• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Datsun Go, Hatchback Generasi Baru dari Legenda Mobil Masa Lalu
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Datsun Go, Hatchback Generasi Baru dari Legenda Mobil Masa Lalu

Dilihat 519
Guntur Hanggara
31 Ags 2020, 14:03
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Satu dasawarsa lalu publik mengenal Datsun sebagai mobil klasik. Merek lawas yang hanya dimiliki kolektor pemburu mobil langka dan antik. Mobil yang tidak bebas berkeliaran di jalan raya karena sudah tidak lagi ditemukan unit barunya di dealer. 

Pendapat ini tidak sepenuhnya salah karena memang Datsun sudah tak lagi diproduksi sejak tahun 1986 setelah lebih dari 50 tahun merajai pasar otomotif dunia.

Akan tetapi Nissan Motor Corporation berusaha keras untuk membangkitkan lagi merek yang menjadi nenek moyang mobil Nissan ini. Upaya gigih Nissan Motor baru terwujud setelah 27 tahun Datsun mati suri. 

Sejarah Datsun di Indonesia

Pada tahun 2012 Nissan Motor mengumumkan bahwa Datsun akan bereinkarnasi dan menjajal pasar Indonesia, Afrika Selatan, India, dan Rusia. Benar saja, pada medio 2013 merek ini diluncurkan kembali di India dengan nama Datsun Go. Akan tetapi sejarahnya ditulis ulang, bukan sebagai model spesial Nissan tapi sebagai brand baru yang menyongsong segmentasi mobil Low Cost Green Car (LCGC).

Sejatinya, Datsun Go dirilis memang untuk menyasar kelas menengah. Bisa dibilang ini adalah versi ekonomis produksi Nissan Motor yang ingin meluaskan segmentasi pasar. Sambutan untuk produk ini pun terbilang baik, publik di pasar otomotif internasional cukup antusias dengan ide mobil murah ramah lingkungan. Masyarakat di tanah air pun patut merasa bangga karena Nissan motor memilih Indonesia sebagai salah satu basis produksinya.

Pertama kali dirilis, Datsun Go merupakan small hatchback berkapasitas 5 penumpang dan mengusung mesin 1.2 liter dengan transmisi manual. Sebagai mobil yang awalnya dirancang low cost, banyak penyegaran yang perlu dilakukan pada kendaraan ini. Untuk itu, modifikasi tentu merupakan opsi untuk membuat tampilan mobil ini lebih personal. Apalagi Datsun Go sepertinya memang didesain agar sangat mudah dimodifikasi.

Lihat saja kaki-kaki city car ini, Datsun Go dibekali pelek 14 inchi dengan ukuran ban 165/70 R14. Itupun masih menyisakan cukup ruang pada fender. Untuk itu, jika ingin memodifikasi penopang kendaraan ini, bisa dimulai dengan mengganti ukuran diameter velg dan ban. Datsun Go dinilai masih aman jika mengganti velg hingga diameter 17 inci dengan offset 42. Ukuran ban pun bisa disesuaikan sebesar 205/45 R17.

Lain halnya dengan body kit, karena Datsun Go memang berkonsep hatchback, maka tampilan sporty akan lebih cocok disematkan jika menginginkan modifikasi. Anda bisa menambahkan body kit semacam lip bumper atau sejenisnya. Lampu depan pun bisa diganti dengan teknologi LED karena Nissan memang hanya membekali Datsun Go dengan lampu halogen.

Kalau urusan interior, jok Datsun Go menggunakan bahan kain dua warna atau fabrik two tone. Sebenarnya tampilannya tidak buruk, tapi jika Anda menginginkan perubahan, bahan syntetic leather mungkin bisa jadi pilihan. Hal sama bisa juga diaplikasikan pada setir yang tidak berpelapis. 

Pastikan warna dan motif jahitan tidak bertabrakan agar kesan sporty dan elegan tetap didapat. Kalaupun menginginkan warna lebih meriah, minimal pola aksen jahitan senada dengan warna dashboard atau doortrim. Selain itu, agar lebih nyaman bisa juga menambahkan busa pada dudukan kursi. 

Berikut ini tim Otoloka juga akan menampilkan beberapa ide memodifikasi unit Datsun Go yang dirangkum dari berbagai sumber. Semoga salah satunya bisa menjadi inspirasi Anda.

Modifikasi Datsun Go Mewah dengan Warna Emas

Dilansir dari akun Instagram @andiebandoet tampak satu unit Datsun Go yang sudah dimodifikasi dan menampilkan hasil mewah. Perubahan paling mencolok terlihat pada Sticker Infinity Mirror chrome Gold yang ditambahkan di banyak tempat seperti pada lis kaca, grille, pegangan pintu, bumper dan beberapa tempat lainnya. Lampu depan pun diganti projie hid agar cahayanya makin terang dengan intensitas besar pula. 

Kesan sporty sepertinya tak ingin ditinggalkan oleh Andi dengan digantinya spion menggunakan spion F1 agar bergaya racing. Tak cuma itu, sentuhan elegan dan classy makin terasa dengan penambahan sunroof Mazda agar sensasi berkendara sembari menikmati udara segar dan langit biru juga didapat. 

Pada bagian kaki-kaki, Andi mengganti suspensi coilover agar setelannya sesuai dengan keinginan. Terlihat pula velg dan ban yang sudah berubah rupa, Andi menggunakan velg BBS R17 8/9 yang dikawinkan dengan ban Accelera economist dengan ukuran ban depan 185/35 dan ban belakang 165/45.

Bagaimana hasil modifikasi @andibandoet ini menurut Anda? Ingin mencobanya?

Modifikasi Datsun Go dengan Panel Kayu

Akun Instagram @riefkibhaskoro pernah memposting Datsun Go dengan tampilan nyentrik dan unik. Bagaimana tidak, dia menambahkan panel kayu di bagian pintu depan dan belakang yang dipadukan dengan cat dasar berkelir putih gading. Pada bagian velg, Riefki mengganti penopang city car ini dengan velg bergaya retro monoblok yang makin menonjolkan desain keren karena tampilan mobil yang sudah dipangkas ketinggiannya. 

Tidak hanya itu, Riefki juga menambahkan roof rack berwarna hitam di bagian atap. Spion bulat seperti model vespa dengan warna krom ikut menyempurnakan make up Datsun Go milik Riefki. 

Dari keterangan yang didapat pada postingan si empunya akun, kendaraan ini juga memakai suspensi udara alias air suspension agar ketinggian mobil bisa diatur dengan mudah.

Modifikasi Datsun Go Bergaya Racing

Siapa bilang city car tidak bisa dibuat gaya balapan? Pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2015 ada dua unit modifikasi racing style Datsun Go Panca yang dipajang. Modifikasi ini terbilang ekstrim dari modifikasi lainnya karena mengubah hampir semua desain awal kendaraan ini.

Pada mobil pertama dilakukan aplikasi bodykit untuk bumper depan, sideskirt, dan bumper belakang. Keseluruhannya diterapkan dengan sistem add-on. Untuk bagian depan mobil menggunakan kap serat karbon, selain itu lampu juga diganti dengan model angel eyes dan juga ada tambahan DRL LED pada spoiler bumper depan untuk membedakan dengan Datsun Go model lama. 

Bagian kaki-kaki mobil juga tak luput dari rambahan modifikasi. Velg Enkei R17 yang dipadukan ban slick 205/40 R17 mengganti posisi velg lama. Velg berwarna perunggu ini sangat cocok di ruang fender modifikasi racing style Datsun Go Panca berkat penggunaan suspensi sport yang menjadikan bodi mobil turun beberapa sentimeter. 

Untuk menambah kesan racing, spion luar juga diganti dengan model F1. 

Penggunaan bahan serat karbon tidak hanya untuk kap depan, tapi juga menjalar ke rear roof spoiler dan sedikit di bagian doortrim. Untuk bagian interior, modifikasi dilakukan dengan mengganti jok depan menggunakan jok model racing keluaran Sparco. 

Merek sparepart racing aftermarket ini juga menghiasi bagian setir, tuas transmisi, dan pedal set. Seluruhnya tampil senada dengan warna aluminium.

Datsun Go Panca kedua lebih ekstrim lagi modifikasinya. Bagian penopang diganti velg dari O.Z Racing, kap mesin masih memakai serat karbon akan tetapi spoiler belakang memakai wing lebih besar. 

Tidak hanya bagian eksterior, interior pun ikut diobrak abrik dengan menggusur jok belakang dan hanya menyisakan dua jok depan yang dilansir dari Takata model racing. Bagian kemudi berbahan suede sedangkan disekitar kabin ditanam tubular bar.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya