• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Kawasaki ER-6n dengan Identitas Baru

Dilihat 319
Eza Fadil
13 Ags 2020, 21:59
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Studio Motor memodifikasi Kawasaki ER-6n menjadi street tracker dengan tampilan buas. Dibandingkan dengan versi standar tentunya motor yang satu ini sangat berbeda. Kawasaki ER-6n bagi sebagian orang adalah kuda besi moge yang realistis. Berbekal mesin dua silinder 650 cc, ia masih sangat nyaman saat digunakan sehari-hari. 

Walaupun dari segi desain sudah ketinggalan zaman. Namun semua itu berubah total saat motor keluaran 2015 itu berada di tangan pabrikan Studio Motor. Kuda besi ini seolah memiliki jati diri baru, dan bisa menambah rasa percaya diri pemiliknya. Motor bermesin paralel twin 650 cc ini milik pelanggan asal Bandung, atau berjarak kurang lebih 150 km dari bengkel Studio Motor di Jakarta. Pemilik memberikan tugas khusus kepada builder untuk melakukan remix agar kuda besinya terlihat lebih cantik.

Konsep utama modifikasi Kawasaki ER-6n mengarah pada gaya street tracker. Ternyata hasil akhirnya lebih dari fungsionalitas peningkatan tampilan, tetapi peningkatan. Beberapa bagian motor telah mengalami perombakan yang cukup signifikan. Di bagian depan, Anda bisa melihat bahwa kakinya membesar dan berotot. Ada juga penggantian perangkat standar dengan komponen premium, yaitu penggunaan suspensi upside down Ohlins. Peredam kejut diambil dari unit Ducati, tetapi tidak terkalahkan. Di belakangnya juga memakai monosok dengan merek yang sama.

Baca Juga: Modifikasi Suzuki Swift GT Jadi Monster Balap

Supaya lebih macthing, dipasangkan rem cakram ganda tipe radial dengan kaliper dari Brembo. Disknya adalah peringatan Sunstar, tetapi ada aksen emas untuk menyesuaikan dengan suspensi. Bagian pengereman belakang juga menggunakan unit yang sama namun jumlah kaliper berbeda. Sektor lain yang mendapat ubahan adalah sepatbor depan yang kini menggunakan versi custom dan cover radiator baru. Selain itu, disediakan as roda depan dan belakang untuk melindungi roda.

Sesuai dengan konsep yang diinginkan, tim Studio Motor melepas pelek alloy 17F / 17R dari pabrik. Diganti dengan jari-jari, model depan 18 inci dan belakang 17 inci dari TK Racing buatan Jepang. Guna menunjang tampilan tracker, velg dibalut dengan ban dual sport Shinko E805. Komponen tersebut telah terbukti memberikan cengkeraman yang lebih baik dan mampu menahan berbagai kondisi jalan raya.

Perubahan Lain modifikasi Kawasaki ER-6n

Salah satu perubahan yang paling mencolok tentunya datang dari sudut pandang visual. Seluruh bodywork dihilangkan, termasuk spoiler bawah dan beberapa detail bagian. Mereka juga membuat ulang seluruh bagian atas. Mulai dari lampu, setang, tangki, jok hingga buntut. Semuanya dikerjakan sendiri oleh tim Studio Motor sesuai kebutuhan pengendara.

Dari sektor pencahayaan, tim mempercayakan proyektor dual LED yang disusun secara vertikal. Sarungnya berbentuk papan dan dibuat persis dengan ukuran lebar garpu. Berwarna hitam dan terlihat minimalis. Di atasnya diberi plat nomor kecil yang juga berfungsi sebagai pelindung speedometer.

Baca Juga: Modifikasi Suzuki Jimny Asal Jepang Ini Menggoda Mata

Sektor kemudi tak lagi mengandalkan setang sempit binaan ER-6n, diganti wide tracker dari Rizoma. Spidometer atau panel instrumen tidak ada yang berubah, tetap kombinasi digital dan analog. Untuk switch atau konsol lain masih berfungsi dengan baik sehingga masih dipertahankan. Perubahan hanya pada grip, sein, dan master rem Nissin baru.

Tangki dibuat ulang menggunakan aluminium. Menariknya, desain monokok hingga buntutnya menjadi satu paket. Jadi tampil lebih gagah dan kokoh. Sedangkan joknya menggunakan model slim tuck roll berwarna gelap. Meski dibuat kecil, namun tetap memberikan jenjang bagi pembonceng. Tapi sepertinya tidak cukup untuk mempertimbangkan dua orang dewasa.

Bagian Belakang dibuat Simpe dan Sederhana

Pada bagain buntutnya dibuat simpel, hanya ada stop lamp yang dipasang di paket tangki. Semuanya dibangun di atas subframe yang juga dapat disesuaikan, tetapi dengan tingkat detail dan presisi yang tinggi. Untuk pemasangan aki dan komponen pendukung lainnya tersimpan rapi dibawah jok.

Dalam hal pengecatan, Studio Motor memilih yang sederhana. Mereka meminta Komet Studio untuk menggunakan abu-abu gelap matte sebagai alas, dengan aksen garis hitam untuk mempertegas siluet. Bagian mesinnya masih standar, karena pemiliknya tidak ingin menambah tenaga atau dari segi performa. Jadi, Studio Motor hanya membuat knalpot model 2 in 1 full system yang terbuat dari stainless steel.

Seperti yang kita ketahui, Studio Motor sudah terkenal di dunia custom sepeda motor dan banyak karyanya yang banyak diapresiasi oleh majalah custom manca negara. Hasil akhir yang mereka buat sama sekali tidak mengecewakan. Bengkel asal Jakarta ini rupanya telah merubah wujud jeleknya menjadi lebih kelren, tentunya tanpa menghilangkan ciri ER-6n. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya