• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mau Modifikasi Shogun 125? Nih Pilihan Gayanya

Dilihat 2226
Arief Yuno
27 Nov 2020, 10:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

modifikasi shogun otoloka

Otoloka.id - Modifikasi Shogun 125 tak sebatas hanya bergaya racing. Walaupun, pada masa-masa kejayaannya nama Shogun cukup bersinar di ajang road race.

Dalam sejarahnya Suzuki Shogun 125 hadir sebagai penerus Shogun “Kebo” dan Shogun 110 R. Model yang pertama kali meluncur dengan mesin 125 cc adalah Shogun 125 R pada tahun 2004. Berselang setahun kemudian disusul hadirnya tipe baru, yaitu Shogun 125 SP lalu Shogun 125 FI.

Dari awal sampai sekarang Shogun punya tampilan standar bergaya racing. Tapi kalau untuk urusan modif tentunya banyak alternatif yang bisa dicoba.

Aliran Modifikasi Shogun 125

Kalau melihat tren yang berkembang sekarang kebanyakan pemilik motor tahun 1990-an atau 2000-an lebih memilih restorasi dibandingkan merombak habis motornya. Itu berarti mengembalikan kondisi motor menjadi seperti baru lagi.

Opsi ini tentunya menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin mendandani Suzuki Shogun kesayangan. Karena mungkin saja usia motor yang tak muda lagi membuat kondisinya sudah jauh menurun.

Tapi jika Anda memang ingin tampil beda maka modifikasi Shogun 125 adalah jawaban yang tepat. Secara natural motor ini akan sangat cocok untuk mengadopsi gaya racing.

Suzuki Shogun 125 Modif Racing

modifikasi shogun otoloka racing

Bicara modifikasi bergaya racing sebenarnya ada dua arah yang bisa dituju. Pertama hanya mendandani tampilan selayaknya motor balap. Kedua adalah benar-benar mengejar performa mesin.

Harus diakui opsi pertama akan membuat motor lebih reliabel jika masih akan digunakan sebagai kendaraan harian. Walau performa mesinnya standar, tapi yang jelas lebih awet dan tidak membutuhkan banyak perhatian ekstra.

Untuk membuat tampilan Suzuki Shogun 125 lebih racing atau sporty banyak langkah yang bisa dilakukan. Dari yang paling sederhana adalah mengganti sektor kaki-kaki agar lebih berisi sampai bermain dengan livery body.

Modifikasi Shogun 125 Body Airbrush

airbrush modifikasi shogun otoloka

Tak jarang pemilik motor menginginkan tampilan kendaraan yang unik dan terkesan personal. Untuk hal itu, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah penerapan airbrush.

Metode pengecatan ini sudah sejak lama menjadi andalan para modifikator atau sekedar pehobi modifikasi untuk membuat tampilan motor jadi lebih menarik.

Anda bisa memilih gambar sesuai selera. Mulai dari gaya realis hingga abstrak. Hanya saja, usahakan gunakan warna dominan senada dengan yang tertera di STNK.

Di atas kertas, modifikasi pada warna motor pun mesti dikerjakan bengkel yang memiliki izin usaha. Hal ini untuk memudahkan pengurusan syarat ganti warna di Kantor Samsat jika diperlukan.

Shogun 125 Modifikasi Simpel Harian

harian modifikasi shogun otoloka

Tak semua modifikasi harus tampil mencolok. Dengan ubahan yang minim atau sederhana pun sebenarnya motor sudah bisa enak dipandang.

Untuk pemilihan warna misalnya, Anda bisa menggunakan kelir yang terkesan kalem tanpa terlalu banyak kombinasi. Warna-warna seperti biru, ungu, atau abu-abu biasanya cocok untuk dipilih.

Pemilihan aksesori pun dibatasi yang memiliki warna senada. Mulai dari bungkus jok, suspensi belakang, hingga hand grip.  Jika dilakukan dengan benar maka ubahan yang sederhana ini justru akan membuat motor terlihat elegan di jalan.

Motor Trail Suzuki Shogun

trail modifikasi shogun otoloka

Dunia modifikasi tak memiliki batas. Ingin menyulap Suzuki Shogun 125 menjadi sebuah motor penggaruk tanah? Tentu bisa.

Hanya saja prosesnya tidak semudah membalikkan telapak tangan karena banyak perubahan yang perlu dilakukan.

Contohnya, lihat saja hasil modifikasi Shogun 125 bergaya trail yang satu ini. Komponen asli yang tersisa mungkin hanya tinggal rangka, body, dan mesin.

Suspensi depan sudah menggunakan upside down. Sedangkan suspensi belakang mengadopsi tipe monoshock. Pelek dan ban juga sudah pasti diganti dengan model tahu.

Kemudian swing arm rasanya juga butuh yang ukurannya lebih besar untuk mengakomodir dimensi ban.

Suzuki Shogun Modif Touring Pakai Box

touring modifikasi shogun otoloka

Banyak di antara pemilik motor yang gemar melakukan perjalanan jarak jauh. Berangkat dari hal tersebut akhirnya lahir gaya modifikasi motor touring.

Aliran modifikasi ini biasanya dicirikan dengan penggunaan box yang ditempatkan di belakang atau samping motor. Ditambah lagi beberapa aksesori tambahan, misalnya fog lamp, crash bar, bahkan sampai GPS.

Salah satu tips untuk Anda yang juga ingin memasang box di Suzuki Shogun kesayangan, usahakan pilih yang ukurannya tidak terlalu besar. Untuk motor bebek box berukuran 26 liter rasanya sudah cukup.

Bonus! Suzuki Shogun Custom Cafe Racer

cafe racer modifikasi shogun otoloka

Penampakan modifikasi Shogun yang satu ini mungkin akan membuat bikers di Indonesia merasa heran. Bukan hanya karena tampilannya yang terlihat begitu gagah, namun lebih penting lagi adalah bentuk mesinnya berbeda dengan Shogun yang kita kenal.

Hal itu dikarenakan motor tersebut adalah hasil custom dari Suzuki Shogun yang dijual di India. Di sana Shogun hadir sebagai motor sport dengan mesin berbentuk tegak. Beda halnya dengan Shogun di Indonesia yang pakai mesin tidur.

Tapi jangan sampai perbedaan tersebut membatasi kreatifitas Anda. Dengan semakin banyaknya bengkel modifikasi atau custom bermunculan saat ini, modifikasi Shogun 125 dengan gaya cafe racer atau scrambler bukan lagi sesuatu yang mustahil.

Harga Suzuki Shogun 125 Bahan Modif

Harga bekas Suzuki Shogun 125 relatif murah. Tapi untuk diingat, ada beberapa model Shogun 125 yang meluncur sejak tahun 2004. Tipe tertinggi adalah Shogun 125 RR yang sudah dilengkapi kopling manual dan rem double cakram.

Untuk Shogun 125 keluaran awal bisa Anda mendapatkannya mulai harga Rp2,7 juta sampai Rp3,5 juta tergantung kondisi. Sementara itu, untuk Shogun 125 SP sebagai tipe yang juga sudah menggunakan kopling manual harga bekasnya sekitar Rp4,5 jutaan.

Lalu untuk Shogun 125 RR harganya lebih mahal lagi, bisa mencapai Rp5,5 juta.

Kesimpulan

Dari sekian banyak jenis modifikasi yang berkembang saat ini, aliran bergaya racing rasanya menjadi paling cocok untuk modifikasi Shogun 125. Hal ini dikarenakan tampilan awal Shogun yang sudah terlihat sporty.

Walau demikian tentunya Anda juga bisa memilih aliran modifikasi lain, seperti yang sudah disinggung di atas. Jika ingin lebih total malah Anda juga bisa terjun ke proses ke custom.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya