• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Kawasaki Ninja RR, Motor Legendaris Dalam Street Fighter Model
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Kawasaki Ninja RR, Motor Legendaris Dalam Street Fighter Model

Dilihat 836
Guntur Hanggara
24 Sep 2020, 16:32
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Kawasaki Ninja RR, motor sport fairing bermesin 2-tak ini ternyata menjadi incaran para pencinta otomotif. Selain karena bentuknya yang keren, Kawasaki Ninja RR juga seakan memiliki nama yang melegenda. Bahkan saat ini, para bikers tetap bersedia merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membawa pulang Kawasaki Ninja RR ini. 

Kawasaki Ninja RR ini dilengkapi dengan teknologi Super KIPS (Kawasaki Intergrated Power Valve System). KIPS memungkinkan buka tutup katup guna membagi gas buang saat mesin bekerja di atas 7.000 RPM. Raungan ini pula diatur pada saat mesin sedang berada diputaran menengah dan atas. Semua dimaksudkan untuk meminimalisir gas buang agar tidak terbuang sia-sia pada putaran rendah. Katup KIPS membuka lubang pembuangan tambahan sehingga sirkulasi gas buang lebih lancar dan cepat. Sistem KIPS ini memungkinkan buka tutup katup pada kisaran RPM tinggi dan rendah. 

Selain itu tersedia pula teknologi HSAS (High Performance Secondary Air System) dengan fungsi memasukkan udara bersih ke dalam exhaust chamber. Sehingga menghasilkan campuran emisi gas buang CO2 dan H2O yang lebih ramah lingkungan. Kedua teknologi itu pula yang membuat harga Kawasaki Ninja RR cukup mahal. Terutama untuk Ninja RR dengan desain sporty dalam balutan body full fairing. 

Semua orang sudah mengetahui motor 2-Tak itu cukup boros dalam penggunaan bahan bakar. Dikarenakan motor 2-Tak menggunakan sistem pembakaran karburator. Karburator yang digunakan pun tipe Mikuni VM 28 dan memiliki sistem transmisi manual 6 percepatan. Tapi tenang, tangki bahan bakarnya mampu menampung sekitar 10,8 liter. 

Kawasaki Ninja RR ini dalam perjalanannya sudah melintasi beberapa generasi. Bahkan bertarung di dua segmen, sport fairing 2-Tak dan 4-Tak. Ninja RR bahkan telah memberikan kontribusi sangat besar kepada Kawasaki. Serta mencatatkan prestasi gemilang dalam perjalanannya. Di saat banyak pesaingnya yang harus pensiun karena tak dapat mengikuti standar emisi yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Kawasaki Ninja RR mampu bertahan. Karena produksi motor bermesin 2-Tak telah lama dihentikan. Minat bikers terhadap motor dengan knalpot berasap itu cukup tinggi. Hingga harga bekas motor Kawasaki Ninja RR pun kian naik.

Dengan performa yang sangar serta sporty, Ninja RR berhasil memukau banyak orang. Namun, jangan salah, semua performa keren itu harus dibayar dengan biaya perawatan rutin yang cukup mahal dan rumit.

Meski begitu, hal tersebut tidak menyurutkan minat para pencinta otomotif untuk mendapatkan Ninja RR serta mengutak-atik motor legendaris tersebut. Ada beberapa gaya modifikasi Ninja RR. Salah satu gaya modifikasi yang makin membuat Ninja RR ini memukau adalah modifikasi Ninja RR Street Fighter Model. 

Modifikasi Kawasaki Ninja RR Street Fighter Model

Kita akan membahas terlebih dahulu gaya modifikasi Street fighter. Bisa dikatakan kalau tipe modifikasi ini menitik beratkan pada tampilan luar. Street fighter model adalah motor sport fairing dengan rupa hampir telanjang. Yang kemudian disesuaikan agar mendapatkan tampilan agresif dan sangar. 

Biasanya pengerjaan modifikasi street fighter model ini dimulai dengan melepas atau memotong beberapa bagian fairing motor. Banyak yang meyakini kalau gaya modifikasi ini dimulai dari motor pembalap tahun 1950-an hingga 1960-an. Motor yang memiliki rangka deltabox dianggap paling pas untuk dimodifikasi dengan style ini. Kerangka menonjol keluar akan memberi kesan kekar.

Banyak yang ingin melakukan modifikasi dengan Street Fighter Model, mereka membidik komponen limbah dari moge (motor gede) untuk dimanfaatkan kembali. 

Nah untuk Kawasaki Ninja RR yang akan dimodifikasi menjadi street fighter model tentu saja bisa dilakukan. Pertama yang harus dilakukan adalah pencopotan fairing. Mempreteli body, serta memotong fairing pada bagian tertentu hingga telanjang hanya menyisakan rangka dan mesin saja. Agar mendapatkan bentukan yang diinginkan harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak, bisa saja tampilan akhir modifikasi Ninja RR Street Fighter Model tidak akan berhasil didapatkan. 

Kontur desain dibuat tajam serta mengalir ke bagian belakang. Pada bagian kepala akan terlihat lebih dominan melalui garis-garis detail yang dalam dan pas. Pencopotan fairing pada Ninja RR hingga motor terlihat agak minimalis. Cukup menyisakan beberapa potongan fairing yang berfungsi sebagai pemecah angin. 

Kenapa pemecah angin harus tetap dipertahankan? Karena Kawasaki Ninja RR street fighter model tentunya akan dibawa untuk dipacu dalam kecepatan kencang. Sehingga pemecah angin sangat diperlukan sebagai penstabil. 

Anda masih dapat mempertahankan tangki bawaan dari Kawasaki Ninja RR, termasuk pula pada panel samping dan under cowl. 

Pastikan pula Anda memperhatikan kaki-kaki pada Ninja RR Anda saat melakukan modifikasi. Pelek dapat diganti menjadi pelek OZ Racing Piega Series. Pelek ini seringnya digunakan untuk motor yang tergabung dalam kejuaraan balap Moto3. Gunakan pelek yang lebarnya lebih besar dibanding pelek aslinya. Aplikasikan pula ban motor yang lebar hingga saat hendak bermanuver akan lebih aman dan stabil. 

Pada fitur keamanan dan kenyamanan. Gunakan komponen cakram yang memiliki fungsi pengereman optimal. Ini sangat penting, apalagi Anda berniat membawa Ninja RR Street Fighter Model ini untuk berpacu di jalanan. Untuk yang ingin fitur keselamatan ekstra, Anda bisa menggunakan ABS yang berguna untuk meningkatkan performa pengereman. Juga bisa membantu pengendalian pengendara saat menghadapi insiden-insiden. 

Untuk knalpot diganti dengan merk Gianelli dari Italia dengan leher berbalut exhaust warp. Knalpot baru ini akan menambah kegarangan Ninja RR Street Fighter Model milik Anda.
Hal berikutnya adalah menambahkan lampu utama after market. Gunakan pula Setang motor adventure agar tampilan street fighter model semakin terlihat. 

Lakukan pula pengecatan ulang bila Anda ingin mendapatkan tampilan sempurna sesuai dengan desain yang sudah terbayangkan di dalam pikiran Anda. 

Setelah Modifikasi Kawasaki Ninja RR

Setelah selesai dengan modifikasi motor Kawasaki Ninja RR Street Fighter Model, Anda harus benar-benar memperhatikan pemeliharaan rutin motor 2-tak ini. Karena sistem pembakaran masih dibantu oleh oli samping, maka takaran oli samping harus pas. Ini tentu saja berkaitan dengan pembakaran dan berujung di performan saat dikendarai. 

Untuk mengantisipasi overheat, Anda harus memperhatikan sistem pendinginan dari radiator dan asupan oli samping. Jika campuran oli samping dan bensin tidak pas maka dapat mengakibatkan blok dan piston alami panas yang berlebihan. Segera tambah coolant agar pendinginan maksimal, jika memang volume do reservoir mencapai garis Low. Asupan oli samping yang kurang bisa membuat ruang bakar kering hingga blok dan piston alami panas berlebihan. 

Itu dia modifikasi yang dapat Anda terapkan pada Ninja RR. Meski Kawasaki Ninja RR ini bisa dikatakan unit barunya sudah sangat sulit dicari. Tapi Anda bisa mencari motor Kawasaki Ninja RR bekas. Meski harganya cukup tinggi, dikarenakan permintaan yang besar dengan jumlah persediaan yang tidak banyak. Kemudian jika tidak puas, masih ada banyak gaya modifikasi yang dapat Anda contek.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya