• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Katana, Jip Mungil yang Nggak Ada Matinya

Dilihat 872
Arief Yuno
6 Des 2020, 10:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Dalam artikel kali ini kita akan melihat ragam modifikasi Katana. Sebuah SUV atau orang dulu banyak menyebutnya sebagai “jip”. Lahir di era 1980-an, Katana berhasil membuat Suzuki berjaya di masa-masa tersebut.

Walau mobil ini usianya sudah tak muda lagi, tapi sampai sekarang daya tariknya seolah tak pernah habis. Suzuki Katana masih menjadi buruan para penyuka offroad atau sebatas mereka yang menyukai mobil-mobil jip retro.

Menurut sejarah mobil ini sudah dijual di Indonesia sejak 1983. Tapi waktu itu masih menggunakan nama Jimny 4x2. Nama Katana itu sendiri baru resmi digunakan tahun 1986. Karena hanya menggunakan sistem gerak 4x2, banyak juga orang yang menyebutnya Jimny “Banci”. 

Di tangan para pemiliknya Suzuki Katana kerap mendapat sentuhan modifikasi yang umumnya mengusung gaya offroad. Walau ada juga yang mengambil arah berbeda.

Modifikasi Katana

Suzuki Katana hadir dengan membawa DNA mobil petualang yang diwariskan dari Suzuki Jimny. Sehingga wajar saja bentuk modifikasi dari para pemiliknya tak jauh-jauh dari dunia offroad.

Sejatinya Katana hadir sebagai versi terjangkau dari Jimny. Atau bisa dibilang versi yang lebih cocok untuk digunakan sehari-hari terutama di jalanan perkotaan. Alasan utamanya karena Katana tidak dibekali sistem penggerak roda 4x4 seperti halnya Jimny.

Tapi hal tersebut tak menyurutkan sebagian pemilik Katana untuk mengajak kendaraannya main tanah. Modal utama yang harus dimiliki tentu keahlian pengendalian mobil di medan jalan sulit, seperti lumpur.

Tapi untuk membuat performa Katana lebih maksimal di jalanan rusak, modifikasi sistem penggerak roda 4x2 menjadi 4x4 bisa dilakukan.

Tapi tentunya tak semua orang menginginkan modifikasi seperti ini. Bagi mereka yang hanya mengutamakan tampilan, banyak juga alternatif cara untuk membuat tampilan Katana menjadi lebih istimewa.

Modifikasi Katana 4x2 Jadi 4x4

Penggunaan sistem penggerak 4x4 berfungsi membuat mobil lebih mudah melintasi jalan offroad. Hal ini karena pada prinsipnya keempat roda punya kemampuan menggerakkan mobil. Bukan hanya dua seperti mobil-mobil kebanyakan.

Melakukan modifikasi Katana 4x2 menjadi 4x4 termasuk perubahan besar yang tentunya membutuhkan upaya dan dana tak sedikit. Tapi buat mereka yang sudah fanatik biasanya itu semua bukan lagi halangan.

Untuk modifikasi ini dibutuhkan satu set sistem penggerak baru. Komponen utama yang dibutuhkan antara lain transfer case, propeller shaft, hingga differential. Barang-barang tersebut bisa diambil dari Suzuki Jimny yang dari pabrik sudah dibekali sistem penggerak 4x4.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi biaya untuk modifikasi seperti ini. Angkanya sendiri bisa berada di kisaran Rp8 jutaan sampai Rp15 jutaan.

Suzuki Katana Modif Off Road

Modifikasi Katana 4x2 menjadi 4x4 seperti yang dijelaskan di atas rasanya memang sudah cukup untuk membuat mobil ini menjadi lebih istimewa. Tapi kalau kita juga ingin tampilannya makin bernuansa offroad maka perlu dilakukan pemasangan sejumlah aksesori.

Contohnya bisa kita lihat pada Jimny dengan kelir silver ini. Di mana eksterior mendapat penambahan aksesori-aksesori offroad, mulai dari winch, crash bar, bull bar, hingga lampu tambahan di atas atapnya.

Tak ketinggalan penggunaan ban dengan profil yang dikhususkan untuk jalanan offroad. Menariknya, dari sebuah ulasan mengenai mobil ini, konsep yang diusungnya adalah offroad sleeker yang artinya mobil juga masih nyaman digunakan untuk harian di jalanan perkotaan.

Modifikasi Katana Atap Soft Top Sierra

Untuk membuat Suzuki Katana menjadi berbeda modifikasi yang bisa dilakukan bukan hanya berkutat pada performa atau sektor kaki-kaki. Kita juga bisa melakukan ubahan pada eksterior atau body-nya.

Salah satu contoh yang cukup menarik bisa dilihat dari Suzuki Katana oranye keluaran 2003 ini. Mengacu pada style yang dimiliki Jimny Sierra, sang pemilik memutuskan untuk memodifikasi bagian atap menjadi tipe soft top.

Seperti diketahui, sebelumnya Katana menggunakan atap model keras yang menyatu dengan body.

Untuk mengubahnya mau tak mau harus dilakukan pemotongan. Proses pemotongan ini pun memiliki tantangan tersendiri karena harus dilakukan dengan presisi. Tak dibiarkan terbuka, atapnya pun kemudian diganti model kanvas.

Modifikasi Katana Ganti Wajah Versi Jepang

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, tak selamanya modifikasi Suzuki Katana harus mengusung gaya offroad.

Contoh lainnya yang bisa ditemui adalah Katana GX berwarna biru ini. Enggan mengadopsi modif gaya offroad, sang pemilik justru melakukan face swap dengan Jimny versi Jepang. Lebih tepatnya model JA11.

Modifikasi ini dipilih lantaran wujud Katana dan Jimny model tersebut dirasa mirip. Hanya saja aksesori yang menempel berbeda. Di eksterior modifikasi yang dilakukan antara lain penggantian bumper, pemasangan air scoop, hingga penggunaan lampu kabut berwarna kuning yang menjadi ciri Jimny versi Jepang.

Sebenarnya, bukan hanya eksterior yang digarap. Tapi juga meliputi interior, namun untuk bagian ini acuannya adalah Jimny tipe JA22.

Kesimpulan

Sulit disangkal modifikasi dengan gaya offroad menjadi arah ubahan yang paling sesuai untuk Suzuki Katana. Hal tersebut dikarenakan DNA yang dimiliki mobil itu sendiri. Tapi sebagai pemilik kita tak harus mengikutinya seratus persen.

Ubahan-ubahan ringan mengadopsi style dari Jimny bisa juga dijadikan acuan untuk membuat penampilan mobil ini lebih istimewa. Atau malah hanya sebatas bermain pada sektor kaki-kakinya.

Sedangkan bagi kita yang baru berniat untuk memiliki mobil ini tentunya bisa menengok ke pasar mobil bekas untuk mendapatkannya. Perlu diketahui setidaknya ada dua tipe Katana yang beredar di Indonesia, yaitu tipe DX sebagai model basic dan GX yang berada di atasnya.

Salah satu perbedaan penting antara kedua tipe ini adalah konfigurasi jok belakang. Katana DX menggunakan jok belakang saling berhadapan. Sedangkan Katana GX menghadap ke depan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya