• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Honda Win 100, Motor Nasional Idaman Millenial
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Honda Win 100, Motor Nasional Idaman Millenial

Dilihat 7440
Arief Yuno
28 Nov 2021, 13:19
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 2

modifikasi honda win 100

Otoloka.id - Modifikasi Honda Win 100 banyak dilakukan para pemilik yang ingin tunggangannya tampil beda. Terlebih belakangan ini kepopuleran salah satu motor nasional ini kembali naik daun.

Motor nasional? Betul. Walau datang dari brand Jepang, rasanya sah-sah saja menyebut Honda Win 100 sebagai motor nasional. Hal itu dikarenakan keberadaannya cukup dekat di hati masyarakat Indonesia bahkan bagi mereka yang tinggal di pelosok daerah.

Melihat sejarahnya, sejak meluncur tahun 1984, Honda Win langsung menjadi kendaraan operasional berbagai instansi pemerintah yang tugasnya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Aliran Modifikasi Honda Win 100

Lain dulu, lain sekarang. Pada masa-masa kejayaannya Honda Win 100 identik sebagai kendaraan orang instansi. Tapi saat ini penggemarnya justru datang dari kalangan anak muda atau milenial. Baik mereka pecinta motor lawas atau pehobi modifikasi.

Di dunia modif atau custom sendiri sudah cukup banyak hasil garapan modifikasi Honda Win. Alirannya pun tentu sangat beragam.

Untuk tren yang berkembang sekarang adalah restorasi dengan tujuan menjadikan kondisi motor kembali orisinil seperti baru. Selain itu, modifikasi bergaya trail vintage atau scrambler juga marak ditemui untuk Honda Win.

Honda Win 100 Modif Scrambler

modifikasi honda win 100 scrambler

Dalam kondisi standar body Honda Win terlihat kurus untuk ukuran motor jenis sport. Jika Anda tak puas dengan hal tersebut, modifikasi gaya scrambler dapat dijadikan pilihan. Penggunaan ban gambot semi offroad yang menjadi salah satu ciri aliran ini dijamin akan membuat motor menjadi lebih gagah.

Guna melengkapi penampilannya, body motor juga perlu mendapat perubahan. Misalnya dengan pelepasan cover aki hingga mengganti jok dengan model yang lebih tipis. Tak kalah penting adalah mengganti knalpot memakai model yang menjulur ke atas sebagai ciri khas lain motor scrambler.

Honda Win Ganti Baju Body CB

modifikasi honda win 100 2

Pilihan modif selanjutnya bagi Anda yang ingin tampilan Honda Win 100 jadi lebih gagah adalah ganti baju dengan milik motor lain. Contohnya adalah kepunyaan Honda CB200. 

Alasan dipilihannya CB200 karena bentuk tangki dan cover body sampingnya terlihat cukup gagah. Lebih sangar dibanding misalnya Honda CB100.

Untuk mewujudkan konsep ini perubahan yang perlu dilakukan cukup banyak. Mulai dari tangki bensin, cover body samping, jok, hingga spakbor. Belum lagi modifikasi kaki-kaki dan knalpot agar tampilan motor secara keseluruhan lebih selaras.

Modifikasi Honda Win Flat Tracker

modifikasi honda win 100 flat trecker

Modifikasi bergaya flat track mengambil inspirasi dari motor-motor yang dipakai untuk balap tanah datar. Konsep seperti ini juga bisa menjadi alternatif modifikasi Honda Win milik Anda.

Contoh garapan aliran modifikasi flat track adalah Honda Win milik seorang bikers sekaligus jurnalis Arif Syahbani. Honda Win miliknya sudah dirombak habis untuk mengikuti balap tanah datar.

Semua bagian body motor diangkat. Tangki diganti menggunakan milik Kawasaki KE125. Tak ketinggalan penggunaan body belakang khas flat track yang punya bentuk runcing di ujungnya.

Sementara itu rumah lampu depan dibuat bentuk kotak dengan headlight bundar di dalamnya. Bukan sekadar aksesori, tapi komponen ini juga berfungsi sebagai tempat nomor lomba saat balapan.

Bikin Tampilan Balap Cafe Race

modifikasi honda win 100 cafe racer

Cafe racer menjadi salah satu aliran modif atau custom yang tengah marak saat ini. Gaya motor-motor cafe racer terinspirasi dari motor sport klasik yang banyak digunakan para bikers di Inggris untuk balapan dari satu cafe ke cafe lainnya.

Ingin memodifikasi Honda Win milik Anda seperti? Hal tersebut bisa saja dilakukan dengan beberapa perubahan pada body motor. Dimulai dari mengganti stang bawaan Honda Win dengan model yang lebih rendah posisinya.

Selain itu, ciri khas utama dari motor cafe racer adalah penggunaan buntut tawon yang posisinya menggantikan jok belakang.

Baca juga: Tips Irit Bahan Bakar saat Touring

Honda Win Modif Trail Vintage

modifikasi honda win 100 vintage

Secara natural Honda Win 100 adalah motor yang diciptakan untuk melibas segala medan. Walau bukan medan off road yang berat, tapi ketangguhan Honda Win sudah terbukti sebagai kendaraan operasional pemerintah sejak lama.

Di bagian suspensi motor ini punya bantingan yang sangat empuk. Bahkan untuk memberi kenyamanan ekstra, stang Honda Win memiliki semacam bantalan karet yang berguna untuk meredam getaran.

Karena itu modifikasi bergaya trail vintage cukup sejalan dengan desain awal motor ini. Anda hanya perlu mengubah tampilannya agar terlihat lebih lawas.

Baca juga: Cara Merawat Ban Motor agar Awet

Honda Win 100 Supermoto

modifikasi honda win 100 supermoto

Aliran supermoto dapat dikatakan merupakan pengembangan dari motor trail itu sendiri. Body dan suspensi yang digunakan boleh sama, namun jenis bannya berbeda.

Kalau motor trail menggunakan ban knobby atau tahu, supermoto menggunakan ban slick atau dual purpose. Dilihat dari sejarahnya, kelahiran motor supermoto ditujukan untuk membuat motor trail juga dapat dipakai di jalan aspal.

Untuk tipe Standar, Honda Win menggunakan ban dengan diameter 17 inci. Anda bisa mempertahankan diameter tersebut, namun perlu mencari ban dengan profil yang lebih lebar agar terlihat gagah.

Baca juga: Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan

Honda Win Trail Klimis

Tanpa modifikasi yang ekstrem sebenarnya Honda Win juga sudah bisa tampil keren. Dengan catatan kondisi motor terlihat rapi. Untuk mempermanis penampilannya, Anda bisa bermain pada pemilihan cat dan livery di bagian body dan tangki.

Penggunaan livery tiga warna khas brand Honda seperti yang nampak pada Honda Win berwarna putih ini bisa dijadikan contoh.

Tergantung kondisi motor, jika kondisi motor Anda sudah cukup rapi kemungkinan besar tidak membutuhkan banyak perbaikan untuk mengejar tampilan klimis.

Baca juga: Cara Aman Berkendara Melewati Jalan Rusak

Kesimpulan

Ada beragam alasan seseorang membeli motor tua seperti halnya Honda Win. Di antaranya adalah alasan nostalgia. Jika Anda termasuk pemilik yang seperti ini mungkin sebaiknya motor dijaga selalu dalam kondisi standar dan orisinil.

Lain hal jika Anda memang membelinya sebagai bahan modifikasi. Tinggal pilih saja konsep yang paling sesuai dengan selera kondisi kantong. 

  • Suka 2
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya