• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Ford Ranger, Dari Off Road, Hingga Kemping

Dilihat 955
Guntur Hanggara
17 Sep 2020, 14:40
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Bagi pecinta Off Road, pasti sudah mengenal Ford Ranger. Pikap kabin ganda asal Amerika ini dikenal dengan bodi bongsor, tampang gagah dan kemampuan jelajah dua alam yang baik. Apalagi jika diberi sentuhan modifikasi yang pas bisa membuatnya tampil makin gahar untuk keperluan off road, kemping atau sehari-hari.

Modifikasi Ford Ranger Aussie Style

 

Kesibukan I Wayan Siu Kumara menjalankan WBar Custom-nya di daerah Rempoa, Ciputat, membuatnya seperti tak pernah kehabisan ide memodifikasi double cabin. Majalah-majalah luar negeri terutama Australia sudah memberinya inspirasi untuk memodifikasi Ford Ranger miliknya. 

Berbekal literatur majalah-majalah luar negeri, khususnya Australia, ia menemukan ide baru. Melihat banyaknya mobil d-cab banyak yang dibuatkan boks custom sebagai pengganti bak belakang di Aussie, Wayan bermaksud melakukan modifikasi yang mirip. Boks custom pada mobil double cabin itu pada akhirnya berfungsi sebagai tool kit, bahkan digunakan untuk membawa cooler atau kulkas bahan makanan saat kemping. 

Biasanya Norweld, sebagai salah satu perusahaan yang mampu memproduksi boks aluminium untuk double cabin, yang memproduksi boks kanopi aluminium pengganti bak d-cab untuk membawa peralatan dan perlengkapan kemping saat overland.

Tapi Wayan bermaksud membuat fungsi yang berbeda untuk boks custom miliknya. Kalau di Autralia, roof top tent sebagai tempat untuk tidur dipasang di atas kanopi ataupun boks aluminium pengganti bak double cabin, maka Wayan malah memfungsikan boks miliknya sebagai kompartemen untuk tidur. Sehingga tidak diperlukan lagi roof tent di atas kanopi. Bahkan boks ini dirasa sangat ideal dengan ukuran 1, 8 x1,8 x1,8 meter untuk ukuran panjang, lebar dan tingginya. 

Bak aslinya dipensiunkan kemudian diganti dengan bak flat deck ari Tata single cab yang lantainya rata. Selain dari Tata, bisa juga flat deck milik GranMax atau Mega Carry. Penggunaan flat deck dari mobil lain dijadikan pertimbangan karena jauh lebih murah ketimbang membuatnya sendiri. Selain lebih mahal, membuat flat deck juga membutuhkan waktu yang lama. 

Sementara boksnya dibuat dari alumunium dengan rangka besi hollow supaya jauh lebih ringan. Boks ini juga dilengkapi kaca dan kunci khusus agar lebih nyaman saat digunakan beristirahat. Untuk kasurnya dibuat sendiri dengan pengaman di sisi luar sebagai pengamanan ketika tidur. Sesuai dengan fungsi yang diinginkan Wayan, membuat box ini menjadi ruang tidur  ketika kemping ataupun off road.

Wayan juga memodifikasi suspensi Ford Ranger miliknya agar kuat menopang box ini. Pilihannya jatuh kepada Pedders Lift kit suspension yang kuat dan membuat Ford Ranger miliknya lebih tinggi. BF Goodrich yang merupakan velg bawaan menjadi pilihan velg untuk modifikasi Ford ranger miliknya. 

Untuk bumper depan berikut winch dan spot light juga antena Aussie, sidebar dan siderail, roofrack dan LED bar, sampai towbar merupakan buatan WBar Customs sendiri. Sedangkan yang unik, ford Ranger modifikasi Wayan ini tampak seperti diberi stiker, padahal di cat dengan warna matte white.

Modifikasi Ford Ranger dengan Kanopi

 

Ford Ranger milik Randolph Jay Winarta ini terbilang unik dengan piranti kanopi di bak belakangnya. Merek Aeroklas menjadi pilihan kamopi Ford ranger milik Jay. Kanopi yang berbahan plastik ABS ini dicat sewarna bodi yaitu putih. Selain itu, pria ramah ini juga menambahkan awning ARB di sisi kiri mobil. Pemasangan awning dimaksudkan untuk teduhan saat beristirahat di waktu kemping. Selain dari kanopi dari bak belakang. 

Selain it8u, Pelek OZ Crono 16 inci dengan ban BF Goodrich AT KO2 ukuran 305/70R16 dengan suspensi dari Old Man Emu Sport liftkit membuat Ranger tampil makin gagah. Begitu juga dengan bumper depan diganti dengan bumper ARB berikut spot lamp dan LED Lightbar di atap. 

Modifikasi Ford Ranger Gaya Off-Road

Ford Ranger ini coba tampil dengan gaya yang lebih masukulin. Pikap kabin ganda ini kami temui di laman Boxzaracing.com mengusung tema modifikasi serba hitam mengasup sederet aksesori off-road aftermarket.

Nyaris tidak ada warna lain terpancar di bodi selain warna hitam mulai tampang depan, atap, sisi hingga buritan. Bikin tongkrongannya makin gahar! Tidak cuma itu beberapa ubahan sudah terjadi di eksterior. Mulai dari bumper depan baru yang lebih besar sera gril bertuliskan ranger.
Lampu depan kini menggunakan LED tiga garis yang membuatnya tampil ala Ford Mustang.
Sementara kap mesin dibikin menganga dengan tambahan hooscoops serta ada lampu sorot ekstra di bagian atap.

Bergeser ke sisi samping ada over fender yang bikin penampilan pikap kabin ganda ini tampak gambot. Di bagian belakang tak banyak ubahan, hanya bumper baru yang lebih besar serta pengaplikasian towing hook.

Tampilan Ford Ranger ini jadi makin gagah berkat ubahan di sektor kaki-kaki.
Kaki-kaki pikap ini disematkan lift kit dari Option 4WD bersama shock dari Profender.
Pelek diganti ukuran 20 inci dibungkus ban 35 inci lebar 12,5 inci sehingga terlihat lebih jinjit.

Modifikasi Ford Ranger Gaya ALTO

Mengingat penampilannya yang sangat cocok digunakan di medan-medan off road, membuat Ford Ranger terasa paling tepat untuk dimodifikasi bergaya ALTO (All Light Terrain Off-Road). Ditambah lagi berbagai macam aksesoris Off road terpasang pada bodi dan ditunjang dengan setting kaki-kaki yang lebih berjenjang ala ALTO. 

Sektor kaki-kaki tersebut dibuat menjadi lebih jangkung dengan mengganti Sokbreker menjadi sokbreker lansiran GKS monotube dan subtank yang dipadu tepat dengan per dari King.

Lift kit di bagian belakang Ford Ranger ini juga membuatnya naik sekitar 2,5 inci. Tidak hanya itu saja, ada juga sisipan stabilizer lansiran Gorillaa Apache Spec. Sementara Pelek off road Mickey Thomson ukuran 16 inci menggantikan pelek standar milik Ford Ranger. Pelek Mickey Thompson itu terlihat semakin garang dengan dibungkus ban Mickey Thomson 285/75 R16.

Bumper depannya sudah diganti dengan model Bull Bar berukuran cukup besar dengan selipan 2 lampu sorot ekstra. Hood scoops juga sudah terpasang di bagian kap mesin beserta ada snorkle terpasang di pilar A. Begitu juga dengan Side step baru yang dibuat dengan model tubular dan didesain terpisah antara pijakan depan dan belakang. Ditambahkan pula dengan menyematkan Over fender untuk membuatnya terlihat lebih tampil berotot. Untuk melindungi tabrakan dari arah belakang tak lupa dipasang bumper guard custom. 

Modifikasi Ford Ranger Raptor

Dimodifikasi oleh bengkel Pax Power, membuat mobil Ford Ranger satu ini memiliki tampilan segagah Raptor. Mengambil basis dari Ford Ranger Lariat FX4 AS yang memiliki fitur panel bodi OEM yang diimpor dari Eropa, bumper depan dari Ford Ranger ini diganti model Addictive Desert Designs dengan sisipan LED. Tulisan Ford yang cukup besar juga menghiasi bagian gril. Ditambah lagi dengan visual warna yang tidak pernah ada di katalog warna Ford Ranger, warna Blue Jean Metallic, membuatnya semakin unik. 

Untuk suspensinya Pax Power mengalihkan suspensi yang sebelumnya memakai suspensi OEM menjadi suspensi Baja Kits. Semua itu karena menurut Pax Power, Suspensi OEM kurang layak untuk modifikasi ala Raptor ini. Suspensi Baja Kits sendiri menggunakan control arms atas dan bawah lebih panjang dan lebih kuat sekitar 127 mm, serta juga meningkatkan travel suspensi. Membuat ayunan dari Ford Ranger ala Raptor ini terasa semakin nyaman dan tangguh.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya