• Home>
  • Modifikasi>
  • Mazda RX8 Dimodifikasi Jadi Mobil Harian dan Asyik Untuk Track Day di Sirkuit
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mazda RX8 Dimodifikasi Jadi Mobil Harian dan Asyik Untuk Track Day di Sirkuit

Dilihat 5088
Iman Firman
28 Jul 2021, 23:58
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Mazda RX8 mungkin belum bisa menyaingi 'kakaknya' yakni Mazda RX7 untuk menjadi sebuah mobil collector item, tapi yang pasti RX8 bisa menjadi sebuah mobil yang menyenangkan untuk dimodifikasi lho!

Contohnya saja RX8 merah milik Lukman Aryadi ini. Setelah puas dan mentok memodifikasi Toyota 86 miliknya, Lukman merasa perlu punya 'mainan' lain untuk dimodifikasi.

"Setelah saya cari-cari, akhirnya saya coba saja beli RX8 ini. Karena nggak banyak yang mau modif mobil ini," ucap Lukman, sapaan akrabnya. Mobil yang dibelinya ini pun termasuk dalam kondisi bahan.

Tentu saja perlu banyak perbaikan di sana-sini untuk menjadikan mobil ini layak dipakai dan dimodifikasi. "Tapi justru disitu tantangannya," gelak pemukim di Kelapa Gading, Jakarta Utara itu.

Modifikasi Mazda RX8 Jadi Makin Proper

Dimulai dari urusan bodi, mobil ini langsung di cat ulang dengan warna Honda NSX yaitu formula red agar benar-benar solid merahnya, bukan seperti merah metalik aslinya.

Lukman juga mengganti kap mesinnya dengan kap mesin buatan Varis yang ada lubang hawa untuk membuang panas dari ruang mesin berikut pasang hood damper.

Begitu kap mesin dibuka, sudah terpasang ARC cooling plate, Cusco oil catch tank, dan full exhaust system dari header sampai ke muffler. Sekalian juga puli Greddy dan open air filter dipasang.

Kemudian di REV Enigineering, mobil ini di tune ulang dengan MazdaEdit supaya makin kencang. "Karena mobil ini suka saya pakai untuk track day di Sentul juga," ucapnya.

Nah, untuk undercarriage-nya, pelek SSR SP3 ukuran 18 inci dengan ban Toyo jadi pilihan Lukman. Sekalian suspensinya juga diganti dengan ISX Coilover type 1 berikut Aircups tankless. 

Aircup hampir mirip dengan airsus, bedanya aircup tidak bisa seceper airsus dan hanya untuk depan saja. "Kelebihannya aircup ini bisa untuk track day," tukas salah satu juragan Stancelab ini.

Oh ya, dibalik pelek yang keren itu, Lukman juga sudah memasangkan BBK AP Racing 300 mm 4 pot agar remnya lebih mumpuni ketika sedang digeber di sirkuit. 

Di interior, tidak banyak perubahan yang dilakukan Lukman. "Saya hanya ganti setir Personal dengan bosskit HKS yang ada airbag canceller, dan shiftknob ARC dengan short shifter," ucapnya.

Tentu saja APAR sudah terpasang juga di dek kiri depan sebagai syarat untuk turun track day. Terbukti RX8 ini sanggup menemani Lukman beraktifitas apa saja, mulai dari ke kantor Stancelab di Jakarta Selatan sampai ikut track day di Sentul juga oke, lho!

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya