• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Gran Max Pick Up, Siapa Bilang Nggak Bisa Gaya?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Gran Max Pick Up, Siapa Bilang Nggak Bisa Gaya?

Dilihat 3411
Amanda
10 Nov 2021, 15:14
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Siapa bilang modifikasi tidak bisa dilakukan pada mobil pikap seperti Gran Max Pick Up? Nyatanya, modifikasi pada mobil seperti ini tidak terlalu sulit dan tidak memakan banyak biaya.

Meskipun identik sebagai kendaraan pengangkut barang, tidak sedikit pemilik mobil yang memodifikasi Daihatsu Gran Max Pick Up ini. Karena permukaan bodi yang tidak terlalu banyak, memodifikasi mobil jenis ini dinilai cukup mudah dibandingkan dengan model mobil lainnya.

Nah, bagi para pemilik yang ingin melakukan modifikasi mobil Gran Max Pick Up berikut ini adalah beberapa inspirasi untuk memodifikasi mobil ini! Langsung dicek yuk!

Sekilas Tentang Daihatsu Gran Max Pick Up

Sebelum kita membahas tentang beberapa model modifikasi Daihatsu Gran Max Pick Up, mari kita bahas terlebih dahulu tentang mobil ini. Daihatsu Gran Max Pick Up merupakan salah satu model mobil pick up yang cukup banyak digunakan di Indonesia.

Mobil ini memiliki model bak terbuka sehingga bisa digunakan untuk membawa barang dalam jumlah besar. Selain itu, mobil ini juga dinilai memiliki mesin yang tangguh dan irit bahan bakar.

1. Dimensi Gran Max Pick Up

Bicara soal dimensi, Daihatsu Gran Max Pick Up memiliki panjang bodi 4.195 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.850 mm. Mobil ini memiliki wheelbase atau jarak sumbu roda berukuran 2.650 mm dan ground clearance setinggi 175 mm.

Dimensinya yang besar ini membuat Gran Max Pick Up bisa memuat banyak barang. Mobil ini tidak hanya andal digunakan membawa banyak barang berkat dimensi besarnya, tetapi juga karena sistem suspensinya yang cukup baik.

Untuk suspensi depannya, mobil ini menggunakan suspensi MacPherson Strut dengan per keong. Sementara suspensi belakangnya mengandalkan suspensi Rigid-axle dengan per daun.

2. Mesin Gran Max Pick Up

Selanjutnya mari kita bahas soal mesin yang dimiliki oleh Gran Max Pick Up. Mobil ini diketahui menggendong mesin 4 silinder segaris K3-DE DOHC dengan sistem injeksi.

Mesinnya ini memiliki kapasitas 1.298 cc atau setara sekitar 1,3 liter. Kemudian untuk sistem transmisinya, mesin ini mengandalkan sistem transmisi manual 5 percepatan.

Baca juga: Inilah 6 Mobil Pick-Up Paling Hemat Konsumsi BBM, Siapa yang Paling Irit?

Kemudian untuk tenaganya sendiri, mesin mobil pick up ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 86 HP pada putaran 6.000 rpm. Torsi puncaknya berada di angka 114 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Selain itu, tersedia pula pilihan mesin 1,5 liter. Mesin ini merupakan mesin 4 silinder 3SZ-VE DOHC dengan VVT-i dan Intercooler.

Mesin yang juga mengandalkan transmisi manual 5 percepatan ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 95 HP pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai 134 Nm pada putaran 4.400 rpm.

3. Fitur Gran Max Pick Up

Bicara soal fiturnya, mengingat mobil ini diperuntukkan sebagai pengangkut barang, tidak heran jika mobil ini sangat minim fitur. Sebagai fitur keselamatannya saja, mobil ini hanya dilengkapi sabuk pengaman.

Meskipun begitu, ternyata mobil ini juga memiliki fitur hiburan. Fitur hiburan pada Gran Max ini berupa 1DIN Radio yang juga memiliki fungsi CD Player, AUX-IN, dan USB Port.

4. Harga Gran Max Pick Up

Di Indonesia, saat ini ada 7 varian Daihatsu Gran Max yang dipasarkan. Untuk mengetahui harga dari masing-masing variannya, mari kita lihat tabel berikut ini.

VARIAN

HARGA

Daihatsu Gran Max Pick Up 1.3 STD FH

Rp 146.400.000

Daihatsu Gran Max Pick Up 1.3 PT FH

Rp 166.900.000

Daihatsu Gran Max Pick Up 1.3 3W FH

Rp 146.400.000

Daihatsu Gran Max Pick Up 1.5 STD FH

Rp 151.500.000

Daihatsu Gran Max Pick Up Box 1.5 PT FH

Rp 171.600.000

Daihatsu Gran Max Pick Up 1.5 3W FH

Rp 151.500.000

Daihatsu Gran Max Pick Up AC PS 1.5 FH

Rp 158.100.000

Baca juga : Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Panther, Anda Wajib Tahu!

Inspirasi Modifikasi Daihatsu Gran Max Pick Up

Sekarang kita masuk ke pembahasan utama, yaitu modifikasi Daihatsu Gran Max Pick Up. Berikut ini adalah beberapa inspirasi yang bisa diterapkan oleh para pemilik mobil yang ingin memodifikasi Daihatsu Gran Max Pick Up miliknya.

1. Modifikasi Gran Max Pick Up Dengan Pelek Besar

Cara pertama yang bisa dipilih untuk memodifikasi Daihatsu Gran Max Pick Up adalah dengan mengganti peleknya dengan ukuran yang lebih besar. Tetapi sebelum mengganti pelek pada mobil ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Perlu diketahui bahwa pelek standar dari Daihatsu Gran Max Pick Up ini memiliki diameter 13 inci dengan lebar 5 inci.

Ketika memodifikasi mobil dengan cara ini, pemilik mobil disarankan untuk memilih pelek dengan 2 ukuran di atas ukuran pelek standar, yaitu pelek berdiameter 15 inci. Ukuran pelek yang disarankan ini bertujuan agar sistem suspensi tidak berubah.

Tetapi banyak juga para pemilik mobil yang memodifikasi Daihatsu Gran Max Pick Up dengan ukuran pelek yang lebih besar dari ukuran yang disarankan. Alhasil, mereka juga harus melakukan beberapa penyesuaian pada bagian suspensi dan ruang fender.

2. Modifikasi Gran Max Pick Up Dengan Cutting Sticker

Memodifikasi Daihatsu Gran Max Pick Up dengan memasang cutting sticker merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengubah tampilan bodi mobil ini. Modifikasi dengan cara ini juga bisa dengan mudah disesuaikan dengan selera masing-masing pemilik mobil.

Cutting sticker juga memiliki beragam model dan tema. Ada tema gambar animasi hingga stiker grafis yang memperlihatkan tulisan-tulisan dengan tema tertentu.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Carry Futura, Van Jadul yang Tetap Populer

Salah satu tips yang sebaiknya diperhatikan pemilik mobil ketika menggunakan cara ini untuk memodifikasi mobil Gran Max Pick Up adalah memperhatikan kombinasi warna stiker dengan warna asli bodi mobil. Biasanya cutting sticker ini akan lebih mudah diaplikasikan dan dikombinasikan dengan Daihatsu Gran Max Pick Up warna putih, karena warna apapun akan terlihat jelas.

Tetapi banyak juga kita temukan Daihatsu Gran Max Pick Up berbodi hitam yang juga dimodifikasi dengan cutting sticker. Biasanya, warna-warna sticker yang digunakan pada mobil berbodi hitam akan cenderung lebih cerah agar warnanya bisa terlihat.

3. Modifikasi Grand Max Pick Up Dengan Body Kit

Selanjutnya ada juga cara modifikasi Daihatsu Gran Max Pick Up dengan cara memasang bodykit. Pemasangan bodykit ini bisa menjadi solusi bagi pemilik mobil yang tidak ingin memotong atau mengganti per untuk membuat tampilan mobil menjadi ceper.

Dengan memasang bodykit, tampilan bodi mobil bisa terlihat lebih rendah seperti mobil ceper, tetapi tanpa harus mengoprek bagian sistem suspensinya. Pemilik pun tidak perlu khawatir akan berkurangnya kemampuan angkut barang pada mobil ini.

Biasanya, bodykit dipasang di salah satu bagian saja, bagian bumper depan atau belakang. Selain itu, seringkali juga ditemukan mobil yang dimodifikasi dengan menggunakan sideskirt.

Baca juga: Apa Perbedaan Mobil MPV dan SUV? Yuk, Ketahui Sebelum Beli

4. Modifikasi Grand Max Pick Up Dengan Bodi Ceper

Terakhir, modifikasi Daihatsu Gran Max Pick Up yang paling banyak dilakukan adalah dengan cara membuat bodi mobil menjadi ceper. Dengan tampilan ini, mobil memang terlihat jauh berbeda dibandingkan kondisi standarnya.

Tetapi perlu diingat bagi pemilik mobil yang ingin memodifikasi mobil Gran Max Pick Up dengan cara ini, pastikan masih ada jarak aman dari bodi ke tanah. Jika tidak, dikhawatirkan akan sulit mengangkut barang akibat ban yng bersinggungan dengan dinding fender.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya