• Home>
  • Modifikasi>
  • Memodifikasi Si Tangguh Pajero Sport Dengan Berbagai Gaya Unik Dan Keren
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Memodifikasi Si Tangguh Pajero Sport Dengan Berbagai Gaya Unik Dan Keren

Dilihat 1614
Guntur Hanggara
31 Ags 2020, 13:48
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Sebelum dikenal sebagai kendaraan SUV (Sport Utiliy Vehicle) seperti yang kita kenal sekarang, Pajero Sport sebenarnya merupakan kendaraan GPV (General Purpose Vehicle) yang sangat tangguh. 

Saking tangguhnya banyak penggunanya di seluruh dunia menobatkan GPV ini sebagai mobil yang tak bisa rusak. Seiring berjalannya waktu dan penyesuaian pasar otomotif, mobil ini bermetaformosa menjadi SUV yang hingga kini sudah punya tiga generasi.

Sejarah Mitsubishi Pajero Sport

Perjalanan panjang Pajero Sport dimulai tahun 1996 dimana kendaraan ini pertama kali dirilis dengan nama Mitsubishi Challenger. Mewarisi DNA pendahulunya yakni Mitsubishi Pajero, SUV ini disegmentasikan kalangan menengah yang menginginkan harga lebih bersahabat. 

Benar saja, mobil ini langsung menjadi primadona baru di pasar otomotif Indonesia dan mampu menjadi ujung tombak penjualan Mitsubishi. Saking larisnya produk ini, Mitsubishi sampai berinvestasi besar-besaran dengan membangun pabrik perakitannya di Tanah Air. 

Pertama kali hadir dengan 5 pintu dan mampu memuat 5 penumpang, generasi ketiga Pajero Sport mengubah konfigurasinya menjadi 7 tempat duduk. Meski secara DNA mewarisi ketangguhan dengan daya tahan dan performa mumpuni dari pendahulunya, akan tetapi secara produk dan spesifikasi, Pajero Sport dan Mitsubishi Pajero adalah dua kendaraan yang sangat jauh berbeda. 

Dan, sama halnya dengan nasib semua mobil-mobil lain, Pajero Sport pun tak bisa lepas dari incaran modifikasi. Berbagai gaya dan karakter baru ditempelkan pada SUV gagah ini hingga melahirkan identitas baru. Mau tahu seperti apa modifikasi-modifikasi yang sudah dilakukan para pemilik kendaraan gagah ini? Otoloka berusaha merangkumnya dari berbagai sumber.

Modifikasi Pajero Sport Didandani Mirip Alphard

Pajero Sport yang tampilannya memang tangguh dan gagah kini diubah menjadi lebih mewah ala Toyota Alphard. Adalah bengkel modifikasi asal Yogyakarta yang mengunggah oplas SUV ini dalam akun instagramnya @kupukupumalamjogjaindonesia. Terlihat grille depan diganti menjadi lebih lebar, khas penampilan Alphard. Tentu saja grille ini bukan berasal dari spare part Alphard langsung tetapi custom agar sesuai dengan bumper Pajero Sport.

Tidak hanya grille, bumper depan pun diimbuhi spoiler hood scoops di bagian samping yang makin menegaskan kesan sporty kendaraan ini. Selain itu, terlihat juga tampilan modifikasi mobil ini makin dipermanis dengan disematkannya body kit yang memakai merk Tithum asal Thailand. 

Perubahan lain terlihat dari banyaknya aksen krom yang ditambahkan pada wajah baru Pajero Sport seperti di bagian grille, bumper dan reflektor. Dari semua make-up yang dilakukan pihak bengkel modifikasi, mereka memutuskan tetap mempertahankan bentuk tiga berlian saling menyambung yang merupakan logo Mitsubishi akan tetapi dengan ukuran lebih besar. Mungkin saja tujuannya untuk menyesuaikan bentuk grille yang melebar.

Modifikasi Pajero Sport Sentuhan Barbie

 Walau tidak umum terjadi, tapi bisa saja ini menjadi inspirasi bagi para pemilik Pajero Sport yang ingin mengubah tampilan kendaraannya sedikit anti mainstream, menjadi lebih feminin. Mengintip akun Instagram @mobilngakak terlihat sebuah sebuah postingan tentang unit Pajero Sport yang keseluruhan body-nya dicat warna pink, lengkap dengan gambar Barbie yang cantik. 

Apakah ini buruk? Tentu saja tidak! Kembali lagi, modifikasi mobil hanya masalah selera. Walau memang ini menghilangkan kesan gagah dan maskulin yang selama ini menempel pada imej Pajero Sport. 

Modifikasi Pajero Sport Minimalis

Perubahan kecil yang dilakukan salah satu bengkel modif ini mungkin tidak akan terlihat memberikan perbedaan berarti pada unit Pajero Sport yang digarapnya. Tapi tunggu saat Anda melihat sendiri hasilnya!

Bengkel Permaisuri Ban memang ‘hanya’ mengganti pelek dengan ukuran standar. Tetapi dengan perubahan pada pelek mobil ini ternyata membawa pengaruh besar pada penampilan akhirnya. 

Sebagaimana diketahui bersama, Mitsubishi membekali Pajero Sport pelek ukuran 16 inchi dengan ukuran ban 265/70. Oleh bengkel, pelek diganti ukuran ring 18 inci dari ATX AX202 Matte Bronze dengan Black lip yang berhasil mengubah tampilan kaki-kaki mobil gagah ini menjadi bertambah sangar. Untuk ban sendiri masih dibiarkan standar bawaan pabrik lansiran Dunlop ukuran 265/60/R18.

Sebagai inspirasi lain, bisa juga Anda memilih pelek dengan aksen krom agar kesan mewahnya makin terasa. Untuk meningkatkan performa, bisa juga mengganti ban yang didesain dual purpose agar dapat menghadapi dua jenis medan berbeda yaitu aspal dan semi off-road. 

Melihat hasilnya apakah Anda tertarik mengubah tampilan kendaraan Anda?

Modifikasi Interior Pajero Sport

Modifikasi kali ini datang dari putra Presiden Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming Raka. Gibran yang memakai Pajero Sport Dakar 2016 untuk daily activity, ingin memodifikasi interior mobilnya yang sudah kurang layak penampilannya. Untuk itu dia ingin melapis ulang jok mobilnya dengan memilih MBtech Giorgio berwarna Black (MB 6001). Varian terbaru dari MBtech ini dipilih karena memiliki banyak fitur unggulan yang sangat dibutuhkan.

Pola jahitan untuk bagian dudukan dan sandaran dipilih motif diamond cut. Dia juga mengombinasikan permainan garis vertikal dan jahitan model double stitch. Motif serupa juga diaplikasikan pada bagian door trim. Pada akhirnya, kombinasi warna hitam dan motif diamond cut memberi kesan simpel namun elegan dan tentu saja berkelas.

Modifikasi Pajero Sport dengan Gaya Simpel

Inspirasi berikut datang dari Muhammad Rizky Pratama yang lebih menyukai modifikasi mobil ala jaman dulu dengan gaya simpel namun fungsional.

Beruntungnya Rizky bisa bertukar pikiran dan mengemukakan semua idenya pada owner bengkel WBar Customs di Rempoa daerah Jakarta Selatan, I Wayan Siu Kumara. Berdua mereka mencoba mengeksekusi Pajero Sport Dakar lawas milik Rizky.

Jika dilihat sekilas, hasil jadi modifikasi Rizky dan Wayan tak terlihat banyak perubahan bukan? Hanya pelek dan ban yang seperti berganti wajah. Akan tetapi ketika diperhatikan lebih detil lagi kita akan bisa melihat jika add-on dan aksen krom di seluruh body mobil sudah menghilang, berganti warna hitam dof yang warnanya diambil dari winch Warn. 

Tidak hanya itu, aksesori krom di fender depan bagian kiri dan kanan pun dicopot karena menurut Rizky sangat mengganggu. Wayan pun membuatkan tow bar custom yang diimbuhkan pada bumper belakang.

Untuk kaki-kaki Pajero Sport-nya, Rizky menginginkan Pelek light weight ukuran 16 inchi yang diduetkan dengan ban BF Goodrich AT KO 265/70R16.  Harus diakui kalau hasil modifikasi Rizky dan Wayan tak menghilangkan kesan tangguh dan gagah dari mobil ini. Simpel namun tetap terlihat berkelas. 

Untuk saat ini sepertinya Rizky sudah puas mengoplas Pajeronya. Akan tetapi lelaki 36 tahun ini sepertinya masih punya keinginan untuk memake over kendaraannya dimasa yang akan datang. Kita tunggu saja ide-ide segar Rizky selanjutnya.

Nah sahabat Otoloka, mungkin ada salah satu hasil modifikasi yang kami himpun dapat menginspirasi Anda. Satu hal yang menjadi catatan penting saat Anda memutuskan untuk memodifikasi kendaraan, ingatlah untuk selalu mengutamakan kenyamanan dan keselamatan. Jangan sampai mengganti atau mengubah fungsi dari fitur-fitur yang sudah ada namun malah membahayakan diri sendiri. Selamat memodifikasi! 

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya