• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Escudo, Mulai Dari Off Road, Hingga Menjadi Trailer
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Escudo, Mulai Dari Off Road, Hingga Menjadi Trailer

Dilihat 1868
Guntur Hanggara
31 Ags 2020, 10:23
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Diproduksi tahun 1988, Suzuki Escudo merupakan kendaraan SUV kompak dan semi off-road untuk memenuhi pasar domestik Jepang. Suzuki Escudo sendiri mulai hadir di Indonesia pada tahun 1995 untuk mengisi ceruk segmen kendaraan berbasis SUV yang mulai meramaikan pasar otomotif di Tanah Air. Suzuki Escudo merupakan mobil keluaran Suzuki yang diproduksi antara kurun waktu 1995 sampai dengan 2006. 

Sejarah Suzuki Escudo

Dari riset Otoloka, sejak awal diperkenalkan ke publik luas sampai  dengan saat ini, ada beberapa model Escudo yang dimunculkan. Model pertama yang diluncurkan adalah Suzuki Escudo JLX keluaran tahun 1995, yang kemudian dilanjutkan dengan Suzuki Escudo Nomade pada medio 1997, lalu Suzuki Escudo 1.6 pada kisaran tahun 1998, Suzuki Escudo 2.0 yang dikeluarkan pada 2001, sedangkan yang keluaran terakhir yaitu Suzuki Escudo XL7 yang diproduksi dari tahun 2003 hingga 2006.  

Pada tahun 1996, dihadirkan pula Suzuki Sidekick yang merupakan versi paling rendah. Suzuki Escudo sendiri mengusung model 5 pintu dan memiliki mesin berkapasitas 1.6 liter, dengan bahan bakar bensin serta tak menawarkan transmisi otomatis. 

Sebetulnya, sebelum Suzuki Escudo hadir di Indonesia, Suzuki sudah terlebih dulu menghadirkan Suzuki Vitara di Indonesia. Keduanya memiliki kemiripan, mulai dari desain bodi hingga interiornya. Perbedaannya terletak pada sistem penggerak roda yang disematkan, di mana Vitara berpenggerak empat roda (4WD), sementara Escudo hanya menggunakan penggerak roda belakang (2WD).   

Suzuki Escudo menyasar masyarakat Indonesia yang sering melewati jalanan semi off-road hingga mulusnya jalan aspal perkotaan. Terkenal cukup tangguh untuk melibas segala medan, baik jalanan beraspal maupun jalanan berpasir dan berlumpur. Bahkan, Suzuki Escudo sangat digemari karena modelnya yang gagah dengan desain bodi yang lebar.

Belum lagi suspensinya menggunakan per keong yang jarang digunakan pada SUV andalan kompetitor lain. Mirip dengan Vitara, yang memiliki ciri khas ground clearance yang tinggi dan mencangkok mesin yang cukup handal

Generasi pertama Suzuki Escudo mengusung mesin 1.6 liter dan hanya tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan. Berbeda dengan versi sebelumnya terjadi perubahan yang cukup radikal pada generasi keduanya, Suzuki Escudo 2.0. Pada generasi yang kedua ini, tampilan eksterior Suzuki Escudo sudah tak lagi kotak dan juga diperkenalkan mesin terbaru berkapasitas 2.0 liter. 

Bukan cuma itu saja, Suzuki Escudo seri dua ini juga menawarkan model manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan pada transmisinya. Sementara generasi ketiga, menjadi model yang paling modern. Suzuki Escudo XL7, yang merupakan generasi ketiga dari Suzuki Escudo, sudah disematkan mesin terbaru berkapasitas 2.500 cc dan sanggup menampung hingga 7 penumpang. 

Modifikasi Suzuki Escudo Nomade Sebagai Mobil Offroad

Bukan sebuah kebetulan bagi Ilham Akbar, pemilik Suzuki Escudo Nomade yang sudah dimodifikasinya sehingga lebih terlihat garang. Walau hanya memiliki penggerak 2 WD, tapi pria itu tetap setia dengan Suzuki Escudo Nomade miliknya. Awalnya tidak pernah terbesit di benak Ilham Akbar untuk memiliki Suzuki Escudo Nomade, bahkan memodifikasinya. 

Berawal dari memiliki mobil Suzuki Katana, tapi ternyata tidak memenuhi kebutuhan untuk pekerjaan orang tuanya. Pada tahun 2008, Ilham akhirnya menggantinya dengan Suzuki Escudo Nomade berwarna hijau keluaran tahun 1998. Semua karena kebutuhan memiliki mobil jip untuk pekerjaan ayahnya. 

Pada akhirnya butuh waktu delapan tahun sampai pada akhirnya Ilham mulai memutuskan untuk memodifikasi Suzuki Escudo Nomade miliknya. Mulai dari awal membelinya di tahun 2008 hingga tahun 2016, Suzuki Escudo Nomade miliknya sama sekali tidak mengalami perubahan. Bentuknya yang sama selama bertahun-tahun itu yang akhirnya menimbulkan kebosanan pada diri Ilham. Hingga akhirnya pelek dan bannya yang pertama kali menjadi awal modifikasi dari Suzuki Escudo Nomade miliknya. 

Walaupun keluaran tahun 1998, namun Suzuki Escudo Nomade milik Ilham didandani klimis dan keren ala SUV perkotaan. Pengalamannya melihat mobil Vitara dan Escudo di jalanan terlihat sangat pantas memakai ban A/T membuat Ilham akhirnya memutuskan untuk mengubah ban Suzuki Escudo Nomadenya dengan ban yang sama. Bahkan bukan hanya bannya saja, tapi juga peleknya di tahun yang sama, tahun 2016. 

Kaki –kaki dari Suzuki Escudo Nomade dibuat lebih segar dengan dipasangnya kombinasi per shockbreaker after market, keluaran KYB Ultra dan juga lift kit suspension. Membuat kaki – kaki dari Suzuki Escudo Nomade milik Ilham sedikit lebih jangkung. Apalagi digabung dengan menggunakan pelek palang 5 ukuran 15 inchi yang dibungkus ban A/T keluaran Bridgestone Dueler 697 berukuran 235/70 R15 membuat Suzuki Escudo Nomade miliknya makin terlihat garang. 

Semakin terlihat garang dengan adanya bull bar bumper plus sepasang lampu kabut bulat sebagai tambahan. Begitu juga dengan buritan yang bumper besinya dicat senada body. Sektor penerangan juga diperkuat dengan tambahan 4 buah lampu sorot yang ditempatkan pada atap mobil. SUV lawas keluaran Suzuki ini memang dipakai sehari-harinya oleh Ilham dan Ayahnya. Bahkan digunakan sehari-hari untuk tugas lapangan ayahnya. 

Ini juga yang membuat Suzuki Escudo Nomade milik Ilham sengaja dibuat dengan sentuhan gaya ALTO (All Terrain Off-road). Dimana Suzuki Escudo Nomade miliknya di-set up lebih jangkung agar bisa menempuh medan tanah ataupun off road dengan mudah. Apalagi penggunaan ban A/T yang membuat Suzuki Escudo Nomade ini semakin mudah melaju di tanah. 

Modifikasi Suzuki Escudo Menjadi Camper Trailer

Modifikasi ini mengambil langkah ekstrim untuk memodifikasi Suzuki Escudo. Setelah melepas atap hardtopnya, badan mobil Suzuki Escudo langsung dipotong menjadi dua. Sasis Suzuki Escudo dibagi dua, tapi tetap menyisakan perangkat kaki-kakinya di bagian bawah. Termasuk suspensi dan segala macam perlengkapannya. Untuk struktur dan panel utama dipasang dengan las. Panel berupa kotak untuk penyimpanan alat-alat dan juga peralatan berkemah, termasuk juga tenda. Sedang pada bagian belakang, pintunya dipastikan tetap bisa berguna. 

Dimaksudkan untuk bisa dipasang tenda pada bagian atasnya, tapi tetap bisa diakses dan kedap air, maka potongan badan mobil Suzuki Escudo tersebut akhirnya dilapisi baja tipis sebagai penguatan pada bagian atas panel penyimpanannya. Baja tipis tersebut juga dipasang pada bagian atas trailer. Dipasang dengan engsel, dan menambahkan beberapa gas strut dan selot di dalam trailer sehingga bisa dikunci.

Terdapat juga beberapa asesoris seperti ban serep dan pelek yang cocok, rem, kotak untuk ditempatkan di ruang kosong di bagian depan trailer, laci-laci untuk penyimpanan dan pemasangan rak atap dan tenda. 

Ruang kosong di bagian depan trailer digunakan untuk menampung barang-barang yang lebih besar seperti penutup tenda atas atap dan penutup kursi saat barang sedang digunakan, dan tiang serta pasak untuk tenda atap. Sedangkan laci diisi dengan barang - barang yang lebih besar, seperti meja. Bila dikosongkan, bisa menjadi ruang akses untuk mencapai kait dan mengunci ke bagian atas yang yang terbuat dari besi tipis.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya