• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Honda C70, Si Klasik yang Tidak Pernah Ketinggalan Zaman
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Honda C70, Si Klasik yang Tidak Pernah Ketinggalan Zaman

Dilihat 2997
Guntur Hanggara
3 Sep 2020, 20:26
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 3

Otoloka.id - Honda kembali menghadirkan motor bebek lawas, Honda Super Cub. Ada banyak varian Honda Super Cub, dari C50, C80 dan C100. Tapi yang paling tenar di Indonesia tentu saja Honda Super Cub C70 atau sering dikenal dengan sebutan Si Pitung dari bahasa Jawa, Pitung Puluh (tujuh puluh). 

Kali ini tentu saja Honda mengeluarkan Honda C70 berteknologi modern dan baru tapi tetap dalam balutan retro style. Karena penampilan ‘jadul’-nya ini yang memberi nilai berbeda dan unik.

Hanya saja agar tidak kalah bersaing dengan motor-motor keluaran baru lainnya, Honda memberikan mesin baru untuk Honda C70. Meninggalkan karburator, kini Honda C70 hadir dengan teknologi injeksi PGM-F1. Dengan begitu banyak pilihan warna, Anda pasti tidak akan kesulitan menemukan warna yang cocok untukmu, Pearl Shining Yellow, Virgin Beige, Moonstone Silver Metallic-U, Tasmania Green Metallic, dan Urbane Denim Blue Metallic.

Honda C70 ini sering banget dilirik untuk dimodifikasi lho. Gaya retro-nya yang kental memberikan tantangan pada penggemar-penggemar modifikasi untuk mengutak-atik Honda C70 ini. 

Tapi jika Anda sudah memiliki Honda C70 dan ingin melakukan membangun ulang alias memodifikasi motor lama Anda menjadi baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya akan Otoloka bahas di bawah ini.

Pemilihan Warna  Modifikasi Honda C70

Karena pada dasarnya Honda C70 memiliki warna sederhana, merah, putih atau hijau dan cream. Dengan warna dasar, juga tampilan yang serta memberi nuansa retro maka Anda harus pintar-pintar dalam memilih warna. Re-painting atau pengecatan ulang agar warnanya kembali hidup bisa menjadi salah satu pilihan jika Anda mau mempertahankan warna aslinya yang bernuansa candytone. 

Tapi jika Anda ingin nuansa baru, kami sarankan warna-warna pastel nan lembut untuk menggantikan Honda C70 milikmu. Tetap pertahankan kombinasi warna yang sudah ada, sehingga tujuan awal modifikasi Honda C70 back to basic dapat maksimal kita dapatkan. 

Modifikasi Honda C70 Full Cover

Memang banyak modifikasi Honda C70 yang dilakukan dengan membuang sebagian body dengan berbagai alasan, salah satunya untuk mendapatkan bentuk dan tampilan yang diinginkannya. Tapi ketahuilah, ternyata mesinnya tidak terlindungi oleh body motor, akan mengakibatkan mesin kotor, entah itu karena efek terkena hujan, maupun berbagai hal lainnya. 

Selain itu efek yang sangat fatal tentu saja mesin Honda C70 Anda bisa saja lebih mudah rusak. Jadinya, malah akan membuat Anda harus mengeluarkan banyak biaya dalam perbaikan serta perawatan Honda C70. Tak hanya itu, kalau sudah mesin rusak, bisa saja perjalanan Anda jadi terganggu. So karena Anda akan melakukan modifikasi Honda C70 ada baiknya dipikirkan mengenai pentingnya menutup mesin dengan body guna memperpanjang usia mesin.

Modifikasi Honda C70 Jangan Lupakan Mesin

Setelah selesai dengan modifikasi tampilan luar motor Honda C70 Anda, maka komponen penting lainnya yang harus mendapat sentuhan adalah mesinnya. Tak akan asyik kan kalau dari luar terlihat sangat keren dan baru, tapi kemampuan mesinnya nol besar. 

Anda bisa mengaplikasikan mesin baru, sehingga Anda dapat tenang mengendarai Honda C70 untuk berbagai perjalanan, bahkan hingga perjalanan jauh. Semua ini karena mesin pada Honda C70 ‘jadul’ Anda sudah cukup ketinggalan jaman, jadi ada beberapa mesin dari tipe motor yang dapat Anda coba tanamkan pada Honda C70 agar motor Anda lebih kuat. 

Beberapa pemain modifikasi motor Honda C70 mengaplikasikan mesin Honda Grand, atau Honda Supra. Lakukan pula penggantian pada piston dan klepnya. Piston dan klep dari Kawazaki Kaze bisa menjadi salah satu pilihan Anda. 

Untuk sektor pengapian bisa diganti dengan pengapian CDI, dengan sumber listrik di magnet yang disesuaikan. Ada yang menyarankan pengaplikasian CDI Racing sesuai kebutuhan Honda C70 Anda. Untuk Karburator, gunakan karburator konvesional atau bukan yang tipe vakum. Karburator ini bisa digunakan dari crosspart dari motor lain. 

Komponen yang Dipertahankan dan Dibuang dalam  Modifikasi Honda C70

Pada Sektor Rangka monocok dari Honda C70, Underbone pada pipa bawaan pabrik mau tidak mau harus diganti dengan pipa Hollo mengacu model frame motor bebek Honda masa kini. Gunanya agar kekuatannya dapat ditingkatkan, serta menutup kekurangan motor lama yang bisa saja keropos serta riskan patah akibat faktor usia. 

Saat ini tidak terlalu sulit mencari komponen-komponen klasik untuk memperkeren Honda C70 Anda. Lampu, Jok, Knalpot dan berbagai komponen pendukung lainnya dapat Anda perbaharui. 

Menerapkan elektrik Starter akan memberikan sentuhan modern dalam gaya klasik Honda C70. Kelebihannya adalah untuk memberikan kenyamanan pengemudinya. 

Sistem Shock depan yang sudah cukup ketinggalan Zaman perlu direkondisikan dengan yang baru dan modern. Begitu pula pada Rem. Kita dapat mengaplikasikan tromol dari Honda Astrea untuk tromol depan dan tromol belakangnya, yang cukup meningkatkan performa tanpa merusak style klasik Honda C7 yang diinginkan.

Pelek depan dan pelek belakang digunakan yang 140/17. Sedangkan Ban, kita bedakan. Ban depan gunakan Ban IRC 225/17 kemudian Ban belakang, diinstalasikan Ban Swallow 250/17. 

Kita akan mempertahankan beberapa hal dari Honda C70 dalam modifikasi ini. Untuk lampu bisa digunakan batok asli, dengan hanya meremajakan lampu dalamnya. Begitu pula lampu seinnya. 

Spion retro drat 12 bulat dengan holder panjang, bakal menyempurnakan penampilan. Untuk jok tetap dipertahankan bentukan asli dari jok motor Honda C70. 

Biaya yang Dipersiapkan dalam  Modifikasi Honda C70  

Ada sensasi juga tantangan tersendiri saat memodifikasi Honda C70 kembali ke konsep awal. Anda bisa saja tergoda untuk melakukan terlalu banyak perubahan dan akhirnya keluar dari jalur. Karena itu, mantapkan desain sebelum melakukan modifikasi sehingga tidak akan terjadi pembengkakan biaya. 

Untuk modifikasi Honda C70 kembali ke bentuk awal, kisaran biaya yang harus Anda persiapkan mulai dari 5 jutaan. 

Aksesoris Pemanis Modifikasi Honda C70

Sudah mendapatkan tampilan yang kita inginkan. Anda juga bisa menambahkan beberapa aksesoris tambahan. Bukan aksesoris yang terlalu penting atau wajib. Tapi bisa diaplikasikan untuk kenyamanan saat menggunakan Honda C70. 

Anda dapat menambahkan braket pada bagian belakang atau ada juga yang menambahkan keranjang di bagian depan untuk kemudahan saat membawa barang dan lain sebagainya. Penambahan Side box berwarna putih juga akan tampak cocok dengan Honda C70. Semakin keren dan sempurna.

Semua perubahan yang dilakukan dapat kita kerjakan, tapi perlu diperhatikan, karena dari awal Anda mengusung konsep kembali ke bentuk awal. Jadi modifikasi Honda C70 yang dilakukan bukan hanya mengejar kesan klasik dan retro. Namun tetap harus memperhatikan hasil keseluruhan baik itu fungsi, kemampuan dan nilai estetikanya. 

Setelah melakukan modifikasi pada Honda C70 jadul hingga kembali kinclong seperti baru, Anda tetap harus melakukan perawatan rutin. Baik itu pada body juga mesinnya. Perawatan rutin akan memperpanjang masa usia mesin serta memastikan kendaraan Anda tetap dapat menunjukkan performa prima. 

Sedangkan perawatan pada bagian luar, tentu saja dilakukan agar tetap menjaga warna maupun bentuk yang telah kita modifikasi habis-habisan tetap bagus. Terutama pada warna. Dan jika sudah mulai bosan, Anda bisa melakukan berbagai modifikasi Honda C70 dalam berbagai style lainnya.

  • Suka 3
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya