobo hanya diperuntukan bagi kendaraan kedinasan, ambulans, mobil pemadam kebakaran dan kepolisian.

C:\Users\Perindu Surga\Downloads\3604725203.jpg

Pemasangan knalpot racing adalah kesalahan yang umumnya dilakukan banyak pengendara roda dua. Maksud hati untuk gaya, namun malah mengeluarkan bunyi yang berisik di jalan raya. 

Knalpot sejatinya berfungsi menjadi saluran pembuangan gas emisi kendaraan. Pada modifikasi Supra X 125, knalpot racing umumnya tidak disesuaikan dengan jenis knalpot bawaan, sehingga suara yang dihasilkan sangat menggelegar, padahal motor tidak melaju dengan kencang. 

Baca Juga: Modifikasi Suzuki Thunder 125

Belum lagi semburan emisi yang dikeluarkan meledak-ledak dan mengganggu pengendara yang ada di belakangnya. Modifikasi yang mengganggu lainnya ialah melepas, memotong atau meruncingkan spakbor belakang. 

Fungsi spakbor ialah menahan cipratan air dari ban. Bayangkan bila bagian penting itu dimodifikasi secara sembarangan. Maka cipratan air malah terkena langsung ke pengendara di belakang. 

Modifikasi Supra X 125 Standar kekinian 2020 - Dudungmaman07

Apakah kamu tahu bahwa mengubah warna kendaraan tidak boleh dilakukan sembarangan. 

Bila modifikasi Supra X 125 ialah mengubah warna dasar motor, maka sebaiknya melakukan pelaporan pada pihak berwajib, sebab akan tercatat pada surat resmi seperti BPKB dan STNK. 

Bila warna pada motor telah diganti, sertakan pula SIUP NPWP bengkel yang melakukan modifikasi warna. Begitu juga bila menganti atau memodifikasi kapasitas mesin motor. 

Modif Supra Fit ini Bikin Bengong, Gimana Naiknya? - MobiMoto.com

Masih ada pula kesalahan modifikasi Supra X 125 seperti pemotongan shockbreaker dan memasang adapter agar motor terlihat lebih terangkat bagian belakangnya, penggunaan spion kecil untuk style, hingga mengganti ban dengan ban cacing pada kendaraan sehari-hari. Walaupun tidak mengganggu pengguna kendaraan lain, namun beresiko membahayakan diri sendiri.


  • Suka 2
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya