• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Datsun Go: Siapa Bilang LCGC Tak Bisa Tampil Keren?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Datsun Go: Siapa Bilang LCGC Tak Bisa Tampil Keren?

Dilihat 4345
Amanda
6 Nov 2021, 16:04
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Modifikasi memang menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh para pecinta mobil, tidak terkecuali untuk para pemilik Datsun Go.

Datsun Go sendiri merupakan salah satu model mobil yang mengisi segmen Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia.

Mobil yang masuk ke dalam golongan LCGC ini memang seringkali dianggap membosankan. Citranya sebagai city car memang membuat desainnya tidak semenarik mobil SUV maupun MPV.

Tetapi siapa sangka, di tangan yang tepat, modifikasi mobil LCGC seperti Datsun Go ini bisa melahirkan mobil dengan desain yang keren dan atraktif. 

Nah, bagi konsumen yang ingin memodifikasi Datsun Go yang dimiliki, simak beberapa inspirasi untuk modifikasi mobil Datsun Go kesayangan berikut ini!

Sekilas Tentang Datsun Go

1. Dimensi Datsun Go

Sebelum melihat beberapa inspirasi model untuk modifikasi Datsun Go, mari kita membahas sekilas tentang spesifikasi mobil ini. Bicara soal dimensi, Datsun Go memang memiliki dimensi yang cukup kompak.

Mobil ini memiliki panjang bodi 3.788 mm, lebar 1.636 mm, tinggi 1.507 mm, dan jarak sumbu roda 2.450 mm. Mengingat mobil ini difungsikan sebagai mobil perkotaan, ground clearance-nya pun tidak terlalu tinggi, hanya 170 mm.

Datsun Go menggunakan ban dengan ukuran 155/80. Peleknya sendiri menggunakan pelek kaleng berukuran 13 inci.

Untuk memaksimalkan pengalaman berkendara, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan sistem suspensi yang mumpuni. Suspensi depan Datsun Go menggunakan MacPherson Strut, sementara suspensi belakangnya menggunakan Torsion Beam.

2. Mesin Datsun Go

Dari dimensi kita beralih ke mesin. Datsun Go diketahui menggendong mesin tiga silinder segaris DOHC berkode HR12DE.

Mesin dengan kapasitas 1,2 liter atau 1.198 cc ini dipadukan dengan dua jenis transmisi, yakni manual 5 percepatan dan transmisi CVT. Tenaga yang dihasilkan mesin ini disalurkan ke sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Datsun di Era Milenium

modifikasi datsun go

Soal tenaganya sendiri, untuk varian manualnya mesin mobil ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 66,5 HP pada putaran 5.000 rpm. Torsinya bisa mencapai 104 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Sementara itu, pada varian CVT, mobil ini bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar, yakni 76,5 HP pada putaran 6.000 rpm. Adapun raihan torsinya adalah 104 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Tidak hanya itu, mesin yang digendong Datsun Go ini juga dikenal hemat bahan bakar. Untuk penggunaan dalam kota, tingkat konsumsinya adalah 13 km/liter, sementara di rute luar kota, tingkat konsumsinya bisa mencapai 20,6 km/liter.

3. Fitur Datsun Go

Mengingat harganya yang amat terjangkau, kita memang tidak bisa mengharapkan fitur yang terlalu banyak dari Datsun Go. Kendati demikian, Datsun Go sudah dilengkapi dengan beberapa fitur standar.

Baca juga: 10 Mobil Keluarga Termurah di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

Sebagai fitur keselamatannya, Datsun Go telah dibekali dengan Parking Sensor, Front Driver Airbag, serta sabuk pengaman. Sedangkan untuk fitur keamanannya, mobil ini dilengkapi Engine Immobilizer yang terintegrasi dengan Keyless Alarm dan Shock Sensor.

Beralih ke fitur hiburannya, Datsun Go sudah dibekali dengan head unit layar sentuh berukuran 6,75 inci. Sayangnya, belum ada sistem navigasi yang terintegrasi pada head unit ini.

4. Harga Datsun Go

Bicara soal harganya, Datsun Go memang sudah terkenal sebagai mobil dengan banderol harga yang terjangkau. Untuk varian terendahnya, mobil ini dibanderol dengan harga Rp112 jutaan, sementara untuk varian tertingginya, mobil ini dibanderol dengan harga Rp160 jutaan.

Inspirasi Modifikasi Datsun Go

Bagi para pemilik Datsun Go yang merasa bosan dengan model mobilnya yang begitu-begitu saja, modifikasi merupakan alternatif yang paling baik untuk mengubah penampilan mobil. 

Berikut ini adalah beberapa model inspirasi untuk modifikasi mobil Datsun Go.

1. Modifikasi Datsun Go Oldschool

Inspirasi model modifikasi untuk mobil Datsun Go yang pertama disebut dengan model oldschool. 

Siapa sangka, model modifikasi yang satu ini datang dari salah satu bengkel di kota Bandung, bernama Galaxy Auto Concept.

modifikasi datsun go

Modifikasi Datsun Go dengan model ini memiliki ciri khas tampilan mobil yang diubah menjadi ala mobil-mobil retro. Warna-warna yang dipilih pun merupakan warna yang khas gaya retro.

Pada modifikasi dengan model ini, bodi mobil akan diberi aksen airbrush dengan nuansa serat kayu. Selain itu, bumper depan, fender, sideskirt, hingga bumper bagian belakang pun mendapatkan remodelling.

Selain itu, aksen berwarna kuning pada head lamp dan fog lamp juga melengkapi tampilan retro ini. Tidak lupa, digunakan juga pelek yang ditutup moon dop dari Moon Eyes, serta disematkannya roofrack Thule pada mobil ini.

2. Modifikasi Datsun Go Adventure

Selain tema oldschool, modifikasi Datsun Go juga bisa dilakukan dengan mengubah tampilan mobil ini agar tampak seperti mobil petualang. 

Salah satu bengkel modifikasi di Jakarta bernama Tomi Airbrush merupakan otak dibalik tema adventure pada modifikasi Datsun Go ini.

Hasil modifikasi dengan model ini memang bisa dibilang cukup ekstrim, tetapi tidak terlalu sulit untuk ditiru. Ubahan pertama dilakukan pada bumper depan yang dibentuk ulang dan ditambah LED DRL.

Head lamp juga mendapatkan modifikasi dengan menambahkan projector dan LED Lamp. Pada lampu belakangnya pun tidak lupa disematkan rear spoiler pada bagian atapnya.

Bukan itu saja, bumper belakang pun mendapatkan ubahan bentuk. Pelek pun tidak absen dari modifikasi, dan langkah terakhir adalah bodi mobil yang dicat ulang dengan airbrush menggunakan model yang atraktif.

3. Modifikasi Datsun Go Rally Look

Konsep Rally memang tidak pernah salah. Modifikasi dengan model ini memang cukup umum dan bukan hanya diterapkan pada Datsun Go saja.

Datsun Go sendiri diketahui pernah turun dalam beberapa ajang reli dunia. Sehingga tidak heran jika banyak modifikasi yang dilakukan pada Datsun Go menggunakan konsep Rally.

datsun go modifikasi rally look

Pada konsep ini, ubahan pada mobil memang tidak terlalu banyak, hanya modifikasi pada bagian eksteriornya saja. 

Tidak ada ubahan pada suspensi, tetapi pelek biasanya diganti dengan pelek Rally serta ban berukuran 185/70 R14 yang masih nyaman digunakan sehari-hari.

Bumper depan juga mendapatkan tambahan cover berlambang Datsun. Untuk memperkuat kesan mobil rally, biasanya dipasang mud guard pada keempat rodanya, serta ditambahkan air scoop layaknya mobil-mobil rally pada bagian atapnya.

4. Modifikasi Datsun Go Low Ekstrim

Model modifikasi yang terakhir ini bisa dibilang sebagai yang paling ekstrim, karena mobil Datsun Go dibuat ceper. 

Meskipun ekstrim, ternyata modifikasi dengan model ini memiliki cukup banyak peminat.

Selayaknya modifikasi mobil ceper lainnya, konsep modifikasi ini membuat bodi Datsun Go sangat rendah hingga hampir menyentuh tanah. 

Untuk membuat tampilan seperti ini, ternyata bisa digunakan per dan shock dari Toyota Avanza yang sudah disesuaikan ketinggiannya menurut keinginan para konsumen.

Kelemahan dari modifikasi jenis ini tentu saja akan menyulitkan para pengemudi melewati jalan bergelombang. 

Bahkan di jalan yang rata sekalipun, pengemudi harus ekstra hati-hati agar bodi mobil tidak terlalu bergesek dengan aspal jalanan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya