• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Aerio: Kumpulan Referensi dari Para Owner

Dilihat 4404
Arief Yuno
6 Jan 2021, 23:30
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 2

suzuki aerio otoloka-2

Otoloka.id - Suzuki Aerio pernah hadir meramaikan pasar otomotif Indonesia di awal tahun 2000-an. Tampil dengan wujud hatchback, mobil yang menjadi pendahulu Suzuki SX-4 tersebut pun kerap mendapat sentuhan modifikasi dari para pemiliknya.

Sejarah mencatat mobil ini pertama kali muncul di Indonesia tahun 2001. Pemasarannya hanya berlangsung selama kira-kira lima tahun. Pada tahun 2006 agen pemegang merek memutuskan untuk stop menjualnya di Tanah Air. Spekulasi yang beredar hal tersebut dikarenakan Aerio kurang mendapat sambutan positif dari konsumen mengingat desainnya yang terkesan jadul.

Mungkin saat itu konsumen membandingkannya dengan Honda Jazz generasi pertama alias GD3 yang juga tengah digenjot penjualannya. Sudah bukan rahasia, wakil dari Honda ini memang terkenal memiliki penampilan yang luar biasa keren pada masanya.

Di luar hal itu, tak sedikit pemilik Suzuki Aerio yang melakukan modifikasi agar mobilnya jadi terlihat lebih istimewa dan personal. Gambaran akan hal tersebut bisa dilihat dari karya-karya yang dipajang pada akun Instagram khusus para penggemar mobil ini, @aerioenthusiast.

Lewat foto-foto yang diunggahnya, kita bisa melihat banyak hasil modifikasi Aerio yang dapat dijadikan sebagai referensi.

Kumpulan Referensi Modifikasi Aerio

1. Modifikasi Suzuki Aerio dengan Gaya Stance

modifikasi suzuki aerio otoloka stance

Modifikasi dengan gaya stance memang lebih sering terlihat diterapkan pada mobil jenis sedan. Tapi bukan berarti mobil-mobil jenis lain tak boleh mengadopsinya. Mobil berjenis hatchback 5-seater juga bisa tampil lebih istimewa dengan aliran modifikasi ini.

Contoh nyatanya bisa dilihat pada Suzuki Aerio dengan kelir biru ini. Ubahan yang paling jelas terlihat adalah ground clearance mobil lebih pendek dibanding Aerio dalam kondisi standar. Yup, posisi body yang sangat dekat dengan permukaan aspal memang menjadi ciri khas aliran modifikasi ini.

Tak kalah penting adalah fitment roda yang terlihat pas. Penggunaan fog lamp berwarna kuning pun berhasil membuat tampilan mobil lebih elegan dengan nuansa retro.

2. Modifikasi Aerio Pakai Velg Kaleng

pelek kaleng suzuki aerio otoloka

Tren modifikasi mobil menggunakan velg kaleng pernah booming di tahun 1990-an. Rupanya gaya ini pun kembali dilirik oleh para pegiat modifikasi saat ini. Pemilik Suzuki Aerio juga bisa mengadopsi ubahan tersebut untuk mendandani mobilnya.

Contoh penggunaan velg kaleng pada Aerio bisa dilihat pada mobil yang dibalut warna merah marun ini. Penampilannya jadi lebih memancarkan kesan retro. Kalau itu belum cukup, kamu juga bisa menggunakan ban dengan white wall atau list berwarna putih.

Hal menarik lainnya dari modifikasi Aerio yang satu ini adalah pemasangan sunroof di bagian atap. Otomatis hal tersebut juga bikin mobil jadi tambah mewah.

3. Pasang Body Kit Suzuki Aerio

modifikasi suzuki aerio otoloka body kit

Dalam banyak aliran modifikasi, pemasangan body kit aftermarket sering ditemukan sebagai salah satu bentuk ubahannya. Hal ini juga bisa diterapkan pada Suzuki Aerio khususnya buat kamu yang ingin tampilan mobil jadi lebih sporty.

Menengok ke sejumlah marketplace yang ada di Indonesia, kita masih bisa menemui body kit aftermarket Aerio meski mobil ini sudah lama stop dijual. Desain yang ditawarkannya pun bisa disesuaikan dengan keinginan kita alias custom.

Body kit tersebut biasanya terbuat dari bahan plastik atau fiber. Untuk harganya beragam, mulai dari dua jutaan hingga lima juta lebih tergantung dari tingkat kerumitannya.

4. Modifikasi Rally Look Suzuki Aerio

modifikasi rally suzuki aerio otoloka

Salah satu jenis modifikasi yang juga tengah digandrungi belakangan ini adalah aliran rally look. Khusus Suzuki Aerio, kamu bisa melihat contoh penerapannya pada mobil berwarna silver ini. Ciri khas modifikasi rally look terlihat jelas dari velg yang digunakannya. Berwarna putih dengan jumlah jari-jari cukup banyak seperti yang sering digunakan pada mobil-mobil di ajang balap rally.

Ciri khas lain yang juga bisa ditemui adalah menempelnya mud guard di setiap roda untuk menghalangi cipratan air atau lumpur agar tidak ke mana-mana. Penampilan mobil ini sebenarnya akan semakin lengkap jika saja ikut dipasang lampu sorot di bagian depan kendaraan.

Di luar semua itu, kita bisa melihat pemasangan roof rack di bagian atap mobil. Aksesori ini sebenarnya bukan syarat wajib untuk modifikasi mobil dengan gaya rally. Tapi terlihat cukup menunjang tampilan mobil jadi lebih terkesan “petualang”.

Tertarik Punya Aerio? Lihat Harganya

suzuki aerio otoloka

Buat kamu yang memiliki Suzuki Aerio mau tak mau harus membelinya dalam kondisi bekas karena unit barunya sudah tak dipasarkan lagi. Mobil ini punya harga relatif terjangkau. Dari hasil pantauan di sejumlah website jual beli mobil, Suzuki Aerio dipasarkan mulai Rp 40 jutaan sampai Rp 60 jutaan tergantung kondisi dan tahun produksi.

Dengan harga seperti itu kamu bisa mendapatkan mobil hatchback yang dilengkapi lima bangku penumpang bermesin 1.500 cc. Performa mesinnya memang cenderung biasa-biasa saja. Tapi di lain sisi mobil ini sudah dilengkapi power steering dan sistem pengereman ABS. Fitur yang sepertinya agak sulit ditemukan pada mobil-mobil dengan harga seperti itu.

Kelebihan Suzuki Aerio yang juga bisa kamu rasakan adalah harga suku cadangnya murah dan mudah ditemukan. Dalam hal kenyamanan, mobil ini memiliki ruang kabin yang terasa lapang. Bukan hanya tersedia ruang ekstra untuk kaki penumpang. Melainkan juga headroom yang mumpuni berkat desain body mobil yang gemuk.

Membeli mobil ini di tahun 2020 kemungkinan kondisinya sudah butuh banyak penyegaran. Baik untuk kosmetik ataupun performanya. Hal ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk sekaligus memoles tampilannya menjadi lebih kekinian melalui pilihan aliran modifikasi yang telah kita bahas bersama.

  • Suka 2
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya