• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi APV, Bikin Mobil Boxy Jadi Trendy

Dilihat 1090
Arief Yuno
25 Nov 2020, 10:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

modifikasi apv otoloka

Otoloka.id - Suzuki APV termasuk mobil yang sudah cukup lama beredar di Indonesia. Produsen pertama kali memperkenalkannya pada 2004 untuk memenuhi permintaan konsumen akan minibus dengan kapasitas besar.

Juga hadir dalam wujud blind van, APV ikut menyasar pengusaha yang membutuhkan kendaraan niaga ringan untuk menjalankan bisnisnya.

Sejak awal diperkenalkan ada satu ciri khas yang menempel pada mobil ini. Hal itu tak lain adalah desain bodinya yang terlihat boxy atau mengotak.

Ada kalanya tampilan seperti ini terlihat membosankan. Alternatif solusinya antara lain melakukan modifikasi untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih enak dipandang mata.

Ide Modifikasi APV

Seiring terus berkembangnya dunia modifikasi maka akan semakin banyak alternatif ubahan yang bisa Anda terapkan pada kendaraan kesayangan. Tinggal pilih referensi yang dianggap cocok dengan selera.

Untuk melakukan modifikasi APV ada beberapa aliran atau gaya yang bisa diambil. Tapi di antara semuanya, konsep VIP rasanya adalah yang paling sesuai.

Alasannya, Suzuki APV secara alamiah sudah memiliki tampilan seperti halnya MPV mewah yang punya harga lebih mahal, contohnya Toyota Alphard, Nissan Elgrand, atau Hyundai H1. 

Hanya saja dibutuhkan banyak sentuhan untuk membuat tampilannya seistimewa mobil-mobil tersebut. Selain konsep VIP, tentunya masih ada beberapa alternatif modifikasi APV yang juga bisa Anda pertimbangkan.

Modifikasi Suzuki APV Blind Van Mewah

modifikasi apv blind van
Suzuki APV memiliki tipe blind van yang diperuntukkan bagi para pengusaha menjalankan aktivitas bisnisnya. Dibanding tipe minibus, harga APV blind van menjadi yang paling murah.

Tapi walau dihadirkan sebagai kendaraan niaga ternyata mobil ini juga bisa tampil penuh gaya. Contohnya, coba saja lihat APV putih yang dilengkapi pelek lansiran HSR ini.

Ubahannya memang bukan hanya di bagian pelek. Tapi mobil ini juga nampak sudah menggunakan body kit, bumper, hingga gril yang berbeda dari aslinya. Kesan mewah juga tercermin di bagian interiornya yang sudah dibalut material kulit, seperti terlihat pada plafon.

Modifikasi Suzuki APV Bergaya Retro

modifikasi apv retro

Mobil dengan tampilan retro memang selalu menarik dipandang mata. Malah tak sedikit pemilik mobil keluaran baru yang menyulap tampilan kendaraannya untuk terlihat lebih klasik. Bagi Anda yang memiliki Suzuki APV, konsep modifikasi seperti ini juga bisa dijadikan acuan. Langkah paling gampang untuk memunculkan kesan retro adalah lewat penggunaan ban jenis white wall.

Tak ada salahnya untuk turut mengganti pelek dengan desain yang sejalan dengan konsep retro. Ukuran diameter bisa disamakan dengan bawaan asli mobil. Tapi untuk mempermanis tampilan perlu dilakukan beberapa ubahan tambahan. Misalnya modifikasi pada mika headlamp dengan memberi sedikit aksen warna kuning.

Modifikasi Suzuki APV Konsep Sporty

modifikasi apv touring

Modifikasi APV bergaya sporty menjadi alternatif pilihan gaya selanjutnya. Ubahan yang dapat dilakukan pun terbilang sangat luas.

Jika hanya ingin mengejar perubahan pada eksterior, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah penggunaan livery atau grafis bergaya racing. Contoh lain adalah mengganti pelek yang punya ukuran lebih besar.

Untuk aksesori tambahannya antara lain spoiler, diffuser, hingga side skirt. Tapi Anda mesti jeli dalam aksesori yang akan dipasang. 

Pasalnya Suzuki APV bukanlah mobil yang dirancang untuk tampil sporty. Jika ubahannya terlalu “nabrak” maka hasilnya bisa-bisa membuat mobil kurang enak dilihat. 

Modifikasi Suzuki APV untuk Touring

modif apv touring

Salah satu keunggulan Suzuki APV adalah kabinnya yang lapang. Mobil ini bisa memuat tujuh hingga delapan orang penumpang. Hal ini tentunya membuat APV cocok digunakan perjalanan bersama keluarga.

Ingin melakukan perjalanan jarak jauh pun sebenarnya bukan masalah. Apalagi jika Anda telah melakukan modifikasi yang bisa mendukung hal tersebut. Contohnya seperti pemasangan roof rack di atap mobil.

Dengan komponen ini Anda jadi memiliki ruang ekstra untuk menaruh barang bawaan. Jadi ruang kabin bisa difungsikan sepenuhnya untuk penumpang.

Modifikasi Suzuki APV dengan Konsep Modifikasi VIP

modif apv vip

Ingin membuat Suzuki APV yang Anda miliki tampil mewah seperti Toyota Alphard? Konsep modifikasi bergaya VIP adalah jawabannya.

Dalam konsep modifikasi ini ubahan yang ada pada interior ataupun eksterior bertujuan untuk membuat mobil jadi lebih mewah. Di bagian luar Anda bisa melakukannya dengan mendandani sektor kaki.

Rombakan yang lebih ekstrim seperti pemasangan sunroof juga dijamin akan membuat Suzuki APV milik Anda jadi lebih istimewa.

Sementara itu, untuk interior Anda bisa melakukan upgrade sistem infotainment dan audio hingga bermain pada material pembungkus jok.

Modifikasi APV Pakai Pintu “Gunting”

gunting modif apv

Dunia modifikasi tak memiliki batas untuk kreatifitas Anda. Asalkan rombakan yang dilakukan tetap memerhatikan faktor keselamatan maka sah-sah saja untuk diterapkan. 

Bagi sebagian pemilik kendaraan, semakin unik modifikasi yang dilakukan maka akan lebih besar pula kepuasan yang dirasakan.

Bicara modifikasi unik, Suzuki APV dengan pintu “gunting” ini cukup menarik perhatian. Bagaimana tidak, tampilannya sangat berbeda dengan kebanyakan APV lain dengan pintu yang biasanya ditemui pada supercar Lamborghini ini.

Modifikasi pasang pintu “gunting” sebenarnya gampang-gampang susah. Tantangan terbesarnya adalah mendapatkan engsel yang presisi dan kuat.

Ada dua jenis tipe engsel, pertama tipe bolt on yang artinya dibuat untuk dapat langsung dipasang pada mobil tertentu. Kedua adalah tipe universal yang umumnya membutuhkan beberapa penyesuaian.

Biaya pasang pintu “gunting” beragam untuk setiap jenis mobil. Untuk mobil MPV biasanya antara Rp5 juta sampai Rp7 jutaan.

Kesimpulan

modif apv

Anda dapat memilih aliran modifikasi yang sesuai dengan selera. Tapi jika mobil masih akan digunakan sebagai kendaraan harian maka sebaiknya lakukan ubahan dengan porsi yang pas.

Dengan begitu mobil masih bisa tampil menarik sekaligus nyaman dipakai berkendara. Tak lupa untuk selalu mengutamakan aspek keselamatan.

Sedangkan bagi Anda yang berencana membeli Suzuki APV untuk bahan modifikasi, harga unitnya tergantung dari tipe yang Anda pilih. Sebagai gambaran, harga APV Luxury yang hadir sebagai pilihan mewah dari mobil ini punya harga antara Rp70 juta sampai Rp100 juta untuk keluaran tahun 2009-2011.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya