• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Honda CR-V, Ubahan Ringan Dengan Hasil Maksimal
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Honda CR-V, Ubahan Ringan Dengan Hasil Maksimal

Dilihat 613
Arief Yuno
4 Des 2020, 12:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

modifikasi honda crv otoloka

Otoloka.id - Kehadiran 5 generasi Honda CR-V tentunya pernah disarasakan pecinta otomotif di Tanah Air, terlebih untuk mereka yang berkantung tebal. Kemunculan Honda CR-V saat itu hanya bisa dinikmati sebagian kalangan, pasalnya perekonomian di Indonesia baru masuk dalam masa pemulihan usai tragedi 1998.

Di produksi sejak medio 1997 Honda CR-V justru baru dipasarkan 3 tahun usai produksi alias tahun 2000-an. Dimulai sejak itu Honda CR-V mulai menancapkan taji untuk bersaing di kelas Medium SUV. Dimensi yang mengotak justru membuat CR-V generasi satu dan dua menjadi incaran pecinta modifikasi, 

Berbagai gambaran modifikasi tersaji untuk melampiaskan imajinasi dalam sebuah karya. Menggunakan mesin F20A berkapasitas 2.000 cc pada generasi pertama tentunya bukan halangan dalam sebuah penampilan, Namun jika sebaliknya, generasi dua hingga lima Honda CR-V memiliki dua pilihan mesin.

Sejarah Honda CR-V

elegan modifikasi honda crv

Pada generasi dua  K20A dan K24A1. Keduanya memiliki konfigurasi 4 silinder segaris, versi 2.000 cc memiliki tenaga 150 dk, dan torsi maksimal 194 Nm. Sementara 2.400 cc tenaganya lebih besar, yakni 160 dk dan torsi maksimal 222 Nm. Keduanya memiliki 2 pilihan transmisi yakni 4 percepatan otomatis, dan 5 percepatan manual.

Generasi 3 Honda CR-V, yakni varian 2.000 cc dengan mesin R20A i-VTEC 4 silinder, bertenaga 150 dk dan torsi maksimal 197 Nm. Sementara 2.400 cc memakai K24Z i-VTEC 170 dk dan 231 Nm. Memiliki 2 pilihan transmisi yakni 6 percepatan manual dan 5 percepatan otomatis, dengan penggerak roda depan.

Sementara pada generasi 4 memiliki kode mesin K24Z DOHC dan R20A SOHC. Tenaga yang dihasilkan tidak jauh berbeda dari sebelumnya, 190 dk dan 226 Nm untuk 2.400 cc. Sementara varian 2.000 cc mampu menghasilkan 150 dk dan 190 Nm, keduanya memiliki pilihan transmisi 5 percepatan otomatis dan 6 percepatan manual, serta berpenggerak roda depan.

Dan yang terbaru justru kapasitas mesin mengecil namun tenaga yang dihasilkan cukup bisa bersaing dikelasnya berkat penggunaan turbo yang ada pada Honda Civic, seperti kapasitas 1500cc turbo dengan tenaga 190dk sementara untuk kelas 2.000 cc masih sama seperti generasi empat.

Dengan list kapasitas mesin tentunya bisa jadi acuan untuk kalian yang ingin melaukan modifikasi yang kian merambak di Indonesia, seperti 

Modifikasi Honda CR-V Elegan

touring modifikasi honda crv

Konsep elegan bisa digunakan untuk ke lima generasi dari Honda CR-V, pasalnya konsep elegan pada modifikasi yang menjadi kunci utama adalah bodi kit custom dan velk. Seperti halnya modifikasi pada Honda CR-V generasi tiga lansiran 2008 ini sangat terlihat kece. Penggunaan custom full bumper membuat mobil semakin terlihat berisi, ditambah dengan ubahan velk ukuran 17 dan 18.

Rasanya tidak elok jika bumper mendapat sentuhan modern sementara lampu masih dibiarkan standar, ubahan lampu juga bisa memperkuat konsep elegan yang kalian usung. Penggunaan LED, DRL atau projector bisa menjadi pilihan asalkan tidak mengurangi fungsinya sebagai pencahayaan mobil.

Jika kalian melihat mobil ini masih dalam kondisi cat standar tentunya perawatan empunya patut diacungi jempol, sayangnya warna yang termakan usia membuat mobil harus kembali di repaint dengan warna black solid. Namun justru konsep elegan lebih memancar dimata saat melintas di jalan raya.

Modifikasi Honda CR-V Adventure

adventure modifikasi honda crv

Adventure sangat identik dengan perjalanan jauh, bahkan tidak jarang adventure dikatkan juga dengan off road. Tentunya sama sama melakukan perjalanan, untuk kalian yang suka adventure tidak ada salahnya menggunakan mobil dari Honda CR-V generasi satu, walaupun pada kenyataannya di generasi ini pemilik enggan melakukan ubahan yang ekstrem.

Namun justru sebaliknya Wisnu Dewandaru  lebih memilih konsep yang antimainstrem, yang mana konsep adventure menyesuaikan dengan teknologi AWD yang sudah tertanam di mobil sejak diperkenalkan. Masih kurang puas dengan tenaga 160 dk, bagian mesin ikut mengalami ubahan dengan mengandalkan kepada silinder B20 untuk bagian bawah dan B16 untuk atas. 

Memperkuat konsep adventure tentunya ubahan pada eksterior jadi yang utama. Penggunaan bemper off road menjadi salah satu identitasnya, tinggal bagaimana kalian memilih bahan dan model yang digunakan. Namun yang wajib diketahui penggunaan bemper dengan bobot yang berat tentunya membuat kaki kaki bekerja ektra terlebih pada suspensi.

Solusi yang ditawarkan adalah settingan pada suspensi. Kaki kaki yang kokoh tentunya harus didukung dengan bentuk velk, sementara untuk ban tinggal menyesuaikan kemana tujuan yang akan dilalu. Memberikan kesan mobil petualang penggunaan bug shield dan lampu kabut sukses membuat mobil terlihat gahar.

Modifikasi Honda CR-V Bagian Kaki Kaki

suspensi modifikasi honda crv

Modifikasi ini terbilang sangat simpel, namun berkat penggunaan velk dan ban yang tepat bisa membuat tampilan Honda CR-V langsung berubah. Satu lagi, untuk menopang itu semua dibutuhkan suspensi untuk menyesuaikan tampilan.

Suspensi yang digunakan bisa pakai suspensi coilover atau suspensi udara. Untuk mendapatkan tampilan mobil ceper kalian bisa menggunakan velk 20 inci dengan 10,5 inci dan ban berprofil tipis.

Sementara jika ingin mendapatkan tampilan gahar kalian bisa mengaplikasikan kaki kaki yang biasa digunakan untuk mobil – mobil off road. Berbeda dengan gaya modifikasi ceper. Untuk gaya off road kalian bisa menggunakan ban dan velk yang menggunakan ban A/T asal BF Goodrich sementara pada velk menggunakan Enkei Perfomance Draco ring 17 dengan lebar 7,5 inci.

Kesimpulan Modifikasi Honda CR-V

modifikasi honda crv

Generasi satu dan dua Honda CR-V bisa menjadi pilihan untuk kalian yang suka dengan dunia modifikasi, pasalnya dimensi mobil yang mengotak bisa dengan mudah dipadukan ke berbagai konsep modifikasi. 

Sementara pada generasi 3 hingga terakhir masih memiliki batasan, selain terbilang tahun muda tentunya komponen dan segala bagiannya masih bisa dibilang dalam kondisi baik.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda CRV
    Honda CRV
    Honda CRV
    Angsuran mulai dari:Rp 9,08 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya