• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Kawasaki KLX, Back To Offroad

Dilihat 803
Yogi Pratama
29 Sep 2020, 08:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id - Sebelum jauh membahas modifikasi Kawasaki KLX, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa “KLX” merupakan singkatan dari “Light Cross”.

Si tangguh KLX adalah turunan langsung dari seri KX atau Kawasaki Cross yang sengaja dibuat untuk mengarungi medan jalan yang lebih luas, aspal maupun tanah.

Jika pada seri KX balutan mesinnya adalah 2 tak yang memang diperuntukkan untuk mengarungi medan offroad, maka seri KLX yang dibuat untuk mengarungi jalan umum. Sehingga kelengkapan berkendaranya harus dilengkapi seperti pemasangan spion, panel meter, standar samping, lampu depan-belakang, lampu sein, dan kunci kontak.

KLX yang juga adalah salah satu dari keluarga geng hijau Kawasaki dalam 5 tahun ke belakang memang menjadi produk yang cukup digandrungi di Tanah Air. Kepopuleran seri KX sebelumnyalah yang membawa pengaruh  cukup besar pada penjualan seri KLX. Tak hanya kalangan offroader pro, masyarakat penghobi dan punya jiwa petualang tinggi pun semakin banyak terlihat dari semakin seringnya produk KLX wara-wiri di jalan.

Perkenalan pertama KLX di Indonesia adalah tahun 2009 di mana Kawasaki merilis seri KLX 150S. Tahun 2013 tepatnya pada bulan Desember Kawasaki merilis lagi KLX 150 L banyak perubahan pada seri yang satu ini selain pada final gir yang diubah dari sebelumnya 47/14 menjadi 43/14.

Baca Juga: Modifikasi Kawasaki Z250, Gaya Jadul Penuh Muatan Sentimentil

Tahun 2015 Kawasaki merilis lagi KLX 150 BF yang dilengkapi dengan aksesoris seperti hand guard, engine guard, pelek berwarna hitam, lampu yang membulat serta fitur baru speedometer dan tentunya sentuhan mesin yang sudah lulus uji emisi EURO 3.

Tahun 2016 KLX 150 dirilis khusus untuk offroad, tentunya kembali dengan karburator vakum agar mesin lebih bertenaga. Selain itu juga motor ini tanpa menggunakan lampu karena peruntukannya adalah untuk menerjang medan-medan offroad. 

Modifikasi KLX Offroad 

Modifikasi KLX Offroad

Sejatinya KLX yang beredar sekarang memang diperuntukkan untuk di jalan apa saja walaupun dilengkapi dengan ban dual purpose-nya. Untuk modifikasi KLX aplikasi yang paling sering dilakukan adalah membuatnya kembali ke medan offroad. 

Modifikasi jenis ini bisa saja dilakukan dengan budget yang tidak terlalu besar. Modifikasi yang wajib dilakukan untuk membuat KLX bisa merabas medan offroad tentunya dengan mengganti karburator. Karburator yang tertanam di KLX adalah karburator vakum yang jika dipakai untuk kegiatan offroad tenaganya akan sangat lemah. 

Pada modifikasi ini baiknya mengganti karburator dengan jenis skep yang harganya dikisaran 1juta sampai 1,5 juta. Ada juga merk lain yang lebih murah dengan harga dibawah satu juta tapi kualitasnya pasti akan berbeda. 

Modifikasi KLX Offroad

Setelah mengganti karburator rasanya kurang lengkap jika tidak melengkapi dengan knalpot yang sesuai. Walaupun secara tarikan sudah lumayan karena pergantian karburator, tapi tanpa mengganti knalpot performa untuk offroad rasanya sedikit kurang maksimal. Pada modifikasi ini usahakan menggunakan knalpot free flow yang kisaran harganya sekitar 500 ribuan.

Modifikasi selanjutnya ada di bagian sprocket atau Gear.  Selain pada karburator dan knalpot penggantian gir juga wajib ada modifikasi ini agar tarikan mesin untuk offroad semakin maksimal. Penggantian gir bisa dilakukan di depan atau belakang saja atau keduanya. Harga yang ditawarkan cukup murah mulai dari Rp60.000 sampai dengan Rp260.000.

Ban standar pada Kawasaki KLX walaupun sudah dibuat dengan dual purpose tapi untuk kegiatan offroad dirasa kurang mumpuni. Maka dari itu, mengganti ban yang sesuai dengan kebutuhannya dirasa sangat perlu. Harga yang ditawarkan untuk pergantian ban sekitar 700-800 ribuan untuk keduanya.

Untuk modifikasi opsionalnya yang bisa dilakukan diantaranya memasang gas spontan, mengganti kampas kopling dan per kopling, mengganti handlebar model fatbar atau twinwall, memasang hand guard,memasang bar pad,memasang tuas kopling dan tuas rem model lipat dan memasang tuas gigi model lipat. 

Selain itu mengganti footpegs yang lebih lebih lebar dan bergerigi, memasang skid plate, disc guard, frame guard, bore up kit buat mesin, noken as, koil racing, busi iridium bisa juga jadi pilihan untuk membuat Kawasaki KLX anda semakin maksimal tak hanya dari segi penampilan tapi juga performa. 

Modifikasi KLX Offroad

Berikut adalah spesifikasi Kawasaki KLX 150 yang bisa anda jadikan acuan untuk memodifikasi kedepannya. 

Spesifikasi Kawasaki KLX 150

Mesin

  • Tipe : 4-Langkah, SOHC, berpendingin udara

  • Maksimum Power : 8,6 kW/8000 rpm

  • Torsi Maksimum : 12 Nm/6500 rpm

  • Karburator : Keihin CV24

  • Diameter x Langkah : 58,0 x 54,4 mm

  • Volume Silinder :  114 cc, 1 silinder

  • Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1

  • Sistem Pengapian : DC-CDI

  • Jumlah Transmisi : 6 speed, return

Dimensi

  • Panjang x Lebar x Tinggi : 2.080 mm x 770 mm x 1145 mm

  • Jarak Poros Roda : 1.430 mm

  • Jarak ke Tanah : 255 mm

  • Berat : 115 kg

  • Kapasitas Bensin : 7 liter

Rangka

  • Suspensi Depan : 43 mm upside-down telescopic fork

  • Suspensi Belakang : New Uni-Trak

  • Rem Depan : Single 240 mmDisc Twin Piston

  • Rem Belakang : Single 190 mm Disc Single Piston

  • Ban Depan : 2.75-21 45P

  • Ban Belakang : 4.10-18 59P

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya