• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Innova Reborn ala Venturer

Dilihat 1325
Guntur Hanggara
1 Sep 2020, 15:07
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga di Indonesia, Toyota Kijang Innova muncul sebagai mobil keluarga impian. Semua itu tidak lepas dari kabin yang lapang dan nyaman, serta mampu menampung hingga 7 penumpang dewasa yang diusung Toyota Kijang Innova. 

Pada tahun 2004 lalu, Toyota secara resmi merilis Kijang Innova yang masuk kategori mobil berjenis medium MPV. Innova hadir sebagai pengganti dari Toyota Kijang, untuk produksi dan pemasaran di Indonesia di bawah pengawasan Toyota Astra Motor. 

Sejarah Innova Reborn

Kalau generasi awal Toyota Kijang memiliki konsep sebagai kendaraan kelas bawah, maka Kijang Innova hadir untuk memenuhi segmen kelas menengah. Tampilannya lebih mewah dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih modern. 

Mengincar segmen konsumen yang sudah berkeluarga dan juga para eksekutif muda yang membutuhkan kendaraan untuk menemani aktivitas mereka sehari-hari, Toyota Kijang Innova hadir. termasuk dalam kategori MPV tradisional atau minibus, Innova menggunakan sasis ladder frame dengan penggerak roda belakang. Perubahan paling total terlihat dari sektor eksterior, di mana model bodi Kijang Innova sudah tidak tampak seperti kotak lagi dan tidak menonjolkan bentuk lekukan tajam seperti pada model pendahulunya. 

Akan tetapi, Innova termasuk mobil yang sangat mudah untuk dikemudikan mengingat bodinya yang terbilang bongsor. Mengendarai Kijang Innova saat ini sudah seperti mengendarai mobil sedan, sehingga cukup ideal untuk berkendara di kondisi lalu lintas yang padat. 

Innova Reborn dan Venturer

Sedangkan Toyota Innova versi Venturer merupakan turunan versi mewah keluarga Kijang Innova. Karakter dari Toyota Venturer ini menurun langsung dari Innova Q yang menjadi basisnya. Tetapi saat ini, nama Toyota Innova Venturer sudah berganti menjadi Toyota Venturer, tanpa ada embel-embel Innova. Itulah kenapa halaman modelnya terpaksa terpisah dengan Kijang Innova. 

Sepertinya hal ini diakibatkan oleh strategi pasar luar negeri yang sudah lebih dulu membedakan Toyota Innova dengan versi yang lebih mewah. Mengingat Venturer merupakan versi mewah dari produk Toyota. 

Walau begitu, dimensi dari Kijang Innova Reborn dan Toyota Venturer memiliki kesamaan. Dengan panjang keseluruhan 4.735 mm, lebar Keseluruhan 1.835 mm, tinggi keseluruhan 1.795 mm. Termasuk juga jarak Poros Roda 2.750 mm, membuatnya mudah untuk di modifikasi satu sama lain.

Desain Innova Reborn

Desain eksterior Innova Reborn mendapatkan penyegaran pada 2017 lalu dengan aksen krom pada grill, lalu headlamp yang desainnya ramping dan memanjang. Toyota juga menyediakan opsi velg 17 inci untuk carian mesin diesel. Desain eksterior Toyota Kijang Innova Reborn terkenal dengan ciri khas boxy ketimbang generasi sebelumnya. Kesan boxy ini membuat Innova Reborn terlihat kokoh dan mewah. 

Model gril besar dan bodi yang sedikit gambot, mengesankan sosok mobil tangguh untuk aktivitas harian. Hanya saja desain tersebut dinilai kurang mewah dan elegan. Sehingga banyak pemilik Innova Reborn yang ingin mengubah tampilan eksterior Innova Reborn seperti Venturer. 

Memodifikasi Innova Reborn menjadi versi venturer saat ini tidak terlalu sulit. Sudah banyak bengkel-bengkel yang mampu menyulap mobil Innova Reborn berpenampilan seperti Toyota Venturer. Apalagi mengingat mereka memiliki penampilan yang mirip. Seperti guratan silhouette khas Kijang Innova masih terlihat jelas pada Venturer. Begitu juga dengan gril dan lampu utama yang berbentuk sipit. 

Sementara itu, lampu belakang bergaya bumerang. Agak sulit membedakan antara Innova dengan Venturer bila kita tidak melihat emblem belakangnya. Namun, Toyota masih mempertahankan gaya minibus jadul pada Venturer dengan sasis ladder frame. Sementara itu, MPV seharga Rp 400-500 jutaan lainnya berwujud boxy sehingga kesan premium lebih kuat. 

Bedanya hanyalah "mata" Venturer dengan headlamp projector terkini terlihat hampir menyerupai Ranger Rover Evoque. Selain itu, terdapat ciri khas Venturer lain yang membedakannya dengan Innova yaitu pada aksen krom dan panel body kit hitam doff. Dengan basis dari Innova reborn, maka ukuran Venturer yang bongsor bertujuan untuk memperluas kabin agar penumpang merasa lebih lega. 

Ubah Innova Reborn jadi Venturer

Dari penelusuran Otoloka, Shine Auto Light Kemayoran mengeklaim mampu memodifikasi Innova Reborn menjadi seperti Venturer. Bahkan mereka menyediakan tiga paket eksterior mulai dari body kit, grill, dan pelek. Semua karena add-on body kit dari pabrikannya. Body kit yang tersedia sudah berbentuk plug and play dan asli keluaran dari Venturer. Peningkatan ini tentunya selain bisa bikin Innova Reborn berubah menjadi Venturer dan juga membuat tampilannya tampak lebih berisi. Semua tidak lepas dari desain body kit ini juga mampu menawarkan tampilan lebih luxury.

Pada akhirnya, desain eksterior Innova reborn akan berubah menjadi seperti venturer yang gagah dengan kombinasi kesan macho SUV dan aksen lebih elegan dan mewah bawaan Innova Reborn. Kesan krom yang biasanya terlihat pada Venturer juga dihadirkan pada modifikasi Innova Reborn ini. Dengan memaksimalkan penggunaan krom, hal ini bisa dilihat pada ornamen yang ramai mengisi lis grill, ornamen pintu belakang, lis jendela samping dan body kit dengan aksen hitam doff di sekujur body Modifikasi Innova Reborn ini tampak seperti Venturer. 

Kesan sangar yang dihadirkan Venturer juga terlihat dari modifikasi Innova Reborn ini. Terlihat dari penempatan lampu heksagonal multi reflektor lebih tajam dan garnish over fender berikut side skirt hitam doff. Kaca headlamp pun dibuat gelap dengan smoke style dan garnish black chrome pada foglamp. Sementara itu, kesan mobil mahal ditunjukkan dari aksen krom di bagian lis grill, ornamen pintu belakang, lis jendela samping dan body kit. Kesan kekar ditonjolkan dengan panel hitam doff dengan gaya overfender mirip di Toyota Rush.

Selain body kit, terdapat juga grill untuk menambah kelengkapan modifikasi Innova Reborn agar semakin mirip dengan Ventura. Sama seperti body kitnya yang memiliki fitur plug and play, begitu pula dengan grillnya, sehingga memudahkan pemasangan pada mobil Innova Reborn. Jika versi Innova Reborn lebih dihiasi dengan aksen krom, maka pada versi Venturer penampilan grill lebih maskulin dengan aksen dof. 

Ubah Velg Innova Reborn

Begitu juga dengan velg untuk memodifikasi Innova Reborn menjadi seperti Venturer. Bila Velg versi Innova reborn sebesar 16 inchi, velg versi Venturer lebih besar 1 inchi menjadi 17 inchi. Untuk Velg, menggunakan velg original milik Venturer langsung sebesar 17 inch black alloy wheels. Begitu juga dengan headlampnya. Head lamp Innova Reborn bisa diganti dengan headlamp standar milik Venturer yang sudah dilengkapi dengan lampu depan LED proyektor dengan latar smoke (hitam)

Modifikasi Toyota Innova Reborn menjadi Venturer itu, di klaim Shine Auto Light Kemayoran, hanya merogoh kocek sebesar 14, 2 juta. Dimana untuk body kit seharga 6,5 juta dan sudah termasuk ongkos pasang, grill 1,4 juta dan harga velg standar venturer sebesar 6,3 juta. 

Selain itu, terdapat juga body kit Toyota Innova reborn, buatan bengkel Prototype di Surabaya. Sudah terpasang di sekitar 20 mobil sedari tahun 2017. Dengan penambahan yang minim, tapi mampu menghadirkan tampillan add-on depan yang cukup dinamis. Keberadaan splitter membuat kesan Toyota Innova Reborn menjadi lebih sporty dan tampil agresif. 

Pada bagian samping, side skirts yang terpasang punya desain mirip seperti splitter di bagian depan. Meski untuk lekukan terlihat cukup simpel hanya saja pada bagian tengah add-on, buritan ini tampil cukup garang.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya